Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by diveblues »

marmut wrote: Mon Jun 10, 2019 5:17
Turboman wrote: Mon Jun 10, 2019 2:13

kalo saya ganti oli ke bengkel biasa saya bawa :

Degreaser buat bersihkan baut pembuangan oli

Teflon tape utk jaga2 jika bengkel-nya gak punya, utk dililitin ke baut pembuangan oli

teflon tape dengan seal tape yang biasa buat pipa pvc sama atawa beda?
apa nggak mending ganti ring tembaga / ring almunium-nya aja om? lebih elok dilihat.....
kalo saya cari ukuran ring-nya, kalo ukuran 14 ada banyak tuh yg jual ring aluminium di toped. Di jazz selalu pake ring ini, selain simple juga aman gak pernah bocor asal torsi pengencangan baut oli nya pas.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

zzzprince wrote:
Turboman wrote: Mon Jun 10, 2019 1:16
zzzprince wrote:Semenjak ptt ngeluarin 0w-20, baiknya calya ttp stick 5w-30 atau balik ke 0w-20 om turbo? Suhu mesin 92-98 deg celcius
Kalo LCGC sih saya prefer buntut 30 ya karena banyak LCGC ukuran radiator nya pas2 an
Kalo boleh tau pertimbanganya om turbo sarankan pake buntut 30 apa om? Apakah dari segi penguapan atau kemampuan oli untuk meredam panas?
Kalau dari penguapan, sejauh ini blm nemuin kasus oli nguap di 2 unit calya saya selama pakai 0w20 shell/q8
Oh ya radiatornya calya mmg kecil sekali, suhu mesin jg relatif tinggi antara 92-98 deg celcius
yo wes kalo selama ini no issue ya go ahead

kalo saya pribadi sih agak was2 jika ukuran radiator pas2 an en suhu coolant tinggi......suhu oli biasa setara suhu coolant jika jalan normal (pernah ukur pake Oil Temp gauge)......kalo geber RPM tinggi suhu oli akan naik lagi........hehehe



* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DOHC »

zzzprince wrote: Tue Jun 11, 2019 12:44
Turboman wrote: Mon Jun 10, 2019 1:16
zzzprince wrote:Semenjak ptt ngeluarin 0w-20, baiknya calya ttp stick 5w-30 atau balik ke 0w-20 om turbo? Suhu mesin 92-98 deg celcius
Kalo LCGC sih saya prefer buntut 30 ya karena banyak LCGC ukuran radiator nya pas2 an
Kalo boleh tau pertimbanganya om turbo sarankan pake buntut 30 apa om? Apakah dari segi penguapan atau kemampuan oli untuk meredam panas?
Kalau dari penguapan, sejauh ini blm nemuin kasus oli nguap di 2 unit calya saya selama pakai 0w20 shell/q8
Oh ya radiatornya calya mmg kecil sekali, suhu mesin jg relatif tinggi antara 92-98 deg celcius
Buset itu 92-98 suhu kerja coolant nya om, tinggi amat.. lipindut yg kisaran 93an aj ud super nyiksa oli (despite kapasitas radiator yg ckup gede) apalagi ntuh ampe 98..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bembenk95 »

DOHC wrote:
zzzprince wrote: Tue Jun 11, 2019 12:44
Turboman wrote: Mon Jun 10, 2019 1:16 Kalo LCGC sih saya prefer buntut 30 ya karena banyak LCGC ukuran radiator nya pas2 an
Kalo boleh tau pertimbanganya om turbo sarankan pake buntut 30 apa om? Apakah dari segi penguapan atau kemampuan oli untuk meredam panas?
Kalau dari penguapan, sejauh ini blm nemuin kasus oli nguap di 2 unit calya saya selama pakai 0w20 shell/q8
Oh ya radiatornya calya mmg kecil sekali, suhu mesin jg relatif tinggi antara 92-98 deg celcius
Buset itu 92-98 suhu kerja coolant nya om, tinggi amat.. lipindut yg kisaran 93an aj ud super nyiksa oli (despite kapasitas radiator yg ckup gede) apalagi ntuh ampe 98..
Kalo di G4EE ane, temp air radiator 90 C kalo cruising & Sensor temp oli 104. Di read dari OBD Link. Ane pakai 0w20 Q8. Pas 9K mesin dah kerasa berat.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by josomba »

