udah mulai gentong kali Om, pernah pake solbus atau telat ganti oli?Nugrohonug wrote: Thu Mar 07, 2019 16:17 Suhu suhu mod chz,mau tanya apa mesin santi crdinya pernah nguap ? Sy pake santi crdi dm oli 5w30 fullsyn HDEO selalu nguap 500ml per 1000km kalo dibawa ngebut,apa yg jg ngalamin ? Thx
Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon May 15, 2017 1:28
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Apr 22, 2019 0:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Santa Fe DM CRDi
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Permisi om
mau nanya ganti pulley damper set, sekiranya habis berapa ya, trus part apa saja itu yg diganti?
mau nanya ganti pulley damper set, sekiranya habis berapa ya, trus part apa saja itu yg diganti?
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed Jun 12, 2019 12:58
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Btw om klo bengkel understeel di sby yg recommend mana ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Ini mobil serewel Captiva enggak yah? Saya kemarin ada pertimbangkan GNKI vs Captiva, tapi karena banyak yang tidak menyarankan Captiva & segala kerewelannya jadi sempet nyaris cari unit GNKI tapi begitu lihat reviewnya mod jadi mempertimbangkan lagi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
om @ChZ minta rekomendasi bengkel AC di semarang dong.. siapa tau punya langganan, terima kasih
IG: @inrandomthoughts
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 510
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
yang cari secondnya, Go for Santi CRDi yang dspec diatas tahun 2016. infonya selain facelift, ada updgrade di suspensi juga.
tapi malah ECM yang hilang
saya awalnya ngincer punya tetangga saya, tapi karena ga dilepas2 jadi ngincer grand santi sekalian...
eh si tetangga sekarang udah nungguin si palisade masuk

tapi malah ECM yang hilang

saya awalnya ngincer punya tetangga saya, tapi karena ga dilepas2 jadi ngincer grand santi sekalian...
eh si tetangga sekarang udah nungguin si palisade masuk


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Santi 2016 - 2017 facelift ada kasus switch inhibitor matic bermasalah om. Kalo lagi apes kena ciri2 nya tenaga seperti hilang sesaat, indikator penanda posisi transmisi di MID kedip2. Bisa dibersihkan lalu direset ulang, kalo dah parah kudu ganti (kalo masih dlm masa warranty free). Punya saya alhamdulillah aman. Sekarang dah beralih ke TMkrniawnhdr wrote: Mon Jul 22, 2019 6:22 yang cari secondnya, Go for Santi CRDi yang dspec diatas tahun 2016. infonya selain facelift, ada updgrade di suspensi juga.
tapi malah ECM yang hilang
saya awalnya ngincer punya tetangga saya, tapi karena ga dilepas2 jadi ngincer grand santi sekalian...
eh si tetangga sekarang udah nungguin si palisade masuk![]()
![]()


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Mobilnya akhirnya dijual per awal 2019 kemarin... Hahaha.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
lho kenapa di jual om.
di update lg donk story nya.

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Gakpapa oom. Ada banyak pertimbangan sih
- Size nya parah gedenya, apalagi soal lebar. Ya memang enak klo bawa 7 orang lebih proper daripada CR-V tapi justru karena keluarga kita jarang bawa 7 orang jadi ya.... Mana masuk rumah susah bgt depan blakang mepet pagar sama pintu garasi.
- Cari BBM nya susah. belakangan terpaksa isi dexlite krn susah bgt cari spbu yang ada dex
- Spare part nya juga hyundai indo g ready... info antar beres pun gak selalu update. Sensor ABS belakang yang d klub infonya bisa ganti sensor aja (200rb) tp di 3 beres (2 surabaya 1 semarang) ga bisa, mesti ganti se wheel hub nya (2.5juta). Selang turbo juga uda getas dan part ga ready...
Dan personal preference : gak terlalu demen karakter torsi diesel yang jambak di awal. Dan kalo cruising ada suara diesel gruntnya malah bikin gak nyaman...
Jadi skrg cruiser luar kotanya pake CR-V turbo

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Wah susah jg y kl spare part ga ready.ChZ wrote: Mon Aug 26, 2019 2:54Gakpapa oom. Ada banyak pertimbangan sih
- Size nya parah gedenya, apalagi soal lebar. Ya memang enak klo bawa 7 orang lebih proper daripada CR-V tapi justru karena keluarga kita jarang bawa 7 orang jadi ya.... Mana masuk rumah susah bgt depan blakang mepet pagar sama pintu garasi.
- Cari BBM nya susah. belakangan terpaksa isi dexlite krn susah bgt cari spbu yang ada dex
- Spare part nya juga hyundai indo g ready... info antar beres pun gak selalu update. Sensor ABS belakang yang d klub infonya bisa ganti sensor aja (200rb) tp di 3 beres (2 surabaya 1 semarang) ga bisa, mesti ganti se wheel hub nya (2.5juta). Selang turbo juga uda getas dan part ga ready...
Dan personal preference : gak terlalu demen karakter torsi diesel yang jambak di awal. Dan kalo cruising ada suara diesel gruntnya malah bikin gak nyaman...
Jadi skrg cruiser luar kotanya pake CR-V turbo![]()
ane jg ga terlalu suka suara raungan diesel terutama kl udah di atas 3k rpm.

