Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
zanira wrote: Fri Jul 12, 2019 1:06
Jarang ke jakarta bawa mobil, bawaannya sudah stres ngeliat macet, pengemudi yg gila & mobil" pejabat yg semaunya
sama hehe.. karena kantor saya ada di SCBD dan rumah di bsd, paling enak naik transjakarta - St palmerah lanjut KRl sampai rawabuntu. 40 menit lama perjalanannya.
Irit dikantong, plus bikin awet usia (less stressful)
PRBS wrote: Thu Jul 11, 2019 6:36
Termasuk yg setuju2 aja.. makin kesini frekuensi saya bawa kendaraan pribadi (mobil) untuk pergi kerja sudah jauh berkurang.. bawaannya capek dan stress aja..
Jauh lebih enak naik angkutan umum (KRL - feeder busway - MRT - transjakarta).. sisanya jalan kaki hehe
PRBS wrote: Thu Jul 11, 2019 6:36
Termasuk yg setuju2 aja.. makin kesini frekuensi saya bawa kendaraan pribadi (mobil) untuk pergi kerja sudah jauh berkurang.. bawaannya capek dan stress aja..
Jauh lebih enak naik angkutan umum (KRL - feeder busway - MRT - transjakarta).. sisanya jalan kaki hehe
Ini baru manusia metropolis sejati
Lebih sehat.. betul2 terasa di badan saya.. rumah saya di BSD, naik ojol ke st rawabuntu -> naik KRL sampai st.palmerah -> lanjut naik transjakarta 1F sampai GBK -> jalan kaki sampai sequiss tower (kantor saya)
Kalau lagi terburu2, dari rawabuntu turun di st.kebayoran -> lanjut naik ojol sampai sequiss tower (cukup 12rb).
Less stressful, irit didompet, irit kilometer mobil hahaha.. mobil dipakai kalau urgent2 aja sama weekend
Ga kebayang sih stress nya di jalanan jakarta...ane aja di bandung kalo ada perlu ..baru keluar pas jam jam non sibuk...selalu ngehindarin jam pulang kantor ....
ya janganlah, ritme busway belum jelas mrt baru seuprit krl kaya pepes, belum layak tiba-tiba mobil dibatasi.. jangan karena kantor deket terus bilang gitu.. yang kantornya ga dilewatin busways dan KRL BAAANNYYAAAKKK.. yang rumahnya ngga ada busway , KRL BANYAK JUGAAA... yang jd driver GOCAR & GRab BAAANYYAAKKK blm lagi susah kl ke pusat perbelanjaan siang-siang... be wise lah.. jangan mentang-mentang punya mobil 2..
sekarang aja udh cukup repot pagi sama siang.. ga usa gitu" amat
dittotama wrote: Wed Jul 17, 2019 6:54
ya janganlah, ritme busway belum jelas mrt baru seuprit krl kaya pepes, belum layak tiba-tiba mobil dibatasi.. jangan karena kantor deket terus bilang gitu.. yang kantornya ga dilewatin busways dan KRL BAAANNYYAAAKKK.. yang rumahnya ngga ada busway , KRL BANYAK JUGAAA... yang jd driver GOCAR & GRab BAAANYYAAKKK blm lagi susah kl ke pusat perbelanjaan siang-siang... be wise lah.. jangan mentang-mentang punya mobil 2..
sekarang aja udh cukup repot pagi sama siang.. ga usa gitu" amat
Setau saya orang jekardah udah pinter2 kok nyiasatin gage. Entah berangkat lebih awal, naik motor, gojek, lewat jalur lain.
dittotama wrote: Wed Jul 17, 2019 6:54
ya janganlah, ritme busway belum jelas mrt baru seuprit krl kaya pepes, belum layak tiba-tiba mobil dibatasi.. jangan karena kantor deket terus bilang gitu.. yang kantornya ga dilewatin busways dan KRL BAAANNYYAAAKKK.. yang rumahnya ngga ada busway , KRL BANYAK JUGAAA... yang jd driver GOCAR & GRab BAAANYYAAKKK blm lagi susah kl ke pusat perbelanjaan siang-siang... be wise lah.. jangan mentang-mentang punya mobil 2..
sekarang aja udh cukup repot pagi sama siang.. ga usa gitu" amat
Setau saya orang jekardah udah pinter2 kok nyiasatin gage. Entah berangkat lebih awal, naik motor, gojek, lewat jalur lain.
