Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Semangat pagi... dah lama gak posting di SM. Sekarang mau posting tentang Volvo 960 GL yang saya pakai harian.
Berikut ini sekilas video tentang eksterior, interior dan ruang mesin.
Ngomongin Volvo seri 960 di Indonesia, identik dengan mobil menteri, direktur, pejabat dan peserta KTT/APEC di era 90-an.
TAPI, bagi yang mungkin awam tentang Volvo, akan bingung karena seri 960 yang masuk di Indonesia itu banyak variannya. Hal utama yang menyebabkan hal ini adalah karena adanya penggabungan dua tipe Volvo seri 9 yaitu 940 dan 960 ke dalam 1 emblem "960" saja di Indonesia.
Apa bedanya?
Sebenarnya saya sendiri juga belum terlalu paham, namun dari informasi yang saya dapatkan, 940 merupakan trim kemewahan yang lebih rendah dibanding 960. Karena angka 4 yang dianggap tidak "hoki", maka hilanglah emblem 940 di Indonesia... (walau tetap bisa dilacak dari nomer rangka yang berawalan 94xxxxxxx vs 96xxxxxx). selanjutnya kalau ada yang sebut 940 jangan bingung lagi ya..
Nah, yang akan saya bahas ini merupakan seri 9 (tepatnya 940) yang paling sederhana dari semua seri 9 yang resmi masuk Indonesia... Kenapa??
Karena di era 93-95, seri 9 masuk dengan mesin 2300cc tanpa turbo, tanpa ABS, tanpa electric seat, tosion beam rear suspension (sebelumnya pakai mesin 2300cc turbo besar Garret, ABS, Electric seat, tilt steering, full independent suspension, dsb). Bisa dilihat beda ruang mesin 960 GL (1994) vs 960 "full spec" di bawah ini:
Dari segala kekurangan yang disebutkan di atas, kelebihannya adalah dari segi PERAWATAN.. ya..karena yang diurus makin dikit...hehehe
Okey.. sekarang bahas ke eksterior... Volvo 960 GL ini dari segi tampilan luar hampir sulit dibedakan dengan seri 960 lainnya (Full Spek/KTT/APEC), hampir semuanya mirip... namun tentu ada bedanya.. yaitu kap mesin yang lebih pendek. Serta umumnya kalau masih bawaan, warna bemper dan spion adalah full hitam (tidak sewarna bodi kalau bodinya berwarna selain hitam).
Bahasa desain yang digunakan masih melanjutkan dari seri seblumnya yaitu seri 7, bahkan kalau dilihat mungkin ya bedanya hanya jelas di bagian belakang yang semakin melandai di seri 9 dengan model bagasi dan lampu belakang yang juga berbeda..
Ukuran kaca samping yang relatif besar, membuat kabin seperti akuarium.. tapi efeknya pandangan jadi lebih jelas dari dalam kabin, gak ada halangan seperti pada mobil jaman now.
Di interior, bahan-bahan yang digunakan cukup kokoh dan awet, dashboard gak ada kerusakan sama sekali, paling kulit jok saja yang mulai berkerut dan sedikit bagian mulai robek dan beberapa bahan plastik yang memang bahannya sudah kayak kerupuk (ekstra waspada pas bongkar bagian plastiknya).
Setir yang besar, nyaman digenggam karena sudah terbalut kuit empuk.
Joknya bagaikan sofa..tebal, empuk dan nyaman, bahkan lebih nyaman daripada kursi di rumah saya Oya, semua jok sudah dilengkapi seat belt tiga titik dan headrest ya.
Bagasi besar banget dan sudah dilapis bahan fabric sampai ke bagian atas, cocok buat belanja bulanan.. 2 buah sepeda lipat 20" masuk dengan mudah, karena bukaan bagasinya sampai 90' dan terbuka sampai dekat dasar bagasi. Buat mudik?? Cocok banget...
Mesin 2300cc 4 silinder 8 valve OHC non turbo dengan seri B230FB memuntahkan tenaga sekitar 130HP di rpm yang tidak terlalu tinggi (kalau tidak salah di sekitar 2900rpm). Rasio kompresi yang hanya 9,3:1, mencukupkan minum bensin dengan RON 90..bahkan RON88, tapi tentu akan lebih jos kalau pakai RON92..
