OMG............supriyadi wrote: Fri Jun 14, 2019 6:27 Keluar dari gerbang Cikampek sampe out JORR ke Pondok Labu makan waktu 4 jam![]()
![]()
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)


Di Sumatera lancar om.. eh tapi saya juga kena macet di Kayu Agyng sampe Indralaya di jalinsum nya

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
OMG............supriyadi wrote: Fri Jun 14, 2019 6:27 Keluar dari gerbang Cikampek sampe out JORR ke Pondok Labu makan waktu 4 jam![]()
![]()
roadmap wrote: Sun Jun 16, 2019 10:18 Barusan sampai Jakarta lagi, road trip 10 hari keliling jateng jatim menempuh 2700an km.
Overall lancar dan jalan tol trans jawa sangat2 membantu sekali. Jarak tempuh menjadi singkat dan tentunya badan jd tidak capek.
Kecepatan 90-150 kpj di tol. 1:11.6
Apresiasi sebesar2nya ke pemerintah.
saya tgl 8 juni masuk kayu agung arah indralaya
bener ini. waktu tol di malang (karanglo-pandaan) masih gratis, hampir tiap hari lewat tol (sebelum hari raya). perasaan malah tambah boros. mobil sering nya melaju di atas 4 ribu rpm terus klo jalan agak sepi. maklum mobil cuma 1500 cc kwkwkwkwkMamang555 wrote: Mon Jun 17, 2019 4:50 Untuk urusan irit2an BBM sih pengalaman ke Malang full tol dan jaman sebelum lewat tol overall selisih nya tipis aja.
Seingat saya waktu jaman tol baru sampe Brexit, biasanya ngisi BBM sampe Malang kisaran 500-550 ribuan
Dan setelah lewat full lewat tol paling2 jadi kisaran 450-480 ribuan aja. Dua2nya dengan Pertalite.
Tapi ane itung2 manual full to full masih dapet 16 kpl lah. Lumayan irit sih imho.
Ngetol bisa jadi ga irit2 amat karena terkadang kita gaspolll sekencang2nya
Untuk mobil2 kelas merakyat (baca : mobil 1500cc kebawah) lari diatas 100 biasanya RPM uda manteng di atas 2500
Biasanya kalo kondisi lancar seperti yang saya alami, rerata speed kayaknya diatas 110 kpj semua tuh... hahah
Ngeliat Avanza, Xenia, R3, Xpander dan bahkan LCGC ngebut sampe nyalip2in mobil 2500cc up mah udh jamak lah
Ga ngetol lebi boros kalo ketemu macet lampu merah, macet pasar, kebanyakan stop n go karena becak dan motor nyebrang jalan etc etc
Jadi yaa... imbang2 lah..
Kecualiiii... kalo masuk tol.. kondisi lancar dan kita anteng di 80 kpj saja. Insya Alloh bakalan lebih irit lebih tinggi lagi dibanding lewat non tol
Tapiii.. biasanya supir males. Maunya mah cepet nyampe. Cepet makan2 di tempat tujuan. Cepet bobo di kasur yang empuk.. Hahahaha
Yang penting badan gak terasa capek2 banget dan pantat blm mati rasa. [emoji1787]iwing wrote:bener ini. waktu tol di malang (karanglo-pandaan) masih gratis, hampir tiap hari lewat tol (sebelum hari raya). perasaan malah tambah boros. mobil sering nya melaju di atas 4 ribu rpm terus klo jalan agak sepi. maklum mobil cuma 1500 cc kwkwkwkwkMamang555 wrote: Mon Jun 17, 2019 4:50 Untuk urusan irit2an BBM sih pengalaman ke Malang full tol dan jaman sebelum lewat tol overall selisih nya tipis aja.
Seingat saya waktu jaman tol baru sampe Brexit, biasanya ngisi BBM sampe Malang kisaran 500-550 ribuan
Dan setelah lewat full lewat tol paling2 jadi kisaran 450-480 ribuan aja. Dua2nya dengan Pertalite.
Tapi ane itung2 manual full to full masih dapet 16 kpl lah. Lumayan irit sih imho.
Ngetol bisa jadi ga irit2 amat karena terkadang kita gaspolll sekencang2nya
Untuk mobil2 kelas merakyat (baca : mobil 1500cc kebawah) lari diatas 100 biasanya RPM uda manteng di atas 2500
Biasanya kalo kondisi lancar seperti yang saya alami, rerata speed kayaknya diatas 110 kpj semua tuh... hahah
Ngeliat Avanza, Xenia, R3, Xpander dan bahkan LCGC ngebut sampe nyalip2in mobil 2500cc up mah udh jamak lah
Ga ngetol lebi boros kalo ketemu macet lampu merah, macet pasar, kebanyakan stop n go karena becak dan motor nyebrang jalan etc etc
Jadi yaa... imbang2 lah..
