Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
rendr wrote: Tue Jun 25, 2019 4:32
Kalo liat di lubrizol sih Acea A1/B1 ini selain punya kriteria HTHS min 2.9 max 3.5 cP, punya tambahan untuk xW-20 min 2.6 cP up...
Jadi karena latest Acea std skrg A5/B5 ga minta tambahan khusus seperti A1/B1 makanya banyak oli yg buntut 20 ga approve Acea A5/B5..
Apa udh gabisa minta approval A1/B1 ya? Toh oli skrg rata2 jg udh pada mid saps.. malah low saps, masuk bgt di A1/B1
iya sih ya.... cuman sekarang A1 keknya dah removed, ganti jadi oli rated C5.
Mungkin kalau buntut -20 bisa apply untuk C series... hahaha. mungkin lho ya....
smferragamo wrote: Tue Jun 25, 2019 7:35
Siang Om Turboman,
Newbie mau minta info boleh ?
Ini hasil Test Lab Trakindo utk oli yg sy pakai, kondisinya masih layak atau sudah parah ya ?
Ini oli bekas pakai di mbl sendiri = Yaris.
Oli : Q8 Dexxos Long Life 5W30
Masukin oli pertama = Mei 2018
Ganti oli berikutnya = Jun 2019 = ambil sample
Total pemakaian kurang lebih 9000KM = 13 bulan.
Sekedar pengen tahu aja hehe.
Skrg ini lg pake Oli PTT 5w30 ikut saran om Turboman jg . hehe.
Thx sebelumnya.
Nice share um.... itu TBN dah kritis sih di bawah angka 2..... mungkin next time kalau masih pake oli sama, pake max 11 bulan aja keknya paling pas ntuh..
Ini hasil Test Lab Trakindo utk oli yg sy pakai, kondisinya masih layak atau sudah parah ya ?
Ini oli bekas pakai di mbl sendiri = Yaris.
Oli : Q8 Dexxos Long Life 5W30
Masukin oli pertama = Mei 2018
Ganti oli berikutnya = Jun 2019 = ambil sample
Total pemakaian kurang lebih 9000KM = 13 bulan.
Sekedar pengen tahu aja hehe.
Skrg ini lg pake Oli PTT 5w30 ikut saran om Turboman jg . hehe.
Thx sebelumnya.
Wah TBN tinggal 1,80.......batas bawah 2,50
Oxidation & Sulphation knp bisa tinggi begitu yah ?
Ini hasil Test Lab Trakindo utk oli yg sy pakai, kondisinya masih layak atau sudah parah ya ?
Ini oli bekas pakai di mbl sendiri = Yaris.
Oli : Q8 Dexxos Long Life 5W30
Masukin oli pertama = Mei 2018
Ganti oli berikutnya = Jun 2019 = ambil sample
Total pemakaian kurang lebih 9000KM = 13 bulan.
Sekedar pengen tahu aja hehe.
Skrg ini lg pake Oli PTT 5w30 ikut saran om Turboman jg . hehe.
Thx sebelumnya.
Wah TBN tinggal 1,80.......batas bawah 2,50
Oxidation & Sulphation knp bisa tinggi begitu yah ?
Kualitas bensin?
Pake racun?
Mobil kelamaan ngendon di garasi shg uap air di dlm mesin mencemari oli?
smferragamo wrote: Tue Jun 25, 2019 7:35
Siang Om Turboman,
Newbie mau minta info boleh ?
Ini hasil Test Lab Trakindo utk oli yg sy pakai, kondisinya masih layak atau sudah parah ya ?
Ini oli bekas pakai di mbl sendiri = Yaris.
Oli : Q8 Dexxos Long Life 5W30
Masukin oli pertama = Mei 2018
Ganti oli berikutnya = Jun 2019 = ambil sample
Total pemakaian kurang lebih 9000KM = 13 bulan.
Sekedar pengen tahu aja hehe.
Skrg ini lg pake Oli PTT 5w30 ikut saran om Turboman jg . hehe.
Thx sebelumnya.
