Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

ESP wrote: Fri Aug 02, 2019 2:05
ESP wrote: Thu Aug 01, 2019 13:25 Btw oot, klo utk oli Gardan avanza, menurut buku manual 80w-90, yang mantul merk apaan yak?
Up up sundul gan :big_chicken:
Kalau saya sih pernah nya coba Mobil gl5 udah ckup bagus sih mnurut saya.
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Woompy »

Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain :ngacir:

Image

Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....

Image
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Ariazaki wrote: Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain :ngacir:

Image

Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....

Image
Metal wear fe nya ningkat ya pas kendal di banding kan Q8? Agak kurang ngerti cara baca nya, sama baru tergolong buruk kalau bagaimana :big_childish:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Ariazaki wrote:Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain :ngacir:

Image

Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....

Image
itu Fe nya tinggi yah

mobil usia brp tahun ?

odo brp
* Bukan ajakan Beli *
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by evanbngdor »

ESP wrote: Fri Aug 02, 2019 2:05
ESP wrote: Thu Aug 01, 2019 13:25 Btw oot, klo utk oli Gardan avanza, menurut buku manual 80w-90, yang mantul merk apaan yak?
Up up sundul gan :big_chicken:
Dulu saya di Veloz pake Eneos 75w-90 Om. Ekonomis.

Pernah pake yg bagusan dikit Q8 75w-90 full syn, cuma harganya lumayaaaaan

:big_smile] :big_smile]
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Woompy »

DevilS wrote: Fri Aug 02, 2019 3:04 Metal wear fe nya ningkat ya pas kendal di banding kan Q8? Agak kurang ngerti cara baca nya, sama baru tergolong buruk kalau bagaimana :big_childish:
Kalo menurut saran dari trakindo, raport merah :off_no:
Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 3:07 itu Fe nya tinggi yah

mobil usia brp tahun ?

odo brp
Iya Fe entah mengapa kok wearnya naik jauh. Na juga nda tau kenapa kok selalu tinggi, radiator baik2 aja padahal :drinking:

Mobil baru mau 2 tahun om, odo 41 ribuan. Kemaren pake oli itu dari 29.742 sampai 39.800ish
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by limsandy »

Ariazaki wrote: Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain :ngacir:
Padahal secara TBN sih yg Kendall masih layak pakai lho. :big_exellent:

Mungkin pas pake Kendall lebih sering kena macet/stop n go traffic? Atau lebih sering mati/nyalain mesin? Atau high rev sebelum mesin panas? Pake Pertamax ya om? :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 0:21 Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban


Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..
Piihan oli skutik 10w30 kls ningrat, emang gak sebanyak 10w40.

Afaik; Oli motor di indo ada 2 jenis,
Jaso MB & MA (selain sintetis dan mineral).

- MB: buat kopling kering / skutik
- MA / MA2: buat kopling basah yg ikut kerendem bareng sm oli mesin

Oli jaso MA lbh tricky, krn harus melumasi mesin dgn baik, tp di satu sisi, harus punya karakter anti-slip buat kampas kopling basahnya.

Logika basic kan namanya oli harus licin dan bisa mengurangi gesekan, Sementara kampas kopling itu kan saling bergesekan dan ngelock untuk transfer tenaga mesin ke flywheel dan roda :roll:

Jadi oli MA harus punya 2 sifat yg berlawanan, bisa melumasi mesin dan sifatnya licin, tp ketika ketemu material kampas kopling, gak boleh terlalu licin :e-doh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

limsandy wrote: Fri Aug 02, 2019 4:27
Ariazaki wrote: Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain :ngacir:
Padahal secara TBN sih yg Kendall masih layak pakai lho. :big_exellent:

Mungkin pas pake Kendall lebih sering kena macet/stop n go traffic? Atau lebih sering mati/nyalain mesin? Atau high rev sebelum mesin panas? Pake Pertamax ya om? :big_grin:
Mungkin kah kandungan anti-wear si Q8 lbh banyak?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Mengenai oli motor JASO MB

spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled

Higher RPM = Per klep lebih keras

jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS

Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
* Bukan ajakan Beli *
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Fertille »

Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 6:07 Mengenai oli motor JASO MB

spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled

Higher RPM = Per klep lebih keras

jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS

Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by singgihcahyas »

Ariazaki wrote: Fri Aug 02, 2019 2:57 Baru ngetest oli lagi, kendall GT1 Max 0w20. Dipake di mesin K12M manual sejauh 10.000 km (tepatnya 10.060ish) selama 6 bulan. Driving style push and glide, beberapa kali (lumayan sering) dipake top speed run juga. Next mungkin bakal ganti oli di 8000 or maybe coba oli lain :ngacir:

Image

Sebagai perbandingan, ini uoa waktu pakai Q8 Formula Ultra 0w20. Pemakaian ya kurang lebih sama lah....

Image

Oli sekelas kendall hasil tes lab wear metalnya tergolong tinggi ya, aneh jg sieh. :big_bored:  itu kalau dicompare dengan Q8 Form Ultra sbenarnya gk buruk2 amat, mlah cenderung lebih oke kendall.....coba deh itu untuk kendal (Tbn 6,3 ; kv  8,8) sedangkan untuk Q8 Ultra (Tbn 3,1 ; kv 8,1). ini mlah Tbn Q8 mau masuk kritis di 2,5. sedangkan untuk kendall malah anteng di Tbn 6,3. Dan kalau dikatakan antiwear lebih banyak, atau lebih oke Q8...ya ini di hasil lab nya mlah sebaliknya.....hmm....Kandungan aditif kendall (Ca 2042; P 655; Zn 764; Mg 8; Mo 14) sedangkan untuk Q8 (Ca 1443; P 503; Zn 673; Mg 4 ;Mo 1)
#CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Fertille wrote:
Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 6:07 Mengenai oli motor JASO MB

spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled

Higher RPM = Per klep lebih keras

jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS

Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?
API SM - ILSAC GF4

SN - ILSAC GF5 (walau ada bbrp yg mid SAPS)

ACEA C3 / C2



* Bukan ajakan Beli *
ESP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sat May 17, 2014 5:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by ESP »

Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 6:45
Fertille wrote:
Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 6:07 Mengenai oli motor JASO MB

spt nya oli JASO MB itu sama spt oli mesin mobil jaman API SG - SJ, dimana antiwear sgt tinggi, karena ini utk mesin RPM tinggi & air cooled

Higher RPM = Per klep lebih keras

jadi sah2 saja mau pake oli mobil utk motor matic dengan catatan = jangan pake oli low SAPS

Tapi harga2 oli motor JASO MB juga gak mahal kok.......
Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?
API SM - ILSAC GF4

SN - ILSAC GF5 (walau ada bbrp yg mid SAPS)

ACEA C3 / C2
Trus yg high SAPS contoh nya apa om turbo :big_blushing:
Sekalian merk dan tipe nya ya om :big_peace:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Fri Aug 02, 2019 5:27
rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 0:21 Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban


Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..
Piihan oli skutik 10w30 kls ningrat, emang gak sebanyak 10w40.

Afaik; Oli motor di indo ada 2 jenis,
Jaso MB & MA (selain sintetis dan mineral).

- MB: buat kopling kering / skutik
- MA / MA2: buat kopling basah yg ikut kerendem bareng sm oli mesin

Oli jaso MA lbh tricky, krn harus melumasi mesin dgn baik, tp di satu sisi, harus punya karakter anti-slip buat kampas kopling basahnya.

Logika basic kan namanya oli harus licin dan bisa mengurangi gesekan, Sementara kampas kopling itu kan saling bergesekan dan ngelock untuk transfer tenaga mesin ke flywheel dan roda :roll:

Jadi oli MA harus punya 2 sifat yg berlawanan, bisa melumasi mesin dan sifatnya licin, tp ketika ketemu material kampas kopling, gak boleh terlalu licin :e-doh:
JASO MA & MB ngomongin soal friction modifier toh?

boleh coba dibaca lg mengenai pengaruh friction modifer dengan kampas kopling... apakah menyebabkan kopling slip/tidak...

