Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ASK....
Selamat pagi, siang, sore, malam gan
Saya newbie di masalah swap mesin, memohon pencerahannya ke suhu suhu di sini, kalau mau swap mesin v8 seperti 1uz non vvti ke corolla dx (ke70) apa saja yg perlu di perhatikan, alat" penunjang apa sajakah yg perlu di persiapkan agar mobil sekedar bisa hidup dan jalan dengan mesin segede itu?, untuk ecu bawaan apakah bisa di pakai jika kunci kontak tidak ada, atau harus ganti ecu? Kalau harus ganti ecu merek apa yg bisa di pakai yg harganya terjangkau?
Maaf banyak bertanya, semoga ada suhu yg berkenan memberikan pencerahan,
Kalau uang saya jamin lebih gila dibanding pasang 4age. Saya pernah mengikuti perkembangan orang pasang 1UZ di DXnya.. cuma via instagram sih.. om anthon namanya..
-Mesin 1uz
-transmisi (sukur2 beli 1uz udah komplit sama transmisi, biar langsung plek2an aja)
- ecu (pengalaman beli dan instal mesin peugeot 106gti tanpa ecu.. ribetnya bukan main.. mau dikawinin juga ga bisa..akhirnya pasang haltech.. udah mahal juga menguras pikiran.. dulu pasang di peugeot 206)
-gardan.. (kalau ini gatau, bawaan DX masih bisa dipakai atau nggak.. kalau pun bisa, takutnya ga awet)
- gatau apalagi, mungkin ada yg mau koreksi..
Btw, lebih baik cari montir yg udah hatam.. percuma ada dana dan parts tapi montirnya masih βnyoba2β pasangnya.. sayang waktu dan uang..
@PRBS ;
Kayaknya ngeri jg ya om, jd pengen balik kanan bubar jalan nih pasang tu V8 ,
Btw ada recomend mesin lain gg om buat d pasang di KE70 yg kalo bisa sdkit d atas 4age blacktop???? Heee
@turboman ;
Wuiihhh kalo beli mobilnya kyknya saya mundur om , kapasitas kantong saya kecil
PRBS wrote:Kalau uang saya jamin lebih gila dibanding pasang 4age. Saya pernah mengikuti perkembangan orang pasang 1UZ di DXnya.. cuma via instagram sih.. om anthon namanya..
-Mesin 1uz
-transmisi (sukur2 beli 1uz udah komplit sama transmisi, biar langsung plek2an aja)
- ecu (pengalaman beli dan instal mesin peugeot 106gti tanpa ecu.. ribetnya bukan main.. mau dikawinin juga ga bisa..akhirnya pasang haltech.. udah mahal juga menguras pikiran.. dulu pasang di peugeot 206)
-gardan.. (kalau ini gatau, bawaan DX masih bisa dipakai atau nggak.. kalau pun bisa, takutnya ga awet)
- gatau apalagi, mungkin ada yg mau koreksi..
Btw, lebih baik cari montir yg udah hatam.. percuma ada dana dan parts tapi montirnya masih βnyoba2β pasangnya.. sayang waktu dan uang..
Bisa2 biaya nya akan lebih besar drpd beli LS 400 th 91 - 93 kondisi jalan
swap2 mesin Engineering Cost nya, biaya2 gak terduga nya..........
apalagi dipasang ke body yg tidak didisain utk mesin Torsi guede
Project hobby sih udah mesti siap biaya2 nggak terduga nya
964 wrote: Sat May 04, 2019 23:22
Apa nggak keberatan mesin? Power boleh gede, tp handling bakal ancur. Paling pas ya 4age, ringan, murah, dan happy engine.
Kalo di pikir" ulang lagi, betul bngt 4age,
Tp klo seandainya kantong saya memungkinkan sbnernya pengen nyoba sswatu yg baru
PRBS wrote:Kalau uang saya jamin lebih gila dibanding pasang 4age. Saya pernah mengikuti perkembangan orang pasang 1UZ di DXnya.. cuma via instagram sih.. om anthon namanya..
