Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau melihat link itu, saya cuma kepikir bahwa para pemilik mobil di daerah, dan Pedagang mobil di Daerah akan hancur lebur harga jual mobilnya.
Hal ini mengingat akan ada kiriman supply mobil over 10 years dari DKI ke daerah.
Let say, harga Kijang Innova tahun 2009 saat ini di kisaran 125 juta.
Maka kalau di DKI itu harus dibuang maka pemilik akan legowo jual 100 juta, maka pedagang di daerah dan pemilik mobil sejenis akan terkoreksi harganya jadi 100 juta.
Btw, saya pingin tahu juga, saya kan mobilnya plat B tapi TangSel, apakah akan terpengaruh oleh kebijakan ini ?
secara saya bukan DKI tapi plat B..
kalau ada yg bisa jawab, mohon info..
Tapi sejujurnya, saya sih gak setuju dengan cara ini.
cara paling elegant adalah sytem "rayuan" yaitu persiapkan sarana transportasi publik yang memadai, nyaman, aman, maka orang akan sukarela meninggalkan mobil pribadi dan pindah ke angkutan umum.
jadi bukan pendekatan "pentungan" kayak gini..
Sama nih saya juga TangSel hehe. Rasanya sih semua plat B ya Om.
Cuma "rayuan" itu ngga bisa 100% efektif terutama buat warga yang tinggal di cluster besar yang steril dari angkutan umum. Contohnya di Bintaro atau BSD yang mau mengakses transportasi umum kayak commuter line atau setidaknya angkot itu bisa 3-5 km sendiri, kecuali ada shuttle bus.
Ujung2nya sih paling ya pakai taksi online aja kalau tetep mau beralih ke transportasi umum.
Saya sendiri juga masih ngitung biaya nya dulu, kalau lebih hemat atau paling ngga sama biayanya pasti saya naik angkutan umum, kalo ngga ya pake kendaraan pribadi aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
cara penerapannya gmn jg lagi...taro kamera di jalanan gt ya apa banyak polisi buat jaga seharian...lah kalo suru uji emisi si bakal tjd pungli lah..yg paling better ya benerin transport umum...dan itu ga singkat..jakarta kalo diberlakuin 10 taon yg untung mah pabrikan jualan lancar sparepart sama showroom mobkas abis semua krn ga ada yg mao beli lah...kesian org beli ferrari lambo abis 10 taon jadi ampas...kayanya di singapur aja ga seluruh mblnya abis 10 taon kalau mao lanjut ya bayar gedean aja itu kalao disana
ini peraturan ngambang banget.. emang LCGC baru2 itu lebih rendah emisinya dari Bmw F30 taun 2014 yg katalisnya aja udh segede gaban?? sampe ga ada sisa space spare tire...
Knalpot wrote: Fri Aug 02, 2019 3:03
Kalau ada pembatasan 10 tahun mending beli Wuling atau DFSK aja kali ya.. murah banget.. toh 10 tahun udah gak ada harganya wkwkwkw
Masuk akal sih, dengan keputusan Pemprov ini secara langsung mengubah mainset orang awam DKI "mending beli mobil sekali buat 10 tahun". ATPM-ATPM bakal pusing jualan di JKT.
Knalpot wrote: Fri Aug 02, 2019 3:03
Kalau ada pembatasan 10 tahun mending beli Wuling atau DFSK aja kali ya.. murah banget.. toh 10 tahun udah gak ada harganya wkwkwkw
Masuk akal sih, dengan keputusan Pemprov ini secara langsung mengubah mainset orang awam DKI "mending beli mobil sekali buat 10 tahun". ATPM-ATPM bakal pusing jualan di JKT.
Yup, saya juga kalau ada aturan gitu, akan beli mobil max 200 juta.
Jadi 20 juta per bulan biaya penyusutannya.
setara 1,66 juta per bulan.
Anggap aja residual value nil, siapa tahu orang daerah gak ada yg mau nampung
senoadjie888 wrote: Thu Aug 15, 2019 3:45
Masuk akal sih, dengan keputusan Pemprov ini secara langsung mengubah mainset orang awam DKI "mending beli mobil sekali buat 10 tahun". ATPM-ATPM bakal pusing jualan di JKT.
Yup, saya juga kalau ada aturan gitu, akan beli mobil max 200 juta.
Jadi 20 juta per bulan biaya penyusutannya.
setara 1,66 juta per bulan.