DOHC wrote: Wed Jun 12, 2019 1:26
Buset itu 92-98 suhu kerja coolant nya om, tinggi amat.. lipindut yg kisaran 93an aj ud super nyiksa oli (despite kapasitas radiator yg ckup gede) apalagi ntuh ampe 98..
Lio ogut dulu kalau siang bolong suhu coolant 98-103 deg C, kalau malam 89-92 deg C om.... :wkkk:
Apa radiator dah mulai tanda2 rusak entah deh ga pernah gitu peduli ama ntuh mobil pas ane piara
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

josomba wrote:
DOHC wrote: Wed Jun 12, 2019 1:26
Buset itu 92-98 suhu kerja coolant nya om, tinggi amat.. lipindut yg kisaran 93an aj ud super nyiksa oli (despite kapasitas radiator yg ckup gede) apalagi ntuh ampe 98..
Lio ogut dulu kalau siang bolong suhu coolant 98-103 deg C, kalau malam 89-92 deg C om.... :wkkk:
Apa radiator dah mulai tanda2 rusak entah deh ga pernah gitu peduli ama ntuh mobil pas ane piara
memang biasanya suhu coolant mesin bensin di sekitaran 90 deg C

kalo siang melejit jadi 98 C tanda radiator nya udah gak mampu lagi membuang panas ke udara

Kalo mau iseng coba =

Ganjal mur di pangkal kap mesin kanan - kiri, biar ada celah dikit di pangkal kap mesin di bawah wind shield

jika suhu coolant ada turun dikit yaa...........

* Bukan ajakan Beli *
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by W42d »

Mau share sekalian nanya om. Brio ane pasang obd reader n rata2 suhu coolant nya kalo dlm kota siang2 90-96 deg. Lancar di tol 82-83 deg. Kalo malem di dlm kota dgn jalanan yg lbh lancar dan gaya mengemudi yg santai (biarin mobil shift up biasa di 2k rpm) itu suhu coolant bisa nembus 100 deg. Ane jadi bingung. Bensin pake vpower. Apakah dengan suhu rata2 yg lmyn tinggi ini perlu mempercepat pergantian oli juga? Biasa pake q8 0w20 sampe 7,500-8,000 k.
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by diveblues »

Turboman wrote: Wed Jun 12, 2019 5:30
josomba wrote:
DOHC wrote: Wed Jun 12, 2019 1:26
Buset itu 92-98 suhu kerja coolant nya om, tinggi amat.. lipindut yg kisaran 93an aj ud super nyiksa oli (despite kapasitas radiator yg ckup gede) apalagi ntuh ampe 98..
Lio ogut dulu kalau siang bolong suhu coolant 98-103 deg C, kalau malam 89-92 deg C om.... :wkkk:
Apa radiator dah mulai tanda2 rusak entah deh ga pernah gitu peduli ama ntuh mobil pas ane piara
memang biasanya suhu coolant mesin bensin di sekitaran 90 deg C

kalo siang melejit jadi 98 C tanda radiator nya udah gak mampu lagi membuang panas ke udara

Kalo mau iseng coba =

Ganjal mur di pangkal kap mesin kanan - kiri, biar ada celah dikit di pangkal kap mesin di bawah wind shield

jika suhu coolant ada turun dikit yaa...........
kalo pengaturan suhu coolant dari ecu (biasanya mobil keluaran baru), bisa dilakukan remap om. Tapi tergantung temperatur kerja dari thermostat-nya juga.
Jadi bisa dirubah di temperatur berapa kipas radiator akan bekerja
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by adityabp »