Karakter mesin non turbo dengan beban hampir 2 ton ini, awalannya halus (kalau gak mau dibilang agak lemot ), tapi pas udah di rpm 2000-an, tenaga serasa ngisi teruss.
Mesin ini terkenal dengan sebutan "red block" (warna blok mesin bawah), dan sangat minim perawatan, dan termasuk mesin "purba" (mesin seri B2xx) yang refined sampai sudah dapat sistem injeksi elektronik pada seri 9 ini.
Konsumsi bahan bakar sangat tergantung dari kesehatan mesin-trans dan bbm serta kaki kanan paling irit bisa nyentuh 1:14 di tol lancar.. dalkot? hmm ya paling boros pas macet parah bisa 1:6. tapi kalau kondisi mesin sangat prima, dalkot ada juga yang bisa 1:8-9.
Pernah macet parah tersendat sampai 4 jam, temperatur aman terkendali. Yang penting electric fan normal dan radiator aman.
Matic yang digunakan di seri 960 GL tahun 94 (era 93-95) ini menggunakan ZF4HP22 4 speed tanpa tombol OD dengan shifter PRND321... berbeda dengan saudara-saudaranya yang rata-rata menggunakan matic Aisin-Warner (AW7x dll dengan tombol OD dan shifter PRND21 yang spare partnya bisa pakai punya Toyota)..
Maticnya cukup pintar, gak perlu sering2 pindah2in shifter, kick down berfungsi baik saat mau berakselerasi.. Kayak di video ini:
Volvo 960 terkenal dengan radius putar yang kecil, sehingga sangat mudah ketika bermanuver dan parkir, walau panjang bodi sekitar 4,87m. Apalagi di seri 960 GL ini, bobot paling ringan dibandingkan seri 960 lainnya.. jadi lebih lincah saat bermanuver di jalanan.. Beloknya bisa "patah".. jangan kaget ketika parkir suka disangka gak akan dapet sekali parkir oleh juru parkir.. tapi nyatanya bisa koq.
Ground clearance yang tidak terlalu rendah, juga bikin sedan ini cukup pd ketika melibas jalan jelek...
Perawatan tidak terlalu sulit di area Bandung, gabung komunitasnya, bengkel spesialis ada bebarapa, montir panggilan ada beberapa.. spare part tersedia di beberapa bengkel dan anggota komunitas yang menjual, copotan banyak.. persamaan juga ada di beberapa part dengan mobil merek lain.
Mau pesen dari jakarta (ada beberapa penjual part khusus volvo, mau ori, kw adaa) pun mudah. Harga ya relatif tergantung merek..tapi yang pasti part nya relatif awet. Saking awetnya ni mobil, odometer dah nembus 300rb-an km
Jadi mau coba rawat Volvo pertama kali, coba aja dulu mulai dari 960 GL... sedan mewah, harga murah (30jt-an), perawatan mudah..
Hmm.. mungkin sekian dulu reviewnya.. ya.
Berikut ini sekilas video tentang eksterior, interior dan ruang mesin.
Ngomongin Volvo seri 960 di Indonesia, identik dengan mobil menteri, direktur, pejabat dan peserta KTT/APEC di era 90-an.
TAPI, bagi yang mungkin awam tentang Volvo, akan bingung karena seri 960 yang masuk di Indonesia itu banyak variannya. Hal utama yang menyebabkan hal ini adalah karena adanya penggabungan dua tipe Volvo seri 9 yaitu 940 dan 960 ke dalam 1 emblem "960" saja di Indonesia.
Apa bedanya?
Sebenarnya saya sendiri juga belum terlalu paham, namun dari informasi yang saya dapatkan, 940 merupakan trim kemewahan yang lebih rendah dibanding 960. Karena angka 4 yang dianggap tidak "hoki", maka hilanglah emblem 940 di Indonesia... (walau tetap bisa dilacak dari nomer rangka yang berawalan 94xxxxxxx vs 96xxxxxx). selanjutnya kalau ada yang sebut 940 jangan bingung lagi ya..
Nah, yang akan saya bahas ini merupakan seri 9 (tepatnya 940) yang paling sederhana dari semua seri 9 yang resmi masuk Indonesia... Kenapa??