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
yup dan sedihnya ini mobil beberapa desainnya nggak "umum"... misal desain filter solarnya yang gak semua bengkel berani buka. Akhirnya untuk beberapa hal terpaksa ke BeRes dan biaya jasanya nggak murah juga.mr_mytplx wrote: Mon Aug 26, 2019 3:14
Wah susah jg y kl spare part ga ready.
ane jg ga terlalu suka suara raungan diesel terutama kl udah di atas 3k rpm.![]()
wkwkwkwkw dan suara mesinnya santafe untuk ukuran modern diesel CRD sih keras banget... buat luar kota juga pantatnya limbung klo dibanding CR-V. Gak tau kalo generasi TM katanya udah lebih stabil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
wah wah, padahal baca2 dr trit sebelah bengkel hyundai beberapa kurang bagus pelayanannya.ChZ wrote: Mon Aug 26, 2019 3:33yup dan sedihnya ini mobil beberapa desainnya nggak "umum"... misal desain filter solarnya yang gak semua bengkel berani buka. Akhirnya untuk beberapa hal terpaksa ke BeRes dan biaya jasanya nggak murah juga.mr_mytplx wrote: Mon Aug 26, 2019 3:14
Wah susah jg y kl spare part ga ready.
ane jg ga terlalu suka suara raungan diesel terutama kl udah di atas 3k rpm.![]()
wkwkwkwkw dan suara mesinnya santafe untuk ukuran modern diesel CRD sih keras banget... buat luar kota juga pantatnya limbung klo dibanding CR-V. Gak tau kalo generasi TM katanya udah lebih stabil.
memang masih beresiko y meminang mobil non mainstream macam gini.
yang begini ini ga pernah diceritain di review2 yutup.
mst dr user langsung.
tks sharingnya om CHZ.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Ya gampang aja ngomong orang "buta merek" kalo milih pilihan yang mainstreammr_mytplx wrote: Mon Aug 26, 2019 4:06wah wah, padahal baca2 dr trit sebelah bengkel hyundai beberapa kurang bagus pelayanannya.ChZ wrote: Mon Aug 26, 2019 3:33yup dan sedihnya ini mobil beberapa desainnya nggak "umum"... misal desain filter solarnya yang gak semua bengkel berani buka. Akhirnya untuk beberapa hal terpaksa ke BeRes dan biaya jasanya nggak murah juga.mr_mytplx wrote: Mon Aug 26, 2019 3:14
Wah susah jg y kl spare part ga ready.
ane jg ga terlalu suka suara raungan diesel terutama kl udah di atas 3k rpm.![]()
wkwkwkwkw dan suara mesinnya santafe untuk ukuran modern diesel CRD sih keras banget... buat luar kota juga pantatnya limbung klo dibanding CR-V. Gak tau kalo generasi TM katanya udah lebih stabil.
memang masih beresiko y meminang mobil non mainstream macam gini.
yang begini ini ga pernah diceritain di review2 yutup.
mst dr user langsung.
tks sharingnya om CHZ.
Padahal praktik di lapangannya .... hihihi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Fri Oct 26, 2018 3:08
- Location: Samarinda
- Daily Vehicle: Grand livina
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Setuju om, suara nya kurang sesuai ekspektasi dari review2 yg bilangnya halus. Kalau di tanjakan cepet bgt downshift nya jadi rpm langsung naik n langsung meraung mesinnya. Kalau mode manual ditahan gigi nya lebih lumayan suaranya.ChZ wrote: Mon Aug 26, 2019 3:33yup dan sedihnya ini mobil beberapa desainnya nggak "umum"... misal desain filter solarnya yang gak semua bengkel berani buka. Akhirnya untuk beberapa hal terpaksa ke BeRes dan biaya jasanya nggak murah juga.mr_mytplx wrote: Mon Aug 26, 2019 3:14
Wah susah jg y kl spare part ga ready.
ane jg ga terlalu suka suara raungan diesel terutama kl udah di atas 3k rpm.![]()
wkwkwkwkw dan suara mesinnya santafe untuk ukuran modern diesel CRD sih keras banget... buat luar kota juga pantatnya limbung klo dibanding CR-V. Gak tau kalo generasi TM katanya udah lebih stabil.
Untuk dibawa di jalan pegunungan belak belok juga agak limbung, apa mungkin karena shock nya udah lemah kali ya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Hihihi iya maticnya juga suka bingungan.Dudd88 wrote: Mon Aug 26, 2019 5:42Setuju om, suara nya kurang sesuai ekspektasi dari review2 yg bilangnya halus. Kalau di tanjakan cepet bgt downshift nya jadi rpm langsung naik n langsung meraung mesinnya. Kalau mode manual ditahan gigi nya lebih lumayan suaranya.ChZ wrote: Mon Aug 26, 2019 3:33yup dan sedihnya ini mobil beberapa desainnya nggak "umum"... misal desain filter solarnya yang gak semua bengkel berani buka. Akhirnya untuk beberapa hal terpaksa ke BeRes dan biaya jasanya nggak murah juga.mr_mytplx wrote: Mon Aug 26, 2019 3:14
Wah susah jg y kl spare part ga ready.
ane jg ga terlalu suka suara raungan diesel terutama kl udah di atas 3k rpm.![]()
wkwkwkwkw dan suara mesinnya santafe untuk ukuran modern diesel CRD sih keras banget... buat luar kota juga pantatnya limbung klo dibanding CR-V. Gak tau kalo generasi TM katanya udah lebih stabil.
Untuk dibawa di jalan pegunungan belak belok juga agak limbung, apa mungkin karena shock nya udah lemah kali ya.
Limbung memang karakternya oom. Di grup santi eman pada mengeluhkan limbung pantatnya DM ini. Yang TM katanya uda membaik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7