Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sesuai judul jadi ceritanya keluarga sedang mencari mobil pengganti Panther (irit + bbm murah), kalo diesel akan diisi full bio solar dan kalo bensin akan disii full pertalite. Mobil akan dipake dua hari sekali (ganjil / genap) membelah kemacetan dan kejamnya kota Jakarta (Mesin mobil menyala minimal 3 jam).
Pertanyaannya:
1. Kira" antara Fortuner/MU-X dengan full bio solar dan Crv Turbo dengan full pertalite mana yang paling tahan (trouble free) setidaknya sampai 100.000 Km kedepan?
2. Apa efek jangka panjang jika diesel kekinian diisi full bio solar dan bensin berturbo disii pertalite?
3. Adakah perawatan extra untuk memperpanjang umur mesin yang jauh lebih murah dari pada harus isi full bbm berkualitas?
Terima kasih sebelumnya dan maaf kalo pertanyaannya sudah sering ditanyakan
Ini yg sy heran, sebagai pengguna vrz & inopah disel:
Knp biosolar dianggap underspek? Minimal spek solar mesin 2gd itu CN 48 aka biosolar. Om turbo jg uda post sulfur biosolar sekitar 500ppm, jauhhh lebih bagus dari solar coklat macam comberan jaman pake taft gt dulu. Mungkin dianggap jelek krn harga murah.
Sedangkan crv turbo, katanya pisjon sih bisa pake ron 88, tapi kata suhu om chz, diisi pertamax sm pertamax turbo aja bedanya jauhh performance nya, ga tau deh kl isi pertalit beda performance nya kyk apa.
Jadi simpulkan aja sndr, mesin yg dikasih minum bbm sesuai rekomendasi vs mesin yg dikasih minum bbm jauh dibawah ideal bakal awet mana?
Soal perawatan, ikutin servis rutin dan pake oli berkualitas aja cukup lah.
Tambahan aja, mesin 2gd sekarang masuk ke hilux pikap yg notabene kuda beban, apa iya ada pemilik pikup yg mau isi dex?
Kalo fortuner sih ada seorang momod disini yg udah pakai fortuner vrznya ampe 110 ribuan km smpe saat ini en full biosolar terus. Sejauh ini denger dari beliau ga ada masalah berarti ya...
MUX sih ada unit diler isuzu di kota nubie, diisi biosolar terus kata kacabnya. Sampe skrg aman2 aja kata kacab ybs.
CRV turbo gw gatau minimum requirementnya gmn, tapi menurut nubie sih mesin bensin turbo gitu plg minimal sih diisi 92 yak...
nyotsaeba wrote: Thu Jun 27, 2019 5:38
Ini yg sy heran, sebagai pengguna vrz & inopah disel:
Knp biosolar dianggap underspek? Minimal spek solar mesin 2gd itu CN 48 aka biosolar. Om turbo jg uda post sulfur biosolar sekitar 500ppm, jauhhh lebih bagus dari solar coklat macam comberan jaman pake taft gt dulu. Mungkin dianggap jelek krn harga murah.
Sedangkan crv turbo, katanya pisjon sih bisa pake ron 88, tapi kata suhu om chz, diisi pertamax sm pertamax turbo aja bedanya jauhh performance nya, ga tau deh kl isi pertalit beda performance nya kyk apa.
Jadi simpulkan aja sndr, mesin yg dikasih minum bbm sesuai rekomendasi vs mesin yg dikasih minum bbm jauh dibawah ideal bakal awet mana?
Soal perawatan, ikutin servis rutin dan pake oli berkualitas aja cukup lah.
Tambahan aja, mesin 2gd sekarang masuk ke hilux pikap yg notabene kuda beban, apa iya ada pemilik pikup yg mau isi dex?
Papa Teman saya Panther Pick Up usaha dikasih Dex
Sama Petugas SPBU malah dblgi klo BioSolar di depanan
Teman saya yang bawa bilang memang mau pakai Full Dex
Mungkin gara2 satu2nya, sampai sekarang pun masih Full Dex
Menurut ane mobil diesel pasti lebih tahan BBM "murah", secara kebanyakan dipake buat fleet atau berbagi platform sama mobil kerja atau lapangan.