Kecualiiii... kalo masuk tol.. kondisi lancar dan kita anteng di 80 kpj saja. Insya Alloh bakalan lebih irit lebih tinggi lagi dibanding lewat non tol
Tapiii.. biasanya supir males. Maunya mah cepet nyampe. Cepet makan2 di tempat tujuan. Cepet bobo di kasur yang empuk.. Hahahaha
anf om masih standar apa sudah remap om??F 272 wrote: Wed Jun 12, 2019 7:42 Ternyata ekpektasi saya terlalu tinggi... Dermaga dan Kapal Executive yang katanya express.. cepat dalam proses penyeberangan tidak seperti harapan dan bayangan saya.
Pertama saat mulai ngantri beli tiket yang WAJIB menggunakan eMoney.. kendaraan ANKI di depan saya sepertinya tidak siap saldo eMoney nya sehingga dia harus membeli dulu, alhasil kami tertahan sekitar 20 menitan tanpa bisa maju maupun mundur karena di balakang sudah banyak kendaraan yg antri juga...
Kedua.... setelah membeli tiket yang harga nya Rp.579.000,- kami mulai bergerak belok ke kanan..daaaaan...di balik gedung Dermaga Express ini.. ternyata ada antrian cukup panjang ...OMG.. panjang bener dan saya segera turun melihat situasi.. ternyata Kapal nya belum datang.. ok deh mau gimana lagi.. Dermaga Executive nya cuma 1, berbeda dengan Dermaga Reguler yang ada 6 kita bisa pindah ke dermaga lain jika dermaga yg kita datangi antrian nya penuh.....sedangkan di Dermaga executive ini tak ada pilihan lain selain menunggu kapal datang.. [emoji58]
Akhir nya ...sekitar 1 jam lebih kami menunggu di atrian ini.. datanglah sebuah Kapal Ferry yang berukuran besar.. Horeee kita jadi nyebrang juga nih.. hehehe (hati senang)
Satu persatu kendaraan mulai bergerak, sempat ada antrian yang belok kanan setelah ada aba2 dari petugas untuk masuk ke kapal lewat sisi kanan, saya tidak ikut2an melakukannya karena saya tahu jika tetap lurus itu langsung naik ke dek atas..sedangkan lewat kanan itu masuk ke dek bawah...saya lebih suka di dek atas karena udara laut nya lebih banyak sehingga saya bisa tetap stay di Mobil hanya dengan membuka kaca jendela saja..
Sekitar 1 jam kami berada di Kapal... kami pun bersiap untuk merapat di Pelabuhan Bakauheuni Lampung... saat nya turun kapal..
Oke untuk waktu tempuh pelayaran kami puas.. kapal nya cepat.. mungkin ngebut..atau bahkan kapalnya sudah di remap oleh Bebonk Garage pula... hehehe..
Turun kapal..kami keluar dari area pelabuhan dan langsung menuju ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)
Mantap sekali... ga pake macet2an...tidak antri di jalan raya .. langsung Gaspol..nah disini saya mengalami kekagetan ke dua untuk ANSF nya om Vibanic..
Saya sudah lari 170 kpj.. kok SantaFe nya nempel terus..bahkan nyaris nyalip ANF F272 wkwkwkwkwk..
Kencang jg ini ANSF ..pikir saya dalam hati..
[emoji4]
Rekaman Foto2 selama di JTTS ....
![]()
![]()
![]()
Sebenar nya JTTS (JALAN TOL TRANS SUMATERA) saat lebaran di buka full dari Bakauheuni menuju Palembang.. dengan waktu tempuh katanya hanya 4 jam saja Lampung menuju Palembang...tapi apes bagi kami, justru tgl 6 Juni kembali di tutup separuh, sehingga kami hanya bisa menikmati tol sampai Pematang Panggang saja, dan keluar melalui Jalan Raya Lintas Timur Sumatera menuju Kayu Agung... yang macet sekali sore itu.. semua kendaraan penduduk Lokal seakan keluar semua tumpah ruah ke jalan raya.. membuat perjalanan kami menuju Palembang cukup tersendat2 disekitaran Kayu Agung dan Indralaya...sebelum kami masuk Tol Indralaya...
[emoji4]
Wah ane penasaran om,krniawnhdr wrote:anf om masih standar apa sudah remap om??F 272 wrote: Wed Jun 12, 2019 7:42 Ternyata ekpektasi saya terlalu tinggi... Dermaga dan Kapal Executive yang katanya express.. cepat dalam proses penyeberangan tidak seperti harapan dan bayangan saya.
Pertama saat mulai ngantri beli tiket yang WAJIB menggunakan eMoney.. kendaraan ANKI di depan saya sepertinya tidak siap saldo eMoney nya sehingga dia harus membeli dulu, alhasil kami tertahan sekitar 20 menitan tanpa bisa maju maupun mundur karena di balakang sudah banyak kendaraan yg antri juga...
Kedua.... setelah membeli tiket yang harga nya Rp.579.000,- kami mulai bergerak belok ke kanan..daaaaan...di balik gedung Dermaga Express ini.. ternyata ada antrian cukup panjang ...OMG.. panjang bener dan saya segera turun melihat situasi.. ternyata Kapal nya belum datang.. ok deh mau gimana lagi.. Dermaga Executive nya cuma 1, berbeda dengan Dermaga Reguler yang ada 6 kita bisa pindah ke dermaga lain jika dermaga yg kita datangi antrian nya penuh.....sedangkan di Dermaga executive ini tak ada pilihan lain selain menunggu kapal datang.. [emoji58]
Akhir nya ...sekitar 1 jam lebih kami menunggu di atrian ini.. datanglah sebuah Kapal Ferry yang berukuran besar.. Horeee kita jadi nyebrang juga nih.. hehehe (hati senang)
Satu persatu kendaraan mulai bergerak, sempat ada antrian yang belok kanan setelah ada aba2 dari petugas untuk masuk ke kapal lewat sisi kanan, saya tidak ikut2an melakukannya karena saya tahu jika tetap lurus itu langsung naik ke dek atas..sedangkan lewat kanan itu masuk ke dek bawah...saya lebih suka di dek atas karena udara laut nya lebih banyak sehingga saya bisa tetap stay di Mobil hanya dengan membuka kaca jendela saja..
Sekitar 1 jam kami berada di Kapal... kami pun bersiap untuk merapat di Pelabuhan Bakauheuni Lampung... saat nya turun kapal..
Oke untuk waktu tempuh pelayaran kami puas.. kapal nya cepat.. mungkin ngebut..atau bahkan kapalnya sudah di remap oleh Bebonk Garage pula... hehehe..
Turun kapal..kami keluar dari area pelabuhan dan langsung menuju ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)
Mantap sekali... ga pake macet2an...tidak antri di jalan raya .. langsung Gaspol..nah disini saya mengalami kekagetan ke dua untuk ANSF nya om Vibanic..
Saya sudah lari 170 kpj.. kok SantaFe nya nempel terus..bahkan nyaris nyalip ANF F272 wkwkwkwkwk..
Kencang jg ini ANSF ..pikir saya dalam hati..
[emoji4]
Rekaman Foto2 selama di JTTS ....
![]()
![]()
![]()
Sebenar nya JTTS (JALAN TOL TRANS SUMATERA) saat lebaran di buka full dari Bakauheuni menuju Palembang.. dengan waktu tempuh katanya hanya 4 jam saja Lampung menuju Palembang...tapi apes bagi kami, justru tgl 6 Juni kembali di tutup separuh, sehingga kami hanya bisa menikmati tol sampai Pematang Panggang saja, dan keluar melalui Jalan Raya Lintas Timur Sumatera menuju Kayu Agung... yang macet sekali sore itu.. semua kendaraan penduduk Lokal seakan keluar semua tumpah ruah ke jalan raya.. membuat perjalanan kami menuju Palembang cukup tersendat2 disekitaran Kayu Agung dan Indralaya...sebelum kami masuk Tol Indralaya...
[emoji4]
btw ga nanya om si ANSF nya aman isi biosolar nya karena diapain? hehehehe
ANSF pasti kencang om
214 kph saja masih naik terus
ane setuju banget om.roadmap wrote: Mon Jun 17, 2019 7:04Yang penting badan gak terasa capek2 banget dan pantat blm mati rasa. [emoji1787]iwing wrote:bener ini. waktu tol di malang (karanglo-pandaan) masih gratis, hampir tiap hari lewat tol (sebelum hari raya). perasaan malah tambah boros. mobil sering nya melaju di atas 4 ribu rpm terus klo jalan agak sepi. maklum mobil cuma 1500 cc kwkwkwkwkMamang555 wrote: Mon Jun 17, 2019 4:50 Untuk urusan irit2an BBM sih pengalaman ke Malang full tol dan jaman sebelum lewat tol overall selisih nya tipis aja.
