Ini saya setuju om, polusi udara selain volum kendaraan yg banyak jg nggak akan turun kl pemerintah msh jual solbus sama premium. Soal solbus mungkin memang efek samping nya lbh ke sembako, tp di lain sisi kl solbus ilang bis2/truk transformers minimal lbh sehat sama nggak nyumbang asap cumi2mike22 wrote: Fri Aug 02, 2019 5:21 salah sendiri kenapa masih jualan premium.
di negara sebelah malah cuman ron 95 ama 97.
kalo kendaraan umum malah kl bisa 5 tahun aja biar bs dilelang atau mungkin dihibahkan ke provinsi lain .
Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Mobil bejibun sejak ada ojol n taxol, dulu org2 ga punya mobil naiknya angkutan umum, skrg naiknya ojol/taxol. Ya ga nyalahin jg sih, layanan nya lebih bagus, harga jg masih terhitung terjangkau....
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
ya berarti tempat jual solbus kan bisa di tempat tertentu saja.. apalagi mereka kan tidak lewat dalam kota/pemukiman warga.erwinign wrote: Fri Aug 02, 2019 5:58Ini saya setuju om, polusi udara selain volum kendaraan yg banyak jg nggak akan turun kl pemerintah msh jual solbus sama premium. Soal solbus mungkin memang efek samping nya lbh ke sembako, tp di lain sisi kl solbus ilang bis2/truk transformers minimal lbh sehat sama nggak nyumbang asap cumi2mike22 wrote: Fri Aug 02, 2019 5:21 salah sendiri kenapa masih jualan premium.
di negara sebelah malah cuman ron 95 ama 97.
kalo kendaraan umum malah kl bisa 5 tahun aja biar bs dilelang atau mungkin dihibahkan ke provinsi lain .
masalah polusi menurut saya ya itu, kendaraan pribadi kan mayo pakai ron 92 kebawah.
kalo udh macet kan polusi udara yg dihasilkan kan pasti lebih banyak.
atau kalau mau solusi ajaib, panggil aja pawang hujan sementara biar aga bersih dulu udaranya

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Chill lah, kan cuma jakarta. Setelah 10 tahun jual ke luar kota, tidak sia-siaOr4cle wrote: Fri Aug 02, 2019 4:58 Saya sangat tidak setuju kalau pembatasan umur kendaraan pribadi 10 tahun
Sebenarnya mobil yang dirawat secara rutin maka emisi yang dihasilkan tidak tinggi, kecuali catalyst conventer sudah rusak (ada umur pemakaiannya)
Andaikata pembatasan umur kendaraan 10 tahun, sia-sia aja pihak pabrik yang meriset mesin-mesin yang robust & relible
Akan dikemanakan mobil2 Honda seri K,L atau Toyota 1NZ-FE, 2ZR, 2GD/KD, dll ke depannya ? Mesin2 tersebut kalau dirawat secara benar bisa bertahan lebih dari 10 tahun dan kadar emisi bisa rendah juga
Bila benar diterapkan maka tidak ada perbedaan mobil2 mainstream pemegang pasar yang telah teruji reliability-nya dengan mobil katakanlah "kualitas 2" yang belum teruji, toh setelah 10 tahun sudah sama-sama jadi besi tua ? DSFK Glory 560 akan lebih memiliki competitive advantage bila dibandingkan CRV Turbo karena disparitas harga yang jauh
Masalah kualitas udara Jakarta bukan karena mobil tua, tapi jumlah kendaraan bermotor yang terlalu banyak !
Solusi uji emisi kayaknya lebih fair ...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Jakarta pake aja setir kiri, plus aturan satuan tanggal satuan plat. Mobil masuk Jakarta ada check point kayak imigrasi. Dari Bekasi ke Tangerang tanpa lewat Jakarta bisa lewat JORR 2 yang sama sekali ga lewat wilayah DKI.
Mantap (susahnya).
Mantap (susahnya).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Menurut gw sih jkt udah kg ada solusi. Mau digimanain jg kg bisa hahaha. Apalagi si anus kerjaannya kg jelas, import tong sampah dari german lah, tanem pohon plastik lah, bambu la. Mau ditolong benerin sampah sama Risma malah ditolak lah. Berak. Kerja apaan tuh gabener.
Solusinya cuma 1.. Kita-kita yg masih waras tinggalin jakarta, masih banyak daerah laen yg lebih layak buat ditinggalin. Solo, semarang, surabaya. Tangsel jg enak. Atau coba merantau ke luar pulau. Kalimantan prospek bagus kan, secara mau pindah ibukota negara.
Udah ga ada keuntungan tuh jadi warga DKI. Pajak kendaraan mahal, parkir mahal. Pake kendaraan dibates2in. Macet dimana-mana. Mau hidup damai sampe tua apa survive di hutan rimba?