Tidak semua warga jakarta kerja kantoran. tidak semua berangkat pagi juga..
lha kl mau jemput anak sekolah, istri mau belanja gt" gmn? naik taksi? apa anaknya yg masi TK suru naik gojek? atau sekedar mau makan ke restoran sama keluarga siang" jd ga bisa gt?
15 jam itu seharian... ga fair..
emg yang punya mobil cm yg kerjanya kantoran? ga semua org juga kerja senin-jumat, yg shift banyak..
sudah wajar kl pagi macet sore macet, jgn dipukul rata trus org jd ga bisa aktivitas yg lain..
t0mc4t wrote: Wed Jul 10, 2019 7:30
Jakarta - Aturan ganjil-genap yang berlaku pada saat Asian Games 2018 diusulkan untuk kembali diberlakukan. Usulan tersebut datang dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswrdan.
Kebijakan ganjil-genap yang diperluas di beberapa titik seperti saat Asian Games 2018 dinilai BPTJ dapat mengurangi aktifitas lalu lintas di Ibu Kota DKI Jakarta. Usulan tersebut dilayangkan oleh BPTJ lewat surat bernomor TJ.102/1/2/BPTJ-2019. Surat tersebut ditanda tangani Kepala BPTJ Bambang Prihartono pada 8 Juli kemarin.
"Selanjutkan kami sampaikan bahwa BPTJ telah melakukan evaluasi yang menunjukkan bahwa kinerja lalu lintas saat ini dibandingkan dengan saat penyelenggaraan Asian Games 2018 telah mengalami penurunan sebesar 17% dari 36,99 Km/jam menjadi 30,85 Km/jam," demikian petikan surat usulan BPTJ, seperti dikutip dari detiknews, Selasa (9/7/2019).
Sebagai pengingat, saat Asian Games 2018 kebijakan ganjil-genap berlangsung selama 15 jam yakni mulai pukul 06.00-21.00. Mobil-mobil berpelat ganjil boleh bebas melintas di tanggal ganjil dan sebaliknya. Rute yang dikenakan aturan ganjil-genap Jakarta kala Asian Games juga lebih luas.
Adapun ruas jalan yang diberlakukan ganjil-genap saat Asian Games 2018 berlangsung yakni:
- Jalan Medan Merdeka Barat
- Jalan MH. Thamrin
- Jalan Jenderal Sudirman
- Jalan Sisingamangaraja
- Jalan Jenderal Gatot Subroto
- Sebagian Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi - simpang Tomang)
- Jalan MT Haryono
- Jalan HR Rasuna Said
- Jalan Jenderal DI Panjaitan
- Jalan Jenderal Ahmad Yani
- Jalan Benyamin Sueb
- Jalan Metro Pondok Indah
- Jalan RA Kartini
Anies sendiri belum menjawab usulan tersebut. Kepala BPTJ Bambang Prihartono menyadari bahwa Pemprov DKI membutuhkan waktu untuk mempelajari usulan tersebut.
"Belum ada (jawaban dari Anies). Kan perlu waktu untuk mempelajari dulu," ujar Bambang.