Ariazaki wrote: Fri Aug 02, 2019 3:19
DevilS wrote: Fri Aug 02, 2019 3:04 Metal wear fe nya ningkat ya pas kendal di banding kan Q8? Agak kurang ngerti cara baca nya, sama baru tergolong buruk kalau bagaimana :big_childish:
Kalo menurut saran dari trakindo, raport merah :off_no:
Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 3:07 itu Fe nya tinggi yah

mobil usia brp tahun ?

odo brp
Iya Fe entah mengapa kok wearnya naik jauh. Na juga nda tau kenapa kok selalu tinggi, radiator baik2 aja padahal :drinking:

Mobil baru mau 2 tahun om, odo 41 ribuan. Kemaren pake oli itu dari 29.742 sampai 39.800ish
apa karena dia msh flat tappet ya? visco 0w20 ini ga cukup melumasi sampe tahap full film
Last edited by rendr on Fri Aug 02, 2019 8:07, edited 2 times in total.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 7:49 JASO MA & MB ngomongin soal friction modifier toh?

boleh coba dibaca lg mengenai pengaruh friction modifer dengan kampas kopling... apakah menyebabkan kopling slip/tidak...
friction modifier
"As long as the frictional contact is light, these molecules provide a cushioning effect when one of the coated surfaces connects with another coated surface. If the contact is heavy, then the molecules are brushed off, eliminating any potential benefit of the additive."


mksd saya itu, oli dgn spec Jaso MA, tidak akan menyebabkan kopling selip :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

ESP wrote:
Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 6:45
Fertille wrote:
Contoh oli low SAPS apa aja om turbo?
API SM - ILSAC GF4

SN - ILSAC GF5 (walau ada bbrp yg mid SAPS)

ACEA C3 / C2
Trus yg high SAPS contoh nya apa om turbo :big_blushing:
Sekalian merk dan tipe nya ya om :big_peace:
High SAPS ya oli2 zaman dulu dan sampai era
API SL
API CI-4

API SM udah ke Low SAPS

API CJ-4 udah ke Medium SAPS (bukan low SAPS)

utk ACEA yg terkini ACEA A3 / B4 itu Mid SAPS

ACEA E6 / E7 = mid SAPS

A5 / B5 / A1 / B1 = mid SAPS

E4 = High SAPS

ACEA C series spt C2 / C3 juga E9 itu Low SAPS

kalo bicara merek dan type di seluruh dunia ada Ribuan item..........

patokan ke Std API & ACEA aja lah

Buat lebih detail monggo browse aja ke website Lubrizol & Infineum
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Fri Aug 02, 2019 8:05
rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 7:49 JASO MA & MB ngomongin soal friction modifier toh?

boleh coba dibaca lg mengenai pengaruh friction modifer dengan kampas kopling... apakah menyebabkan kopling slip/tidak...
friction modifier
"As long as the frictional contact is light, these molecules provide a cushioning effect when one of the coated surfaces connects with another coated surface. If the contact is heavy, then the molecules are brushed off, eliminating any potential benefit of the additive."

klo dibahasa indonesiakan dgn mudah ya spt sy udah bilang om :upss:
apakah dia bereaksi dengan material komposit? e.g: Kampas kopling?

yang bisa bereaksi dengan material komposit ya carbon itu sendiri.. kalo yg saya baca sih kebanyakan organic additive..
contoh : PTFE/Sulphur hydroblabla

trus molybdenum salah satu friction modifier toh? bbrp page lalu saya posting hasil VOA dari Amsoil MCF itu oli wet clutch loh, ada molynya... ga selip tuh di xabre :mrgreen:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Fertille »

rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 7:49
Suryaputra wrote: Fri Aug 02, 2019 5:27
rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 0:21 Ada amsoil scooter. Di ace banyak harga 100rban


Kopling selip? Karena apa ya? Motul 300V dan Amsoil MCF itu zinc diatas 1400 ppm lho, diatas oli PCMO rata2..
Piihan oli skutik 10w30 kls ningrat, emang gak sebanyak 10w40.