Paling extreme ya pindah warga negara. Wkwkwkwk
Om NR kayanya lagi asik nonton aurora borealis di iceland sambil liatin berita ancurnya indon khususnya jkt.
Solusinya cuma 1.. Kita-kita yg masih waras tinggalin jakarta, masih banyak daerah laen yg lebih layak buat ditinggalin. Solo, semarang, surabaya. Tangsel jg enak. Atau coba merantau ke luar pulau. Kalimantan prospek bagus kan, secara mau pindah ibukota negara.
Udah ga ada keuntungan tuh jadi warga DKI. Pajak kendaraan mahal, parkir mahal. Pake kendaraan dibates2in. Macet dimana-mana. Mau hidup damai sampe tua apa survive di hutan rimba?
Paling extreme ya pindah warga negara. Wkwkwkwk
Om NR kayanya lagi asik nonton aurora borealis di iceland sambil liatin berita ancurnya indon khususnya jkt.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
https://m.detik.com/oto/mobil/d-4649100 ... -emisi-dki
Siap2 nih user mobil tahun 2009/2010. seharusnya gak usah dibatasi lah.. toh udah tersingkir kok. sekarang yang bikin macet tu mobil2 baru dan motor.
kedepan banyak orang luar jakarta bisa petenteng2 menikmati mobil mewah murah eks jakarta, suv2 diesel mewah eks jakarta dengan harga murah. sementara orang jakarta paittt.. terpaksa beli mobil semurah2nya toh setelah 10 tahun harus dijual ke luar daerah.. hahaha
Siap2 nih user mobil tahun 2009/2010. seharusnya gak usah dibatasi lah.. toh udah tersingkir kok. sekarang yang bikin macet tu mobil2 baru dan motor.
kedepan banyak orang luar jakarta bisa petenteng2 menikmati mobil mewah murah eks jakarta, suv2 diesel mewah eks jakarta dengan harga murah. sementara orang jakarta paittt.. terpaksa beli mobil semurah2nya toh setelah 10 tahun harus dijual ke luar daerah.. hahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Efek dalam waktu singkat kebijakan ini terawangan ane adalah meledaknya user roda dua.. ambruknya bisnis2 sparepart, lumpuhnya showroom2 mobkas, naiknya penjualan mobil murah, naiknya penjualan wuling, dfsk, rontoknya image mobil badak..
Efek positifnya.. truk2 dinosaurus habis, speed rating tol naik karena truk2 dan bus pada baru semua.. wkwkwk
Efek positifnya.. truk2 dinosaurus habis, speed rating tol naik karena truk2 dan bus pada baru semua.. wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Apa seharusnya justru umur mobil minimal 20 tahun ya? biar pada ilang toh kayanya saat ini 80-90% mobil <10 tahun. Mobil dikit otomatis polusi kurang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 581
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Lebih setuju pajak kendaraan sesuai uji emisi, makin bersih makin murah pajak nya. Atau berdasarkan usia kendaraan, makin tua makin mahal, jadi yg mau koleksi mobil juga bisa terakomodir hobi nya
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Dec 28, 2018 2:37
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: nissan livina XR
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
kalo memang nanti kebijakan lalu lintas ini diterapkan beneran. Ada kemungkinan juga bisa jadi nasional. nah... musti dipikirkan mau ditaruh kemana mobil2 "terbuang" ini jangan sampai jadi masalah baru. malah nambah sampah.
kalo niat bikin kebijakan harusnya sistem recycle buat mobil juga dibenerin bukan cuma ngandalin tukang loak dan tukang besi tua, dan menrut ane malah ini yang penting soalnya pengelolaan sampah dan limbah kliatannya lebih parah daripada sistem lalu lintas dan transportasi kita
usul lagi pembatasan juga bisa dari kepemilikan garasi dan kelas jalan di rumahnya. kalo tinggal di gang ya sulit punya mobil
kemudian dari fleet operasional kantor juga bisa misal dari jumlah tenaga kerja masing2. per kantor misal karyawan tetap 30 boleh ambil 2 fleet untuk operasional
kalo niat bikin kebijakan harusnya sistem recycle buat mobil juga dibenerin bukan cuma ngandalin tukang loak dan tukang besi tua, dan menrut ane malah ini yang penting soalnya pengelolaan sampah dan limbah kliatannya lebih parah daripada sistem lalu lintas dan transportasi kita
usul lagi pembatasan juga bisa dari kepemilikan garasi dan kelas jalan di rumahnya. kalo tinggal di gang ya sulit punya mobil
kemudian dari fleet operasional kantor juga bisa misal dari jumlah tenaga kerja masing2. per kantor misal karyawan tetap 30 boleh ambil 2 fleet untuk operasional
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
jangan salahkan pemimpinnya...tidak suka tunggu 3 taun..kita harus mendoakannya...biar gimanapun pasti ada di pikiran dan hatinya untuk berbuat terbaik untuk warganya...KielConstantine wrote: Fri Aug 02, 2019 10:11 Menurut gw sih jkt udah kg ada solusi. Mau digimanain jg kg bisa hahaha. Apalagi si anus kerjaannya kg jelas, import tong sampah dari german lah, tanem pohon plastik lah, bambu la. Mau ditolong benerin sampah sama Risma malah ditolak lah. Berak. Kerja apaan tuh gabener.
