Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arief225 »

Suryaputra wrote:Barusan mampir spbu shell.
area bandung jl. pejuang

HX8 5w30: 628rb
HX Ultra 0w20: 1jt
4 ltr

Di toko ijo; planet oli,
jual HX ultra cmn 500rb :ngacir:
Disund oli 135 hx8 kak. Asli dan boleh beli seprapat leter [emoji23] jadi klo di itung itung murah sih hehe
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by marmut »

arief225 wrote: Fri Aug 02, 2019 17:27
Suryaputra wrote:Barusan mampir spbu shell.
area bandung jl. pejuang

HX8 5w30: 628rb
HX Ultra 0w20: 1jt
4 ltr

Di toko ijo; planet oli,
jual HX ultra cmn 500rb :ngacir:
Disund oli 135 hx8 kak. Asli dan boleh beli seprapat leter [emoji23] jadi klo di itung itung murah sih hehe

yang jual sinterklaas?
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bismo16 »

rendr wrote:
Suryaputra wrote: Thu Aug 01, 2019 16:23
ESP wrote: Thu Aug 01, 2019 15:03 Iya sih gan, mo nyari jaso mb itu ada yg punya gak di oli sesat tadi :ungg:

Jadi kendall aja yg aman yak
Kok minim pilihan yak oli motor matik di merk oli ternama lainnya.
Bukannya motor matic udah paling gede populasi nya di Indonesia? :big_slap:
Suryaputra wrote:
sebetulnya gini om.. produsen oli besar udah hire orang2 expert (ahli kimia dan fisika yg belajar bertahun-tahun) untuk membuat oli yg khusus untuk kebutuhan masing2 mesin.

klo emang mesin motor bisa pakai oli sesat dan aman untuk jangka panjang, buat apa mereka lakukan R&D bikin oli khusus motor matic atau manual wet-clutch? :frm_salut:

kita bicara jangka panjang yah.
karena yg namanya enak (menurut butt-o-meter), blm tentu cocok buat mesin untuk jangka panjang :mrgreen:
Setuju. Tapi, mereka juga ada input dr marketingnya yg ngitung cost dan product life expectancy/lifecycle - dan kadang hal ini membuat produk macam oli yg masuk fast moving/wear and tear jadi "berkurang" mantepnya.

Menurut pendapat saya industri oli industri yg spec barangnya masuk kategory "good enough for that spec" jadi ya kalo di pds tbn 10 misalnya, nah ya biasanya dptnya 10an, tp gak bakal jauh dr itu... makanya beberapa motor/mobil spesial - kayak Harley bisa dibuatin spec khusus dr Amsoil karena mmg speknya mereka rada khusus... tp ya tentunya olinya lbh mahal dr oli biasa.
Iya, motorcycle dgn kapasitas mesin mobil, butuh oli spec khusus.
Karena mesin hi-rpm tp kopling kerendam oli jd satu.

Produsen oli mumet, hrs bikin oli yg bisa membuat mesin gak aus, mencegah sludge, anti wear khusus RPM tinggi, tapi gak bikin kopling selip (krn tu kopling kerendem oli jd satu sm mesin) :glodak:
Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban


Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..[/quote]Kalo dicermati, oli motor cap pabrikan di indonesia rata rata api service nya SG, artinya sudah selisih 7 grade le oli mobil (API SN). Apakah ini sebabnya oli mesin mobil kalo dipake di mesin motor kopling basah sering bikin selip?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

bismo16 wrote: Sat Aug 03, 2019 3:23Kalo dicermati, oli motor cap pabrikan di indonesia rata rata api service nya SG, artinya sudah selisih 7 grade le oli mobil (API SN). Apakah ini sebabnya oli mesin mobil kalo dipake di mesin motor kopling basah sering bikin selip?
oli API SN jg ada yg bisa buat motor sport & bebek yg pk kopling basah,
& klo oli motor; spec yg hrs diperhatikan apakah itu JASO MB atau MA/MA2.