-Mesin 1uz
-transmisi (sukur2 beli 1uz udah komplit sama transmisi, biar langsung plek2an aja)
- ecu (pengalaman beli dan instal mesin peugeot 106gti tanpa ecu.. ribetnya bukan main.. mau dikawinin juga ga bisa..akhirnya pasang haltech.. udah mahal juga menguras pikiran.. dulu pasang di peugeot 206)
-gardan.. (kalau ini gatau, bawaan DX masih bisa dipakai atau nggak.. kalau pun bisa, takutnya ga awet)
- gatau apalagi, mungkin ada yg mau koreksi..
Btw, lebih baik cari montir yg udah hatam.. percuma ada dana dan parts tapi montirnya masih βnyoba2β pasangnya.. sayang waktu dan uang..
Bisa2 biaya nya akan lebih besar drpd beli LS 400 th 91 - 93 kondisi jalan
swap2 mesin Engineering Cost nya, biaya2 gak terduga nya..........
apalagi dipasang ke body yg tidak didisain utk mesin Torsi guede
Project hobby sih udah mesti siap biaya2 nggak terduga nya
wkwkwkwkw
Waduh klo lebih dr mobilnya sndiri yg dlm kondisi layak jalan kyknya saya musti mundur teratur deh ne
Tp betul bngt tu klo udah masalah hoby memang keseringan khilaf jd'a dlm keuangan
, alat" penunjang apa sajakah yg perlu di persiapkan agar mobil sekedar bisa hidup dan jalan dengan mesin segede itu?,
-
dari kalimat diatas bisa saya ambil kesimpulan, uang tidak masalah bagi TS dan proyeknya ini sekedar pengisi waktu luang.
kalau memang seperti itu, alat-alat penunjangnya cuma mekanik yang memang sudah biasa swap engine dan kutak katik urusan kelistrikannya.
saya ada 1 kenalan mekanik di seputaran tanah kusir kalau berminat.
Masalah uang relatif om, relatif cendenderung kurang
Masalahnya saya tinggal di bali om, dan blum pernah denger di bali ada KE70 swap 1uz, makanya saya mohon bimbingan suhu suhu sekalian
Bisa2 biaya nya akan lebih besar drpd beli LS 400 th 91 - 93 kondisi jalan
swap2 mesin Engineering Cost nya, biaya2 gak terduga nya..........
apalagi dipasang ke body yg tidak didisain utk mesin Torsi guede
Project hobby sih udah mesti siap biaya2 nggak terduga nya
wkwkwkwkw
[/quote]
Betul.. pengalaman swap 106gti (1600cc) ke peugeot 206 agak2 ribet.. Tapi ini karena teledor saya tergiur beli mesin tanpa ecu dan transmisi.. ketika mesin sudah nyala, ternyata βperjalananβ masih panjang.. seperti semua sensor nyala, mesin ndut2an akibat ecu bawaan ga kompabitel, indikator speed ngawur (harus liat via gps), plus ternyata ratio gigi bawaan 206 ga pas sama mesin 106 ( powernya ketahan ).. ribet tapi enjoy..
Setelah all set (kecuali sensor check engine yg ga bisa dimatikan).. baru puas.. well dengan pengalaman saya diatas, apa saya kapok swap engine? nope! Kalau ada mobil bahan, saya masih pingin swap engine, wth bigger engine.. tapi harus siapkan dana, jangan tergiur dengan mesin glondongan dijual murah tapi ga lengkap printilannya..
Bisa2 biaya nya akan lebih besar drpd beli LS 400 th 91 - 93 kondisi jalan
swap2 mesin Engineering Cost nya, biaya2 gak terduga nya..........
apalagi dipasang ke body yg tidak didisain utk mesin Torsi guede
Project hobby sih udah mesti siap biaya2 nggak terduga nya
wkwkwkwkw
Betul.. pengalaman swap 106gti (1600cc) ke peugeot 206 agak2 ribet.. Tapi ini karena teledor saya tergiur beli mesin tanpa ecu dan transmisi.. ketika mesin sudah nyala, ternyata βperjalananβ masih panjang.. seperti semua sensor nyala, mesin ndut2an akibat ecu bawaan ga kompabitel, indikator speed ngawur (harus liat via gps), plus ternyata ratio gigi bawaan 206 ga pas sama mesin 106 ( powernya ketahan ).. ribet tapi enjoy..
