Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Setelah sekian lama hanya menjadi silent reader , saya ingin diskusi kegalauan saya untuk menggantikan mobil perang sehari-hari sy utk ke office di JKT (jarak PP 20 Km , jalan tol ) : Jazz RS (GK5)-2015 matic , yg sebenarnya masih sayang dijual krn Km masih 33rb , ttp sudah capek dengan bunyi2an rattle dr dashboard , bau CC/gosong yg masuk kl gas lg dibejek, Auto window error, dll
Opsi 1 : Mazda CX3 Touring 2017 (Km 24k)
* Test Drive done
+ Nyaman , mewah , ada gimmick2 HUD display
+ Price under 300M
- Khawatir warranty sparepart , biaya servis
- Row 2 sempit
- Depresiasi harga
Opsi 2 : Honda Civic Turbo HB 2017 (Km 15k)
* Test Drive done
+ Tampilan exterior sy sangat suka
+ Mesin turbo
+ Service lebih mudah - beres dimana2
+ Row 2 lebih manusiawi
- Price higher +/- 100M than Mazda CX3
- Interior kosong , mirip2 jazzRS
- Boros Oli ???
- Reability Honda & Mesin turbo???
Mohon masukan teman2 utk kegalauan ini , btw sy isi Pertamax tidak masalah ,
dan sy ada ANPS 2019 & ANKI Diesel 2018, jadi jangan saranin yg ladderframe krn butuh mobil kota yg lincah
Terima kasih
IMHO, ini sih clear choice CX3 ya.
Mobil pada akhirnya bukan cuma soal speed dan tampilan, tapi BQ juga penting, OM.
Apalagi kita lebih banyak di dalam mobil, kalo BQ jelek (misalnya bunyi2 kriyet2, tongkat patah, dll.....rasanya gimana gitu, stressful juga kan?)
Tapi memang 2nd row CX3 sangat gak manusiawi sih
So, kalo more than 80% of the time, Om pakai setir sendiri, sikat CX3....kalo lebih sering bawa orang di belakang, antara 2 pilihan ini, go for Civic
Dengan beberapa pertimbangan om:
1. Sudah punya ANPS dan ANKI, berarti tidak butuh mobil untuk keluarga, alias mobil bisa dibilang untuk diri sendiri.
2. Mobil 90% dipakai sendiri, kalau butuh sama keluarga pakai ANPS atau ANKI.
3. Adapun penumpang di belakang cuma jarak pendek.
4. Tidak peduli dengan resale value.
5. Perawatan lebih mahal Mazda
Itu 5 kriteria diatas yang jadi pertimbangan, asal sudah tahu plus minus dr 5 diatas, silahkan pilih Mazda untuk dinikmati mobilnya dengan banyak kelebihan:
1. Fun to drive (handling dan tarikan gas lebih linier tidak ada turbo lag)
2. Mobil dibelokin lebih nurut
3. Lebih presisi feel setirnya (1-3 bias dibilang fun to drive)
4. Tidak complicated karena tidak ada Turbo2x an
5. Interior yang lebih mewah
6. Kabin lebih kedap
7. lebih stabil sptnya (belum pernah test ke 2nya, hanya dari review)
Tjhoox wrote: Thu Aug 01, 2019 7:02
kalau boleh tanya , karakter tarikan mesin NA 2.0 + 6 speed AT Vs Turbo 1.5 + CVT , feel speed nya dapat yg mana?
Sama aja.. dua duanya sama2 kagak kenceng
Diantara 2 itu. Vote CX-3 aja. Qualitynya jauhhhhhh dibanding civic. Ini termasuk kualitas daya tahan engine & transmisi yah buat jangka panjang. Punya mobil mewah2 interior bagus, model keren; klo mesin n transmisi rusak mulu buat apa toh. Bikin pusing kepala doang.
Mazda line up masih pake 6-speed a/t torque converter klasik yg di refine sama enginer mereka. Cenderung kuat n enggak masalah drpd CVT si honda.
Engine jg sama aja. Honda 1.5turbo mau diupgrade kaya apa paling mentok jg 220hp batas aman stock internal. Banyak kasus oil dillution. Bensin kecampur oli. Cara checknya coba ambil dipstick oli dari mesin. Trus dicium, kalo ada bau bensin brarti dah nyampur tu olinya.
Sekarang merk mazda lagi naek daun loh di North America. Banyak yg suka. Quality + reliability jempolan. Kebadakan internal mechanical parts mulai mendekati Toyota. Tp dengan luxury touchnya khas mazda.
Satu-satunya lineup Honda jaman sekarang yg worth to buy menurut gw Civic Type-R. Others are meh.
Mazda lah... Nanti beli civic rattling2 lagi ga karuan, wong pengguna crv turbo aja juga bilang pada rattling
Bq mazda jauh diatas honda, fun to drive juga ok. Service biaya ga begitu mahal kok ( tp lbh mahal drpd jepang pada umumnya )
Om
Kalau udah males ama bq nya honda
Mending ambil mazda kalau saya.