Seingat saya waktu jaman tol baru sampe Brexit, biasanya ngisi BBM sampe Malang kisaran 500-550 ribuan
Dan setelah lewat full lewat tol paling2 jadi kisaran 450-480 ribuan aja. Dua2nya dengan Pertalite.
Tapi ane itung2 manual full to full masih dapet 16 kpl lah. Lumayan irit sih imho.
Ngetol bisa jadi ga irit2 amat karena terkadang kita gaspolll sekencang2nya
Untuk mobil2 kelas merakyat (baca : mobil 1500cc kebawah) lari diatas 100 biasanya RPM uda manteng di atas 2500
Biasanya kalo kondisi lancar seperti yang saya alami, rerata speed kayaknya diatas 110 kpj semua tuh... hahah
Ngeliat Avanza, Xenia, R3, Xpander dan bahkan LCGC ngebut sampe nyalip2in mobil 2500cc up mah udh jamak lah
Ga ngetol lebi boros kalo ketemu macet lampu merah, macet pasar, kebanyakan stop n go karena becak dan motor nyebrang jalan etc etc
Jadi yaa... imbang2 lah..
Kecualiiii... kalo masuk tol.. kondisi lancar dan kita anteng di 80 kpj saja. Insya Alloh bakalan lebih irit lebih tinggi lagi dibanding lewat non tol
Tapiii.. biasanya supir males. Maunya mah cepet nyampe. Cepet makan2 di tempat tujuan. Cepet bobo di kasur yang empuk.. Hahahaha
Tapi bener jg mobil2 selevel avanza (max 1500cc) nyetirnya ngebut2 banget. At least 120kpj rata2 bahkan ada yg 140kpj. Berani nyalip2 kiri kanan. Gasnya enteng2 banget kali ya?
Yang cc-nya gede2 pengen nikmati hemat BBM om.lonely1999 wrote: Mon Jun 17, 2019 10:02ane setuju banget om.roadmap wrote: Mon Jun 17, 2019 7:04Yang penting badan gak terasa capek2 banget dan pantat blm mati rasa. [emoji1787]iwing wrote:
bener ini. waktu tol di malang (karanglo-pandaan) masih gratis, hampir tiap hari lewat tol (sebelum hari raya). perasaan malah tambah boros. mobil sering nya melaju di atas 4 ribu rpm terus klo jalan agak sepi. maklum mobil cuma 1500 cc kwkwkwkwk
Tapi bener jg mobil2 selevel avanza (max 1500cc) nyetirnya ngebut2 banget. At least 120kpj rata2 bahkan ada yg 140kpj. Berani nyalip2 kiri kanan. Gasnya enteng2 banget kali ya?
waktu lalu sempat perhatikan banyak sekali mobil" sejenis itu di 120kpj bahkan lebih,
saya perhatikan serem banget itu bodi mobil mantul" gitu di tol
ane yg liatnya jadi serem sendiri![]()
Nah sama nih, semarang - GT cikampek lancar jaya, one way ke arah jakarta.. Lepas GT cikampek merayap, terkadang berhenti cukup lama.. Sampai dengan exit tol bintaro butuh waktu lebih dari 4 jam..supriyadi wrote: Fri Jun 14, 2019 6:27 Keluar dari gerbang Cikampek sampe out JORR ke Pondok Labu makan waktu 4 jam![]()
![]()
haha betul" itunewcity_vtec wrote: Mon Jun 17, 2019 10:50Yang cc-nya gede2 pengen nikmati hemat BBM om.lonely1999 wrote: Mon Jun 17, 2019 10:02ane setuju banget om.roadmap wrote: Mon Jun 17, 2019 7:04
Yang penting badan gak terasa capek2 banget dan pantat blm mati rasa. [emoji1787]
Tapi bener jg mobil2 selevel avanza (max 1500cc) nyetirnya ngebut2 banget. At least 120kpj rata2 bahkan ada yg 140kpj. Berani nyalip2 kiri kanan. Gasnya enteng2 banget kali ya?
waktu lalu sempat perhatikan banyak sekali mobil" sejenis itu di 120kpj bahkan lebih,
saya perhatikan serem banget itu bodi mobil mantul" gitu di tol
ane yg liatnya jadi serem sendiri![]()
Yg cc-nya kecil2 pengen borosin BBM![]()
Om lonely, di MID 1l bisa berpa kilo?