Anggap aja residual value nil, siapa tahu orang daerah gak ada yg mau nampung
Atau kalo mau ngerasain mobil mahal ya sewa aja langsung 5 tahun gitu, ngga usah pusing maintenance, pajak, dll pula kan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Thu Aug 15, 2019 10:24
Atau kalo mau ngerasain mobil mahal ya sewa aja langsung 5 tahun gitu, ngga usah pusing maintenance, pajak, dll pula kan
ya akan muncul bisnis baru gini. dan asuransi akan panen duit juga. bikin semacam rentalan mobil untuk taxol atau TRAC dari Astra tapi untuk individu.
di daerah juga akan bahagia karena perang harga antar atpm karena mau ga mau atpm harus jualan di luar DKI.
evanbngdor wrote: Thu Aug 15, 2019 10:24
Atau kalo mau ngerasain mobil mahal ya sewa aja langsung 5 tahun gitu, ngga usah pusing maintenance, pajak, dll pula kan
ya akan muncul bisnis baru gini. dan asuransi akan panen duit juga. bikin semacam rentalan mobil untuk taxol atau TRAC dari Astra tapi untuk individu.
di daerah juga akan bahagia karena perang harga antar atpm karena mau ga mau atpm harus jualan di luar DKI.
Skg aja banyak perusahaan-perusahaan yang ngga mau pelihara asset kendaraan banyak-banyak, kebanyakan sewa, di kantor saya jg semuanya sewa kecuali mobil CEO nya yg inventaris perusahaan.
Enak sewa ngga perlu ngitung net book value nya, kerugian materiil&non materiil, dll
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Sekalian ama ppnbm lcgc dicabut, bagus jg buat jkt. Ane yakin pemandangan mobil bakal lebih monoton dr sisi jenis, tapi dr sisi merek kayaknya lebih variatif ya, karena mgkn selama ini org2 di kelas harga ini maunya ambil merek2 tertentu dgn harapan resale value bagus, walaupun secara fitur n kualitas kurang dibanding rival. Klo udah berlaku kayak gini ya resale value tadi bisa berubah n org2 mulai lirik merek lain
Knalpot wrote: Tue Jul 09, 2019 1:21
Pagi Guys,
Baca berita online hangat lagi nih, isu rencana pembatasan kendaraan. sekilas usul umur maks 15 tahun.
Gimana menurut member disini. Untuk mobil tertentu umur 15 tahun masih bagus dan orang indo cenderung merawat. contoh kakak saya pake innova 2005 masih disayang2 dan terawat sekali.
Di berita, Gaikindo tidak mempermasalahkan, justru akan membuat pasar mobil baru naik. untuk otoritas terkait bilang tidak mungkin dibatasi, karena beberapa faktor.
Nah gimana untuk pasar mobkas dan sparepart serta bengkel2 rumahan yang rejekinya banyak tergantung dari mobil lama ya. Artinya setelah 15 tahun harga Mobilnya jadi nol rupiah.. hahaha..
nanti tidak ada lagi perdebatan resale value, atau pabrikan kuat atau lemah.. bagus juga sih ya hehehe..
kalau di jabotabek saya perhatikan tanpa pembatasan pun rata2 mobilnya sudah muda2..
maaf kalau sudah ada topik sejenis..
Kalau melihat link itu, saya cuma kepikir bahwa para pemilik mobil di daerah, dan Pedagang mobil di Daerah akan hancur lebur harga jual mobilnya.
Hal ini mengingat akan ada kiriman supply mobil over 10 years dari DKI ke daerah.
Let say, harga Kijang Innova tahun 2009 saat ini di kisaran 125 juta.
Maka kalau di DKI itu harus dibuang maka pemilik akan legowo jual 100 juta, maka pedagang di daerah dan pemilik mobil sejenis akan terkoreksi harganya jadi 100 juta.
Btw, saya pingin tahu juga, saya kan mobilnya plat B tapi TangSel, apakah akan terpengaruh oleh kebijakan ini ?
secara saya bukan DKI tapi plat B..
kalau ada yg bisa jawab, mohon info..
Tapi sejujurnya, saya sih gak setuju dengan cara ini. cara paling elegant adalah sytem "rayuan" yaitu persiapkan sarana transportasi publik yang memadai, nyaman, aman, maka orang akan sukarela meninggalkan mobil pribadi dan pindah ke angkutan umum.
jadi bukan pendekatan "pentungan" kayak gini..
yang ane bold ini susah wong, karena rakyat jabodetabek ini juga sudah sangat banyak jumlah nya wong...
sekarang ajah kalo lagi peak hours, gimana rasanya perjuangan naik transportasi umum, ane dari depok ke Sudirman ajah butuh 2 jam an naik transportasi umum, yang bikin lama itu nunggu KRL nya, kadang ane harus skip 2- 3 kereta baru bisa naik kereta (karena saking padetnya), padahal pas peak hours itu jumlah kereta udah cukup banyak.. (bikin macet di setiap perlintasan kereta, karena sekali nutup bisa 2-4 kereta lewat)... bayangin ajah kalo pengguna kendaraan pribadi (mobil & motor) 30% pindah naik KRL, makin butuh perjuangan lagi ane naik KRL
masalah kayak gini udah complex sih... solusi paling jitu mengurangi polusi dan kemacetan jabodetabek sih, program transmigrasi besar2an (baik penduduk dan pusat bisnis) ke kota2 besar di indonesia..