Setelah all set (kecuali sensor check engine yg ga bisa dimatikan).. baru puas.. well dengan pengalaman saya diatas, apa saya kapok swap engine? nope! Kalau ada mobil bahan, saya masih pingin swap engine, wth bigger engine.. tapi harus siapkan dana, jangan tergiur dengan mesin glondongan dijual murah tapi ga lengkap printilannya..
[/quote]
Waduh, thank's udh share pengalamannya om , sya jd mikir" lagi, dlu sya pengen swap k 1uz krna trgiur harga mesin yg relatif murah dengan spec monster, tp trnyata prlu biaya, dan waktu yg jauh lebih "gila" dr yg saya bayangkan utk instal tu mesin,
Turboman wrote: Sun May 05, 2019 5:21
Simple & common case = Ipah Diesel monster
tuh Ipah puteh 1KD monster dulu udah coba segala macam cara gak bisa atasi geal geol saat akselerasi, udah sampe reinforce chassis & gardan segala
Survey aja orang2 yg modip Ipah sampe above 300 bhp / 600 Nm rata2 abis berapa buat benahin rem dan kaki2 ......di luar mesin loh yah
ada yg pake BREMBO Double disc....itu 1 set aja di atas 30 jt
ha ha haaaa
Trnyata bnr harus sesuaikan body dengan mesin, ga bisa asal swap terkecuali "sultan"(tinggal tunjuk bayar)
Sya trgiur 1uz krna harga yg relatif murah, trnyata embel" nya "gila",
Jd sya fikir main standaran kantong aja dah 7k atau paling keras 4age aja buat KE70 sya, biar kantong gg terkoyak
Turboman wrote: Sun May 05, 2019 5:21
Simple & common case = Ipah Diesel monster
tuh Ipah puteh 1KD monster dulu udah coba segala macam cara gak bisa atasi geal geol saat akselerasi, udah sampe reinforce chassis & gardan segala
Survey aja orang2 yg modip Ipah sampe above 300 bhp / 600 Nm rata2 abis berapa buat benahin rem dan kaki2 ......di luar mesin loh yah
ada yg pake BREMBO Double disc....itu 1 set aja di atas 30 jt
ha ha haaaa
Trnyata bnr harus sesuaikan body dengan mesin, ga bisa asal swap terkecuali "sultan"(tinggal tunjuk bayar)
Sya trgiur 1uz krna harga yg relatif murah, trnyata embel" nya "gila",
Jd sya fikir main standaran kantong aja dah 7k atau paling keras 4age aja buat KE70 sya, biar kantong gg terkoyak
Om mobi kalau ga salah masukin 1UZ ke veloz-nya.. bisa jadi acuan at least bakal keluar dana berapa dan tingkat kesulitannya seperti apa kalau mau masukin ke DX.. yg saya ingat, menentukan ratio gigi yg pas yg susah.. (cmiiw)
Anak2 BCC (Bali Corolla Club) yang paling mentok juga kyknya gak ada yang ganti 1UZ, krn banyak yang harus dibongkar dan gak aman, gak bakal dipake harian. Transmisi, pastinya harus diganti karena bawaannya KE70 gak kuat. Kaki-kaki, harus diganti juga karena berat UZ gak sama, nose heavy, ban belakang powernya terlalu tinggi maka hasilnya handling bias parah. Pengereman wajib ganti. Kalau misalkan bener bener mau swap engine diatas 4A-GE yang cc gede, coba cari 2JZ-GE non turbo copotan Crown SuperSaloon 96/97 manual.
Seriusan kalo emang punya budget untuk engine swap, lebih baik duitnya dipake beli mobil yang dari sananya uda bawa mesin itu. Bahkan untuk swap 2JZGE ke KE70 masih gak saya sarankan, lebih murah beli Crown SuperSaloon 96/97 yang diluar bali, lalu dibawa ke bali. Modal 35an uda dapet itu, KE70nya bisa terjaga.
