Wrangler CRD 2012

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

Belum lama ini saya cari pengganti untuk pajero exceed lawas saya. Kandidat utama jelas ANPS ato ANF. Tapi berhubung saya jengah 2 SUV tersebut mulai sejuta umat maka saya cari SUV dengan syarat wajib, turbodiesel 4x4. Maka saya melirik 2 kandidat lain meskipun hanya seken. Karena barunya super mehong. Yaitu land cruiser ato wrangler diesel. Land cruiser masih terlalu mahal akhirnya jeep lah. Kenyamanan terpaksa agak dikorbankan, yang penting masih bikin orang lain noleh. Resiko mobil seken pasti ada. Meskipun sudah berhati2 dalam pencariannya. Saya dapet wrangler thn 2011 tapi pemakaian 2012. Dgn kilometer masih 20rban. Senangnya punya jeep ini aksesorisnya banyak banget kaya mainan. Tapi masalah pun timbul setelah seminggu pemakaian. Pertama semua mobil diesel saya udah kebiasaan saya tutup egrnya supaya mesin awet. Dan tak lama kemudian check engine nyala. Mesin terasa drop tarikannya. Next lanjut ceritanya.. masi banyak kerjaan...
Diesel in my head
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: Wrangler CRD 2012

Post by maswewe »

Lajuuuut....
:big_exellent: :mky_08: :mky_02: :mky_01: :big_exellent:
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

Awal keluar showroom langsung saya bawa ke beres di scanner ga ada masalah. Setelah masalah diatas tadi muncul saya scanner ulang ternyata kebaca egr bermasalah (wajar karena ditutup) , lalu low boost turbocharger. Saya bongkar di bengkel teman saya ternyata turbonya mulai belepotan oli. Saya curiga antara actuator turbonya ato turbonya yang kena. Kalopun ganti harus semuanya. Tanya beres estimasi 25jtaan. Gak masalah cuma berespun takutnya keliru karena ada perbedaan jenis turbo antara yg sebelum thn 2012 dgn yg sesudah. Mekanik beres aja gak percaya kalo ternyata maticnya cuma 4 speed. Padahal semua literatur bilang 5 speed. Makanya mobil ini aneh asal usulnya, mungkin masuknya lewat importir umum. Speedometer juga masih mph, yg garasindo 2012 keatas udah pake km/jam. Sekedar info, wrangler memakai mesin pabrikan VM motori. VM motori penyuplai mesin2 diesel untuk mobil2 hampir semua mobil korea, hyundai, kia. Mobil eropa, dan amerika chrysler,chevrolet captiva. Santafe n captiva pake mesin yg sama dari vm motori. Mesin wrangler setipe dengan chevrolet trailblazer yg 2.8cc.
Oke, alhasil penyakit sekarang adalah turbochargenya. Rencana saya mau ganti pake td04 strada atau td04 vgt pajero sport karena inlet turbonya mirip sama2 berbentuk segitiga. Actuator nantu diganti pake sistem vakum biasa biar mudah penyetelannya. Ato ada usulan laen pake turbonya apa? Hehe..
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

20190728_170334.jpg
Masih agak kontet lagi order lift kit 3inch n rencana ganti ban 35 inch
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

IMG-20190805-WA0016.jpg
IMG-20190805-WA0017.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Diesel in my head
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Wrangler CRD 2012

Post by martinnn »

:emo-big_love: Cakep boilnya om......
:big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Wrangler CRD 2012

Post by KielConstantine »

Coba belinya landcruiser... pasti hati lebih tenang. Tinggal isi pertadex, ganti2 oli, filter, fast moving yg gampang. Mobil sehat lagi.... harga unitnya memang jauh lebih mahal masih diatas 1M yg diesel thn 2012an. But there is superb quality & durability dibalik harganya yg kg turun2. Salah satu mobil fenomenal di dunia otomotif.

Btw thx buat review Wranglernya om.. Jarang ada yg mau share masalah2 ngerawat mobil kaya gini. Biaya2nya, kelemahan durabilitas produknya. Salut saya. :frm_salut:

Kebanyakan pengalaman buruk dikeep buat diri sendiri, trus ngebagiin moment bahagia doank di forum.