Rakean wrote: Fri Aug 16, 2019 3:25
yang ane bold ini susah wong, karena rakyat jabodetabek ini juga sudah sangat banyak jumlah nya wong...
sekarang ajah kalo lagi peak hours, gimana rasanya perjuangan naik transportasi umum, ane dari depok ke Sudirman ajah butuh 2 jam an naik transportasi umum, yang bikin lama itu nunggu KRL nya, kadang ane harus skip 2- 3 kereta baru bisa naik kereta (karena saking padetnya), padahal pas peak hours itu jumlah kereta udah cukup banyak.. (bikin macet di setiap perlintasan kereta, karena sekali nutup bisa 2-4 kereta lewat)... bayangin ajah kalo pengguna kendaraan pribadi (mobil & motor) 30% pindah naik KRL, makin butuh perjuangan lagi ane naik KRL
masalah kayak gini udah complex sih... solusi paling jitu mengurangi polusi dan kemacetan jabodetabek sih, program transmigrasi besar2an (baik penduduk dan pusat bisnis) ke kota2 besar di indonesia..
jadi gak semua nya numpuk dijakarta...
Kalo pagi masih mending ya om......pas sore, sudah nempel di kaca masih dapet bonus aromaterapi
Alternatif lainnya semacam MRT tapi yang gak mengganggu lalu lintas mobil, artinya harus layang atau gali perut Jakarta.....yang mana dua2nya mahal pake bangggggeeeettttt. Tapi hal ini yang lumrah dilakukan di kota2 metropolitan negara maju.
Setau ane bahkan ada yang jalur kereta bawah tanahnya sampe 3-4 level ketinggian dengan >200 stasiun pemberhentian. Interval tiap kereta 90 detik, jadi gak perlu deg2an kalo ketinggalan kereta.
Gak kebayang butuh duit berapa untuk bangun sistem kayak gini
evanbngdor wrote: Fri Aug 16, 2019 2:36
Skg aja banyak perusahaan-perusahaan yang ngga mau pelihara asset kendaraan banyak-banyak, kebanyakan sewa, di kantor saya jg semuanya sewa kecuali mobil CEO nya yg inventaris perusahaan.
Enak sewa ngga perlu ngitung net book value nya, kerugian materiil&non materiil, dll
ah iya ya, makin banyak perusahaan kaya gini, rentalan saja.
Rakean wrote: Fri Aug 16, 2019 3:25
yang ane bold ini susah wong, karena rakyat jabodetabek ini juga sudah sangat banyak jumlah nya wong...
sekarang ajah kalo lagi peak hours, gimana rasanya perjuangan naik transportasi umum, ane dari depok ke Sudirman ajah butuh 2 jam an naik transportasi umum, yang bikin lama itu nunggu KRL nya, kadang ane harus skip 2- 3 kereta baru bisa naik kereta (karena saking padetnya), padahal pas peak hours itu jumlah kereta udah cukup banyak.. (bikin macet di setiap perlintasan kereta, karena sekali nutup bisa 2-4 kereta lewat)... bayangin ajah kalo pengguna kendaraan pribadi (mobil & motor) 30% pindah naik KRL, makin butuh perjuangan lagi ane naik KRL
masalah kayak gini udah complex sih... solusi paling jitu mengurangi polusi dan kemacetan jabodetabek sih, program transmigrasi besar2an (baik penduduk dan pusat bisnis) ke kota2 besar di indonesia..
jadi gak semua nya numpuk dijakarta...
soal padet ya memang resiko, problem mass transport ya gitu. tetep kalah banyak dari jumlah penumpang. masalahnya di Jakarta itu, ga ada alternatif lain untuk kadalin padatnya. misal: singapore: MRT ga muat, ya naik bus saja, bus ga muat? kerahin armada tambahan, masih ga muat? taxol atau taxi beneran. di jakarta? krl ga muat? pasrah. mau naik bus? ketambahan lagi ribetnya. akibat tata kota berantakan jadilah gini. kalau kata temen2 yg di jkt, uda d ngalahin apartemen, biarin d kandang burung, daripada nganterin anak sekolah ga sampe2.
ambigu kebijakan pemerintah satu sisi suruh orang pindah tapi mobil online disupport idupnya. kalo mao migrasi ya migrasi semua..ini pengen dpt dr taxol mao jg dr org pribadi tanpa ada solusi berarti...harepan g si gampang sekali sikat abis naekin aja pajak motor sama mobil...motor paling kecil 10 jt mobil 20-25 tar jg pada rame2 pindah sekalian didemo...selalu di negara manapun yg kena kelas menegah sama kaya jadi peresan susu...sekali kali diperah jg donk yg di bawah biar tau rasanya bayar ga ada kembalian
Yg keluarkan BPKB Polisi, yg keluarkan STNK Polisi, Pemprov itu cuma mungut pajaknya aja kok.