Sulit ini kayaknya diberlakuin, pengusaha pada mikir dan pasti kalau diberlakuin mobil second jd laku berat. Ato paling gak nanti org jd banyak yg dp motor buat ke kantor. Pasti banyak kontranya walaupun tujuannya bener. Lagian transportasinya di jakarta sebenernya udah bagus, cuma kurang di maksimalin. Dari segi jumlah armada atau jangkauannya lebih diperluas ke kota yg berbatasan sm jakarta langsung
Pasti banyak lg akibatnya kalo kejadian 15 jam gan gen
-. Bisa jadi orang malah beli mobil second
-. Bisa jadi orang lari ke motor which is lebih bikin macet lg
Jakarta tuh belom siap dikasih aturan yg tegas, kalo mau dibilang harusnya dari pemerintah juga kasih contoh. Kalo pejabat lewat kan yg nganter byk bgt, dari pengawal sampe staff khususnya. Itu juga bikin macet. Jadi menurut saya jakarta belom siap bgt dikasih aturan kyk gini
Top
dittotama wrote: Wed Jul 17, 2019 6:54
ya janganlah, ritme busway belum jelas mrt baru seuprit krl kaya pepes, belum layak tiba-tiba mobil dibatasi.. jangan karena kantor deket terus bilang gitu.. yang kantornya ga dilewatin busways dan KRL BAAANNYYAAAKKK.. yang rumahnya ngga ada busway , KRL BANYAK JUGAAA... yang jd driver GOCAR & GRab BAAANYYAAKKK blm lagi susah kl ke pusat perbelanjaan siang-siang... be wise lah.. jangan mentang-mentang punya mobil 2..
sekarang aja udh cukup repot pagi sama siang.. ga usa gitu" amat
Setau saya orang jekardah udah pinter2 kok nyiasatin gage. Entah berangkat lebih awal, naik motor, gojek, lewat jalur lain.
Tidak semua warga jakarta kerja kantoran. tidak semua berangkat pagi juga..
lha kl mau jemput anak sekolah, istri mau belanja gt" gmn? naik taksi? apa anaknya yg masi TK suru naik gojek? atau sekedar mau makan ke restoran sama keluarga siang" jd ga bisa gt?
15 jam itu seharian... ga fair..
emg yang punya mobil cm yg kerjanya kantoran? ga semua org juga kerja senin-jumat, yg shift banyak..
sudah wajar kl pagi macet sore macet, jgn dipukul rata trus org jd ga bisa aktivitas yg lain..
Tk dan sekolahan lain ada jemputan. Setiap hari harus belanja? Kalo kepasar okelah cuma pasar becek mana yang lewat gage?
Sebuah kebijakan ga mungkin 100% penduduk setuju. Mungkin om salah satu dari sebagian kecil yang ga setuju. Tiap kebijakan pasti dievaluasi kok. Contohnya dulu waktu keluar tol aja kena gage akhirnya direvisi kan jadi perempatan pertama setelah keluar tol bukan gage.
Berbahagia lah orang jakarta karena tiap kebijakan ada evaluasi dan diawali uji coba.
Coba liat bandung ada pengalihan arus tapi ga ada uji coba tiba2 tanda rambu lalu lintas udah berubah. Dan supir angkot udah demo tapi kebijakan terus jalan
Setau saya orang jekardah udah pinter2 kok nyiasatin gage. Entah berangkat lebih awal, naik motor, gojek, lewat jalur lain.
Tidak semua warga jakarta kerja kantoran. tidak semua berangkat pagi juga..
lha kl mau jemput anak sekolah, istri mau belanja gt" gmn? naik taksi? apa anaknya yg masi TK suru naik gojek? atau sekedar mau makan ke restoran sama keluarga siang" jd ga bisa gt?
15 jam itu seharian... ga fair..
emg yang punya mobil cm yg kerjanya kantoran? ga semua org juga kerja senin-jumat, yg shift banyak..
sudah wajar kl pagi macet sore macet, jgn dipukul rata trus org jd ga bisa aktivitas yg lain..
Tk dan sekolahan lain ada jemputan. Setiap hari harus belanja? Kalo kepasar okelah cuma pasar becek mana yang lewat gage?