Kalau CRV Turbo ane ga percaya bisa diisi 88, secara dia sudah pake mesin Turbo. Itu yang diomong bisa isi oktan 88 itu menurut ane memakai standard MON bukan RON yang dipake di Indo.
MON 88 itu setara RON 96. Kalau pake pertalite mrnurut ane ga mungkin kuat, secara pas turbonya spool, kompresinya jg tambah gede.
Kalau mau diisi solar busuk mending pakai fortuner om. Tpi sekedar ingetin aja kalau bisa jangan pakai subsidi soalnya subsidi haknya orang yg ga kuat beli fortuner. Kecuali orang yg maksain beli fortuner.
Biosolar bisa buat mesin toyota, tpi yg bikin jelek itu kotornya.
Klo pengalaman pakai crv turbo saya selalu pake pertamax. Klo isi pertalite bisa bukan ga bisa. Tpi ntar 190hp dan 240nm nya ga dapat.
Saya akai crv turbo tes jangka panjang kurang lebih 5000km jawa bali lombok pakai eco mode dan kaki santai dapet 19,7. Tpi ga tau klo fortuner isi biosolar tenaganya drop apa engga, klo crv drop dikit. Klo crv 2400 2014 dulu pakai pertamax. Setelah pertamax 9850 turun pakai pertalite. Klo di crv 2400 tenaganya ga berasa tpi borosnya sedikit berasa.
Share pengalaman aja.
Intinya klo mau isi bbm murah pakai toyota atau izusu klo mau tenaga pakai honda *bukan_garekomen_merklain,tpi_parameternya_cuma_3_mobil_itu
IMG20190511121545.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Promtheus wrote: Thu Jun 27, 2019 4:17
Permisi om & tante seraya motor
Sesuai judul jadi ceritanya keluarga sedang mencari mobil pengganti Panther (irit + bbm murah), kalo diesel akan diisi full bio solar dan kalo bensin akan disii full pertalite. Mobil akan dipake dua hari sekali (ganjil / genap) membelah kemacetan dan kejamnya kota Jakarta (Mesin mobil menyala minimal 3 jam).
Pertanyaannya:
1. Kira" antara Fortuner/MU-X dengan full bio solar dan Crv Turbo dengan full pertalite mana yang paling tahan (trouble free) setidaknya sampai 100.000 Km kedepan?
2. Apa efek jangka panjang jika diesel kekinian diisi full bio solar dan bensin berturbo disii pertalite?
3. Adakah perawatan extra untuk memperpanjang umur mesin yang jauh lebih murah dari pada harus isi full bbm berkualitas?
Terima kasih sebelumnya dan maaf kalo pertanyaannya sudah sering ditanyakan
Bantu jwb ya om.. innova di rumah udh hampir 3 tahun selalu isi antara dexlite atau bio solar (tergantung mana yg ada) sampe skrg msh berjalan dgn mulus dan bagus. Ga ada yg aneh2.
Klo utk MUX sih harusnya lebih tahan lagi bio solar lagi drpd innova/fortuner berhubung teknologi diesel nya yg masih kuno, jd harusnya sangat aman buat MUX dioplos bio solar.
Utk CRV turbo kayakny agak gmn gitu kalo dipaksain isi pertalite. Dulu saya dikabari sm sales honda sendiri utk “sebisa mungkin” isi pertabo di crv turbo karna dia sendiri pun takut.
Semoga membantu om
2017 ANTB LTZ 2.5 (rebuilt)
2021 ANCX5 GT 2.5
2022 ANF GR SPORT 2.8
Ini siapa yg bikin hoax kalo solar goceng g bs buat Diesel kekinian? Ga liat itu isuzu giga dan teman2nya macem hino 500series and mercy OH series dari aceh ke lombok pake solar goceng no problem pilih Diesel yg sesuai selera aja boz pokoe solar goceng udh cukupan kalo honda bensin Turbo no komen ah ntar sifter patah tengah jalan mampus ente ato lagi jalan2 eh tiba2 warning genti oli and masuk limp mode sukurin
nyotsaeba wrote: Thu Jun 27, 2019 5:38
Ini yg sy heran, sebagai pengguna vrz & inopah disel:
Knp biosolar dianggap underspek? Minimal spek solar mesin 2gd itu CN 48 aka biosolar. Om turbo jg uda post sulfur biosolar sekitar 500ppm, jauhhh lebih bagus dari solar coklat macam comberan jaman pake taft gt dulu. Mungkin dianggap jelek krn harga murah.
