Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Fri Jun 21, 2019 11:56
Berpacuuu dalam Melody......
Hint = Paris St Germain dr negara......
ane cek blibli ga ketemu om
malah ktmu opalub premium 0w20, merk nya om pls dan harga brp di blibli biar mw saya pakai langsung nih hahaa,
Itu omi uniopal dari france, saya udah beli juga kemarin 5 liter buat mobil saya, dapet potongan 50 rb lagi malah krn di bulan juni ada promo otomotif blibli
oke om siapp makasih
mw coba pakai coba deh om, lebih bagus dr shell hx8 profesional 0w29 yah???
Om newbie boleh minta saran om, buat hyudai tucson 2012 (theta II) KM udah 100rb++, bagusan mana ya total quartz 9000 future, hx8, fastron gold semuanya yang 5w-30? Atau ada recomendasi lain yg masih ramah dikantong
kompresorz wrote: Sun Jun 23, 2019 15:34
saya ada di tunjukin oli yang dibakar tetap jernih...dan yang merk lain dibakar jadi hitam dalam tabung kaca...
sae 10-40...harga 105 ribu....buatan lokal...
aneh juga...
kepengen cobain tapi agak mahal jg...
harusnya 105 ribu itu masuk 0-20..
aliran cari murah aja oli yg penting asli spek tinggi...
Buzzz oil bukan om maksud nya? yg konon katanya berbau sereh.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Malem om, newb minta saran nih buat hyundai tucson 2012 (theta II) Km udah 100rb++, kira2 recommen yg mana ya untuk total quartz future 9000, hx8, fatron gold semuanya yg sae 5w30? Atau ada rekomendasi yg lain yg masih enak dikantong .
ceejee wrote: Sun Jun 23, 2019 16:09
Malem om, newb minta saran nih buat hyundai tucson 2012 (theta II) Km udah 100rb++, kira2 recommen yg mana ya untuk total quartz future 9000, hx8, fatron gold semuanya yg sae 5w30? Atau ada rekomendasi yg lain yg masih enak dikantong .
Wuihh theta 2 dgn odo tinggi neh, btw knalpot ad asap putih ga om, trus sering nambah oli ga ?
Baca2 d forum2 luar, pd saranin pake oli 5-30 plg encer.. jgn 0-20 apalahi 16
ceejee wrote:Malem om, newb minta saran nih buat hyundai tucson 2012 (theta II) Km udah 100rb++, kira2 recommen yg mana ya untuk total quartz future 9000, hx8, fatron gold semuanya yg sae 5w30? Atau ada rekomendasi yg lain yg masih enak dikantong [emoji16].
Om Turbo, just out of curiousity abis baca berita soal suhu dingin di dieng,
Kalau emang berdomisili disana, apa sebaiknya mulai perhatiin spec winter buat oli mesinnya ?
IGedeAmat wrote:Om Turbo, just out of curiousity abis baca berita soal suhu dingin di dieng,
Kalau emang berdomisili disana, apa sebaiknya mulai perhatiin spec winter buat oli mesinnya ?
oli 5W30 - 0W20 itu bisa utk Winter cond. sampe suhu ambient minus
Sekedar Open Discussion saja dengan mbah Turboman dan suhu oli di marih,
ngeliat dari Chart Lubrizol ini rasanya bisa dibilang API SN ini paling tidak strict seperti ACEA rating (belakangan selalu incer oli yg paling nggak meet a5 untuk buntut -30).
A5-B5 vs API SN Plus.png
Tapi kalau dilihat2 lagi, ternyata Ford 913-D lebih baik lagi ya requirementsnya?
A5B5 vs Ford 913D.png
Dengan begini apakah berarti oli yg meet 913D ini oli tipe all around (bener2 long drain) paling baik untuk golongan low visco - low hths? Setau saya yg selama ini meet 913D di indo cuman Motul Specific.
Motul 913D.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ford WSS M2C913 memang dikembangkan dr basis ACEA A5/B5
A5/A1 / B5/B1 = low HTHS
spt kalo di MB itu MB 229.5 kan dikembangkan dr ACEA A3/B4
Kalo API SN+ konon ada 3 klausul yg gak ada di spiderweb tsb
- LSPI prevention
- Timing chain protection
- Turbocharger protection
yah kalo yg no 3 sih semua oli full syn ya melindungi turbo ya........hehehe
kalo yg LSPI prevention ya itu oli API SN+ rata2 Calciumnya gak lebih dr 1200 ppm, dan kadar Magnesiumnya dinaikkan (Ca & Mg = zat detergent dan juga unsur utama dlm TBN)
Kalo Acea A5/B5 = A1/B1 ini sama2 Low HTHS,
Seperti di Acea A5/B5 berarti minta nilai HTHS nya di rentang 2.9~3.5 cP,
Lalu apakah low HTHS harus range tersebut? Atau yg disebut low HTHS adalah nilai yg paling rendah di rentang visco tertentu misal di 5w30 itu sekian, di 10w40 disebut low HTHS 4.0 (misalnya) atau bagaimana?
Karena saya lihat ini Amsoil XL 10w40 kok approve A1/B1 ya?
IMG-20190622-WA0033.jpeg
Lalu saya baca di data sheet nya untuk XL 10w40 nilai HTHS di 4.2 cP..
Screenshot_2019-06-25-00-04-27.png
Mohon pencerahannya..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr wrote:Trus mau tanya juga om berhubung lg dibahas..
Kalo Acea A5/B5 = A1/B1 ini sama2 Low HTHS,
Seperti di Acea A5/B5 berarti minta nilai HTHS nya di rentang 2.9~3.5 cP,
Lalu apakah low HTHS harus range tersebut? Atau yg disebut low HTHS adalah nilai yg paling rendah di rentang visco tertentu misal di 5w30 itu sekian, di 10w40 disebut low HTHS 4.0 (misalnya) atau bagaimana?
Karena saya lihat ini Amsoil XL 10w40 kok approve A1/B1 ya?
IMG-20190622-WA0033.jpeg
Lalu saya baca di data sheet nya untuk XL 10w40 nilai HTHS di 4.2 cP..
Screenshot_2019-06-25-00-04-27.png
Mohon pencerahannya..
Setahu ane biasanya ACEA A1/A5 / B1/B5 paling kental itu 5W30
Turboman wrote: Mon Jun 24, 2019 15:32
Ford WSS M2C913 memang dikembangkan dr basis ACEA A5/B5
A5/A1 / B5/B1 = low HTHS
spt kalo di MB itu MB 229.5 kan dikembangkan dr ACEA A3/B4
Kalo API SN+ konon ada 3 klausul yg gak ada di spiderweb tsb
- LSPI prevention
- Timing chain protection
- Turbocharger protection
yah kalo yg no 3 sih semua oli full syn ya melindungi turbo ya........hehehe
kalo yg LSPI prevention ya itu oli API SN+ rata2 Calciumnya gak lebih dr 1200 ppm, dan kadar Magnesiumnya dinaikkan (Ca & Mg = zat detergent dan juga unsur utama dlm TBN)
CMIIW
Hooo i see,
Pantes di chart semalem, sempet bandingin A3/B4 vs MB229.5 kok mirip hanya saja yg MB lebih luas areanya ketimbang A3/B4. Ngeliat HTHS juga rentangnya mirip.
Kalau buntut -20 sejauh ini ga ada yg meet acea rating karena hths terlalu kecil kah om? Biasanya pada 2.5-2.7 ya kalau buntut -20.
Compatible with JWS 3309 / T-IV / Z-1 / SP III / JASI 1A dll
Impression :
Yg saya rasakan dengan ATF ini tarikan sedikit lebih enteng dibanding Aisin AFW+
Viskositas di 40 C nya gak sampe 30 cSt
Test pada mobil dgn matic 4 / 5 AT membuat tarikan awal jadi sedikit lebih enteng dibanding ATF std T-4 / JASO 1A / JWS 3309 pada umumnya dimana viskositas di 40 C nya rata2 di atas 30 cSt
menurut pendapat nubie, secara umum, acea a1/b1 atau mungkin a5/b5 itu memiliki hths yang kecil, dibawah 3.0. pabrikan oli seharusnya memberikan warning jika akan menggunakan oli sertifikasi a1/b1 atau a5/b5, harus melihat manual book kendaraan masing2. jika di manual book mengijinkan ya lanjut. kalo gak ada, aman nya ya pakai yang a3/b3 atau a4/b4
Turboman wrote: Tue Jun 25, 2019 0:59
Product review
ATF utk Mobil matic 4AT / 5AT bensin / Diesel
Compatible with JWS 3309 / T-IV / Z-1 / SP III / JASI 1A dll
Impression :
Yg saya rasakan dengan ATF ini tarikan sedikit lebih enteng dibanding Aisin AFW+
Viskositas di 40 C nya gak sampe 30 cSt
Test pada mobil dgn matic 4 / 5 AT membuat tarikan awal jadi sedikit lebih enteng dibanding ATF std T-4 / JASO 1A / JWS 3309 pada umumnya dimana viskositas di 40 C nya rata2 di atas 30 cSt
Turboman wrote: Mon Jun 24, 2019 15:32
Ford WSS M2C913 memang dikembangkan dr basis ACEA A5/B5
A5/A1 / B5/B1 = low HTHS
spt kalo di MB itu MB 229.5 kan dikembangkan dr ACEA A3/B4
Kalo API SN+ konon ada 3 klausul yg gak ada di spiderweb tsb
- LSPI prevention
- Timing chain protection
- Turbocharger protection
yah kalo yg no 3 sih semua oli full syn ya melindungi turbo ya........hehehe
kalo yg LSPI prevention ya itu oli API SN+ rata2 Calciumnya gak lebih dr 1200 ppm, dan kadar Magnesiumnya dinaikkan (Ca & Mg = zat detergent dan juga unsur utama dlm TBN)
CMIIW
Hooo i see,
Pantes di chart semalem, sempet bandingin A3/B4 vs MB229.5 kok mirip hanya saja yg MB lebih luas areanya ketimbang A3/B4. Ngeliat HTHS juga rentangnya mirip.
Kalau buntut -20 sejauh ini ga ada yg meet acea rating karena hths terlalu kecil kah om? Biasanya pada 2.5-2.7 ya kalau buntut -20.
Kalo liat di lubrizol sih Acea A1/B1 ini selain punya kriteria HTHS min 2.9 max 3.5 cP, punya tambahan untuk xW-20 min 2.6 cP up...
Jadi karena latest Acea std skrg A5/B5 ga minta tambahan khusus seperti A1/B1 makanya banyak oli yg buntut 20 ga approve Acea A5/B5..
Apa udh gabisa minta approval A1/B1 ya? Toh oli skrg rata2 jg udh pada mid saps.. malah low saps, masuk bgt di A1/B1
Ini hasil Test Lab Trakindo utk oli yg sy pakai, kondisinya masih layak atau sudah parah ya ?
Ini oli bekas pakai di mbl sendiri = Yaris.
Oli : Q8 Dexxos Long Life 5W30
Masukin oli pertama = Mei 2018
Ganti oli berikutnya = Jun 2019 = ambil sample
Total pemakaian kurang lebih 9000KM = 13 bulan.
Sekedar pengen tahu aja hehe.
Skrg ini lg pake Oli PTT 5w30 ikut saran om Turboman jg . hehe.
Thx sebelumnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.