Ampe bawah 2 tbn nya
Pas di akhir masa pake
Ada gejala tarikan berat atau apa enggak ?
Kualitas bensin?
Pake racun?
Mobil kelamaan ngendon di garasi shg uap air di dlm mesin mencemari oli?
Bensin full pertalite, racun ga pernah sih.
ngendon di garasi bs jg, mei 2018 - nov 2018 mblnya agak jarang dipake, paling sabtu / minggu.
mulai 2019 ini sepertinya br sering jalan trus tiap hari. tp dalkot aja, ga jarak jauh.
Turboman wrote: Tue Jun 25, 2019 8:05
Wah TBN tinggal 1,80.......batas bawah 2,50
Oxidation & Sulphation knp bisa tinggi begitu yah ?
Nice share um.... itu TBN dah kritis sih di bawah angka 2..... mungkin next time kalau masih pake oli sama, pake max 11 bulan aja keknya paling pas ntuh..
DevilS wrote: Tue Jun 25, 2019 8:54
Saya udah coba yg 5w30 botol nya tulisannya sih 100% syntetic yg packing baru
Kemaren cuma coba ampe 5000km tp masih enak sih
yup.. buat saya pribadi, walau pakai oli kelas premium seri signature sekalipun.
tetap ganti di 5K Km or 6-7 bln pemakaian (mana yg duluan sampai).
saya lebih baik keluar uang lebih buat ganti oli dgn interval spt itu,
dibanding nyoba2 sampai setahun pakai, tapi resiko mesin knp2 bisa kena jutaan atau bahkan puluhan juta
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DevilS wrote: Tue Jun 25, 2019 8:54
Saya udah coba yg 5w30 botol nya tulisannya sih 100% syntetic yg packing baru
Kemaren cuma coba ampe 5000km tp masih enak sih
yup.. buat saya pribadi, walau pakai oli kelas premium seri signature sekalipun.
tetap ganti di 5K Km or 6-7 bln pemakaian (mana yg duluan sampai).
saya lebih baik keluar uang lebih buat ganti oli dgn interval spt itu,
dibanding nyoba2 sampai setahun pakai, tapi resiko mesin knp2 bisa kena jutaan atau bahkan puluhan juta
Test lab aja
indikasi utama V100 & TBN
mau lebih detail liat Wear Metals juga
Jadi kita enggak diperbudak mobil & bisa gunakan oli sampe usia pakai optimalnya juga
Kualitas bensin?
Pake racun?
Mobil kelamaan ngendon di garasi shg uap air di dlm mesin mencemari oli?
Bensin full pertalite, racun ga pernah sih.
ngendon di garasi bs jg, mei 2018 - nov 2018 mblnya agak jarang dipake, paling sabtu / minggu.
mulai 2019 ini sepertinya br sering jalan trus tiap hari. tp dalkot aja, ga jarak jauh.
Turboman wrote: Tue Jun 25, 2019 8:05
Wah TBN tinggal 1,80.......batas bawah 2,50
Oxidation & Sulphation knp bisa tinggi begitu yah ?
Nice share um.... itu TBN dah kritis sih di bawah angka 2..... mungkin next time kalau masih pake oli sama, pake max 11 bulan aja keknya paling pas ntuh..
ok2, brarti jgn sampai 12 bulan ya.
apakah mobil sering cuman dipanasin aja di car port en gak dipake jalan ?
Om saya pakai HRV 1800cc selama ini oli pakek 0w-20 dan ane ganti tiap 10.000 km. Mobilnya sering bgt dipkek 10k itu biasa cuman 4bln. Sekarang KM dah 62K
Kira2 dengan pemakaian oli 0w dan interval gantinya 10K aman gak.. selama ini gak ada masalah sih.. tarikan tetep enteng.. bensin biasa ane campur pertamax sama pertalite.