Afaik; Oli motor di indo ada 2 jenis,
Jaso MB & MA (selain sintetis dan mineral).

- MB: buat kopling kering / skutik
- MA / MA2: buat kopling basah yg ikut kerendem bareng sm oli mesin

Oli jaso MA lbh tricky, krn harus melumasi mesin dgn baik, tp di satu sisi, harus punya karakter anti-slip buat kampas kopling basahnya.

Logika basic kan namanya oli harus licin dan bisa mengurangi gesekan, Sementara kampas kopling itu kan saling bergesekan dan ngelock untuk transfer tenaga mesin ke flywheel dan roda :roll:

Jadi oli MA harus punya 2 sifat yg berlawanan, bisa melumasi mesin dan sifatnya licin, tp ketika ketemu material kampas kopling, gak boleh terlalu licin :e-doh:
JASO MA & MB ngomongin soal friction modifier toh?

boleh coba dibaca lg mengenai pengaruh friction modifer dengan kampas kopling... apakah menyebabkan kopling slip/tidak...

Ariazaki wrote: Fri Aug 02, 2019 3:19
DevilS wrote: Fri Aug 02, 2019 3:04 Metal wear fe nya ningkat ya pas kendal di banding kan Q8? Agak kurang ngerti cara baca nya, sama baru tergolong buruk kalau bagaimana :big_childish:
Kalo menurut saran dari trakindo, raport merah :off_no:
Turboman wrote: Fri Aug 02, 2019 3:07 itu Fe nya tinggi yah

mobil usia brp tahun ?

odo brp
Iya Fe entah mengapa kok wearnya naik jauh. Na juga nda tau kenapa kok selalu tinggi, radiator baik2 aja padahal :drinking:

Mobil baru mau 2 tahun om, odo 41 ribuan. Kemaren pake oli itu dari 29.742 sampai 39.800ish
apa karena dia msh flat tappet ya? visco 0w20 ini ga cukup melumasi sampe tahap full film
CMIIW om, yg dibicarakan JASO MB, dimana notabene untuk motor matic
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Suryaputra »

ESP wrote: Fri Aug 02, 2019 1:52 Image
Bener ada di ruparupa ternyata amsoil scooter
Harga Rp. 124.900
Tapi 10w40 euy :big_biglaugh:
ini klo lihat datasheetnya, Jaso MA/2
karena skutik di LN kapasitas mesin besar dan pake cvt kopling basah.

klo skutik di indo kan majority dry-clutch, lbh pas jaso MB :mrgreen:


Kaleng wrote: Fri Aug 02, 2019 2:27 kalau oli motor kendall yang 10w-40 sih sudah coba sampai 2250km masih nyaman mesin. dibanding sama motul 5100 10w-40 kyknya kurang lbh, tapi yg motul dulu sempat hajar sampai 3000km baru mulai terasa agak beda mesin.
Ntar, habis kendall ini, sy mo coba Motul scooter expert.
harga bener2 11-12 :mrgreen:


rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 8:17 trus molybdenum salah satu friction modifier toh? bbrp page lalu saya posting hasil VOA dari Amsoil MCF itu oli wet clutch loh, ada molynya... ga selip tuh di xabre :mrgreen:
Amsoil MCF kan Jaso MA/2 emang buat wet-clutch om
xabre kan wet-cutch om, ya jelas gak selip.

but.. intinya klo saya mah ikutin apa yg udah dibuat produsen aja, as simple as MB buat skutik dry-clutch
& MA/2 buat wet-clutch

klo kepepet misal butuh oli skutik, tp adanya oli mobil,
ya paling pakai oli mobil dgn karakteristik yg mirip :frm_salut:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ESP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sat May 17, 2014 5:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by ESP »

Suryaputra wrote: Fri Aug 02, 2019 8:32
ESP wrote: Fri Aug 02, 2019 1:52 Image
Bener ada di ruparupa ternyata amsoil scooter
Harga Rp. 124.900
Tapi 10w40 euy :big_biglaugh:
ini klo lihat datasheetnya, Jaso MA/2
karena skutik di LN kapasitas mesin besar dan pake cvt kopling basah.