ini contohnya oli motorcycle 4 tak, API SN, JASO MA/MA2 (buat kopling basah)
Amsoil 10w40 (API SN) & 10w30 (API SL): https://www.amsoil.com/lit/internationa ... l_6-17.pdf

di toko ijo ada yg jual :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by kompresorz »

knp fastron gold 0-20 lebih murah dari 5-30...hhmmm :big_think:


saatnya ganti oli mesin sudah 2 taun lewat 1 bulan nih...


cari murmer yg penting asli spek kekinian...mobil tua doyan muda...biar josss


:ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

kompresorz wrote: Sat Aug 03, 2019 14:36 knp fastron gold 0-20 lebih murah dari 5-30...hhmmm :big_think:


saatnya ganti oli mesin sudah 2 taun lewat 1 bulan nih...


cari murmer yg penting asli spek kekinian...mobil tua doyan muda...biar josss


:ngacir:
fastron 0w20 = tmo 0w20 api sn/ilsac gf5
biasa buat mesin mbl asia, jepang dan lcgc om

klo fastron 5w30, bs buat sebagian mbl eropah :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Suryaputra wrote: Sat Aug 03, 2019 14:54
kompresorz wrote: Sat Aug 03, 2019 14:36 knp fastron gold 0-20 lebih murah dari 5-30...hhmmm :big_think:


saatnya ganti oli mesin sudah 2 taun lewat 1 bulan nih...


cari murmer yg penting asli spek kekinian...mobil tua doyan muda...biar josss


:ngacir:
fastron 0w20 = tmo 0w20 api sn/ilsac gf5
biasa buat mesin mbl asia, jepang dan lcgc om

klo fastron 5w30, bs buat sebagian mbl eropah :ngacir:
5w30 nya fastron gold itu masih semi syn ya?
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by singgihcahyas »

kompresorz wrote: Sat Aug 03, 2019 14:36 knp fastron gold 0-20 lebih murah dari 5-30...hhmmm :big_think:


saatnya ganti oli mesin sudah 2 taun lewat 1 bulan nih...


cari murmer yg penting asli spek kekinian...mobil tua doyan muda...biar josss


:ngacir:
kyknya sieh approvalnya lbh bykan Fastron Gold 5W-30 drpd 0W-20....

-5w30 (mb approval 229.51, bmw LL 04, GM Dexos 2, Acea C3, api SN)
-0w20 (ilsac gf5, api SN)

dan ada bbrpa review kurang oke dri 0w20 nya :big_childish:
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by singgihcahyas »

DevilS wrote: Sat Aug 03, 2019 15:02
Suryaputra wrote: Sat Aug 03, 2019 14:54
kompresorz wrote: Sat Aug 03, 2019 14:36 knp fastron gold 0-20 lebih murah dari 5-30...hhmmm :big_think:


saatnya ganti oli mesin sudah 2 taun lewat 1 bulan nih...


cari murmer yg penting asli spek kekinian...mobil tua doyan muda...biar josss


:ngacir:
fastron 0w20 = tmo 0w20 api sn/ilsac gf5
biasa buat mesin mbl asia, jepang dan lcgc om

klo fastron 5w30, bs buat sebagian mbl eropah :ngacir:
5w30 nya fastron gold itu masih semi syn ya?
kalau ngliat VI nya di 168. kyknya Full Synt deh Om :big_peace:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

kompresorz wrote:knp fastron gold 0-20 lebih murah dari 5-30...hhmmm :big_think:


saatnya ganti oli mesin sudah 2 taun lewat 1 bulan nih...