DevilS wrote: Tue Jun 25, 2019 8:54
Saya udah coba yg 5w30 botol nya tulisannya sih 100% syntetic yg packing baru
Kemaren cuma coba ampe 5000km tp masih enak sih
yup.. buat saya pribadi, walau pakai oli kelas premium seri signature sekalipun.
tetap ganti di 5K Km or 6-7 bln pemakaian (mana yg duluan sampai).
saya lebih baik keluar uang lebih buat ganti oli dgn interval spt itu,
dibanding nyoba2 sampai setahun pakai, tapi resiko mesin knp2 bisa kena jutaan atau bahkan puluhan juta
Test lab aja
indikasi utama V100 & TBN
mau lebih detail liat Wear Metals juga
Jadi kita enggak diperbudak mobil & bisa gunakan oli sampe usia pakai optimalnya juga
saya pakai prinsip hati2
yah, test lab mungkin perlu klo ada waktu, & IMO interval ganti oli di 5k or half-year.
test result is just numbers.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DevilS wrote: Tue Jun 25, 2019 8:54
Saya udah coba yg 5w30 botol nya tulisannya sih 100% syntetic yg packing baru
Kemaren cuma coba ampe 5000km tp masih enak sih
yup.. buat saya pribadi, walau pakai oli kelas premium seri signature sekalipun.
tetap ganti di 5K Km or 6-7 bln pemakaian (mana yg duluan sampai).
saya lebih baik keluar uang lebih buat ganti oli dgn interval spt itu,
dibanding nyoba2 sampai setahun pakai, tapi resiko mesin knp2 bisa kena jutaan atau bahkan puluhan juta
Test lab aja
indikasi utama V100 & TBN
mau lebih detail liat Wear Metals juga
Jadi kita enggak diperbudak mobil & bisa gunakan oli sampe usia pakai optimalnya juga
Iya om yg United saya mau test lab spertinya pengen liat metal wear nya
Slama ini saya sama jg high end low end 6 bulan atau 5000 smenjak dnger dr scoty di yutub wkwkwk
DevilS wrote: Tue Jun 25, 2019 8:54
Saya udah coba yg 5w30 botol nya tulisannya sih 100% syntetic yg packing baru
Kemaren cuma coba ampe 5000km tp masih enak sih
yup.. buat saya pribadi, walau pakai oli kelas premium seri signature sekalipun.
tetap ganti di 5K Km or 6-7 bln pemakaian (mana yg duluan sampai).
saya lebih baik keluar uang lebih buat ganti oli dgn interval spt itu,
dibanding nyoba2 sampai setahun pakai, tapi resiko mesin knp2 bisa kena jutaan atau bahkan puluhan juta
Iya saya jg gitu ngambil aman aja soalnya ganti oli jg ga se berapa sama ketenangan klo rajin maintain gitu
Cuma smenjak liat di forum sini sih jg pnasaran juga pengen test lab buat liat metal wear nya mesin tuir saya.
tomymarwanto wrote:Om saya pakai HRV 1800cc selama ini oli pakek 0w-20 dan ane ganti tiap 10.000 km. Mobilnya sering bgt dipkek 10k itu biasa cuman 4bln. Sekarang KM dah 62K
Kira2 dengan pemakaian oli 0w dan interval gantinya 10K aman gak.. selama ini gak ada masalah sih.. tarikan tetep enteng.. bensin biasa ane campur pertamax sama pertalite.
Mohon pencerahannya...
kalo 0W20 nya Full Syn sih oke aja
kalo rutin 10 rb km dgn 0W20 sesekali boleh test lab
juga saat ganti oli boleh tuang 1 L Mesran buat dorong sisa2 oli lama keluar semua, jadi oli baru nya bebas kontaminasi
tomymarwanto wrote:Om saya pakai HRV 1800cc selama ini oli pakek 0w-20 dan ane ganti tiap 10.000 km. Mobilnya sering bgt dipkek 10k itu biasa cuman 4bln. Sekarang KM dah 62K
Kira2 dengan pemakaian oli 0w dan interval gantinya 10K aman gak.. selama ini gak ada masalah sih.. tarikan tetep enteng.. bensin biasa ane campur pertamax sama pertalite.