-------
Nambah 1 lagi deh daftar panjang pribadi ane, mobil yg dihindari buat dibeli.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Wrangler CRD 2012

Post by MitshuToyo »

Mantap koleksi VNT 4x4 2015 nih Om.. :))
Lagi nginjek rem..
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4726
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Wrangler CRD 2012

Post by F272 »

MitshuToyo wrote: Mon Aug 05, 2019 22:39 Mantap koleksi VNT 4x4 2015 nih Om.. :))
Mau di ajak ke Hambalang..? :mky_07:
diesel mania wrote: Mon Aug 05, 2019 11:09 Belum lama ini saya cari pengganti untuk pajero exceed lawas saya. Kandidat utama jelas ANPS ato ANF. Tapi berhubung saya jengah 2 SUV tersebut mulai sejuta umat maka saya cari SUV dengan syarat wajib, turbodiesel 4x4. Maka saya melirik 2 kandidat lain meskipun hanya seken. Karena barunya super mehong. Yaitu land cruiser ato wrangler diesel. Land cruiser masih terlalu mahal akhirnya jeep lah. Kenyamanan terpaksa agak dikorbankan, yang penting masih bikin orang lain noleh. Resiko mobil seken pasti ada. Meskipun sudah berhati2 dalam pencariannya. Saya dapet wrangler thn 2011 tapi pemakaian 2012. Dgn kilometer masih 20rban. Senangnya punya jeep ini aksesorisnya banyak banget kaya mainan. Tapi masalah pun timbul setelah seminggu pemakaian. Pertama semua mobil diesel saya udah kebiasaan saya tutup egrnya supaya mesin awet. Dan tak lama kemudian check engine nyala. Mesin terasa drop tarikannya. Next lanjut ceritanya.. masi banyak kerjaan...
Ayo lanjutin om....seru nih baca cerita nya.... dulu saya sempet lirik2 juga CRD..Lirik dowang hahaha... :mky_02:
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

Kesan pertama naik mobil ini, mesin dieselnya jadi teringat captiva. Renyah, ringan, tarikan di rpm atas. Emang mesinnya masih sodaraan sm captiva. Sama2 rewel 😝
Lalu yang bikin sebel ini ternyata komputernya lumayan sensitif. Tenang, bukan gw orangnya mau di begoin komputer gitu aja. Klo perlu komputernya yg gw tipu. Masih macem2 juga, gw pecat aja tuh vm motorinya gw ganti pake 4JG2T ato 1HDT 🤪
Peer pertama gw mo ngadalin turbonya berikut sensor2nya. Lets see it will works or not..
Diesel in my head
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Wrangler CRD 2012

Post by MitshuToyo »

F 272 wrote: Mon Aug 05, 2019 23:18
Mau di ajak ke Hambalang..? :mky_07:
siapa tahu bosen trus dilepas murmer hahahah..

Btw yg baru dah gak pake diesel lagi ya ?
2.0 bensin turbo kl gak salah ya..
Lagi nginjek rem..
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

MitshuToyo wrote: Mon Aug 05, 2019 23:46
F 272 wrote: Mon Aug 05, 2019 23:18
Mau di ajak ke Hambalang..? :mky_07:
siapa tahu bosen trus dilepas murmer hahahah..

Btw yg baru dah gak pake diesel lagi ya ?
2.0 bensin turbo kl gak salah ya..
Ada dieselnya 2.2 tapi gak masuk indo. Nama familynya juga udah berubah bukan seri JK lagi jadi JL series. Kalo ga salah bensinnya juga masih tersedia tipe mesin lawas pentastar 3.6. Konon pentastar ini mesin yang lumayan perfect n gahar dibanding tipe mesin sebelumnya 3.8 dan sesudahnya yg 3.0.
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

F 272 wrote: Mon Aug 05, 2019 23:18
MitshuToyo wrote: Mon Aug 05, 2019 22:39 Mantap koleksi VNT 4x4 2015 nih Om.. :))
Mau di ajak ke Hambalang..? :mky_07:

Ahsiaapp,om
IMG-20190806-WA0010.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Diesel in my head
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Wrangler CRD 2012