Sebuah kebijakan ga mungkin 100% penduduk setuju. Mungkin om salah satu dari sebagian kecil yang ga setuju. Tiap kebijakan pasti dievaluasi kok. Contohnya dulu waktu keluar tol aja kena gage akhirnya direvisi kan jadi perempatan pertama setelah keluar tol bukan gage.
Berbahagia lah orang jakarta karena tiap kebijakan ada evaluasi dan diawali uji coba.
Coba liat bandung ada pengalihan arus tapi ga ada uji coba tiba2 tanda rambu lalu lintas udah berubah. Dan supir angkot udah demo tapi kebijakan terus jalan
setiap hari belanja? maksudnya cuma istri ane doang yg belanja apa gmn? penduduk jakarta brp? belanjanya sehari bareng" gt? hari apa?
Anak TK jemputan? really?
ah sudahlah..
"Sebuah kebijakan ga mungkin 100% penduduk setuju", iya jelas.. tp mudaratnya banyak ke siapa harus diukur mas.
Setau saya orang jekardah udah pinter2 kok nyiasatin gage. Entah berangkat lebih awal, naik motor, gojek, lewat jalur lain.
Tidak semua warga jakarta kerja kantoran. tidak semua berangkat pagi juga..
lha kl mau jemput anak sekolah, istri mau belanja gt" gmn? naik taksi? apa anaknya yg masi TK suru naik gojek? atau sekedar mau makan ke restoran sama keluarga siang" jd ga bisa gt?
15 jam itu seharian... ga fair..
emg yang punya mobil cm yg kerjanya kantoran? ga semua org juga kerja senin-jumat, yg shift banyak..
sudah wajar kl pagi macet sore macet, jgn dipukul rata trus org jd ga bisa aktivitas yg lain..
Tk dan sekolahan lain ada jemputan. Setiap hari harus belanja? Kalo kepasar okelah cuma pasar becek mana yang lewat gage?
Sebuah kebijakan ga mungkin 100% penduduk setuju. Mungkin om salah satu dari sebagian kecil yang ga setuju. Tiap kebijakan pasti dievaluasi kok. Contohnya dulu waktu keluar tol aja kena gage akhirnya direvisi kan jadi perempatan pertama setelah keluar tol bukan gage.
Setuju sih yg saya bold.. jawaban wise nih.. semua kebijakan pasti ada pro dan kontra.. kalau pas kebagian gage, ya naik taksi saja (kan jatuhnya angkutan umum).
Pemerintah memberlakukan hal ini karena ada issue, issue yg parah dan sudah terlihat ya polusi jakarta yg lagi jadi topik hangat (even sampai ke media mancanegara)..
As long positif untuk rakyat besar jakarta, saya sih turut mendukung.. minusnya ya kita berkorban sedikit mengatur schedule or rute kalau pas sedang gage..
Kalau sedang mau makan siang dengan keluarga dan kena peraturan gage? Atau mau belanja? Ya cari tempat /belanja yg tidak kena jalur gage.. contoh senopati dkk..
Tidak semua warga jakarta kerja kantoran. tidak semua berangkat pagi juga..
lha kl mau jemput anak sekolah, istri mau belanja gt" gmn? naik taksi? apa anaknya yg masi TK suru naik gojek? atau sekedar mau makan ke restoran sama keluarga siang" jd ga bisa gt?
15 jam itu seharian... ga fair..
emg yang punya mobil cm yg kerjanya kantoran? ga semua org juga kerja senin-jumat, yg shift banyak..
sudah wajar kl pagi macet sore macet, jgn dipukul rata trus org jd ga bisa aktivitas yg lain..
Tk dan sekolahan lain ada jemputan. Setiap hari harus belanja? Kalo kepasar okelah cuma pasar becek mana yang lewat gage?
Sebuah kebijakan ga mungkin 100% penduduk setuju. Mungkin om salah satu dari sebagian kecil yang ga setuju. Tiap kebijakan pasti dievaluasi kok. Contohnya dulu waktu keluar tol aja kena gage akhirnya direvisi kan jadi perempatan pertama setelah keluar tol bukan gage.