cari murmer yg penting asli spek kekinian...mobil tua doyan muda...biar josss


:ngacir:
Amsoil 0w20 Om Kompre buat si M52nya yg srg bobo...
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

singgihcahyas wrote: Sat Aug 03, 2019 17:33
DevilS wrote: Sat Aug 03, 2019 15:02
Suryaputra wrote: Sat Aug 03, 2019 14:54

fastron 0w20 = tmo 0w20 api sn/ilsac gf5
biasa buat mesin mbl asia, jepang dan lcgc om

klo fastron 5w30, bs buat sebagian mbl eropah :ngacir:
5w30 nya fastron gold itu masih semi syn ya?
kalau ngliat VI nya di 168. kyknya Full Synt deh Om :big_peace:
Sip thankyou infonya, soalnya di botolnya ga di tulis full syn jd saya bingung :big_peace:
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Woompy »

limsandy wrote: Fri Aug 02, 2019 4:27 Padahal secara TBN sih yg Kendall masih layak pakai lho. :big_exellent:

Mungkin pas pake Kendall lebih sering kena macet/stop n go traffic? Atau lebih sering mati/nyalain mesin? Atau high rev sebelum mesin panas? Pake Pertamax ya om? :big_grin:
Kena macet yg sampe bbrp jam cuma beberapa kali, engga setiap hari. Setiap mau jalan juga selalu warming up sampai rpm stabil di 900an
singgihcahyas wrote: Fri Aug 02, 2019 6:42 Oli sekelas kendall hasil tes lab wear metalnya tergolong tinggi ya, aneh jg sieh. :big_bored:  itu kalau dicompare dengan Q8 Form Ultra sbenarnya gk buruk2 amat, mlah cenderung lebih oke kendall.....coba deh itu untuk kendal (Tbn 6,3 ; kv  8,8) sedangkan untuk Q8 Ultra (Tbn 3,1 ; kv 8,1). ini mlah Tbn Q8 mau masuk kritis di 2,5. sedangkan untuk kendall malah anteng di Tbn 6,3. Dan kalau dikatakan antiwear lebih banyak, atau lebih oke Q8...ya ini di hasil lab nya mlah sebaliknya.....hmm....Kandungan aditif kendall (Ca 2042; P 655; Zn 764; Mg 8; Mo 14) sedangkan untuk Q8 (Ca 1443; P 503; Zn 673; Mg 4 ;Mo 1)
#CMIIW
Yes, penasaran juga kenapa wear metalnya lebih jelek di kendall padahal karakteristik olinya masih lebih baik
rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 7:49 apa karena dia msh flat tappet ya? visco 0w20 ini ga cukup melumasi sampe tahap full film
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

Ariazaki wrote: Sun Aug 04, 2019 16:13
limsandy wrote: Fri Aug 02, 2019 4:27 Padahal secara TBN sih yg Kendall masih layak pakai lho. :big_exellent:

Mungkin pas pake Kendall lebih sering kena macet/stop n go traffic? Atau lebih sering mati/nyalain mesin? Atau high rev sebelum mesin panas? Pake Pertamax ya om? :big_grin:
Kena macet yg sampe bbrp jam cuma beberapa kali, engga setiap hari. Setiap mau jalan juga selalu warming up sampai rpm stabil di 900an
singgihcahyas wrote: Fri Aug 02, 2019 6:42 Oli sekelas kendall hasil tes lab wear metalnya tergolong tinggi ya, aneh jg sieh. :big_bored:  itu kalau dicompare dengan Q8 Form Ultra sbenarnya gk buruk2 amat, mlah cenderung lebih oke kendall.....coba deh itu untuk kendal (Tbn 6,3 ; kv  8,8) sedangkan untuk Q8 Ultra (Tbn 3,1 ; kv 8,1). ini mlah Tbn Q8 mau masuk kritis di 2,5. sedangkan untuk kendall malah anteng di Tbn 6,3. Dan kalau dikatakan antiwear lebih banyak, atau lebih oke Q8...ya ini di hasil lab nya mlah sebaliknya.....hmm....Kandungan aditif kendall (Ca 2042; P 655; Zn 764; Mg 8; Mo 14) sedangkan untuk Q8 (Ca 1443; P 503; Zn 673; Mg 4 ;Mo 1)
#CMIIW
Yes, penasaran juga kenapa wear metalnya lebih jelek di kendall padahal karakteristik olinya masih lebih baik
rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 7:49 apa karena dia msh flat tappet ya? visco 0w20 ini ga cukup melumasi sampe tahap full film
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
PTT belum om.
Bole Cobain deh :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Woompy »