Post by jivos »

diesel mania wrote: Mon Aug 05, 2019 23:43 Kesan pertama naik mobil ini, mesin dieselnya jadi teringat captiva. Renyah, ringan, tarikan di rpm atas. Emang mesinnya masih sodaraan sm captiva. Sama2 rewel 😝
Lalu yang bikin sebel ini ternyata komputernya lumayan sensitif. Tenang, bukan gw orangnya mau di begoin komputer gitu aja. Klo perlu komputernya yg gw tipu. Masih macem2 juga, gw pecat aja tuh vm motorinya gw ganti pake 4JG2T ato 1HDT 🤪
Peer pertama gw mo ngadalin turbonya berikut sensor2nya. Lets see it will works or not..
slute sm om ini...ngga mau kalah/d kerjaiin sm mbl...yes kita itu subyek smentar mbl itu obyek.
sy bbrp kali nantangin mbl sy.... "ayo lo mw rusak yg mana lagi...keluarin skrg" :mky_01:
pernah panggil bbrp sepuh electrical biem sjabotabek buat pegang beresin mbl ane :mky_03:

nonmainstream car yg cantik d mata...butuh perlakuan yg lbh gila dr ownernya buat sikat bawaan rewelnya.

lanjut critanya...
penasaran dg durability product fiatchrysler ini yg pinter ambil brand jeep dr amc (tough image)
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

Jangan salah vm motori ini ada darah campuran dari isuzu juga. Mesin captiva gen 1 yg 2000cc memiliki blok mesin yg persis kaya isuzu super jadul C engine panther lawas. Filter olinya aja lho sama.
Belum lagi chev spin diesel, ertiga diesel, tata india banyak yg ambil mesin vm motori. Ga tau kenapa manufaktur banyak yg suka sama mesin ini padahal durabilitasnya kalah sama mesin2 jepun produksi mitsu or toyota. Mungkin karena vm ini pintar produksi mesin diesel dgn output hp n torq gede. Atau juga karena banyak produsen mobil yg udah pada ikutan nanam saham di vm, jd mesinnya tinggal comot aja.
Diesel in my head
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Wrangler CRD 2012

Post by tesna »

EGR ga coba dibuka lagi? kali aja malah ilang CE nya
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

tesna wrote: Tue Aug 06, 2019 1:23 EGR ga coba dibuka lagi? kali aja malah ilang CE nya
Udah dong,bro. Emang hasil scanner ulang problem egr udah ilang tinggal problem turbo masih muncul. Waktu buka egr keliatan belepotan oli dari selang turbo. Cuma ini belum sempet bongkar turbonya. Apa sirip vgtnya macet, as turbo koplak ato actuatornya yg error. Jgn lupa ini kunci2 toolsnya nyeleneh pisan pake bintang 6. Kunci pas juga ukurannya beda sm jepun. Jadi mekaniknya kudu nyiapin dulu kunci2nya.
Diesel in my head
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Wrangler CRD 2012

Post by adityabp »

diesel mania wrote: Tue Aug 06, 2019 1:33
tesna wrote: Tue Aug 06, 2019 1:23 EGR ga coba dibuka lagi? kali aja malah ilang CE nya
Udah dong,bro. Emang hasil scanner ulang problem egr udah ilang tinggal problem turbo masih muncul. Waktu buka egr keliatan belepotan oli dari selang turbo. Cuma ini belum sempet bongkar turbonya. Apa sirip vgtnya macet, as turbo koplak ato actuatornya yg error. Jgn lupa ini kunci2 toolsnya nyeleneh pisan pake bintang 6. Kunci pas juga ukurannya beda sm jepun. Jadi mekaniknya kudu nyiapin dulu kunci2nya.
Waduh. mm vs inch ya om?
:big_bored:
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

Iya mungkin,om. Jadi ukurannya kunci pasnya lebih kecil dikit dari yg biasa. Oblak gitu. Bisa aja klo dipaksa tp taut rusak lama2 kepala murnya.
Diesel in my head
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Wrangler CRD 2012

Post by Gasoline24 »

diesel mania wrote: Tue Aug 06, 2019 0:21
F 272 wrote: Mon Aug 05, 2019 23:18
MitshuToyo wrote: Mon Aug 05, 2019 22:39 Mantap koleksi VNT 4x4 2015 nih Om.. :))
Mau di ajak ke Hambalang..? :mky_07:

Ahsiaapp,om
IMG-20190806-WA0010.jpg
wadidaw......mobil idaman tempur
VNT 4x4

sungguh OW sekali

:mky_08:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Wrangler CRD 2012

Post by jivos »

diesel mania wrote: Tue Aug 06, 2019 1:23 Jangan salah vm motori ini ada darah campuran dari isuzu juga. Mesin captiva gen 1 yg 2000cc memiliki blok mesin yg persis kaya isuzu super jadul C engine panther lawas. Filter olinya aja lho sama.
Belum lagi chev spin diesel, ertiga diesel, tata india banyak yg ambil mesin vm motori. Ga tau kenapa manufaktur banyak yg suka sama mesin ini padahal durabilitasnya kalah sama mesin2 jepun produksi mitsu or toyota. Mungkin karena vm ini pintar produksi mesin diesel dgn output hp n torq gede. Atau juga karena banyak produsen mobil yg udah pada ikutan nanam saham di vm, jd mesinnya tinggal comot aja.

klo liat dr historicnya nih comp...
VM Motori S.p.A. is an Italian diesel engine manufacturing company which is wholly owned by Fiat Chrysler Automobiles through its subsidiary Fiat Group Automobiles.
aplikasi engine nya sendiri biasa mll subsidiary anak perusahaannya atopun via aliansinya, bbrp ada yg ambil license.

linking to isuzu...masuk lewat GM yg yg punya major shares d isuzu. aliansi GM n isuzu sendiri utk ute vehicle ended 2016 kmrn. isuzu gandeng mazda skrg utk ute vehicle

R n D engine sendiri tetap d pegang vm motori bukan olh rekanan/aliansinya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Wrangler CRD 2012

Post by diesel mania »

https://youtu.be/V2_NRV_O2_U

Banyak juga ya user vm motori 🤔
Diesel in my head
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Wrangler CRD 2012

Post by paidjho »


diesel mania wrote:Awal keluar showroom langsung saya bawa ke beres di scanner ga ada masalah. Setelah masalah diatas tadi muncul saya scanner ulang ternyata kebaca egr bermasalah (wajar karena ditutup) , lalu low boost turbocharger. Saya bongkar di bengkel teman saya ternyata turbonya mulai belepotan oli. Saya curiga antara actuator turbonya ato turbonya yang kena. Kalopun ganti harus semuanya. Tanya beres estimasi 25jtaan. Gak masalah cuma berespun takutnya keliru karena ada perbedaan jenis turbo antara yg sebelum thn 2012 dgn yg sesudah. Mekanik beres aja gak percaya kalo ternyata maticnya cuma 4 speed. Padahal semua literatur bilang 5 speed. Makanya mobil ini aneh asal usulnya, mungkin masuknya lewat importir umum. Speedometer juga masih mph, yg garasindo 2012 keatas udah pake km/jam. Sekedar info, wrangler memakai mesin pabrikan VM motori. VM motori penyuplai mesin2 diesel untuk mobil2 hampir semua mobil korea, hyundai, kia. Mobil eropa, dan amerika chrysler,chevrolet captiva. Santafe n captiva pake mesin yg sama dari vm motori. Mesin wrangler setipe dengan chevrolet trailblazer yg 2.8cc.
Oke, alhasil penyakit sekarang adalah turbochargenya. Rencana saya mau ganti pake td04 strada atau td04 vgt pajero sport karena inlet turbonya mirip sama2 berbentuk segitiga. Actuator nantu diganti pake sistem vakum biasa biar mudah penyetelannya. Ato ada usulan laen pake turbonya apa? Hehe..
Ini versi yg dgn dpf kah Om?
Kalau iya, baca2 sering trouble dpf nya.
Mbah Bebonk bisa bikin off ndak ya?

Kalau turbo meleleh, biasanya seal & bearing turbo nya.
Kalau mau sabar & coba2, order repair kit nya saja.

Spek turbonya apa ya?
triopdd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Fri Dec 14, 2018 2:52
Location: Jakarta

Re: Wrangler CRD 2012

Post by triopdd »

diesel mania wrote: Tue Aug 06, 2019 3:14 https://youtu.be/V2_NRV_O2_U

Banyak juga ya user vm motori 🤔
maaf oot kalau diliat dari video tsb berarti mobil2 yang di tampilkan gambarnya itu mesinnya sama ya om dgn kata lain sharing parts?
cobalah melihat dari sudut pandang yang lain
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Wrangler CRD 2012

Post by Change »

Nambahin list om, dfsk juga pakai vm motori ini buat pick-up sayur, moga2 gak cepet jebol yah..baru dp....