Suka Duka Mudik itu om.... hehehe ...supriyadi wrote: Wed Jun 19, 2019 1:18 Waktu mudik 31 Mei Bakauheni-Merak nyobain ferry eksekutif. Naik kapal jam 7 malam, jam 9 malam dah masuk ke gerbang tol merak. Balik kemarin 16 Juni Merak-Bakauheni nyobain ferry reguler. Naik kapal jam 3.15 pagi turun dari kapal jam 9 pagi![]()
![]()
Masuk tol Bakauheni cuma sampai Terbanggi Besar, tol tutup sebagian. Sampai Pematang Panggang dekat exit tol, macet ada truk terperosok di jembatan, jalan buka tutup. Pematang Panggang - Tugu Mulyo makan waktu 6 jam. Tugu Mulyo-Sungai Lilin makan waktu 8 jam. Masuk Kayu Agung macet, Palembang padat merayap.
Iya Om, mudik kalo nggak macet kurang seru kayaknyaF 272 wrote: Wed Jun 19, 2019 2:07Suka Duka Mudik itu om.... hehehe ...supriyadi wrote: Wed Jun 19, 2019 1:18 Waktu mudik 31 Mei Bakauheni-Merak nyobain ferry eksekutif. Naik kapal jam 7 malam, jam 9 malam dah masuk ke gerbang tol merak. Balik kemarin 16 Juni Merak-Bakauheni nyobain ferry reguler. Naik kapal jam 3.15 pagi turun dari kapal jam 9 pagi![]()
![]()
Masuk tol Bakauheni cuma sampai Terbanggi Besar, tol tutup sebagian. Sampai Pematang Panggang dekat exit tol, macet ada truk terperosok di jembatan, jalan buka tutup. Pematang Panggang - Tugu Mulyo makan waktu 6 jam. Tugu Mulyo-Sungai Lilin makan waktu 8 jam. Masuk Kayu Agung macet, Palembang padat merayap.![]()
Kalau saya pribadi, suka nyetir cruising di 120 atau kadang usil gas sampe 150an lebih alasannya simple, ngilangin rasa boseen hahaha.pengendiesel wrote: Mon Jun 17, 2019 11:25 Pada kentjang2 ya di tol baru.
Kalo saya mostly 90kmh, sesekali 100kmh. Buat saya useless jalan >120kmh, resiko dan borosnya bbm gak sebanding sama waktu yang dihemat dan (mungkin) kesenangan yang didapat.
Mau naik sienta, forti vnt, crv re 2.0, anki, altis 1.8 sampe lmpv2 macam avanza, mobilio, r3...nyamannya ya di kisaran 90kmh ituapalagi tol baru sambungan jembatannya banyak yang bikin mobil berasa loncat kalo terlalu kentjang.
Pernah disetirin temen naek avanza lari 140kmh di tol Kertosono. Dia yang bagian nyetir, saya yang bagian doa![]()
Agree om, mungkin nilai minus dari pake jalan tol selain bayarnya adalah bosennya. Pemandangannya mayoritas cuma 4 jalur beton aja, jarang ngerem, jarang akselerasi juga. Kaki kanan saya sering berasa pegel harus nahan gas jalan konstan. Om bisa bayangin saya cruisingnya di 90kmhPRBS wrote: Wed Jun 19, 2019 4:47Kalau saya pribadi, suka nyetir cruising di 120 atau kadang usil gas sampe 150an lebih alasannya simple, ngilangin rasa boseen hahaha.pengendiesel wrote: Mon Jun 17, 2019 11:25 Pada kentjang2 ya di tol baru.
Kalo saya mostly 90kmh, sesekali 100kmh. Buat saya useless jalan >120kmh, resiko dan borosnya bbm gak sebanding sama waktu yang dihemat dan (mungkin) kesenangan yang didapat.
Mau naik sienta, forti vnt, crv re 2.0, anki, altis 1.8 sampe lmpv2 macam avanza, mobilio, r3...nyamannya ya di kisaran 90kmh ituapalagi tol baru sambungan jembatannya banyak yang bikin mobil berasa loncat kalo terlalu kentjang.
Pernah disetirin temen naek avanza lari 140kmh di tol Kertosono. Dia yang bagian nyetir, saya yang bagian doa![]()
Apalagi pas di toll transjawa kemarin, cruising di 120 kok rasanya bosen bgt.. trek lurus gitu aja, cruising 120 serasa 80kmh aja, alhasil iseng gas pol sedapatnya.. ini kalau traffic sepi ya.. kalau padat malah ga bosan even speednya pelan.