Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mohon bantuannya suhu2 per SMan sekalian. Lagi galau mau ganti mobil nih, mau nyari SUV matic dengan target mobil tinggi, nyaman dan murah.
Target mobil matic yang bisa dipake baik saya maupun nyonya, karena mobil sebelumnya manual jadi nyonya males mau make. mobil nantinya mau dipake anter anak sekolah dan keluar kota sesekali. Sementara targetnya CRV gen 2 03-04 atau X trail T30 03-04 yang kebetulan harganya mirip-mirip (sekitar 70-85 juta).
Mohon infonya mana yang lebih unggul mengenai :
1. Kenyamanan
2. Fitur
3. Safety
4. Reliability untuk 3-5 tahun kedepan
5. Harga spare part
6. Konsumsi BBM (Apakah bisa pertalite atau harus pertamax)
FYI mobil sebelumnya pernah pakai CRV RD1 (Gen 1) dan Mercy w202 97, dan keluarga sudah biasa sama kenyamanan dua mobil tersebut. Masalah konsumsi BBM kayaknya beda2 tipis makanya saya taruh terakhir. Mohon maaf kalau sudah ada thread yang sama sebelumnya. Mohon bantuannya biar ga galau.
Pernah pakai T30 tahun 2005 akhir yang V Grille. Pake 10 tahun sampe 110rb km rasanya.
Ini mobil enak banget pas baru keluar.
Tenaga dapet, tapi empuk jg.
Kelemahan paling cuma agak limbung terus setir terlalu ringan sih.
Kalau boros sih relatif untuk dalam kota dapat 1:7.
Bensin awal2 kasi Pertamax, habis itu Pertamax naik banyak ane oplos aja sama Premium. Secara teori sih kalo mesin 2.5 T30 ini aman2 aja isi Pertalite secara kompresi cuma 9.5:1 atau berapa gitu pokoknya ga sampe 10. Malah ada beberapa yg full premium aman2 aja cuma agak ngeden aja.
Perawatan selama itu paling cuma berkala aja, kalau ga salah cuma kaki2 aja ringkih kayak SA paling tahan 40-50rb km. Sama dia banyak karet2 yg sering pecah kayak link stabilizer ini 2x ganti. Pernah ganti jg bearing roda depan.
Dibanding CRV sih tetap milih T30 secara tenaga lebih kenceng, boros jg sama apalg kaki2 paling jg sama. Kalau ga salah CRV sering masalah di engine mounting deh. Apalg model CRV gen 2 itu, sudah agak kuno, kalau T30 masih agak gagah dengan model boxy.
Kebetulan pernah make T30 2004 beli seken jg kondisi masih mint bgt, naikannya enak banget, nyaman banget, jok empuk, fun to drive jg dapet, tarikan bawah nya itu loh kenceng bgt.
Kekurangan fatal menurut sy mobil ini build quality nya krg bagus, gampang rattle, cpet gludakan kalo udh lama make. Dan mesinnya jgn smpe overheat, sy turun mesin 2x karena overheat, perhatikan radiator dan fan.
Oh iya selama make mobil ini cukup ok lah ga terlalu jajan banyak, selain yg sy sebutkan di atas, konsumsi bbm sih menurut sy standart lah 1:7 dalkot.
sintoni wrote: Mon Jul 01, 2019 1:59
Pernah pakai T30 tahun 2005 akhir yang V Grille. Pake 10 tahun sampe 110rb km rasanya.
Ini mobil enak banget pas baru keluar.
Tenaga dapet, tapi empuk jg.
Kelemahan paling cuma agak limbung terus setir terlalu ringan sih.
Kalau boros sih relatif untuk dalam kota dapat 1:7.
Bensin awal2 kasi Pertamax, habis itu Pertamax naik banyak ane oplos aja sama Premium. Secara teori sih kalo mesin 2.5 T30 ini aman2 aja isi Pertalite secara kompresi cuma 9.5:1 atau berapa gitu pokoknya ga sampe 10. Malah ada beberapa yg full premium aman2 aja cuma agak ngeden aja.
Perawatan selama itu paling cuma berkala aja, kalau ga salah cuma kaki2 aja ringkih kayak SA paling tahan 40-50rb km. Sama dia banyak karet2 yg sering pecah kayak link stabilizer ini 2x ganti. Pernah ganti jg bearing roda depan.