Karena di era 93-95, seri 9 masuk dengan mesin 2300cc tanpa turbo, tanpa ABS, tanpa electric seat, tosion beam rear suspension (sebelumnya pakai mesin 2300cc turbo besar Garret, ABS, Electric seat, tilt steering, full independent suspension, dsb). Bisa dilihat beda ruang mesin 960 GL (1994) vs 960 "full spec" di bawah ini:
Dari segala kekurangan yang disebutkan di atas, kelebihannya adalah dari segi PERAWATAN.. ya..karena yang diurus makin dikit...hehehe
Okey.. sekarang bahas ke eksterior... Volvo 960 GL ini dari segi tampilan luar hampir sulit dibedakan dengan seri 960 lainnya (Full Spek/KTT/APEC), hampir semuanya mirip... namun tentu ada bedanya.. yaitu kap mesin yang lebih pendek. Serta umumnya kalau masih bawaan, warna bemper dan spion adalah full hitam (tidak sewarna bodi kalau bodinya berwarna selain hitam).
Bahasa desain yang digunakan masih melanjutkan dari seri seblumnya yaitu seri 7, bahkan kalau dilihat mungkin ya bedanya hanya jelas di bagian belakang yang semakin melandai di seri 9 dengan model bagasi dan lampu belakang yang juga berbeda..
Ukuran kaca samping yang relatif besar, membuat kabin seperti akuarium.. tapi efeknya pandangan jadi lebih jelas dari dalam kabin, gak ada halangan seperti pada mobil jaman now.
Di interior, bahan-bahan yang digunakan cukup kokoh dan awet, dashboard gak ada kerusakan sama sekali, paling kulit jok saja yang mulai berkerut dan sedikit bagian mulai robek dan beberapa bahan plastik yang memang bahannya sudah kayak kerupuk (ekstra waspada pas bongkar bagian plastiknya).
Setir yang besar, nyaman digenggam karena sudah terbalut kuit empuk.
Joknya bagaikan sofa..tebal, empuk dan nyaman, bahkan lebih nyaman daripada kursi di rumah saya Oya, semua jok sudah dilengkapi seat belt tiga titik dan headrest ya.
Bagasi besar banget dan sudah dilapis bahan fabric sampai ke bagian atas, cocok buat belanja bulanan.. 2 buah sepeda lipat 20" masuk dengan mudah, karena bukaan bagasinya sampai 90' dan terbuka sampai dekat dasar bagasi. Buat mudik?? Cocok banget...
Mesin 2300cc 4 silinder 8 valve OHC non turbo dengan seri B230FB memuntahkan tenaga sekitar 130HP di rpm yang tidak terlalu tinggi (kalau tidak salah di sekitar 2900rpm). Rasio kompresi yang hanya 9,3:1, mencukupkan minum bensin dengan RON 90..bahkan RON88, tapi tentu akan lebih jos kalau pakai RON92..
Karakter mesin non turbo dengan beban hampir 2 ton ini, awalannya halus (kalau gak mau dibilang agak lemot ), tapi pas udah di rpm 2000-an, tenaga serasa ngisi teruss.
Mesin ini terkenal dengan sebutan "red block" (warna blok mesin bawah), dan sangat minim perawatan, dan termasuk mesin "purba" (mesin seri B2xx) yang refined sampai sudah dapat sistem injeksi elektronik pada seri 9 ini.
Konsumsi bahan bakar sangat tergantung dari kesehatan mesin-trans dan bbm serta kaki kanan paling irit bisa nyentuh 1:14 di tol lancar.. dalkot? hmm ya paling boros pas macet parah bisa 1:6. tapi kalau kondisi mesin sangat prima, dalkot ada juga yang bisa 1:8-9.
Pernah macet parah tersendat sampai 4 jam, temperatur aman terkendali. Yang penting electric fan normal dan radiator aman.
Matic yang digunakan di seri 960 GL tahun 94 (era 93-95) ini menggunakan ZF4HP22 4 speed tanpa tombol OD dengan shifter PRND321... berbeda dengan saudara-saudaranya yang rata-rata menggunakan matic Aisin-Warner (AW7x dll dengan tombol OD dan shifter PRND21 yang spare partnya bisa pakai punya Toyota)..
Maticnya cukup pintar, gak perlu sering2 pindah2in shifter, kick down berfungsi baik saat mau berakselerasi.. Kayak di video ini:
Volvo 960 terkenal dengan radius putar yang kecil, sehingga sangat mudah ketika bermanuver dan parkir, walau panjang bodi sekitar 4,87m. Apalagi di seri 960 GL ini, bobot paling ringan dibandingkan seri 960 lainnya.. jadi lebih lincah saat bermanuver di jalanan.. Beloknya bisa "patah".. jangan kaget ketika parkir suka disangka gak akan dapet sekali parkir oleh juru parkir.. tapi nyatanya bisa koq.
Ground clearance yang tidak terlalu rendah, juga bikin sedan ini cukup pd ketika melibas jalan jelek...
Perawatan tidak terlalu sulit di area Bandung, gabung komunitasnya, bengkel spesialis ada bebarapa, montir panggilan ada beberapa.. spare part tersedia di beberapa bengkel dan anggota komunitas yang menjual, copotan banyak.. persamaan juga ada di beberapa part dengan mobil merek lain.
Mau pesen dari jakarta (ada beberapa penjual part khusus volvo, mau ori, kw adaa) pun mudah. Harga ya relatif tergantung merek..tapi yang pasti part nya relatif awet. Saking awetnya ni mobil, odometer dah nembus 300rb-an km
Jadi mau coba rawat Volvo pertama kali, coba aja dulu mulai dari 960 GL... sedan mewah, harga murah (30jt-an), perawatan mudah..
Hmm.. mungkin sekian dulu reviewnya.. ya.
Last edited by didietkeren on Thu Jun 13, 2019 2:52, edited 9 times in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11041
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Volvo 960 GL (1994), mobil menteri dan direktur di jamannya.
acung 2 jempol dulu.... mantab euy. tapi makin manteb lagi kalo ditambah foto.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
mobil neck turner..... mafia style banget
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11041
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
maknyusss......
saya salut ini mobil glove box-nya masih utuh, kebanyakan udah pada ambrol entah karena usia, tangan besi, atau entah faktor apa.
tinggal nunggu foto dibalik asbak-nya kaya gimana nih, masih mulus nggak rumah sikringnya...... hehehehe.
*n.b :
per depan dipotong sedikit, turunin 1 inchi aja biar makin mantep pas hi speed. masih aman kok ga bakal mentok kalo light off road.
(kompor)
saya salut ini mobil glove box-nya masih utuh, kebanyakan udah pada ambrol entah karena usia, tangan besi, atau entah faktor apa.
tinggal nunggu foto dibalik asbak-nya kaya gimana nih, masih mulus nggak rumah sikringnya...... hehehehe.
*n.b :
per depan dipotong sedikit, turunin 1 inchi aja biar makin mantep pas hi speed. masih aman kok ga bakal mentok kalo light off road.
(kompor)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Suka bgt mobil model begini, selalu bikin nengok klo lewat...mantap review nya
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Keren om.
Apalagi itu si wagonnya
Emang seri 900 enak-enak ya om. Mau gl banci, turbo, fullspek, exec asik semua yah.
Dulu saya main S90, terus murtad ke perancis sama jerman. Cuman selalu terkenang masa-masa bawa swedia, terus dicap opa-opa.
Terus entah mengapa sekarang racun 740ti bertebaran yah, heran saya jadi banyak unitnya, ha ha
Apalagi itu si wagonnya
Emang seri 900 enak-enak ya om. Mau gl banci, turbo, fullspek, exec asik semua yah.
Dulu saya main S90, terus murtad ke perancis sama jerman. Cuman selalu terkenang masa-masa bawa swedia, terus dicap opa-opa.
Terus entah mengapa sekarang racun 740ti bertebaran yah, heran saya jadi banyak unitnya, ha ha
Ron Asheton Forever
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
hats off n acung jempol atas reviewnya
moga" d dpn ane d ksh kesempatan buat belajar n rawat suv wagon dr brand ini.
moga" d dpn ane d ksh kesempatan buat belajar n rawat suv wagon dr brand ini.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 4727
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Wooow ...keren banget Volvo ini.. barusan tadi siang saya lihat 1 unit warna Hitam mengkilat banget di samping Bogor Permai ...punya owner nya Bogor Permai yang emang Hobby mobil2 klasik macam LC VX80, Mercy 320E Masterpiece, BMW M40, semua dalam kondisi orisinil mengkipa...