Suryaputra wrote: Sun Aug 04, 2019 16:30 PTT belum om.
Bole Cobain deh :ngacir:
Mungkin kalo engga cobain amsoil, bakal cobain itu ptt. Apalagi kata mbah bebonk itu ptt ada kandungan paonya....
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »


Ariazaki wrote:
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
Amsoil 0w20 dunks...
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by lightarmy10 »

exflowly wrote:
Ariazaki wrote:
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
Amsoil 0w20 dunks...
Ane dah coba 300v 0w20 di 1.5 turbo ahond , maknyus gan tapi harga nya juga mantap sih.. sblm nya pake q8 0w20
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by iwing »

Ariazaki wrote: Sun Aug 04, 2019 16:13
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
kalo udah kuatir jika pake 0w-20, naikin aja ke 0w-30 atau 5w-30
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arief225 »

marmut wrote:
arief225 wrote: Fri Aug 02, 2019 17:27
Suryaputra wrote:Barusan mampir spbu shell.
area bandung jl. pejuang

HX8 5w30: 628rb
HX Ultra 0w20: 1jt
4 ltr

Di toko ijo; planet oli,
jual HX ultra cmn 500rb :ngacir:
Disund oli 135 hx8 kak. Asli dan boleh beli seprapat leter [emoji23] jadi klo di itung itung murah sih hehe

yang jual sinterklaas?
Di jalan sunda om yg jual, namanya sunda oli[emoji23]
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by evanbngdor »

Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 11:48 Btw kalo cocok dgn oli Kendall

belilah selagi bisa dibeli
Rata-rata kosong nih Kendall, padahal pengen beli yg 10w-40
:big_dunno: :big_dunno:

Cari dimana ya Om baiknya?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by kingpower »

lightarmy10 wrote: Mon Aug 05, 2019 0:41
exflowly wrote:
Ariazaki wrote:
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
Amsoil 0w20 dunks...
Ane dah coba 300v 0w20 di 1.5 turbo ahond , maknyus gan tapi harga nya juga mantap sih.. sblm nya pake q8 0w20
Maaf om mau tanya. Ambil 300v dimana dengan harga berapa?
Pakai berapa km om di turbo honda? ada penguapan ga?

Trims
devards
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Jun 09, 2016 2:21
Daily Vehicle: L15ZF

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by devards »

Siang om,
Mau tanya buat sx4 2012,

Unilopal opaljet 20s 10-40 api sn sama ptt 10-30 api sl, mending yg mana yah?
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

United eco zen 0w30 jalan 7500 km rasa tarikannya masih enak sih, cuma karna habis perjalanan panjang saya putus kan ganti saja.
Sisa oli bekas sudah di tampung buat di tes lab

Sekarang masukin sisa dari United 0w30 kemaren 700ml sama stp 10w30 200ml dan sisa nya pakai oli genuine daihatsu 5w30
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by singgihcahyas »

lightarmy10 wrote: Mon Aug 05, 2019 0:41
exflowly wrote:
Ariazaki wrote:
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
Amsoil 0w20 dunks...
Ane dah coba 300v 0w20 di 1.5 turbo ahond , maknyus gan tapi harga nya juga mantap sih.. sblm nya pake q8 0w20
pakai q8 0w20 bgmn Om jika dibanding dengan motul 300v 0w20? .....baik dari akselerasi dan tingkat penguapannya... :big_smile]
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

bismo16 wrote: Sat Aug 03, 2019 3:23Kalo dicermati, oli motor cap pabrikan di indonesia rata rata api service nya SG, artinya sudah selisih 7 grade le oli mobil (API SN). Apakah ini sebabnya oli mesin mobil kalo dipake di mesin motor kopling basah sering bikin selip?
justru bagus menurut saya, API SG-SL punya antiwear yg tinggi2.. memang dibutuhkan di mesin motor yg tipikalnya high rev. makanya om turboman diatas bilang hindari oli sertifikasi API SM / ILSAC terutama GF-4 karena antiwearnya sudah menyusut.. selain itu juga kemungkinan oli2 mobil ini sudah menggunakan antiwear yg bersifat extreme pressure untuk merubah karakteristik lubrication filmnya makanya bisa bikin selip kopling.. kampas kopling kan material komposit.. ya musuhnya sesama dia aja ga jauh2 dari material carbon dan teman2nya...