Mohon pencerahannya...
kalo 0W20 nya Full Syn sih oke aja
kalo rutin 10 rb km dgn 0W20 sesekali boleh test lab
juga saat ganti oli boleh tuang 1 L Mesran buat dorong sisa2 oli lama keluar semua, jadi oli baru nya bebas kontaminasi
Untuk Mesran nya pakai yg mana ya om?
Rencana nanti mau ganti ke unyil opal yg 0w20 dari ptt 5w30. Lumayan dapet dari diskonan di bilibili..
tomymarwanto wrote:Om saya pakai HRV 1800cc selama ini oli pakek 0w-20 dan ane ganti tiap 10.000 km. Mobilnya sering bgt dipkek 10k itu biasa cuman 4bln. Sekarang KM dah 62K
Kira2 dengan pemakaian oli 0w dan interval gantinya 10K aman gak.. selama ini gak ada masalah sih.. tarikan tetep enteng.. bensin biasa ane campur pertamax sama pertalite.
Mohon pencerahannya...
kalo 0W20 nya Full Syn sih oke aja
kalo rutin 10 rb km dgn 0W20 sesekali boleh test lab
juga saat ganti oli boleh tuang 1 L Mesran buat dorong sisa2 oli lama keluar semua, jadi oli baru nya bebas kontaminasi
Makasih om infonya...
Om dengan KM yg semakin banyak apa perlu ganti ke oli 5W-30 mempertimbangkan keausan mesin.
Emang sih.. bagusnya ganti oli tiap 5K tpi kadang males ke bengkel baru 1,5 bulan harus ganti oli. apakah kebiasaan ganti tiap 10k perlu dirubah...
tomymarwanto wrote:Om saya pakai HRV 1800cc selama ini oli pakek 0w-20 dan ane ganti tiap 10.000 km. Mobilnya sering bgt dipkek 10k itu biasa cuman 4bln. Sekarang KM dah 62K
Kira2 dengan pemakaian oli 0w dan interval gantinya 10K aman gak.. selama ini gak ada masalah sih.. tarikan tetep enteng.. bensin biasa ane campur pertamax sama pertalite.
Mohon pencerahannya...
kalo 0W20 nya Full Syn sih oke aja
kalo rutin 10 rb km dgn 0W20 sesekali boleh test lab
juga saat ganti oli boleh tuang 1 L Mesran buat dorong sisa2 oli lama keluar semua, jadi oli baru nya bebas kontaminasi
Makasih om infonya...
Om dengan KM yg semakin banyak apa perlu ganti ke oli 5W-30 mempertimbangkan keausan mesin.
Emang sih.. bagusnya ganti oli tiap 5K tpi kadang males ke bengkel baru 1,5 bulan harus ganti oli. apakah kebiasaan ganti tiap 10k perlu dirubah...
Jika selama no issue / penguapan masih sgt minim bisa terus gunakan 0W20
kalo odo muter sgt cepat tetap ganti di 10.000 km aja
pastikan filter oli pake yg Genuine atau mau lebih bagus lagi pakai WIX filter misal
Kualitas bensin?
Pake racun?
Mobil kelamaan ngendon di garasi shg uap air di dlm mesin mencemari oli?
Bensin full pertalite, racun ga pernah sih.
ngendon di garasi bs jg, mei 2018 - nov 2018 mblnya agak jarang dipake, paling sabtu / minggu.
mulai 2019 ini sepertinya br sering jalan trus tiap hari. tp dalkot aja, ga jarak jauh.
Turboman wrote: Tue Jun 25, 2019 8:05
Wah TBN tinggal 1,80.......batas bawah 2,50
Oxidation & Sulphation knp bisa tinggi begitu yah ?
Nice share um.... itu TBN dah kritis sih di bawah angka 2..... mungkin next time kalau masih pake oli sama, pake max 11 bulan aja keknya paling pas ntuh..
ok2, brarti jgn sampai 12 bulan ya.
Sebusuk itukah pertalite? Sampai bikin Oxidation & Sulphationnya tinggi begitu
Anyway apa bener unil opal opaljet longlife 3 udh ada kandungan paonya? Lg googling datasheetnya nemu di web distro jepang kalo ini oli udh ada paonya
Screenshot_20190617-162009743.jpg
Kira2 dipanding ptt performa 5w30 mending mana ya? Harganya sendiri di blibli lg promo jadi 122.500 seliter
Screenshot_20190626-084214259.jpg
Opsi lain yg pengen buat dicoba, unil opal longlife dex 1.2 fe di harga 140k or maybe motul specific 913D di harga 160k seliter
Screenshot_20190626-084237183.jpg
Screenshot_20190626-085716615.jpg
Boleh sarannya mungkin yg paling oke yang mana
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
Kualitas bensin?
Pake racun?
Mobil kelamaan ngendon di garasi shg uap air di dlm mesin mencemari oli?
Bensin full pertalite, racun ga pernah sih.
ngendon di garasi bs jg, mei 2018 - nov 2018 mblnya agak jarang dipake, paling sabtu / minggu.
mulai 2019 ini sepertinya br sering jalan trus tiap hari. tp dalkot aja, ga jarak jauh.
Turboman wrote: Tue Jun 25, 2019 8:05
Wah TBN tinggal 1,80.......batas bawah 2,50
Oxidation & Sulphation knp bisa tinggi begitu yah ?
Nice share um.... itu TBN dah kritis sih di bawah angka 2..... mungkin next time kalau masih pake oli sama, pake max 11 bulan aja keknya paling pas ntuh..
ok2, brarti jgn sampai 12 bulan ya.
Sebusuk itukah pertalite? Sampai bikin Oxidation & Sulphationnya tinggi begitu
Anyway apa bener unil opal opaljet longlife 3 udh ada kandungan paonya? Lg googling datasheetnya nemu di web distro jepang kalo ini oli udh ada paonya
Screenshot_20190617-162009743.jpg
Kira2 dipanding ptt performa 5w30 mending mana ya? Harganya sendiri di blibli lg promo jadi 122.500 seliter
Screenshot_20190626-084214259.jpg
Opsi lain yg pengen buat dicoba, unil opal longlife dex 1.2 fe di harga 140k or maybe motul specific 913D di harga 160k seliter
Screenshot_20190626-084237183.jpg
Screenshot_20190626-085716615.jpg
Boleh sarannya mungkin yg paling oke yang mana
itu yg Dexos 1 gen 2 nya boleh.....TBN 8 lebih
Motul Spec 913 itu berarti udah bisa buat Diesel scr TBN 10
Ariazaki wrote: Wed Jun 26, 2019 1:59
Anyway apa bener unil opal opaljet longlife 3 udh ada kandungan paonya? Lg googling datasheetnya nemu di web distro jepang kalo ini oli udh ada paonya
Screenshot_20190617-162009743.jpg
- cut -
Screenshot_20190626-085716615.jpg
Boleh sarannya mungkin yg paling oke yang mana
Kalau saya pribadi mungkin milih specific 913D di sentr* pelumas. 4L 530 ribu kalau ndak salah liat di tokped. 1L memang 150k dia.
tomymarwanto wrote:Om saya pakai HRV 1800cc selama ini oli pakek 0w-20 dan ane ganti tiap 10.000 km. Mobilnya sering bgt dipkek 10k itu biasa cuman 4bln. Sekarang KM dah 62K
Kira2 dengan pemakaian oli 0w dan interval gantinya 10K aman gak.. selama ini gak ada masalah sih.. tarikan tetep enteng.. bensin biasa ane campur pertamax sama pertalite.
Mohon pencerahannya...
kalo 0W20 nya Full Syn sih oke aja
kalo rutin 10 rb km dgn 0W20 sesekali boleh test lab
juga saat ganti oli boleh tuang 1 L Mesran buat dorong sisa2 oli lama keluar semua, jadi oli baru nya bebas kontaminasi
Mr turbo, kl untuk dorong sisa oli lama pakai mesran tipe apa & SAE nya brp?
Lalu setelah oli dituang, mesin dinyalakan sebentar atau ngga usah dinyalakan tp baut pembuangan oli langsung dibuka?