Bengkel umum itu hidupnya dari mobil 10 tahun keatas, begitupun pedagaang aksesori maupun mekanik.
Kalau pembatasan usia jadi diterapkan, bisa dibayangkan berapa orang yg kehilangan mata pencaharian termasuk potensial loss dari penerimaan pajak
Masalah mass transport di jakarta dan sekitarnya, rame yg naik cm pagi jam brrangkat kerja dan sore jam pulang kerja, ditengah2nya relatif kosong. Itu jg blm tentu dpt 2trip di pagi dan sorenya
Klo kondisinya gitu ya swasta jg berat buat main bisnis local transport.,
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Knp nga pake erp ja ya?
Tp price tag nya fluktuatif tergantung kepadatan jalan.. semakin pas padat semakin Mahal.. klo pas jam lenggang bisa lebih murah
Jadi Kadar kemacetan n polusinya bisa lebih stabil dailyny
adiv wrote: Fri Aug 23, 2019 0:06
Nanya dunks..
Karena masih bingung
Apakah pembatasan usia ini utk pemilik yang BERDOMISILI di DKI?
Atau pembatasan ini berlaku untuk semua mobil yang memasuki jalanan di DKI?
Masih draft kok om, dan andai berlaku juga th 2024 dimulai, tp efek kebijakan ini sbnrnya bs mematikan bengkel yg hidup dr kendaraan tua, toko2 part atrium, MGK yg hidup dr kendaraan tua, yg seneng kebijakan ini ATPM, dan leasing. Orang baru nikah punya 50jt dulu bisa kebeli hyundai avega buat wara wiri kerja bareng istri, kl kebijakan ini diketok dipaksa leasing mbl baru jd berhutang
lagi2 nanggung..sekalian lah jkt wajib EV(biar sepaket gt sm kebijakan otomotifnya) mau motor apa mobil..ya g ush 2024 lah, thn 2050 targetnya. dr busway aja dl mulai skrg, skalian nyicil charging station..
Coba Pemda introspeksi dulu sama sarana dan prasarana pendukung angkutan umumnya, memang benar perlahan2 angkutan umum sudah dibenahi, tapi masih stengah hati, kemarin waktu peresmian halte-halte di sudirman yg membuat dan memfasilitasi peta jaringan angkutan umum dan signage (petunjuk arah) di beberapa halte transjakarta adalah salah satu komunitas transportasi umum (FDTJ), lha terus dishub pada ngapain ? derek2in mobil salah parkir doang sama ngejar2 izin parkir off street ?
Coba mulailah dari hal simple, bikin timetable untuk angkutan umum yang berjalan diluar koridor khusus, dan buatlah estimasi waktu tempuh point to point shelter/station MRT/LRT/CommuterLine/Transjakarta dengan adanya timetable angkutan umum dan estimasi waktu tempuh point to point akan lebih mudah memaksa orang menggunakan angkutan umum karena pengguna kendaraan pribadi akan lebih mudah mengestimasi waktu tempuhnya. Cobalah pemda juga sadar banyak orang memilih menggunakan kendaraan pribadi bukan semata2 gengsi tapi karena mobilitas yang tinggi dan efisiensi waktu.
Memang benar sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang bisa menghitung estimasi waktunya seperti traffi, tapi ya maaf kata, kan di Jakarta tidak semua pengguna angkutan umum melek teknologi, sedangkan kalau kita menggunakan transportasi umum di luar negeri walaupun ada tautan dan anjuran untuk megunduh aplikasi untuk mengetahui waktu tempuh suatu rute, biasanya masih disediakan brosur juga untuk mengakomodir senior citizen yang belum terbiasa dengan gadget dan aplikasi.
Toh juga kalau angkutan umum sudah nyaman seperti bus2 lowdeck yang menjangkau ke setiap sudut kota, integrasi antar moda angkutan yang rapih dan estimasi waktu tempuh yang pasti warga pun dengan senang hati akan pindah ke transportasi umum.
Masalah pembatasan usia kendaraan untuk menekan emisi bukanlah solusi, malah membatasi hak-hak warga negara, siapa suruh bensin kualitas tahun 90an masih dijual dan dipaksakan dikonsumsi mobil2 modern yang mesinnya terpaksa harus didowngrade.