Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Bagusway wrote: Sat Jun 29, 2019 8:52
Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe
Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,
Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.
Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?
Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya
Oli di mesin diesel emg item kok...
Tenang aja gk usah buru2 ganti
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Bagusway wrote:Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe
Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,
Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.
Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?
Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya [emoji1317][emoji1317]
Mending lakukan penyehatan dulu aja
- Purging
- Kuras Tangki
- Bersihkan Katup EGR
Utk Purging harus pake Tabung bertekanan
Captiva bisa tutup EGR dengan ReMap
Di bengkel biasa bs ya om? Apa hrs ke beres?
Sblumnya ane bwa ke bengkel biasa tp emg spesialis mobil GM.
Makasih sarannya om...
Bagusway wrote: Sat Jun 29, 2019 8:52
Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe
Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,
Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.
Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?
Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya
Oli di mesin diesel emg item kok...
Tenang aja gk usah buru2 ganti
Bagusway wrote:Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe
Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,
Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.
Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?
Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya [emoji1317][emoji1317]
Mending lakukan penyehatan dulu aja
- Purging
- Kuras Tangki
- Bersihkan Katup EGR
Utk Purging harus pake Tabung bertekanan
Captiva bisa tutup EGR dengan ReMap
Di bengkel biasa bs ya om? Apa hrs ke beres?
Sblumnya ane bwa ke bengkel biasa tp emg spesialis mobil GM.
Makasih sarannya om...
Bagusway wrote: Sat Jun 29, 2019 8:52
Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe
Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,
Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.
Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?
Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya
Dulu saya pake Mobil 1 5W-30 suara jauh lebih halus dari oli bawaan beres. Biosolar+DT-2000. Captiva NFL 2011. Purging injector kalo gak mau ribet bisa diberes, sekalian bersihin intake manifold. Kalo mau sehat dan awet purging, bersihin intake manifold dan EGR tiap 20 rb km. Katalisnya dicopot ganti pipa plong di tukang knalpot biar gak mampet. Sangat mudah karena katalisnya pake flange, tinggal copot baut gak perlu potong pipa. Filter udara ganti knn dan dicuci tiap 2500-3000 km.
Dijamin mesin sehat awet dan halus enak bawanya seperti baru.
Om Turbo,
Gambar 1& 2 oli yg sama Q8 FT8700 5W30 dipakai di mobil berbeda dg jarak tempuh sama2 7000 km. Apakah artinya kualitas oli yg di no. 1 sudah lbh buruk dari yg no.2?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Om Turbo,
Gambar 1& 2 oli yg sama Q8 FT8700 5W30 dipakai di mobil berbeda dg jarak tempuh sama2 7000 km. Apakah artinya kualitas oli yg di no. 1 sudah lbh buruk dari yg no.2?
T8700 pernah test lab jalan 10.000 km di 2GD ReMap masi layak pakai
Kemarin habis ganti oli fortun VNT dari biasa pakai fastron 15-40
Ke top 1 Hd plus 10-30
Krn lbh murah dikit dan berngapan sae nya lbh encer mgkin agak lari dan efisien konsumsi bbm nya mngingat ini juga daerh pgunungan biar ringan kali ya
Selama ini dgn fastron ga ada msalah ya biasa aja pnguapan jg g pernh trjdi konsumsi bbm ya biasa2 aja
Apakh sudh tpt pmilihan oli turun ke 10-30? Apakh diesel kudu pakai 15-40?
Umur mesn 5 tahun ini
Bbm slalu solar busuk
Apakh merek top 1 ssh ccok om mngingt dsni tdk bnyak oli
Ada shell namun usdh usang tkut palsu, dsni dominan prtamina yg pegang pasaran,
Di botl oli ditulis syntetic blend itu artinya semi sintetic kah om?
Kemarin habis ganti oli fortun VNT dari biasa pakai fastron 15-40
Ke top 1 Hd plus 10-30
Krn lbh murah dikit dan berngapan sae nya lbh encer mgkin agak lari dan efisien konsumsi bbm nya mngingat ini juga daerh pgunungan biar ringan kali ya [emoji1]
Selama ini dgn fastron ga ada msalah ya biasa aja pnguapan jg g pernh trjdi konsumsi bbm ya biasa2 aja
Apakh sudh tpt pmilihan oli turun ke 10-30? Apakh diesel kudu pakai 15-40?
