quyquy wrote: ↑Tue Jul 16, 2019 16:24
ABS? itu wajib, karena banyak motor2 slonong boy di jalan...
sebenernya bisa jadi ABS malah bikin nabrak. ABS itu bisa jadi menambah jarak pengereman, coba saja cari di google, pembalap pro itu bisa rem lebih pendek dengan kendaraan tanpa ABS dibandingkan ABS. tapi itu pembalap pro, yang memang jago urusan Threshold braking dan atau pulse braking. driver normal mana yang sanggup nginjek maksimal-lepas-injek maksimal lagi itu rem 10x dalam 1 detik.
ESP yang bikin ga nabrak yang nyelonong, terutama situasi krusial dimana: malam, hujan, jalanan jelek, ban kurang maksimal. ketika tiba2 emergency braking, manuver, BA engaged, ABS engaged, EBD dan yaw sensor di modul ESP akan mentrigger roda mana yang butuh traksi lebih agar tidak terjadi skid dsb dan terus melakukan adjustment distribusi pengereman di tiap roda terus menerus, sambil terus membaca arah kendaraan dibandingkan sudut steer dan kecepatan sampai rem dilepas dan pedal gas diinjak kembali
rendr wrote: ↑Wed Jul 17, 2019 7:32
Kecelakaan tidak hanya terjadi di kecepatan tinggi om... ESP juga bukan lah piranti pengaman untuk "kebut2an"
Kita jg ga ada yg mau kok kena musibah, tapi alangkah lebih baik jika ada.. cuman memang tidak perlu dibesar2kan dan jangan pula dianggap remeh..
Ada skenario2 tertentu dimana hal2 yg kita tidak duga, misal menghindari object, harus banting stir nah ESP disitu akan sangat membantu.. seperti uji "moose test", apalagi saat hujan yg rawan aquaplaning pun ESP dapat sangat membantu... Namanya dijalan ga ada yg tau..
yep moose test, test "ga masuk akal", tapi jadi masuk akal untuk org yang pernah alami langsung. atau pas lagi enak2 cruising speed sesuai aturan di toll, malam2, hujan, tiba2 ban aquaplanning entah karena memang ban tsb sudah kurang bagus atau ada minyak di jalanan atau ada kotoran apalah di jalan atau kalau di luar negeri sering terjadi ada black ice atau tiba2 ada lobang dsb, terjadi skidding atau harus manuver, disinilah gunanya ESP.
densept wrote: ↑Wed Jul 17, 2019 8:44
Sangat setuju dengan statement yang saya bold, IMO saya juga lebih prefer fitur safety yang sifatnya mencegah seperti ABS dan ESP dibanding airbag yang sifatnya melindungi pada saat terjadinya kecelakaan. Pabrikan terutama untuk pasar middle low mereka lebih pilih gak dipasang ABS, tapi mereka memasang airbag (contoh : agya (kecuali tipe 1.2 TRD) ayla, xenia (kecuali tipe 1.5), APV?, datsun go dll) , kalau saya lebih suka sebaliknya ada ABS tidak ada airbag seperti Gen 1 Avanza 1.3S & 1.5S
ya karena ABS, ESP ga kelihatan si dashboard, kalau airbag kan kelihatan ada logonya. dan org indo selalu bilang: ga kepake itu ABS, VSC, VSA, kan saya pelan2 nyetirnya, nyetir ngapain ngebut2. padahal ngebut atau ngga, ada speed limit yang mestinya diikuti. tapi ya inilah negara ber-flower.
kita yang nyari safety maksimal, eh dirugiin pemakai jalan yg hobi mencari sang pencipta di jalanan...
jadi keingat teman saya belasan tahun lalu ngomong: ABS or not, Airbag or not, percayalah lu ga mau itu semua deployed. karena kalau itu deployed artinya lu tinggal sekian mm ga jadi masuk ICU
karena dia udah alami, kecelakaan parah, kondisi mobil hancur >70%, yg mana biar asuransi mau ganti total itu minta tolong derek untuk digelindingin sekali lagi. dan well sekeluarga di mobil untung hanya cedera minor, karena mobil yang dinaikin dulu sudah ada abs airbag, jadi bisa menghindar, banting setir, nyemplung di parit tol dan jungkir balik.