Hmm....jadi ingat hitungan waktu modif berusaha ngejer top speed dulu. Top speed bukan semata-mata dari horsepower dan rasio gearing transmisi. Justru yang paling berpengaruh adalah tahanan angin (wind resistance).
Seingat saya rumusnya pake kecepatan ( velocity or V) kuadrat/2. Itu aja baru force (N), bukan power (watt or horsepower). Untuk horsepower malah jadi V pangkat 3.....jadi naiknya top speed itu makin susaaaahhh makin tinggi speednya. Ngga cuma makin susah. Makanya mubil top speed gila ala bugatti chiron perlu HP yg luar biasa untuk mengatasi wind resistance tsb.
Untuk ilmu resistance saya refresh dari wikipedia
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Drag_(physics)#Power
Untuk kasus top speed seingat saya bobot ngga terlalu masalah, jadi power to weight ratio ngga terlalu main. Torsi gajah (misal klaim wuling 250 nM di mesin almaz) ngga main juga. Lebih ke total horsepower DAN coefficient of drag (Cd). CMIIW kalo ada pakar fisika di marih.
Nah, maksud saya....meskipun ada mubil2 hp minim bisa 150+ kph.....bukan berarti wuling yang punya (klaim) 140 hp bisa enteng juga sampe 200+ kph. Entah kalo remap terus naiknya memang bisa gila-gilaan ya. Turbonya aja kecil kan? Boost sudah main di 1600 rpm.
Almaz di drag? Eh.....saya cuma pernah lihat dulu ada yg tes trus upload di instagram. Hasil 0-100 11 detikan. Not very impressive sih. Mungkin tester kurang mumpuni, belum remap, ato gimana lah tapi di video sudah hajar mesin sampe rpm atas.
Jujur saya sendiri skeptis dengan performa wuling, cuma anggap mubil bagus aja secara fitur dan worth the price. Almaz bisa 240 kph real? Gut..... Ngga bisa? Ya sudah, bukan berarti bersorak-sorai mubil almaz jelek