klo skutik di indo kan majority dry-clutch, lbh pas jaso MB :mrgreen:


Kaleng wrote: Fri Aug 02, 2019 2:27 kalau oli motor kendall yang 10w-40 sih sudah coba sampai 2250km masih nyaman mesin. dibanding sama motul 5100 10w-40 kyknya kurang lbh, tapi yg motul dulu sempat hajar sampai 3000km baru mulai terasa agak beda mesin.
Ntar, habis kendall ini, sy mo coba Motul scooter expert.
harga bener2 11-12 :mrgreen:


rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 8:17 trus molybdenum salah satu friction modifier toh? bbrp page lalu saya posting hasil VOA dari Amsoil MCF itu oli wet clutch loh, ada molynya... ga selip tuh di xabre :mrgreen:
Amsoil MCF kan Jaso MA/2 emang buat wet-clutch om
xabre kan wet-cutch om, ya jelas gak selip.

but.. intinya klo saya mah ikutin apa yg udah dibuat produsen aja, as simple as MB buat skutik dry-clutch
& MA/2 buat wet-clutch

klo kepepet misal butuh oli skutik, tp adanya oli mobil,
ya paling pakai oli mobil dgn karakteristik yg mirip :frm_salut:
Oh si amsoil scooter itu JASO MA/2 toh
Yawislah ane dah beli kendall dari JD.ID kok 2 botol sekalian :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

ESP wrote:
Suryaputra wrote: Fri Aug 02, 2019 8:32
ESP wrote: Fri Aug 02, 2019 1:52 Image
Bener ada di ruparupa ternyata amsoil scooter
Harga Rp. 124.900
Tapi 10w40 euy :big_biglaugh:
ini klo lihat datasheetnya, Jaso MA/2
karena skutik di LN kapasitas mesin besar dan pake cvt kopling basah.

klo skutik di indo kan majority dry-clutch, lbh pas jaso MB :mrgreen:


Kaleng wrote: Fri Aug 02, 2019 2:27 kalau oli motor kendall yang 10w-40 sih sudah coba sampai 2250km masih nyaman mesin. dibanding sama motul 5100 10w-40 kyknya kurang lbh, tapi yg motul dulu sempat hajar sampai 3000km baru mulai terasa agak beda mesin.
Ntar, habis kendall ini, sy mo coba Motul scooter expert.
harga bener2 11-12 :mrgreen:


rendr wrote: Fri Aug 02, 2019 8:17 trus molybdenum salah satu friction modifier toh? bbrp page lalu saya posting hasil VOA dari Amsoil MCF itu oli wet clutch loh, ada molynya... ga selip tuh di xabre :mrgreen:
Amsoil MCF kan Jaso MA/2 emang buat wet-clutch om
xabre kan wet-cutch om, ya jelas gak selip.

but.. intinya klo saya mah ikutin apa yg udah dibuat produsen aja, as simple as MB buat skutik dry-clutch
& MA/2 buat wet-clutch

klo kepepet misal butuh oli skutik, tp adanya oli mobil,
ya paling pakai oli mobil dgn karakteristik yg mirip :frm_salut:
Oh si amsoil scooter itu JASO MA/2 toh
Yawislah ane dah beli kendall dari JD.ID kok 2 botol sekalian :big_peace:
Btw kalo cocok dgn oli Kendall

belilah selagi bisa dibeli
* Bukan ajakan Beli *
ESP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sat May 17, 2014 5:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by ESP »

Wah kenapa dgn kendall om turbo, apakah mo cabut dari Indonesia?
Ane baru mau coba nih Kendall, malah buat motor matic pula, bukan mobil :big_biglaugh:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Gak jalan ya om Turbo si Kendall? Saya juga liat stocknya makin menipis dan makin jarang..
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by singgihcahyas »

merk "K" udahan mungkin karena mau diberlakukan SNI
:big_dunno: