ANPS 2016 suspensi kasar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
ANPS 2016 suspensi kasar
Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?
Terima kasih sarannya suhu.
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?
Terima kasih sarannya suhu.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Tue Apr 17, 2018 1:25
- Daily Vehicle: D2D - XLD25
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Coba dikasih damper di pernya om... atau ganti pernya skaliansilentIm2 wrote:Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?
Terima kasih sarannya suhu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Kayaknya mending ganti per. Cuma minta pendapat merek apa, ganti di mana. Ato mungkin ada bengkel yang bisa bikin daerah Surabaya. Kalo damper gitu kok kayaknya kurang percaya, saya takutnya dampernya pecah ato malah pernya yang patah pas hajar lubang.Arrobi wrote:Coba dikasih damper di pernya om... atau ganti pernya skalian
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
saya pernah cobain ANPS memang ni mobil keempukan suspensinya, setuju terombang ambing
suspensi model begitu cocok utk jalanan rusak dibawa santai, dibawa cepet ya pusing...
mungkin anda cocoknya mobil dengan gaya suspensi agak sport tp ga yang terlalu keras karena pertimbangan bawa keluarga
saya ga setuju pake damper karet gitu, pernah pake di sx4 hasilnya makin ga enak, entah kl di coba di mobil lain kali aja ada yg cocok bisa lebih enak.
mengenai ganti per dan shock saya kurang suka karena ada resiko, hasilnya terlalu keras... saya lebih suka pake coilover bisa di stel keras empuknya, tp tetep waspada jg, ada coilover yg stel keras empuknya cenderung terlalu keras, karena memang utk spek racing
pernah pake merk TEIN STREET di cx5 menurut saya ini cocok utk dipakai harian, empuknya masi dapet (malah lebih empuk ktimbang std nya cx5), tp kestabilannya meningkat juga
sisi negatifnya ? harga mahal, jarak per lebih pendek ketimbang standart, di kondisi tertentu lebih mudah mentok per nya (bukan mentok GC nya)
alternatif lain?
cobain stabilizer, tp mesti ditanya lg detilnya bagaimana
suspensi model begitu cocok utk jalanan rusak dibawa santai, dibawa cepet ya pusing...
mungkin anda cocoknya mobil dengan gaya suspensi agak sport tp ga yang terlalu keras karena pertimbangan bawa keluarga
saya ga setuju pake damper karet gitu, pernah pake di sx4 hasilnya makin ga enak, entah kl di coba di mobil lain kali aja ada yg cocok bisa lebih enak.
mengenai ganti per dan shock saya kurang suka karena ada resiko, hasilnya terlalu keras... saya lebih suka pake coilover bisa di stel keras empuknya, tp tetep waspada jg, ada coilover yg stel keras empuknya cenderung terlalu keras, karena memang utk spek racing
pernah pake merk TEIN STREET di cx5 menurut saya ini cocok utk dipakai harian, empuknya masi dapet (malah lebih empuk ktimbang std nya cx5), tp kestabilannya meningkat juga
sisi negatifnya ? harga mahal, jarak per lebih pendek ketimbang standart, di kondisi tertentu lebih mudah mentok per nya (bukan mentok GC nya)
alternatif lain?
cobain stabilizer, tp mesti ditanya lg detilnya bagaimana
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Eemmm nganu om.....>120kmh ngelewatin sambungan jembatan tol apa nggak terlalu kenceng?silentIm2 wrote: Mon Jun 17, 2019 6:23 Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?
Terima kasih sarannya suhu.
Saya lewat di speed 90kmh aja masih gak enak pas lewat beberapa (nggak semua) sambungan jembatan di tol. Kayak yang om bilang di atas, mobil kayak terjun bebas terus rebound lagi secara kasar. Jadi serem kayak naik roller coaster. Mobilnya vnt trd. Kayaknya sih sambungan jembatan di tol memang gak didesign untuk high speed.
Mungkin sebelum ganti suspensi, ada baiknya kalo pas lewat jembatan di tol coba kurangi speednya sampe 80-90kmh, dirasakan gimana.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
kalau mau enak ya ganti per dan shock nya, kalau budget memungkinkan lebih baik pake yg sudah di "matched" seperti merk pro-fender / OME.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Ganti shockbreaker nya dulu
Pake OME atau Pedders aja....
Ntar ayunan ala kapal akan berkurang jauh
Pake OME atau Pedders aja....
Ntar ayunan ala kapal akan berkurang jauh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Ini casenya di tol ya, ngebut 120km/h, ketemu beda tinggi antara jembatan dan badan jalansilentIm2 wrote: Mon Jun 17, 2019 6:23 Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?
Terima kasih sarannya suhu.
Menurut saya sambungan jembatannya yg ga bener biasanya d bagian jalannya yg ambles dikit, atau ini casenya kayak d jembatan pejagan dan bbrp spot d tol trans jawa ada yg kayak gini
Intinya sambungan jembatan n badan jalan yg ga standar
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
ganti per dan shockbreaker
-ome
-raw suspension
-pedders
-tein
-eibach
kalau di surabaya bisa ke dbm id (Instagram) daerah ngangel
-ome
-raw suspension
-pedders
-tein
-eibach
kalau di surabaya bisa ke dbm id (Instagram) daerah ngangel
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
kalau mau lebih enak lagi ganti BPKB ke sedan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Thu Jun 21, 2018 1:38
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: W204
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Coba ke professional motorsport bro di jln anjasmoro surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: ANPS 2016 suspensi kasar
Iya sih om.. mungkin ekspektasi saya yang harus disetel, soalnya mobil harian saya sebelumnya captiva. Di lintasan yang sama saya juga bawa 110 - 120 km enak2 aja. Pas pake ANPS kok bantingannya begini, soalnya sering liat ANPS, VRZ sruntulan kayaknya tuh enak2 aja. IMHO mungkin bantingan xpander ato ertiga masih agak mendingan.pengendiesel wrote: Eemmm nganu om.....>120kmh ngelewatin sambungan jembatan tol apa nggak terlalu kenceng?
Saya lewat di speed 90kmh aja masih gak enak pas lewat beberapa (nggak semua) sambungan jembatan di tol. Kayak yang om bilang di atas, mobil kayak terjun bebas terus rebound lagi secara kasar. Jadi serem kayak naik roller coaster. Mobilnya vnt trd. Kayaknya sih sambungan jembatan di tol memang gak didesign untuk high speed.
Mungkin sebelum ganti suspensi, ada baiknya kalo pas lewat jembatan di tol coba kurangi speednya sampe 80-90kmh, dirasakan gimana.
Coilover muahal banget kalo ga salah, trus bikin mobil lebih rendah kan?evolution21 wrote:saya pernah cobain ANPS memang ni mobil keempukan suspensinya, setuju terombang ambing
suspensi model begitu cocok utk jalanan rusak dibawa santai, dibawa cepet ya pusing...
mungkin anda cocoknya mobil dengan gaya suspensi agak sport tp ga yang terlalu keras karena pertimbangan bawa keluarga
saya ga setuju pake damper karet gitu, pernah pake di sx4 hasilnya makin ga enak, entah kl di coba di mobil lain kali aja ada yg cocok bisa lebih enak.
mengenai ganti per dan shock saya kurang suka karena ada resiko, hasilnya terlalu keras... saya lebih suka pake coilover bisa di stel keras empuknya, tp tetep waspada jg, ada coilover yg stel keras empuknya cenderung terlalu keras, karena memang utk spek racing
pernah pake merk TEIN STREET di cx5 menurut saya ini cocok utk dipakai harian, empuknya masi dapet (malah lebih empuk ktimbang std nya cx5), tp kestabilannya meningkat juga
sisi negatifnya ? harga mahal, jarak per lebih pendek ketimbang standart, di kondisi tertentu lebih mudah mentok per nya (bukan mentok GC nya)
alternatif lain?
cobain stabilizer, tp mesti ditanya lg detilnya bagaimana
Siip gaan, saya catat..lamatlancah wrote:kalau mau enak ya ganti per dan shock nya, kalau budget memungkinkan lebih baik pake yg sudah di "matched" seperti merk pro-fender / OME.
Siip gan, saya catat...Koddy wrote:Ganti shockbreaker nya dulu
Pake OME atau Pedders aja....
Ntar ayunan ala kapal akan berkurang jauh
Mungkin juga om, ruas yang saya coba ruas Gempol - Probolinggo & ruas Surabaya (Warugunung) - Madiun. Kebiasaan pake suspensi independen, tapi sering liat VRZ sruntulan, kok ga mabok ya? Saya nyetir udah 140 kmh dibalap VRZ 160 kmh.lemonadelovers wrote:
Ini casenya di tol ya, ngebut 120km/h, ketemu beda tinggi antara jembatan dan badan jalan
Menurut saya sambungan jembatannya yg ga bener biasanya d bagian jalannya yg ambles dikit, atau ini casenya kayak d jembatan pejagan dan bbrp spot d tol trans jawa ada yg kayak gini
Intinya sambungan jembatan n badan jalan yg ga standar
Siaap gan, catat dulu ya..matra wrote:ganti per dan shockbreaker
-ome
-raw suspension
-pedders
-tein
-eibach
kalau di surabaya bisa ke dbm id (Instagram) daerah ngangel
Saya harian masih pake Captiva sih.. kebetulan pinjem ANPS ortu berhubung mobil saya masuk body repair. Ortu memang agak nyesel juga sama bantingannya, tapi gimana lagi kita juga seneng roadtrip, kalo sedan dipake roadtrip kasian itu kaki2.lamatlancah wrote:kalau mau lebih enak lagi ganti BPKB ke sedan.
Siap om catat dulu.Chris001 wrote:Coba ke professional motorsport bro di jln anjasmoro surabaya
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140