Sedangkan crv turbo, katanya pisjon sih bisa pake ron 88, tapi kata suhu om chz, diisi pertamax sm pertamax turbo aja bedanya jauhh performance nya, ga tau deh kl isi pertalit beda performance nya kyk apa.
Jadi simpulkan aja sndr, mesin yg dikasih minum bbm sesuai rekomendasi vs mesin yg dikasih minum bbm jauh dibawah ideal bakal awet mana?
Soal perawatan, ikutin servis rutin dan pake oli berkualitas aja cukup lah.
Tambahan aja, mesin 2gd sekarang masuk ke hilux pikap yg notabene kuda beban, apa iya ada pemilik pikup yg mau isi dex?
Papa Teman saya Panther Pick Up usaha dikasih Dex
Sama Petugas SPBU malah dblgi klo BioSolar di depanan
Teman saya yang bawa bilang memang mau pakai Full Dex
Mungkin gara2 satu2nya, sampai sekarang pun masih Full Dex
Paling kuat terhadap Biosolar jelas MUX, sebab teknologi nya yang dipake masih aman dan tahan buat solbus.
Kalau CR-V Turbo diisi Pertalite, siap² ngelitik dulu kali....
nyotsaeba wrote: Thu Jun 27, 2019 5:38
Ini yg sy heran, sebagai pengguna vrz & inopah disel:
Knp biosolar dianggap underspek? Minimal spek solar mesin 2gd itu CN 48 aka biosolar. Om turbo jg uda post sulfur biosolar sekitar 500ppm, jauhhh lebih bagus dari solar coklat macam comberan jaman pake taft gt dulu. Mungkin dianggap jelek krn harga murah.
Sedangkan crv turbo, katanya pisjon sih bisa pake ron 88, tapi kata suhu om chz, diisi pertamax sm pertamax turbo aja bedanya jauhh performance nya, ga tau deh kl isi pertalit beda performance nya kyk apa.
Jadi simpulkan aja sndr, mesin yg dikasih minum bbm sesuai rekomendasi vs mesin yg dikasih minum bbm jauh dibawah ideal bakal awet mana?
Soal perawatan, ikutin servis rutin dan pake oli berkualitas aja cukup lah.
Tambahan aja, mesin 2gd sekarang masuk ke hilux pikap yg notabene kuda beban, apa iya ada pemilik pikup yg mau isi dex?
Papa Teman saya Panther Pick Up usaha dikasih Dex
Sama Petugas SPBU malah dblgi klo BioSolar di depanan
Teman saya yang bawa bilang memang mau pakai Full Dex
Mungkin gara2 satu2nya, sampai sekarang pun masih Full Dex
martinnn wrote: Thu Jun 27, 2019 5:57
mending crv 2.0 non turbo full pertalite gpp.....
Ini baru mantap. Nanti minta diskon gede, trus sisa duit lebihnya buat upgrade kosmetik ke type Prestige.
Lampu LED reflektor; stop lamp LED; velg kerenin; kasih ban bagus.
----------------------------------
Ane sih kg rekomen turbo petrol di kasih minum pertalite. Minimal pertamax masih tolerate lah.
Dulu seinget gw pernah baca thread, di SM ada user yg testimony punya VW Polo 1.2 turbo TSI, kasih pertalite trus, mesinnya jebol enggak nyampe 1 tahun.
Mau aman?
Turbo-diesel MU-X / Fortuner + solar goceng
Pilihan sesuai selera aja, jos gandos.
Mesin MUX 4JK1-TC di Indonesia dibilang mesin kuno gak juga sih, udah teknologi commonrail VGS turbo intercooler, beda kasta lah dgn mesin Panthernya, cuma modelnya aja yg kesannya konservatif. MUX tahan solar busuk karena filter solarnya udah 2 buah serta adanya teknologi diamond-like-carbon coated fuel injection pada sistem pasokan bahan bakarnya sehingga gak gampang mampet noselnya. Timing chainnya pun masih baja bukan belt karet seperti kompetitornya, makanya badaknya ala2 truk haha. Di Thailand biasa buat mesin drag. Di luar negeri MUX ada mesin termutakhirnya RZ4E, gak bisa masuk sini karna harus minimum Euro 4.
ak4ng wrote: Thu Jun 27, 2019 7:38
Ini siapa yg bikin hoax kalo solar goceng g bs buat Diesel kekinian? Ga liat itu isuzu giga dan teman2nya macem hino 500series and mercy OH series dari aceh ke lombok pake solar goceng no problem pilih Diesel yg sesuai selera aja boz pokoe solar goceng udh cukupan kalo honda bensin Turbo no komen ah ntar sifter patah tengah jalan mampus ente ato lagi jalan2 eh tiba2 warning genti oli and masuk limp mode sukurin
Sama Petugas SPBU malah dblgi klo BioSolar di depanan
Teman saya yang bawa bilang memang mau pakai Full Dex
Mungkin gara2 satu2nya, sampai sekarang pun masih Full Dex
panther isi dex sih buang2 duit om
Ya memang aneh Papa Teman saya
Kata Anak’nya biar awet di mesin juga
Soal’e banyak berita buruk tentang BioSol
Mungkin biar BBM subsidi jatah utk yg layak
MUX saya sekarang sudah maen oplos juga.
Rasanya sayang juga full DEX wkwkwkkw
Sy biasanya Bio solar 200,000 sisanya pakai DEX sampai penuh..
Kasih ratjoen solar PSDK dikit..biar pelumasan dan pembersihan injector saja.
so far sih gak ada perubahan significant, tohh saya gak ngebut juga..
Jatuhnay sekitar 7500-an per liter fuel.
Dengan rata rata dalkot 1:10-11 full to full masih okelah...
Oh, iya...kalau mobil saya jarang dipakai week-end dan hanya rute deket-deket maka FC bisa turun ke 1:9.
biasanya itu berarti banyakan cuma ke Indomaret, ngantar anak les, maen ke pasar modern BSD.
Promtheus wrote: Thu Jun 27, 2019 4:17
Permisi om & tante seraya motor
Sesuai judul jadi ceritanya keluarga sedang mencari mobil pengganti Panther (irit + bbm murah), kalo diesel akan diisi full bio solar dan kalo bensin akan disii full pertalite. Mobil akan dipake dua hari sekali (ganjil / genap) membelah kemacetan dan kejamnya kota Jakarta (Mesin mobil menyala minimal 3 jam).
Pertanyaannya:
1. Kira" antara Fortuner/MU-X dengan full bio solar dan Crv Turbo dengan full pertalite mana yang paling tahan (trouble free) setidaknya sampai 100.000 Km kedepan?
2. Apa efek jangka panjang jika diesel kekinian diisi full bio solar dan bensin berturbo disii pertalite?
3. Adakah perawatan extra untuk memperpanjang umur mesin yang jauh lebih murah dari pada harus isi full bbm berkualitas?
Terima kasih sebelumnya dan maaf kalo pertanyaannya sudah sering ditanyakan
1. Fortuner/Mux bisa pakek bio semua om (claim resmi), asal rutin service insya Allah bisa 100.000 km. Crv turbo sayang kl cm diisi pertalite IMHO
2. Efeknya km nambah terus om
3. Perawatan rutin aja kalo menurut saya, itu sudah cukup.
MUX saya sekarang sudah maen oplos juga.
Rasanya sayang juga full DEX wkwkwkkw
Sy biasanya Bio solar 200,000 sisanya pakai DEX sampai penuh..
Kasih ratjoen solar PSDK dikit..biar pelumasan dan pembersihan injector saja.
so far sih gak ada perubahan significant, tohh saya gak ngebut juga..
Jatuhnay sekitar 7500-an per liter fuel.
Dengan rata rata dalkot 1:10-11 full to full masih okelah...
Oh, iya...kalau mobil saya jarang dipakai week-end dan hanya rute deket-deket maka FC bisa turun ke 1:9.
biasanya itu berarti banyakan cuma ke Indomaret, ngantar anak les, maen ke pasar modern BSD.
MUX saya full bio solar
Rasanya sayang juga dioplos DEX wkwkwkkw
Racun pake Redline sebotol bagi 5 buat full tank
Sekarang otw 50rb km
So far so good