maka dari itu jika udh paham bbrp sertifikasi oli yg mau kita gunakan lbh baik lagi jika tau alasan dibalik itu..

oiya selain dari chemical properties, dari yg saya baca2, usia oli juga bisa bikin selip kopling.... karena oli itu sendiri sdh gabisa mempertahankan kondisinya untuk bisa melumasi sampai tahap2 film tertentu..


Ariazaki wrote: Sun Aug 04, 2019 16:13
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
manual book suzuki minta 0w20 tapi API Service SL kan? visco 0w20 ini friction antar metal yg bersentuhan sangat besar terlebih untuk flat tappet yg dimana antara cam lobe dan shim tappet baiknya terjadi "viscous separation" dari tahap pelumasan full film.. di visco 0w20 ini sepertinya sulit buat sampe ke tahap itu...

coba switch ke visco 5w30 aja om, dan kalo bisa yg HTHS nya maks 3,1 kyk rata2 oli Acea A5/B5... atau A1/B1 juga bisa... merk bebas aja..
:big_okay:
gaspol resing tim
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Mon Aug 05, 2019 4:49
bismo16 wrote: Sat Aug 03, 2019 3:23Kalo dicermati, oli motor cap pabrikan di indonesia rata rata api service nya SG, artinya sudah selisih 7 grade le oli mobil (API SN). Apakah ini sebabnya oli mesin mobil kalo dipake di mesin motor kopling basah sering bikin selip?
justru bagus menurut saya, API SG-SL punya antiwear yg tinggi2.. memang dibutuhkan di mesin motor yg tipikalnya high rev. makanya om turboman diatas bilang hindari oli sertifikasi API SM / ILSAC terutama GF-4 karena antiwearnya sudah menyusut.. selain itu juga kemungkinan oli2 mobil ini sudah menggunakan antiwear yg bersifat extreme pressure untuk merubah karakteristik lubrication filmnya makanya bisa bikin selip kopling.. kampas kopling kan material komposit.. ya musuhnya sesama dia aja ga jauh2 dari material carbon dan teman2nya...

maka dari itu jika udh paham bbrp sertifikasi oli yg mau kita gunakan lbh baik lagi jika tau alasan dibalik itu..

oiya selain dari chemical properties, dari yg saya baca2, usia oli juga bisa bikin selip kopling.... karena oli itu sendiri sdh gabisa mempertahankan kondisinya untuk bisa melumasi sampai tahap2 film tertentu..


Ariazaki wrote: Sun Aug 04, 2019 16:13
Mungkin begitukah? Padahal di bukman recommend 0w20 jadi seharusnya ya baik2 saja. Entah abis ini mau coba oli apa lagi :ungg:
manual book suzuki minta 0w20 tapi API Service SL kan? visco 0w20 ini friction antar metal yg bersentuhan sangat besar terlebih untuk flat tappet yg dimana antara cam lobe dan shim tappet baiknya terjadi "viscous separation" dari tahap pelumasan full film.. di visco 0w20 ini sepertinya sulit buat sampe ke tahap itu...

coba switch ke visco 5w30 aja om, dan kalo bisa yg HTHS nya maks 3,1 kyk rata2 oli Acea A5/B5... atau A1/B1 juga bisa... merk bebas aja..
:big_okay:
PTT 5w30 udh fulfill spec Acea a5/b5 om
dan harga msh ok lah di blibli :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri