Kalau saya sih pernah nya coba Mobil gl5 udah ckup bagus sih mnurut saya.
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 217
- Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Soluna
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain
Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....
Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 217
- Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Soluna
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Metal wear fe nya ningkat ya pas kendal di banding kan Q8? Agak kurang ngerti cara baca nya, sama baru tergolong buruk kalau bagaimanaAriazaki wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain
Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
itu Fe nya tinggi yahAriazaki wrote:Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain
Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....
mobil usia brp tahun ?
odo brp
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Dulu saya di Veloz pake Eneos 75w-90 Om. Ekonomis.
Pernah pake yg bagusan dikit Q8 75w-90 full syn, cuma harganya lumayaaaaan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Kalo menurut saran dari trakindo, raport merah
Iya Fe entah mengapa kok wearnya naik jauh. Na juga nda tau kenapa kok selalu tinggi, radiator baik2 aja padahal
Mobil baru mau 2 tahun om, odo 41 ribuan. Kemaren pake oli itu dari 29.742 sampai 39.800ish
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Padahal secara TBN sih yg Kendall masih layak pakai lho.Ariazaki wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain
Mungkin pas pake Kendall lebih sering kena macet/stop n go traffic? Atau lebih sering mati/nyalain mesin? Atau high rev sebelum mesin panas? Pake Pertamax ya om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Piihan oli skutik 10w30 kls ningrat, emang gak sebanyak 10w40.rendr wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 0:21 Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban
Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..
Afaik; Oli motor di indo ada 2 jenis,
Jaso MB & MA (selain sintetis dan mineral).
- MB: buat kopling kering / skutik
- MA / MA2: buat kopling basah yg ikut kerendem bareng sm oli mesin
Oli jaso MA lbh tricky, krn harus melumasi mesin dgn baik, tp di satu sisi, harus punya karakter anti-slip buat kampas kopling basahnya.
Logika basic kan namanya oli harus licin dan bisa mengurangi gesekan, Sementara kampas kopling itu kan saling bergesekan dan ngelock untuk transfer tenaga mesin ke flywheel dan roda
Jadi oli MA harus punya 2 sifat yg berlawanan, bisa melumasi mesin dan sifatnya licin, tp ketika ketemu material kampas kopling, gak boleh terlalu licin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Mungkin kah kandungan anti-wear si Q8 lbh banyak?limsandy wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 4:27Padahal secara TBN sih yg Kendall masih layak pakai lho.Ariazaki wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain
Mungkin pas pake Kendall lebih sering kena macet/stop n go traffic? Atau lebih sering mati/nyalain mesin? Atau high rev sebelum mesin panas? Pake Pertamax ya om?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Mengenai oli motor JASO MB
spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled
Higher RPM = Per klep lebih keras
jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS
Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled
Higher RPM = Per klep lebih keras
jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS
Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?Turboman wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 6:07 Mengenai oli motor JASO MB
spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled
Higher RPM = Per klep lebih keras
jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS
Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
- Location: Blitar
- Daily Vehicle: motorcycle
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Ariazaki wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain
Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....
Oli sekelas kendall hasil tes lab wear metalnya tergolong tinggi ya, aneh jg sieh. itu kalau dicompare dengan Q8 Form Ultra sbenarnya gk buruk2 amat, mlah cenderung lebih oke kendall.....coba deh itu untuk kendal (Tbn 6,3 ; kv 8,8) sedangkan untuk Q8 Ultra (Tbn 3,1 ; kv 8,1). ini mlah Tbn Q8 mau masuk kritis di 2,5. sedangkan untuk kendall malah anteng di Tbn 6,3. Dan kalau dikatakan antiwear lebih banyak, atau lebih oke Q8...ya ini di hasil lab nya mlah sebaliknya.....hmm....Kandungan aditif kendall (Ca 2042; P 655; Zn 764; Mg 8; Mo 14) sedangkan untuk Q8 (Ca 1443; P 503; Zn 673; Mg 4 ;Mo 1)
#CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
API SM - ILSAC GF4Fertille wrote:Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?Turboman wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 6:07 Mengenai oli motor JASO MB
spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled
Higher RPM = Per klep lebih keras
jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS
Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
SN - ILSAC GF5 (walau ada bbrp yg mid SAPS)
ACEA C3 / C2
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sat May 17, 2014 5:42
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Trus yg high SAPS contoh nya apa om turboTurboman wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 6:45API SM - ILSAC GF4Fertille wrote:Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?Turboman wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 6:07 Mengenai oli motor JASO MB
spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled
Higher RPM = Per klep lebih keras
jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS
Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
SN - ILSAC GF5 (walau ada bbrp yg mid SAPS)
ACEA C3 / C2
Sekalian merk dan tipe nya ya om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
JASO MA & MB ngomongin soal friction modifier toh?Suryaputra wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 5:27Piihan oli skutik 10w30 kls ningrat, emang gak sebanyak 10w40.rendr wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 0:21 Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban
Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..
Afaik; Oli motor di indo ada 2 jenis,
Jaso MB & MA (selain sintetis dan mineral).
- MB: buat kopling kering / skutik
- MA / MA2: buat kopling basah yg ikut kerendem bareng sm oli mesin
Oli jaso MA lbh tricky, krn harus melumasi mesin dgn baik, tp di satu sisi, harus punya karakter anti-slip buat kampas kopling basahnya.
Logika basic kan namanya oli harus licin dan bisa mengurangi gesekan, Sementara kampas kopling itu kan saling bergesekan dan ngelock untuk transfer tenaga mesin ke flywheel dan roda
Jadi oli MA harus punya 2 sifat yg berlawanan, bisa melumasi mesin dan sifatnya licin, tp ketika ketemu material kampas kopling, gak boleh terlalu licin
boleh coba dibaca lg mengenai pengaruh friction modifer dengan kampas kopling... apakah menyebabkan kopling slip/tidak...
apa karena dia msh flat tappet ya? visco 0w20 ini ga cukup melumasi sampe tahap full film
Last edited by rendr on Fri Aug 02, 2019 8:07, edited 2 times in total.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
friction modifier
"As long as the frictional contact is light, these molecules provide a cushioning effect when one of the coated surfaces connects with another coated surface. If the contact is heavy, then the molecules are brushed off, eliminating any potential benefit of the additive."
mksd saya itu, oli dgn spec Jaso MA, tidak akan menyebabkan kopling selip
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
High SAPS ya oli2 zaman dulu dan sampai era
API SL
API CI-4
API SM udah ke Low SAPS
API CJ-4 udah ke Medium SAPS (bukan low SAPS)
utk ACEA yg terkini ACEA A3 / B4 itu Mid SAPS
ACEA E6 / E7 = mid SAPS
A5 / B5 / A1 / B1 = mid SAPS
E4 = High SAPS
ACEA C series spt C2 / C3 juga E9 itu Low SAPS
kalo bicara merek dan type di seluruh dunia ada Ribuan item..........
patokan ke Std API & ACEA aja lah
Buat lebih detail monggo browse aja ke website Lubrizol & Infineum
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
apakah dia bereaksi dengan material komposit? e.g: Kampas kopling?Suryaputra wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 8:05friction modifier
"As long as the frictional contact is light, these molecules provide a cushioning effect when one of the coated surfaces connects with another coated surface. If the contact is heavy, then the molecules are brushed off, eliminating any potential benefit of the additive."
klo dibahasa indonesiakan dgn mudah ya spt sy udah bilang om
yang bisa bereaksi dengan material komposit ya carbon itu sendiri.. kalo yg saya baca sih kebanyakan organic additive..
contoh : PTFE/Sulphur hydroblabla
trus molybdenum salah satu friction modifier toh? bbrp page lalu saya posting hasil VOA dari Amsoil MCF itu oli wet clutch loh, ada molynya... ga selip tuh di xabre
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
CMIIW om, yg dibicarakan JASO MB, dimana notabene untuk motor maticrendr wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 7:49JASO MA & MB ngomongin soal friction modifier toh?Suryaputra wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 5:27Piihan oli skutik 10w30 kls ningrat, emang gak sebanyak 10w40.rendr wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 0:21 Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban
Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..
Afaik; Oli motor di indo ada 2 jenis,
Jaso MB & MA (selain sintetis dan mineral).
- MB: buat kopling kering / skutik
- MA / MA2: buat kopling basah yg ikut kerendem bareng sm oli mesin
Oli jaso MA lbh tricky, krn harus melumasi mesin dgn baik, tp di satu sisi, harus punya karakter anti-slip buat kampas kopling basahnya.
Logika basic kan namanya oli harus licin dan bisa mengurangi gesekan, Sementara kampas kopling itu kan saling bergesekan dan ngelock untuk transfer tenaga mesin ke flywheel dan roda
Jadi oli MA harus punya 2 sifat yg berlawanan, bisa melumasi mesin dan sifatnya licin, tp ketika ketemu material kampas kopling, gak boleh terlalu licin
boleh coba dibaca lg mengenai pengaruh friction modifer dengan kampas kopling... apakah menyebabkan kopling slip/tidak...
apa karena dia msh flat tappet ya? visco 0w20 ini ga cukup melumasi sampe tahap full film
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
ini klo lihat datasheetnya, Jaso MA/2
karena skutik di LN kapasitas mesin besar dan pake cvt kopling basah.
klo skutik di indo kan majority dry-clutch, lbh pas jaso MB
Ntar, habis kendall ini, sy mo coba Motul scooter expert.
harga bener2 11-12
Amsoil MCF kan Jaso MA/2 emang buat wet-clutch om
xabre kan wet-cutch om, ya jelas gak selip.
but.. intinya klo saya mah ikutin apa yg udah dibuat produsen aja, as simple as MB buat skutik dry-clutch
& MA/2 buat wet-clutch
klo kepepet misal butuh oli skutik, tp adanya oli mobil,
ya paling pakai oli mobil dgn karakteristik yg mirip
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sat May 17, 2014 5:42
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Oh si amsoil scooter itu JASO MA/2 tohSuryaputra wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 8:32ini klo lihat datasheetnya, Jaso MA/2
karena skutik di LN kapasitas mesin besar dan pake cvt kopling basah.
klo skutik di indo kan majority dry-clutch, lbh pas jaso MB
Ntar, habis kendall ini, sy mo coba Motul scooter expert.
harga bener2 11-12
Amsoil MCF kan Jaso MA/2 emang buat wet-clutch om
xabre kan wet-cutch om, ya jelas gak selip.
but.. intinya klo saya mah ikutin apa yg udah dibuat produsen aja, as simple as MB buat skutik dry-clutch
& MA/2 buat wet-clutch
klo kepepet misal butuh oli skutik, tp adanya oli mobil,
ya paling pakai oli mobil dgn karakteristik yg mirip
Yawislah ane dah beli kendall dari JD.ID kok 2 botol sekalian
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Btw kalo cocok dgn oli KendallESP wrote:Oh si amsoil scooter itu JASO MA/2 tohSuryaputra wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 8:32ini klo lihat datasheetnya, Jaso MA/2
karena skutik di LN kapasitas mesin besar dan pake cvt kopling basah.
klo skutik di indo kan majority dry-clutch, lbh pas jaso MB
Ntar, habis kendall ini, sy mo coba Motul scooter expert.
harga bener2 11-12
Amsoil MCF kan Jaso MA/2 emang buat wet-clutch om
xabre kan wet-cutch om, ya jelas gak selip.
but.. intinya klo saya mah ikutin apa yg udah dibuat produsen aja, as simple as MB buat skutik dry-clutch
& MA/2 buat wet-clutch
klo kepepet misal butuh oli skutik, tp adanya oli mobil,
ya paling pakai oli mobil dgn karakteristik yg mirip
Yawislah ane dah beli kendall dari JD.ID kok 2 botol sekalian
belilah selagi bisa dibeli
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sat May 17, 2014 5:42
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Wah kenapa dgn kendall om turbo, apakah mo cabut dari Indonesia?
Ane baru mau coba nih Kendall, malah buat motor matic pula, bukan mobil
Ane baru mau coba nih Kendall, malah buat motor matic pula, bukan mobil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Gak jalan ya om Turbo si Kendall? Saya juga liat stocknya makin menipis dan makin jarang..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
- Location: Blitar
- Daily Vehicle: motorcycle
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
merk "K" udahan mungkin karena mau diberlakukan SNI