DOHC wrote: Wed Jun 12, 2019 1:26
zzzprince wrote: Tue Jun 11, 2019 12:44
Turboman wrote: Mon Jun 10, 2019 1:16 Kalo LCGC sih saya prefer buntut 30 ya karena banyak LCGC ukuran radiator nya pas2 an
Kalo boleh tau pertimbanganya om turbo sarankan pake buntut 30 apa om? Apakah dari segi penguapan atau kemampuan oli untuk meredam panas?
Kalau dari penguapan, sejauh ini blm nemuin kasus oli nguap di 2 unit calya saya selama pakai 0w20 shell/q8
Oh ya radiatornya calya mmg kecil sekali, suhu mesin jg relatif tinggi antara 92-98 deg celcius
Buset itu 92-98 suhu kerja coolant nya om, tinggi amat.. lipindut yg kisaran 93an aj ud super nyiksa oli (despite kapasitas radiator yg ckup gede) apalagi ntuh ampe 98..
Ya wajarlah, lha wong radiatornya lebih kecil daripada carry 1000cc, lebh tipis pulak.
:mky_01:
Mesti tambah extrafan sih kalo mo aman.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Leonhart »

Cara tau suhu coolant gmn om ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

Leonhart wrote:Cara tau suhu coolant gmn om ?
OBD2 reader
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DOHC »

wah kl gt mobil2 kelas cc imut2 jaman skrg pd panas2 ya, itu dl lipindut ane diukur pake OBD nya autodyne, pas abis digeber2 di gunsa aj seinget ane ga lewat 100, dan stelah idle beberapa menit, jd 93.. dan itu aj sukses jd mobil ane yg doyan nyiksa oli.. padahal kapasitas coolant tuh mobil lmayan gede utk ukuran 1500cc (kurleb 4.5 liter di tap dr bawah radiator+ reservoir)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by iwing »

apa mungkin karena kisi2 radiator pada kotor ya sehingga suhu nya bisa sampe segitu. kalo cuci mobil mungkin sebaiknya kisi2 radiator di semprot air bertekanan (gak terlalu tinggi) dari arah depan. kali aja bisa turun suhu nya
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by bepe »

Cobain coolant nya dokter mobil, cukup signifikan di mobil sy.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by josomba »

iwing wrote: Fri Jun 14, 2019 2:16 apa mungkin karena kisi2 radiator pada kotor ya sehingga suhu nya bisa sampe segitu. kalo cuci mobil mungkin sebaiknya kisi2 radiator di semprot air bertekanan (gak terlalu tinggi) dari arah depan. kali aja bisa turun suhu nya
Dulu sih mayan rajin bersihin kisi radiator n kondensor sih om.... tp entah kenapa lio ane kek gitu dulu. lio kawan sih 95-98 biasanya kalau siang2.
bepe wrote: Fri Jun 14, 2019 2:39 Cobain coolant nya dokter mobil, cukup signifikan di mobil sy.
Dari biasanya berapa jadi berapa om?


===Mohon maap untuk mbah moderator jadi ngomongin coolant sedikit.
Image
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by streetrod60 »

lupa pernah nanya di forum ini apa belum. Kalo udah pernah, maapkeun yak :
Jika ada oli merk sama, spec anggap lah sama, tapi Viscositas berbeda :
5W-30, 5W-40, 5W-50. manakah yang menurut om om sekalian paling "Performa"? maksudnya yang lebih tahan siksaan ketika mesin panas, digeber, dll.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by josomba »

streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 4:34 lupa pernah nanya di forum ini apa belum. Kalo udah pernah, maapkeun yak :
Jika ada oli merk sama, spec anggap lah sama, tapi Viscositas berbeda :
5W-30, 5W-40, 5W-50. manakah yang menurut om om sekalian paling "Performa"? maksudnya yang lebih tahan siksaan ketika mesin panas, digeber, dll.
Coba ketiganya, tiap ganti setelah sekian ribu km (misal masing2 tes 9k KM) dari masing2 oli test lab. Mana yg paling banyak wear metalsnya berarti ntuh oli dengan visko paling bapuk atau ga cocok dengan mesin. Cmiiw
Image
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by epevert »

streetrod60 wrote:lupa pernah nanya di forum ini apa belum. Kalo udah pernah, maapkeun yak :
Jika ada oli merk sama, spec anggap lah sama, tapi Viscositas berbeda :
5W-30, 5W-40, 5W-50. manakah yang menurut om om sekalian paling "Performa"? maksudnya yang lebih tahan siksaan ketika mesin panas, digeber, dll.
Cuma pernah rasain 10/40 dan 5/40 aja disiksa sampai lebih dr 20rb KM ga ganti oli...ga pake test lab...cuma yg pasti sampai kM 280k mbl saya masih baik2 aja jeroannya..

Tapi ada temen thn lalu r3 pake oli sgp sampai 18rb KM..turun mesin krn oli jd sludge smua kebakar habis...padahal blm 50rb Km umur mobilnya untung ada gudwill dr beres....
gust1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 05, 2018 5:30
Location: surabaya
Daily Vehicle: motorbike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by gust1 »

DOHC wrote:Btw hr15de sebenernya kl mau ngikutin level dipstick, ga ampe 3 liter pas loh.. 2.8 aj ud kena level atas, kl ga ganti filter, 2.5 lebi dikit jg ud kena level atas..

Btw dl slama pliara lipina ane ga perna kasi oli bawaan nya.. slalu oli branded dan ganti di odo 7-8000 an km max, soalnya suara nya ud garing bgt kya panty 4ja1 ane.. ganti seal head ama busi di odo 120 rebu, masi kinclong dalemannya


Yg aneh tuh ipah bensin ane, mesin cuman 2000 cc, ganti oli ud ampe 5.5 liter, panther aj cuman 4.5 pdahal 2500cc.. kl 2KD lebi gokil lg, ud kaya lg ganti oli enjin2 V8 HEMi
Biasanya pk oli apa om lipinanya? Sementara ini lipina 2013 Saya pk Astra shell 10w-30 di SND karena promo beli 2 gratis 2[emoji16]
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by supriyadi »

gust1 wrote: Fri Jun 14, 2019 5:39
DOHC wrote:Btw hr15de sebenernya kl mau ngikutin level dipstick, ga ampe 3 liter pas loh.. 2.8 aj ud kena level atas, kl ga ganti filter, 2.5 lebi dikit jg ud kena level atas..

Btw dl slama pliara lipina ane ga perna kasi oli bawaan nya.. slalu oli branded dan ganti di odo 7-8000 an km max, soalnya suara nya ud garing bgt kya panty 4ja1 ane.. ganti seal head ama busi di odo 120 rebu, masi kinclong dalemannya


Yg aneh tuh ipah bensin ane, mesin cuman 2000 cc, ganti oli ud ampe 5.5 liter, panther aj cuman 4.5 pdahal 2500cc.. kl 2KD lebi gokil lg, ud kaya lg ganti oli enjin2 V8 HEMi
Biasanya pk oli apa om lipinanya? Sementara ini lipina 2013 Saya pk Astra shell 10w-30 di SND karena promo beli 2 gratis 2[emoji16]
Bantu jawab. Kalo mau enteng tarikan pake Total Quart 9000 sae5w30, tapi pas km 7rban mulai berat. Mesin halus. Sudah pake 2x ganti di km 8rban. Sekarang pake PTT Perfomance sae 5w30 kebetulan ada promo 4 botol cuma 300 rb, tarikan agak berat bensin agak boros dibanding pake Total Quartz
Bukan sales Total cuma pernah pake aja, tidak ada maksud menjekekkan PTT
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by streetrod60 »

streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 4:34 lupa pernah nanya di forum ini apa belum. Kalo udah pernah, maapkeun yak :
Jika ada oli merk sama, spec anggap lah sama, tapi Viscositas berbeda :
5W-30, 5W-40, 5W-50. manakah yang menurut om om sekalian paling "Performa"? maksudnya yang lebih tahan siksaan ketika mesin panas, digeber, dll.
Mungkin kurang jelas arah pertanyaan saya kenapa nanya gini, saya nanya gini karena kan aslinya mobil saya di manual book tertulis 5W40 (Buat mobil gak di modif). waktu mau ganti oli, ex mekanik bengkel resmi saya bilang: kalo buat mobil-mobil merk mobil saya yang udah di modif, sekarang merk castrol udah keluarin tipe oli yang sama dengan viskositas 5W 50.

Nah yang saya pahami dari viskositas oli kan misalnya 5W 40 = Kekentalan 5 ketika Winter, dan 40 ketika Mesin Panas? bener kan ya?
Makin tinggi angka berarti makin kental?

Nah kalo gitu, kalo mobil yang udah upgrade performa bukannya harus pake yang lebih encer? berarti harusnya 5W30? Kenapa mekanik saya sarankan untuk mobil yang udah upgrade performa nya pake nya malah 5W50 ya?
Mohon pencerahan dong om sekalian... :D
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by josomba »

streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 7:04
Mungkin kurang jelas arah pertanyaan saya kenapa nanya gini, saya nanya gini karena kan aslinya mobil saya di manual book tertulis 5W40 (Buat mobil gak di modif). waktu mau ganti oli, ex mekanik bengkel resmi saya bilang: kalo buat mobil-mobil merk mobil saya yang udah di modif, sekarang merk castrol udah keluarin tipe oli yang sama dengan viskositas 5W 50.

Nah yang saya pahami dari viskositas oli kan misalnya 5W 40 = Kekentalan 5 ketika Winter, dan 40 ketika Mesin Panas? bener kan ya?
Makin tinggi angka berarti makin kental?

Nah kalo gitu, kalo mobil yang udah upgrade performa bukannya harus pake yang lebih encer? berarti harusnya 5W30? Kenapa mekanik saya sarankan untuk mobil yang udah upgrade performa nya pake nya malah 5W50 ya?
Mohon pencerahan dong om sekalian... :D
Sebenernya yg dikejar HTHS-nya sih om seraya meningkatnya modif/upgrade performa mobil....

Mungkin bisa baca2 di BITOG sering dibahas, salah satunya disini https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... er=1229927

CMIIW.....Mbah Turboman jauh lebih kredibel untuk jelasin sih nih...
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

streetrod60 wrote:
streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 4:34 lupa pernah nanya di forum ini apa belum. Kalo udah pernah, maapkeun yak :
Jika ada oli merk sama, spec anggap lah sama, tapi Viscositas berbeda :
5W-30, 5W-40, 5W-50. manakah yang menurut om om sekalian paling "Performa"? maksudnya yang lebih tahan siksaan ketika mesin panas, digeber, dll.
Mungkin kurang jelas arah pertanyaan saya kenapa nanya gini, saya nanya gini karena kan aslinya mobil saya di manual book tertulis 5W40 (Buat mobil gak di modif). waktu mau ganti oli, ex mekanik bengkel resmi saya bilang: kalo buat mobil-mobil merk mobil saya yang udah di modif, sekarang merk castrol udah keluarin tipe oli yang sama dengan viskositas 5W 50.

Nah yang saya pahami dari viskositas oli kan misalnya 5W 40 = Kekentalan 5 ketika Winter, dan 40 ketika Mesin Panas? bener kan ya?
Makin tinggi angka berarti makin kental?