Bq pasti lebih baik
Takutnya om ambil civic turbo hb meski banyak yg blg ambil cibo hb kalau terlanjur ambil nanti kalau kena rattle sama bq yang kurang bagus malah kecewa om.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
kalo saya sih mendingan civic hb. tampang lebih macho, cx3 agak gimana gitu.
saya juga lagi mempertimbangkan civic hb, tapi terkendala lebarnya yang 2,075 m .
parkiran kagak muat. fortuner aja gak sampe 1,9 m.
vipere wrote: Fri Aug 02, 2019 15:35
kalo saya sih mendingan civic hb. tampang lebih macho, cx3 agak gimana gitu.
saya juga lagi mempertimbangkan civic hb, tapi terkendala lebarnya yang 2,075 m .
parkiran kagak muat. fortuner aja gak sampe 1,9 m.
Wah data dari mana om kalo lebar Cibo sampai 2 meter lebih? Website Indonesia? Ngaco itu mah
Lebar Civic Turbo masih di 1.877mm
Lebar Accord saja cuma 1.862mm kok
Mungkin lebar 2.075 yang dimaksud itu sudah termasuk spion
Lebar 2 meter lebih mah sudah masuk ukuran lebar SUV Full Size, sekelas LX570 saja baru mepet 2 meter (1.981mm), sedangkan Cadillac Escalade lebarnya 2.045mm
Sepertinya gamungkin kalau Civic Turbo lebih lebar dari SUV segambot LX570 dan Escalade
Kalau masalah tampang, subjektif, kalau suka yang agresif kalem pilih CX3, kalau suka yang agresif banyak lekukan sana-sini pilih Civic HB (meskipun bagi sebagian orang dianggap agak ricey)
Kalo mau sekalian Mazda3 Hatchback (versi generasi sebelumnya). Harga baru hampir sama dengan Mazda CX3 jadi harga bekas harusnya mirip. Build material mendekati Mazda6 Estate. Dibandingkan CX3, Mazda3 HB kabinnya lebih luas dan bagasi lebih lega. Secara chasis dan suspensi juga sudah sekelas diatasnya full independen (Mazda CX3 = Mazda2 ditinggikan + mesin 2000cc).
vipere wrote: Fri Aug 02, 2019 15:35
kalo saya sih mendingan civic hb. tampang lebih macho, cx3 agak gimana gitu.
saya juga lagi mempertimbangkan civic hb, tapi terkendala lebarnya yang 2,075 m .
parkiran kagak muat. fortuner aja gak sampe 1,9 m.
Wah data dari mana om kalo lebar Cibo sampai 2 meter lebih? Website Indonesia? Ngaco itu mah
Lebar Civic Turbo masih di 1.877mm
Lebar Accord saja cuma 1.862mm kok
Mungkin lebar 2.075 yang dimaksud itu sudah termasuk spion
Lebar 2 meter lebih mah sudah masuk ukuran lebar SUV Full Size, sekelas LX570 saja baru mepet 2 meter (1.981mm), sedangkan Cadillac Escalade lebarnya 2.045mm
Sepertinya gamungkin kalau Civic Turbo lebih lebar dari SUV segambot LX570 dan Escalade
Kalau masalah tampang, subjektif, kalau suka yang agresif kalem pilih CX3, kalau suka yang agresif banyak lekukan sana-sini pilih Civic HB (meskipun bagi sebagian orang dianggap agak ricey)
Oh jadi tuh ukuran salah ya. Aman kalo gitu.bisa masuk list lagi. Lagian di web honda indonesia sendiri 2075 mm
Kalo lebih suka posisi duduk rendah, pilih civic (bah rendah banget itu, saya biasa bawa CX-5 trus coba cirbo temen kayak selonjoran diatas aspal rasanya. Kalo prefer tinggi ya CX-3
Tjhoox wrote: Tue Sep 17, 2019 6:39
akhirnya gw ambil Cibo Hatchback type E - 2017 , low KM , so far puas sudah pakai 2 minggu ini , dan BQ masih diatas Jazz GK5 jauh
mantap welcome to the club om... sesama pengguna civic turbo. awas racun modifikasinya bejibun...
Tjhoox wrote: Tue Sep 17, 2019 6:39
akhirnya gw ambil Cibo Hatchback type E - 2017 , low KM , so far puas sudah pakai 2 minggu ini , dan BQ masih diatas Jazz GK5 jauh
mantap welcome to the club om... sesama pengguna civic turbo. awas racun modifikasinya bejibun...
tahap 1 : audio - DONE
tahap 2 : Nano coating
tahap 3 : BOV HKS - penting ga sih? apakah yg rep Taiwan uda cukup? , garansi Honda void?
tahap 4 : dastek / remap ECU - msh pikir2 keawetan CVT nya
masih lebih PD di ANPS uda gw remap ECU
Tjhoox wrote: Tue Sep 17, 2019 6:39
akhirnya gw ambil Cibo Hatchback type E - 2017 , low KM , so far puas sudah pakai 2 minggu ini , dan BQ masih diatas Jazz GK5 jauh