Solusinya cuma 1.. Kita-kita yg masih waras tinggalin jakarta, masih banyak daerah laen yg lebih layak buat ditinggalin. Solo, semarang, surabaya. Tangsel jg enak. Atau coba merantau ke luar pulau. Kalimantan prospek bagus kan, secara mau pindah ibukota negara.
Udah ga ada keuntungan tuh jadi warga DKI. Pajak kendaraan mahal, parkir mahal. Pake kendaraan dibates2in. Macet dimana-mana. Mau hidup damai sampe tua apa survive di hutan rimba?
Paling extreme ya pindah warga negara. Wkwkwkwk
Om NR kayanya lagi asik nonton aurora borealis di iceland sambil liatin berita ancurnya indon khususnya jkt.
salahkan warga yg telah memilihnya...
krn telah menzolimi seorang pemimpin sebelumnya yang telah berusaha berbuat baik untuk warganya...
ingatlah perkataan pemimpin sebelum skrg ini di persidangan...
ketika anda menzolimi saya maka anda melawan Tuhan YME...liat yutub...
yah untuk warganya nikmatilah keadaan gimana....
untung saya sudah pindah ke tangsel....
bebas macet sejuk jalan lebar supermarket depan rumah..auto 2000 dimana ada...apa sih di dki yang gak ada di tangsel....

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
- Daily Vehicle: D4-D and CRDi
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
BBMnya yg bermasalah, disini standar diesel fuelnya masih euro 2 atau 3 merk apapuncarl wrote: Tue Jul 09, 2019 8:07kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?Dat510 wrote: Tue Jul 09, 2019 6:58 Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.
Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Mobil overpriced dan kelewat mahal akan menyusut penjualannya. bisa jadi setelah 10 tahun LC atau rubicon bisa masuk kebun2 dan kampung karena sudah gak ada harganya.. hehehe
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Baca trit ini, saya merasa sangat bersyukur tinggal di daerah....
Ga mikirin macet dan problematika khas jkt sekarang.....
Saya ada beberapa pekerjaan di jkt, tp ga ada niat tinggal di jkt, walaupun skrg msh repot 1 atau 2 minggu sekali jkt~jatim.
Ga mikirin macet dan problematika khas jkt sekarang.....
Saya ada beberapa pekerjaan di jkt, tp ga ada niat tinggal di jkt, walaupun skrg msh repot 1 atau 2 minggu sekali jkt~jatim.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Kebijakan biar mobil baru laku... eh... 

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Dukung banget...batasin umur...mahalin pajak..kalo bisa untuk motor juga..biar yg punya kendaraan orang yg niat rawat mobil...
punya mobil bagus/mahal tp tetep isi BBM busuk, atau akalin ini itu biar bisa pake BBM murah tanpa mikirin polusi....
punya mobil bagus/mahal tp tetep isi BBM busuk, atau akalin ini itu biar bisa pake BBM murah tanpa mikirin polusi....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
sebenrnya polusi bukan salah kendaraannya. soalnya beli kendaraan kan hak asasi yang salah itu kebijakannya. liat aje di jalan metromini udah 20 taon masi bebas keliaran. bajaj segala macem. tambah lagi taxol. kebijakan tumpang tindih begini. klo ga ribut ribut baru ini ga bakal nongol tu kebijakan. yah kalo uda begini mah rakyat jadi korban. suru naek kendaraan umum, mobil dibatesin ga nyelesein masalah. pedagang mobkas sama sparepart udah jelas bakal mati. nyelesein satu masalah yang blom pasti selesai tambah bikin persoalan baru. emang selalu di negara manapun kelas ekonomi tengah jadi korban, ekonomi bawah jadi emas, ekonomi atas biasa aja karena biasa naekin pajak yang in case kejepit juga. yah terima aja lah namanya juga +62. semakin susah makin banyak yang simpati padahal sih emang ga mau usaha aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Pajak naek 100% tiap taun untuk kendaraan tua diatas 10 taon
Jadi yg punya hobi mobil antik kan tetep bisa nikmatin hobi nya
Yg ga kuat byr pajak yah dijual sendiri
Jadi nanti nya lama2 mobil tua malah bisa jadi simbol status ekonomi kaya di sgp
Mobil makin tua berarti orang nya kaya banget
Jadi yg punya hobi mobil antik kan tetep bisa nikmatin hobi nya
Yg ga kuat byr pajak yah dijual sendiri