Umur mesn 5 tahun ini
Bbm slalu solar busuk
Apakh merek top 1 ssh ccok om mngingt dsni tdk bnyak oli
Ada shell namun usdh usang tkut palsu, dsni dominan prtamina yg pegang pasaran,
Di botl oli ditulis syntetic blend itu artinya semi sintetic kah om?
Trims Om Turbo
Sukses selalu
wah nggak ngerti deh
ya dicoba aja, pake 5000 - 7000 km misal, trus test lab sample oli bekasnya
mamatarou2411 wrote: Sat Jul 13, 2019 7:09
Misi om. Mohon rekomendasi oli mesin dan transmisi buat panther touring 2002 hibahan mertua. Buat pemakaian pribadi
Yg halus dan tarikan enteng serta irit solar (opsional)
Di Panther 95 punya bokap, biasa pakai Oli Murah meriah aja yg penting jgn kena yg palsu, Meditran SX 15-40. Transmisi manual pakai Oli Mesin aja SAE 40 max. sesuai pesan di Tutup nya
Misi suhu suhu sesepuh semuanya, nubi numpang tanya & mohon masukannya.
mohon maaf kalo salah kamar
Apa efeknya apabila mesin bensin dikasih minum oli diesel?
Rencananya, mesin M15A (flat tappet) odo :137.000 an km, mau ganti oli ke Q8 FT 8700 FE 5W30 API CJ/SN.
Sebelumnya pake kendall GT1 max 5W30.
Berhubung kendall sudah terlalu mahal & dalam ± 9000 an km sudah minum total ± 5 liter an oli (isi baru + top up), maka saya terpikir pake oli diesel aja (sama sama 5W30 API SN).
Karena :
1. Katanya Oli diesel cenderung lebih kental dari oli bensin
2. Kemasan Q8 FT 8700 5 L (ada sisa 1 L buat top up)
3. Harga per liter Q8 lebih murah dari kendall.
4. Semoga Q8 FT 8700 juga kuat dipake sampai 8000 - 10.000 km
bismo16 wrote:Misi suhu suhu sesepuh semuanya, nubi numpang tanya & mohon masukannya.
mohon maaf kalo salah kamar
Apa efeknya apabila mesin bensin dikasih minum oli diesel?
Rencananya, mesin M15A (flat tappet) odo :137.000 an km, mau ganti oli ke Q8 FT 8700 FE 5W30 API CJ/SN.
Sebelumnya pake kendall GT1 max 5W30.
Berhubung kendall sudah terlalu mahal & dalam ± 9000 an km sudah minum total ± 5 liter an oli (isi baru + top up), maka saya terpikir pake oli diesel aja (sama sama 5W30 API SN).
Karena :
1. Katanya Oli diesel cenderung lebih kental dari oli bensin
2. Kemasan Q8 FT 8700 5 L (ada sisa 1 L buat top up)
3. Harga per liter Q8 lebih murah dari kendall.
4. Semoga Q8 FT 8700 juga kuat dipake sampai 8000 - 10.000 km
Sekian, mohon masukannya..
Salam
Oli Diesel pake yg TBN 10 & SAPS 1% max
.
pake yg API CJ4 / CK-4 krn TBN cuman 10 / less
bismo16 wrote:Misi suhu suhu sesepuh semuanya, nubi numpang tanya & mohon masukannya.
mohon maaf kalo salah kamar
Apa efeknya apabila mesin bensin dikasih minum oli diesel?
Rencananya, mesin M15A (flat tappet) odo :137.000 an km, mau ganti oli ke Q8 FT 8700 FE 5W30 API CJ/SN.
Sebelumnya pake kendall GT1 max 5W30.
Berhubung kendall sudah terlalu mahal & dalam ± 9000 an km sudah minum total ± 5 liter an oli (isi baru + top up), maka saya terpikir pake oli diesel aja (sama sama 5W30 API SN).
Karena :
1. Katanya Oli diesel cenderung lebih kental dari oli bensin
2. Kemasan Q8 FT 8700 5 L (ada sisa 1 L buat top up)
3. Harga per liter Q8 lebih murah dari kendall.
4. Semoga Q8 FT 8700 juga kuat dipake sampai 8000 - 10.000 km
Sekian, mohon masukannya..
Salam
Oli Diesel pake yg TBN 10 & SAPS 1% max
.
pake yg API CJ4 / CK-4 krn TBN cuman 10 / less