Nah kalo gitu, kalo mobil yang udah upgrade performa bukannya harus pake yang lebih encer? berarti harusnya 5W30? Kenapa mekanik saya sarankan untuk mobil yang udah upgrade performa nya pake nya malah 5W50 ya?
Mohon pencerahan dong om sekalian... :D
Kalo sering RPM tinggi = suhu oli makin panas

kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat

ini utk mesin Bensin / Diesel ?

Boost brp bar ?
* Bukan ajakan Beli *
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by streetrod60 »

Turboman wrote: Fri Jun 14, 2019 7:28
streetrod60 wrote:
streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 4:34 lupa pernah nanya di forum ini apa belum. Kalo udah pernah, maapkeun yak :
Jika ada oli merk sama, spec anggap lah sama, tapi Viscositas berbeda :
5W-30, 5W-40, 5W-50. manakah yang menurut om om sekalian paling "Performa"? maksudnya yang lebih tahan siksaan ketika mesin panas, digeber, dll.
Mungkin kurang jelas arah pertanyaan saya kenapa nanya gini, saya nanya gini karena kan aslinya mobil saya di manual book tertulis 5W40 (Buat mobil gak di modif). waktu mau ganti oli, ex mekanik bengkel resmi saya bilang: kalo buat mobil-mobil merk mobil saya yang udah di modif, sekarang merk castrol udah keluarin tipe oli yang sama dengan viskositas 5W 50.

Nah yang saya pahami dari viskositas oli kan misalnya 5W 40 = Kekentalan 5 ketika Winter, dan 40 ketika Mesin Panas? bener kan ya?
Makin tinggi angka berarti makin kental?

Nah kalo gitu, kalo mobil yang udah upgrade performa bukannya harus pake yang lebih encer? berarti harusnya 5W30? Kenapa mekanik saya sarankan untuk mobil yang udah upgrade performa nya pake nya malah 5W50 ya?
Mohon pencerahan dong om sekalian... :D
Kalo sering RPM tinggi = suhu oli makin panas

kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat

ini utk mesin Bensin / Diesel ?

Boost brp bar ?
kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat<<< maksudnya angka buntut viskositas oli nya? misalnya normalnya 5w40 jadi ke5w50? saya awam banget beginian. Btw mobil ane masih Std sih, cuman nambah Tuning box aja. mekanik saya cuman bilang gitu pas saya mau ganti Oli yang biasanya 5W40. Soalnya pas dia saya tanya kenapa begitu, diem aj. Makin penasaran/

Berarti bener dong yak kata mekanik ane..soalnya selama ini logika saya, makin performa mesin/upgrade mesin dari mesin standar, butuh oli yang lebih encer, biar makin cepet sirkulasi nya. Kalo biasanya pake 5W40, jadi nya harus pake ke 5W30 biar encer dan oli makin cepet bersirkulasi<<<< gak gini yak? :D
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by josomba »

streetrod60 wrote: Fri Jun 14, 2019 7:41
kalo upgrade Turbo & boost gede = angka buntut naik 1 tingkat<<< maksudnya angka buntut viskositas oli nya? misalnya normalnya 5w40 jadi ke5w50? saya awam banget beginian. Btw mobil ane masih Std sih, cuman nambah Tuning box aja. mekanik saya cuman bilang gitu pas saya mau ganti Oli yang biasanya 5W40. Soalnya pas dia saya tanya kenapa begitu, diem aj. Makin penasaran/

Berarti bener dong yak kata mekanik ane..soalnya selama ini logika saya, makin performa mesin/upgrade mesin dari mesin standar, butuh oli yang lebih encer, biar makin cepet sirkulasi nya. Kalo biasanya pake 5W40, jadi nya harus pake ke 5W30 biar encer dan oli makin cepet bersirkulasi<<<< gak gini yak? :D
Tuning box tuh apa ya om? Dastek gitu atau "alat" colok OBD?
Image