Jadi lupa cerita..
Pengalaman mudik lebaran kemaren..
Diminta sodara nyetirin mobilnya.. Wuling Confero S
Wah.. pengalaman pertama saya neh, nyobain mobil tiongkok
Umur mobil kira2 1-2 tahunan.. jarang dipake
Kondisi semua standar, beban full load (6 dewasa + 1 balita + barang2).
Rute pertama: Salatiga - jogja, via jatinom, siang menjelang sore.
Liat dari luar dan dekat, Confero ini kayak gede, agak boxy dengan jendela yg gede, berasa mirip akuarium..
Saat nyetir, posisi duduk berasa agak tinggi, mirip2 avanza dan setir masih bisa diatur posisinya (tilt)..
Posisi pedal masih gampang dijangkau, tapi berasa kaki ga se relax lio saya.
Kepikiran mungkin seting jok kurang mundur, tapi khawatirnya malah tangan yg kurang sampe ke setir..
Pandangan kedepan cukup luas, sepintas teringat seperti nyetir minibus coz kap depan tidak keliatan.. lupa klo punya hidung..
Kenyamanannya bagus, joknya empuk dan kabin kedap.. suara dari luar mobil mampu diredam dgn baik.
Rute pertama adakalanya ketemu macet2... Bodynya berasa gede bikin agak ragu klo mo selip2. Ditambah inget ini bukan mobil sendiri, agak sungkan klo mo sruntulan

Tapi sesekali nyelip masih ga masalah.. Mungkin lama2 terbiasa.
Di macet2an kaki kiri dimanjakan dengan injakan kopling yg uenteng.. Lebih enteng dari Lio saya.
Mesin saya rasa oke di putaran bawah, suara mesinnya ringan. Saat jalan datar, coba angkat kopling pelan2, tanpa injak gas, mobil ga gampang stall.
Sementara tangan dimanjakan pula oleh entengnya puter2an setir yg feedbacknya adakalanya masih bisa dirasakan..
Sampe penginepan jogja pas waktu maghrib.. Coba parkirin, terbantu dengan sensor samping+belakang dan kamera mundurnya.
Rute kedua: jogja - pantai selatan PP (sebagai penumpang)
Pertama, sebagai navigator di kursi penumpang depan..
Kursi empuk, AC dingiiin, pandangan cukup luas (karena jendelanya gede), meskipun dashboard berasa agak tinggi.
Saat lewat jalan rusak, bantingan suspensi masih lumayan nyaman. Mungkin terbantu dengan bobotnya yg full muatan.
Kedua, duduk di row-3..
Posisi duduk berasa agak tinggi. Sepertinya ini model teatrikal yg agak meninggi di belakang. Duduknya masih nyaman meskipun paha ga full tersangga. Jarak dengkul ke row-2 jg ga mentok (saya 169cm). Cuman bantingannya lebih berasa daripada duduk di bangku samping supir..
Hawa dingin AC masih bisa dirasakan di row-3 ini.
Rute ketiga: Muntilan - keteb pass - salatiga
Mulai nyetir lagi jam 8-an malam selepas SPBU daerah muntilan untuk ke arah salatiga via keteb pass.
Jalanan di keteb pass ya gitu.. naek turun berkelok2.. apalagi ini malem2, gelap cuyy
Untungnya lampu confero cukup terang, cuman sebaran cahayanya di ujung ada yg terhalang lekuk mika (atau apalah itu), jadi cahaya ke depan samping seperti kepotong. Mungkin perlu dicoba setting ketinggian lampunya biar optimal.
Jalan malam kondisi AC tetap menyala dengan blower dan setelan AC masih di posisi rendah, tapi dinginnya brrrr... Edaann
Beberapa kali saya setel arah ventilasi AC agar ga langsung mengarah ke badan, tapi ga bisa nemu setingan yg pas. Mana ga bawa jaket pula..
Dan lucunya ini ventilasi AC depan kagak ada setelan buat buka tutup (atau ga nemu?).. Waduh
Rute jalan keteb yg menanjak ditambah kondisi full load + AC nyala, memaksa mesin bekerja lebih giat..
Beberapa kali nanjak tinggi mengharuskan saya pindah ke gear 2 bahkan gear 1, dan harus bejek gas biar kuat nanjak..
Di saat itu mesin meraung bersuara renyah serasa mesin diesel
Kadang ga sengaja pula pas nyetir libas gundukan jalan seakan ga terlalu berasa, tapi untuk row-2 dan 3 pada teriak seakan melayang.. ups, my bad
Selepas keteb, jalanan menurun mendominasi..
Ya ini jadi semacam real brake test dengan bonus jurang di depan klo ga segera puter setir. D
Feeling rem tidak se sigap Lio saya, tapi jg tidak ngeloyor kayak Xenia lawas ortu.. Lagi2 mungkin karena beban full load.
Setelah lewat kopeng, beberapa kali kena macet saat turun, baru lancar sampai lingkar luar. Dan akhirnya pukul 21.30 sampe rumah dgn selamat..