Turboman wrote: Sun May 05, 2019 5:21
Simple & common case = Ipah Diesel monster
tuh Ipah puteh 1KD monster dulu udah coba segala macam cara gak bisa atasi geal geol saat akselerasi, udah sampe reinforce chassis & gardan segala
Survey aja orang2 yg modip Ipah sampe above 300 bhp / 600 Nm rata2 abis berapa buat benahin rem dan kaki2 ......di luar mesin loh yah
ada yg pake BREMBO Double disc....itu 1 set aja di atas 30 jt
ha ha haaaa
Trnyata bnr harus sesuaikan body dengan mesin, ga bisa asal swap terkecuali "sultan"(tinggal tunjuk bayar)
Sya trgiur 1uz krna harga yg relatif murah, trnyata embel" nya "gila",
Jd sya fikir main standaran kantong aja dah 7k atau paling keras 4age aja buat KE70 sya, biar kantong gg terkoyak
Om mobi kalau ga salah masukin 1UZ ke veloz-nya.. bisa jadi acuan at least bakal keluar dana berapa dan tingkat kesulitannya seperti apa kalau mau masukin ke DX.. yg saya ingat, menentukan ratio gigi yg pas yg susah.. (cmiiw)
Iia om, kyknya lumayan ribet, beresiko, dan buget gk nyampe buat naikin mesin sgede itu , jd urungkan sajalah β
Balalaika wrote: Sun May 05, 2019 23:12
Nah mumpung anak bali juga..
Anak2 BCC (Bali Corolla Club) yang paling mentok juga kyknya gak ada yang ganti 1UZ, krn banyak yang harus dibongkar dan gak aman, gak bakal dipake harian. Transmisi, pastinya harus diganti karena bawaannya KE70 gak kuat. Kaki-kaki, harus diganti juga karena berat UZ gak sama, nose heavy, ban belakang powernya terlalu tinggi maka hasilnya handling bias parah. Pengereman wajib ganti. Kalau misalkan bener bener mau swap engine diatas 4A-GE yang cc gede, coba cari 2JZ-GE non turbo copotan Crown SuperSaloon 96/97 manual.
Seriusan kalo emang punya budget untuk engine swap, lebih baik duitnya dipake beli mobil yang dari sananya uda bawa mesin itu. Bahkan untuk swap 2JZGE ke KE70 masih gak saya sarankan, lebih murah beli Crown SuperSaloon 96/97 yang diluar bali, lalu dibawa ke bali. Modal 35an uda dapet itu, KE70nya bisa terjaga.
2jz itu mesinnya supra ya om???? Ngeri kyknya, harga mesin nya aja udh lumayan itu om, belom embel" penunjang yg lain, gg kuat kyknya
Dan Klo bli mobil lg kyknya gak deh om, kasin ni DX aja gg prnh kpake
Rencana main standaran swap 7k atw paling keras 4age aja deh, biar aman nyaman murah meriah , biar bisa bangun di sektor yg lain juga, soalnya mobil sya udh banyak yg prlu penyegaran maklum udh 6th lebih ngejogrok gx terurus
Yang mesin supra 2JZ-GTE.. kalo crown 2JZ-GE (non turbo), harganya jauh lebih murah tapi setidaknya power uda di ranah >200hp, untuk corolla DX rasanya uda besar banget
Swap mesin jangan hanya berpikir tenaganya aja, tapi juga bobot, karakter, ukuran dll.. Kalo untuk body DX pake UZ kayanya musti reinforce sana sini.. Kenaikan tenaga masih bisa dihandle, perbedaan torsi yang lebih ribet.. Apalagi mobil non chasis tangga, lwbih susah untuk atasi frame twist..
Sekedar sharing aja pengalaman temen, untung swapnya mesin diesel yang low tech jadi ga ribet sama kabel2.. Katana 4x4 yg aslinya mesin bensin 1000cc diswap pake mesin 4jb1 2800cc ex elf 77ps.. Itu setting suspensinya repot ga dapet2.. untung dipakenya buat offroad adventure jadi ga mikir handling kecepatan tinggi..
Seingat saya pasang 4age yg 16V saja sudah geal geol dulu need reinforce.. Gimana pasang mesin yg diata 200hp di mobil tua begini, waktu itu mengurungkan niat untuk memasang 20V version nya ke KE70 karena pasti akan lebih gelo lagi pakainya, gardan masih bisa karena sama, tapi better pakai milik corolla ae yg punya lsd buat better handling..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)