Berbahagia lah orang jakarta karena tiap kebijakan ada evaluasi dan diawali uji coba.
Coba liat bandung ada pengalihan arus tapi ga ada uji coba tiba2 tanda rambu lalu lintas udah berubah. Dan supir angkot udah demo tapi kebijakan terus jalan
setiap hari belanja? maksudnya cuma istri ane doang yg belanja apa gmn? penduduk jakarta brp? belanjanya sehari bareng" gt? hari apa?
Anak TK jemputan? really?
ah sudahlah..
"Sebuah kebijakan ga mungkin 100% penduduk setuju", iya jelas.. tp mudaratnya banyak ke siapa harus diukur mas.
Jelas banyak kesiapa adalah seluruh penduduk yang ngelewatin gage tersebut. Tenang aja di jakarta pemerintahan udah paling maju. Setiap kebijakan ada evaluasinya.
Coba deh liat di Indonesia kebijakan/aturan jalan yang paling dinamis daerah mana? Perkembangan lalu lintas yang paling berkembang daerah mana? Kira2 udah berapa kali pemerintah merubah kebijakan lalu lintas?
Lagian pemerintah jakarta udah mikirin dampak gage tersebut. Harus dialirin kemana mobil yg ga masuk gage atau transportasi apa.
Inget ga jaman roda 2 sempet ga dibolehin melintas dari sudirman sampe monas? Pemerintah udah nentuin titik parkir motor dan udah disediain shuttle bus buat pengendara motor. Lalu di demo oleh pengendara motor akhirnya kebijakannya dihapus kan?
parkir juga harus dinaikin tarif nay terutama di jalur yang ada MRT (macam sudirman/thamrin).. naik kek ke 50rb/jam buat mobil, 20rb/jam buat motor... pasti pada tobat de naik kendaraan pribadi..
Sistem ganjil genap direncanakan akan berlaku juga bagi sepeda motor. Namun hingga saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengkaji rencana tersebut.
Banyaknya pengguna sepeda motor telah berimbas pada meningkatnya sumber polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor.
"Ini termasuk yang kami diskusikan. Tentu kami akan kaji lebih lanjut bagaimana dengan sepeda motor," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Gedung Dinas Teknis DKI Jakarta, Jatibaru, Jakarta Pusat, Jumat.
Syafrin menyampaikan, hasil implementasi sistem ganjil genap selama enam bulan terakhir menunjukkan, komposisi sepeda motor di wilayah penerapan sistem ganjil genap mencapai lebih dari 72 persen.
Hal itu menjadi alasan Pemprov DKI mengkaji sistem ganjil genap juga diberlakukan untuk sepeda motor.
"Artinya, begitu ada pembatasan (dengan sistem ganjil genap) yang kami harapkan para pengguna kendaraan pribadi shifting ke public transport tidak terjadi, mereka justru memilih ke sepeda motor," kata dia.
"Sebelumnya sekitar 70 persen polutan itu sumber pencemarnya adalah kendaraan bermotor, tapi sekarang polutan yang sumber pencemarnya dari kendaraan bermotor itu naik menjadi 75 persen. Tentu ini harus kami antisipasi," ucap Syafrin.
Jika Ganjil Genap diperluas jalan dan jenis kendaraan serta panjang waktunya.
Apakah tidak menyebabkan usaha distribusi barang menjadi lebih susah? Secara minimal harus 2 kendaraan utk ganjil genap?
Atau kendaraan pick up atau truk atau box tidak kena aturan ganjil genap?
newcity_vtec wrote:Jika Ganjil Genap diperluas jalan dan jenis kendaraan serta panjang waktunya.
Apakah tidak menyebabkan usaha distribusi barang menjadi lebih susah? Secara minimal harus 2 kendaraan utk ganjil genap?
Atau kendaraan pick up atau truk atau box tidak kena aturan ganjil genap?