Jadi nanti nya lama2 mobil tua malah bisa jadi simbol status ekonomi kaya di sgp
Mobil makin tua berarti orang nya kaya banget
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
bingung deh sama aturan batasin umur kendaraan
kalau liat di jalanan2 ibukota kyknya banyakan mobil di bawah 10taun yg berkeliaran daripada di atas 10 tahun
salah sasaran ni gubernur hehehe
harusnya kalau di batasin mobil 10 taun harusnya di uji kalau masi layak dan emisi nya masi lulus ya di kasi jalan aja
yg ga lulus itu harus di betulin atau di musnahin
kalau liat di jalanan2 ibukota kyknya banyakan mobil di bawah 10taun yg berkeliaran daripada di atas 10 tahun
salah sasaran ni gubernur hehehe
harusnya kalau di batasin mobil 10 taun harusnya di uji kalau masi layak dan emisi nya masi lulus ya di kasi jalan aja
yg ga lulus itu harus di betulin atau di musnahin
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Mau polusi berkurang = sediakan BBM sulphur 10 ppm
Semua kendaraan dilarang lepas emission devices (Katalik)
Kalo solar sulphur 10 ppm, Katalik di mobil Desel gak akan mampet
Semua kendaraan dilarang lepas emission devices (Katalik)
Kalo solar sulphur 10 ppm, Katalik di mobil Desel gak akan mampet
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
harusnya start dari produsen mobil yg downspec dengan copot catcon dihukum denda sekian ratus juta per mobil yg diproduksi.Turboman wrote: Sat Aug 03, 2019 2:26 Mau polusi berkurang = sediakan BBM sulphur 10 ppm
Semua kendaraan dilarang lepas emission devices (Katalik)
Kalo solar sulphur 10 ppm, Katalik di mobil Desel gak akan mampet
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Kalau ada pecita atau kolektor mobil tua gimana dong?
Malah menurut ane mobil tua malah jarng dipake, yang bikin penuh jalanan malah mobil baru.
Malah menurut ane mobil tua malah jarng dipake, yang bikin penuh jalanan malah mobil baru.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Memangnya sekarang masih ada ya produsen yang jual mobil tanpa CC?TUFF Stough wrote: Sat Aug 03, 2019 2:47 harusnya start dari produsen mobil yg downspec dengan copot catcon dihukum denda sekian ratus juta per mobil yg diproduksi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/ ... ua-jakartaKnalpot wrote: Tue Jul 09, 2019 1:21 Pagi Guys,
Baca berita online hangat lagi nih, isu rencana pembatasan kendaraan. sekilas usul umur maks 15 tahun.
Gimana menurut member disini. Untuk mobil tertentu umur 15 tahun masih bagus dan orang indo cenderung merawat. contoh kakak saya pake innova 2005 masih disayang2 dan terawat sekali.
Di berita, Gaikindo tidak mempermasalahkan, justru akan membuat pasar mobil baru naik. untuk otoritas terkait bilang tidak mungkin dibatasi, karena beberapa faktor.
Nah gimana untuk pasar mobkas dan sparepart serta bengkel2 rumahan yang rejekinya banyak tergantung dari mobil lama ya. Artinya setelah 15 tahun harga Mobilnya jadi nol rupiah.. hahaha..
nanti tidak ada lagi perdebatan resale value, atau pabrikan kuat atau lemah.. bagus juga sih ya hehehe..
kalau di jabotabek saya perhatikan tanpa pembatasan pun rata2 mobilnya sudah muda2..
maaf kalau sudah ada topik sejenis..![]()
Kalau melihat link itu, saya cuma kepikir bahwa para pemilik mobil di daerah, dan Pedagang mobil di Daerah akan hancur lebur harga jual mobilnya.
Hal ini mengingat akan ada kiriman supply mobil over 10 years dari DKI ke daerah.
Let say, harga Kijang Innova tahun 2009 saat ini di kisaran 125 juta.
Maka kalau di DKI itu harus dibuang maka pemilik akan legowo jual 100 juta, maka pedagang di daerah dan pemilik mobil sejenis akan terkoreksi harganya jadi 100 juta.
Btw, saya pingin tahu juga, saya kan mobilnya plat B tapi TangSel, apakah akan terpengaruh oleh kebijakan ini ?
secara saya bukan DKI tapi plat B..
kalau ada yg bisa jawab, mohon info..
Tapi sejujurnya, saya sih gak setuju dengan cara ini.
cara paling elegant adalah sytem "rayuan" yaitu persiapkan sarana transportasi publik yang memadai, nyaman, aman, maka orang akan sukarela meninggalkan mobil pribadi dan pindah ke angkutan umum.
jadi bukan pendekatan "pentungan" kayak gini..