Dibanding CRV sih tetap milih T30 secara tenaga lebih kenceng, boros jg sama apalg kaki2 paling jg sama. Kalau ga salah CRV sering masalah di engine mounting deh. Apalg model CRV gen 2 itu, sudah agak kuno, kalau T30 masih agak gagah dengan model boxy.
Makasih om atas sarannya, saya sih emang agak condong ke T30 soalnya kenyamanannya, cuma ya perawatannya aja yg masih belum kebayang, kira2 kalo 11-12 sama crv biayanya kayaknya mending ambil T30. Cuma nyonya sregnya Crv gara2 nama H tegaknya, wkwkwkwk.
Posisi di jakarta? Kalau iya, saya punya T30 taon 2005 yg 2.5St mau saya jual. Km baru 56 ribuan tapi platnya H, tgn pertama. Karena msh low Km ya harganya sedikit diatas harga pasar.
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
smgandi wrote: Mon Jul 01, 2019 11:23
Posisi di jakarta? Kalau iya, saya punya T30 taon 2005 yg 2.5St mau saya jual. Km baru 56 ribuan tapi platnya H, tgn pertama. Karena msh low Km ya harganya sedikit diatas harga pasar.
Waduh sayang saya di surabaya om, terlalu jauh kalo di jakarta, lagian belinya masih nunggu duitnya..wkwkwwk
Pernah make crv 2003 mt 10 tahun, tp klo sy di posisi om, sy pilih t30 modelnya lbh cakep dan lbh nyaman
Crv rd6 itu klo pre fl agak keras bantingannya, yg fl sdh better.. tp klo mau crv pilih fl sekalian sdh banyak refinement.
Kendala yg dihadapi setelah km 120rb 10 tahun adalah, SA dan perkakian lainnya, power Steering leak, engine mounting, AC(panel AC bermasalah), paking2. Udah sih. Standar mbl berumur aja.. oh iya untuk kategori Honda, RD6 ini partnya rada mahal.
Pernah punya 2002 CRV 2.4 AWD (diluar) & 2002 Xtrail XT (Ortu). Naikan enakan Xtrail lebih empuk & body roll tidak sebesar CRV 2002. Naik CRV 2002 pas belokan agak high speed bikin pinggang encok. Makanya cuma piara 8 bulan, ganti sedan lgsg bisa drift dikit2. Di CRV versi FL 2005+, baca review body roll & setup suspension ud diperbaiki.
Keunggulan dari segi interior CRV ini, material gradenya lebih baik & solid, mestinya sama yg versi IDM mirip2 walau bentuk agak simple & sedikit kuno dibanding Xtrail. Kebetulan saya pas beli dari dealer ud minta yg full leather jd makin mewah & diluar ada seat heaternya utk passenger+driver. Xtrail naik mobil ini dalemnya gak pernah berasa solid, dibelakang sering bunyi gebrak2 dari penutupnya + dahsboard & bagian pintu plastiknya gampang baret2 (door trim CRV ud dilapis kulit/disini mkgn lapisannya beda), baru 2 taon aja ud byk baret2nya.
Fitur unik dari CRV ini: Meja console tengah bisa dilipat, membuat akses penumpang depan ke belakang atau ketempat driver jadi gampang + Meja piknik dibagasi, walaupun saya gak pernah pake. Fitur lainnya 11-12, cuma CRV versi luar ada sunroof & audio single din, kalau Xtrail audionya ud ada gambar graphic equalizer lebih keren. Reliability + rattle CRV gabisa comment karena cuma punya bentar, untuk Xtrail dijual taon 2012: masalah AC paling byk ada 5-6x masalah (kurang dingin, bocor, kurang freon dll, sampai ortu bilang jgn beli Nissin lagi karena ACnya), kaki2 ud gluduk2 & bunyi nguk pada 2 tahun terakhir pemakaian. Mesin CRV 2.4 responsive walaupun low down & midnya kalah sama X-Trail. Secara model eksterior lebih cakep (gagah) Xtrail, kalau dilihat sekarang lbh modern Xtrail.
Tambahan Velg CRV pre-FL <2005 masih 15inch, Xtrail ud 16 inch & bentuknya bagusan Xtrail.
Siap, terima kasih om2 semua atas sarannya. Akhirnya pilihan dijatuhkan ke T30, soalnya ibu negara ga suka naik mobil yg keras bantingannya. Semoga segera dapat unit yg bagus.