Tar kapan2 saya foto ini yah... hehehe...
Tar kapan2 saya foto ini yah... hehehe...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri May 26, 2017 4:35
- Location: Depok
- Daily Vehicle: ANKI 2018
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Lihat mobil ini... jadi inget dulu waktu kuliah di bandung... tiap hari bolak balik cisitu ganesha sering banget lihat mobil ini di siliwangi... wow banget waktu itu... keren banget dah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Sampe hr ini keitung masih agak banyak kok om di sekitar wilayah itu, bandung harta karun nya memang unik2 hahahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Wagon-wagon 940 sekarang 9 digit ngeri semua ya om.
Wagon 960, di tebet warna silver, menggoda, cuma ownernya terlalu tajir buat digoda.
Wagon 700 series atau 200 udah tiga titik hitam juga harganya
V70 juga asyik asyik harganya, emang wagon ada kelasnya sendiri yah.
Kalau lihat 850R rasanya mau izin foto sama ownernya he he
Ron Asheton Forever
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Om, yg video little offroady itu kemana? Kayak tempat wisata ya?
Nice reviewnya om, suka dengan review mobil legend seperti ini.. banyak hal yg kita ga ketahui soalnya..
Nice reviewnya om, suka dengan review mobil legend seperti ini.. banyak hal yg kita ga ketahui soalnya..
Last edited by PRBS on Thu Jun 13, 2019 14:07, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Ngeliat 960 ini keinget bos2 jaman dulu yang pakenya kalo gak W124 atau Crown ya 960 ini, warnanya item semua..
Dulu di sinetron pernikahan dini, bokapnya Dini (Rudi Salam) ceritanya pake 960 item + supir hehehe kerasa banget aura direkturnya, lebih kerasa dibanding Camry sekarang
Tapi penyakit semua Volvo keknya jok kulitnya pada nyerah sama keringet orang sini + iklimnya Indo
Dulu di sinetron pernikahan dini, bokapnya Dini (Rudi Salam) ceritanya pake 960 item + supir hehehe kerasa banget aura direkturnya, lebih kerasa dibanding Camry sekarang
Tapi penyakit semua Volvo keknya jok kulitnya pada nyerah sama keringet orang sini + iklimnya Indo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
iya um..d segment boxy wagon, volvo realatif msh cukup kuat d kelasnya, khususnya era volvo dg layout rwd, sblm ford akuisisi. versi forum volvosweden bilangnya sih klo nyari tank itu yah ..cr yg msh rwd. dan ini jg jd batas terakhir dr era badak/tank volvo.thestoneroses wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 13:51Wagon-wagon 940 sekarang 9 digit ngeri semua ya om.
Wagon 960, di tebet warna silver, menggoda, cuma ownernya terlalu tajir buat digoda.
Wagon 700 series atau 200 udah tiga titik hitam juga harganya
V70 juga asyik asyik harganya, emang wagon ada kelasnya sendiri yah.
Kalau lihat 850R rasanya mau izin foto sama ownernya he he
volvo era ford..dg fwd/awd..problematik mblnya
volvo era now....sdh main d kelas luxury/hi tech dg reliablity yg jauh dr image tank
850R warna kuning...dg kondisi mesin d bawah dl dulu sempet ngiler mw cb" berani angkut, tapi mgga jadi akhirnya. .
ngga tau kebetulan ato ngga, yg sy temui d luar sana.. user volvo ini banyak jg yg b'asal dr user" senior d peugot.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 446
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
istimewa, mobil nikahan saya ini... dipinjemin si bos...
penuh kenangan dan masih selalu noleh kalau liat...
belum ketemu mobil lain yg jok nya senyaman si ovlov ini...
salut buat reviewnya!
penuh kenangan dan masih selalu noleh kalau liat...
belum ketemu mobil lain yg jok nya senyaman si ovlov ini...
salut buat reviewnya!
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
rumah sekring masih lumayan mulus, dengan sedikit bagian yang meleleh , kayaknya sementara ini standaran saja Om..marmut wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 2:59 maknyusss......
saya salut ini mobil glove box-nya masih utuh, kebanyakan udah pada ambrol entah karena usia, tangan besi, atau entah faktor apa.
tinggal nunggu foto dibalik asbak-nya kaya gimana nih, masih mulus nggak rumah sikringnya...... hehehehe.
*n.b :
per depan dipotong sedikit, turunin 1 inchi aja biar makin mantep pas hi speed. masih aman kok ga bakal mentok kalo light off road.
(kompor)
Wagon harganya bisa 3x-5x lipat sedan ini, Om. Kalau mau yang agak berjiwa muda, kayaknya 740TI cocok Om, pake jenggot, spoiler, big wheel..thestoneroses wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 6:21 Keren om.
Apalagi itu si wagonnya
Emang seri 900 enak-enak ya om. Mau gl banci, turbo, fullspek, exec asik semua yah.
Dulu saya main S90, terus murtad ke perancis sama jerman. Cuman selalu terkenang masa-masa bawa swedia, terus dicap opa-opa.
Terus entah mengapa sekarang racun 740ti bertebaran yah, heran saya jadi banyak unitnya, ha ha
lagi banyak tuh ditawarin di marketplace, malah ada yang low km..
wuih..gak ngikutin siapa neck turner
Om F272 pelihara aja satu atau dua buat mainan anak2..F 272 wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 8:38 Wooow ...keren banget Volvo ini.. barusan tadi siang saya lihat 1 unit warna Hitam mengkilat banget di samping Bogor Permai ...punya owner nya Bogor Permai yang emang Hobby mobil2 klasik macam LC VX80, Mercy 320E Masterpiece, BMW M40, semua dalam kondisi orisinil mengkipa...
Tar kapan2 saya foto ini yah... hehehe...
Tahun berapa itu? Ni di dalam ITB kalau dihitung2 ada sekitar 6 ekor Volvo..
Itu ke tempat wisata Sahejo Park di Walini, Kab. Bandung Barat, perbatasan dengan Purwakarta.
Wajar Om dah berumur, entah mobil seumuran yang kilometernya tinggi, gimana nasib kulit joknya?carl wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 14:06 Ngeliat 960 ini keinget bos2 jaman dulu yang pakenya kalo gak W124 atau Crown ya 960 ini, warnanya item semua..
Dulu di sinetron pernikahan dini, bokapnya Dini (Rudi Salam) ceritanya pake 960 item + supir hehehe kerasa banget aura direkturnya, lebih kerasa dibanding Camry sekarang
Tapi penyakit semua Volvo keknya jok kulitnya pada nyerah sama keringet orang sini + iklimnya Indo
Volvo FWD awal itu memang menggunakan platform baru (kalau tidak salah Volvo P1), lebih canggih dan lebih membutuhkan perhatian dalam merawat dibanding Volvo, tapi lebih irit BBM (FWD dan fuel management lebih baik) dan lebih lapang kabin+bagasinya..menurut pendapat saya masih gak problematik... harus tahu seri-seri apa saja yang perawatannya paling mudah seperti misalnya yang bermesin T5 (5cyl) seperti S80 yang 2.4 N/A atau 2.3 Turbo ... nah kalau yang mesin T6 yang 2.9 6cyl memang kabarnya lebih tinggi tingkat kesulitannya. Jadi memang wajib pilih-pilih yang sesuai Om.jivos wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 15:21 iya um..d segment boxy wagon, volvo realatif msh cukup kuat d kelasnya, khususnya era volvo dg layout rwd, sblm ford akuisisi. versi forum volvosweden bilangnya sih klo nyari tank itu yah ..cr yg msh rwd. dan ini jg jd batas terakhir dr era badak/tank volvo.
volvo era ford..dg fwd/awd..problematik mblnya
volvo era now....sdh main d kelas luxury/hi tech dg reliablity yg jauh dr image tank
850R warna kuning...dg kondisi mesin d bawah dl dulu sempet ngiler mw cb" berani angkut, tapi mgga jadi akhirnya. .
ngga tau kebetulan ato ngga, yg sy temui d luar sana.. user volvo ini banyak jg yg b'asal dr user" senior d peugot.
Minimal modal OBD 2.1 scanner dan software monitoring kesehatan mobilnya, bakal langsung ketahuan penyakitnya ada di mana, (beda dengan Volvo RWD yang harus nebak2 error di mana karena injeksinya kebanyakan masih OBD 1, dan yang OBD 2 pun lebih sulit cari scanner yang pas).
Gabung komunitasnya aja dulu Om...
Sofa berjalan.. bungkus 1 Om.. dah murah koq..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri May 26, 2017 4:35
- Location: Depok
- Daily Vehicle: ANKI 2018
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Ha...ha... saya lulus 97 om.... kayak nya dulu yg punya lily kasoem itu yah... takjub dah dulu lihat nih mobil...
quote=rozanov post_id=1069653 time=1560415848 user_id=46078]
Lihat mobil ini... jadi inget dulu waktu kuliah di bandung... tiap hari bolak balik cisitu ganesha sering banget lihat mobil ini di siliwangi... wow banget waktu itu... keren banget dah...
[/quote]
Tahun berapa itu? Ni di dalam ITB kalau dihitung2 ada sekitar 6 ekor Volvo..
quote=rozanov post_id=1069653 time=1560415848 user_id=46078]
Lihat mobil ini... jadi inget dulu waktu kuliah di bandung... tiap hari bolak balik cisitu ganesha sering banget lihat mobil ini di siliwangi... wow banget waktu itu... keren banget dah...
[/quote]
Tahun berapa itu? Ni di dalam ITB kalau dihitung2 ada sekitar 6 ekor Volvo..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Ngga senior ah om, mantan user peugeot ajajivos wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 15:21
iya um..d segment boxy wagon, volvo realatif msh cukup kuat d kelasnya, khususnya era volvo dg layout rwd, sblm ford akuisisi. versi forum volvosweden bilangnya sih klo nyari tank itu yah ..cr yg msh rwd. dan ini jg jd batas terakhir dr era badak/tank volvo.
volvo era ford..dg fwd/awd..problematik mblnya
volvo era now....sdh main d kelas luxury/hi tech dg reliablity yg jauh dr image tank
850R warna kuning...dg kondisi mesin d bawah dl dulu sempet ngiler mw cb" berani angkut, tapi mgga jadi akhirnya. .
ngga tau kebetulan ato ngga, yg sy temui d luar sana.. user volvo ini banyak jg yg b'asal dr user" senior d peugot.
(ngga sekalian sebut migrasi dari kput ke vokus) haha
Habis merem om, megang peugeot entah 206,505,406 terus pegang volvo
ya merem, alias enak bener ngerawatnya ha ha
Ron Asheton Forever
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1504
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
serius lebih gampang ngerawat Volvo drpd Peugeot om?thestoneroses wrote: ↑Fri Jun 14, 2019 3:39Ngga senior ah om, mantan user peugeot ajajivos wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 15:21
iya um..d segment boxy wagon, volvo realatif msh cukup kuat d kelasnya, khususnya era volvo dg layout rwd, sblm ford akuisisi. versi forum volvosweden bilangnya sih klo nyari tank itu yah ..cr yg msh rwd. dan ini jg jd batas terakhir dr era badak/tank volvo.
volvo era ford..dg fwd/awd..problematik mblnya
volvo era now....sdh main d kelas luxury/hi tech dg reliablity yg jauh dr image tank
850R warna kuning...dg kondisi mesin d bawah dl dulu sempet ngiler mw cb" berani angkut, tapi mgga jadi akhirnya. .
ngga tau kebetulan ato ngga, yg sy temui d luar sana.. user volvo ini banyak jg yg b'asal dr user" senior d peugot.
(ngga sekalian sebut migrasi dari kput ke vokus) haha
Habis merem om, megang peugeot entah 206,505,406 terus pegang volvo
ya merem, alias enak bener ngerawatnya ha ha
saya juga ex user pug 405 (Xu-9 & Xu-10)...sebetulnya masih kepingin pake eropa lg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11041
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
didietkeren wrote: ↑Fri Jun 14, 2019 0:41Wagon harganya bisa 3x-5x lipat sedan ini, Om. Kalau mau yang agak berjiwa muda, kayaknya 740TI cocok Om, pake jenggot, spoiler, big wheel..thestoneroses wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 6:21 Keren om.
Apalagi itu si wagonnya
Emang seri 900 enak-enak ya om. Mau gl banci, turbo, fullspek, exec asik semua yah.
Dulu saya main S90, terus murtad ke perancis sama jerman. Cuman selalu terkenang masa-masa bawa swedia, terus dicap opa-opa.
Terus entah mengapa sekarang racun 740ti bertebaran yah, heran saya jadi banyak unitnya, ha ha
yang pake jenggot GL dan GLE. TI persis seperti 940 mukanya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11041
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
MSU wrote: ↑Fri Jun 14, 2019 4:48serius lebih gampang ngerawat Volvo drpd Peugeot om?thestoneroses wrote: ↑Fri Jun 14, 2019 3:39Ngga senior ah om, mantan user peugeot ajajivos wrote: ↑Thu Jun 13, 2019 15:21
iya um..d segment boxy wagon, volvo realatif msh cukup kuat d kelasnya, khususnya era volvo dg layout rwd, sblm ford akuisisi. versi forum volvosweden bilangnya sih klo nyari tank itu yah ..cr yg msh rwd. dan ini jg jd batas terakhir dr era badak/tank volvo.
volvo era ford..dg fwd/awd..problematik mblnya
volvo era now....sdh main d kelas luxury/hi tech dg reliablity yg jauh dr image tank
850R warna kuning...dg kondisi mesin d bawah dl dulu sempet ngiler mw cb" berani angkut, tapi mgga jadi akhirnya. .
ngga tau kebetulan ato ngga, yg sy temui d luar sana.. user volvo ini banyak jg yg b'asal dr user" senior d peugot.
(ngga sekalian sebut migrasi dari kput ke vokus) haha
Habis merem om, megang peugeot entah 206,505,406 terus pegang volvo
ya merem, alias enak bener ngerawatnya ha ha
saya juga ex user pug 405 (Xu-9 & Xu-10)...sebetulnya masih kepingin pake eropa lg
tergantung peugeot seri berapa dibandingkan dengan volvo yang mana.
saya dulu piara renault 18 TL sama peugeot 505 GR. disaat yang bersamaan pernah pake 504 '76 juga. belum lama ini sempet pake 405 STi beberapa bulan.
kalo dibandingin sama volvo 740 dan 940 (terutama untuk urusan mesin), volvo jauh lebih gampang beresinnya. apalagi buat pemula kaya saya, pertama kali nanganin volvo kok sepertinya hampir ngga ada kendala yang berarti, beda waktu masih ngurus renault & peugeot. ada aja kendala dan trik yang bikin pening.
nah, volvo mulai yang whiteblock engine itu yang agak-agak bikin sakit gigi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
salfok ama profile pic nya si om didietkeren,
itu kawak ZX130 kah ?
kalo iya masih punya ZX130 semulus itu, berarti bener2 telaten ngerawat barang neh...
itu kawak ZX130 kah ?
kalo iya masih punya ZX130 semulus itu, berarti bener2 telaten ngerawat barang neh...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Kalau saya sih iya, dulu juga D9 saya masih Xu mesinnya belom ew. Agak minta diperhatiin juga kan itu, saya murtadnya ke S90.
Melewess joss lah, bedanya d9 ngerawat di beres tebet jaman wayan, kalau sweden di bengkel depan kuburan. Sayangnya baik beres pug tebet atau bengkel depan kuburan udah nga ada semua, lagian mekanik beredar banyak mas. Harusnya kalo ambil redblock mah gampang yah
Sekarang saya megang jerman aja, lagi jenuh mau kemana-kemana mainnya he
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Review Volvo 960 GL (1994), sedan mewah,harga murah,perawatan mudah (mobil menteri dan direktur di jamannya)
Om 504' nya matic bukan warna cokelat?marmut wrote: ↑Fri Jun 14, 2019 6:25
tergantung peugeot seri berapa dibandingkan dengan volvo yang mana.
saya dulu piara renault 18 TL sama peugeot 505 GR. disaat yang bersamaan pernah pake 504 '76 juga. belum lama ini sempet pake 405 STi beberapa bulan.
kalo dibandingin sama volvo 740 dan 940 (terutama untuk urusan mesin), volvo jauh lebih gampang beresinnya. apalagi buat pemula kaya saya, pertama kali nanganin volvo kok sepertinya hampir ngga ada kendala yang berarti, beda waktu masih ngurus renault & peugeot. ada aja kendala dan trik yang bikin pening.
nah, volvo mulai yang whiteblock engine itu yang agak-agak bikin sakit gigi.
Kalau om marmut pemula, saya handai toladan aja...
Ron Asheton Forever