Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1432
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mike22 »

samkenny95 wrote: Fri May 10, 2019 21:06 Pengalaman di beres T semarang, tepatnya di kaligawe
Mobil dr lahir sampe 2017 lalu dijual, kilometer terakhir klo gak salah inget 277rban always servis disono. Gak ada 1 part pun yg ganti diluar bengkel resmi (kecuali ban n aki prnh beli 1x di SnD)
Gak pernah ada keluhan sama sekali dgn pelayanannya, dr kilometer 0 sampe 277rb jg oli selalu TMO 10w40 ganti per 10rb. Ini emang servisnya yg bagus apa emang mobilnya yg badak? 🤣
Mobil satunya kadang servis disono cm utk kasus lmyn berat aja spt; ganti seal cover valve, bearing roda, dll juga gak pernah ada keluhan. Apa gara2 udah sohib sama SA dan tu mekanik ane tongkrongin disebelahnya ye? 🤣
Emg cap T badak kl itu mah
samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Thu Apr 07, 2016 17:42

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by samkenny95 »

mike22 wrote: Fri May 10, 2019 23:25
samkenny95 wrote: Fri May 10, 2019 21:06 Pengalaman di beres T semarang, tepatnya di kaligawe
Mobil dr lahir sampe 2017 lalu dijual, kilometer terakhir klo gak salah inget 277rban always servis disono. Gak ada 1 part pun yg ganti diluar bengkel resmi (kecuali ban n aki prnh beli 1x di SnD)
Gak pernah ada keluhan sama sekali dgn pelayanannya, dr kilometer 0 sampe 277rb jg oli selalu TMO 10w40 ganti per 10rb. Ini emang servisnya yg bagus apa emang mobilnya yg badak? 🤣
Mobil satunya kadang servis disono cm utk kasus lmyn berat aja spt; ganti seal cover valve, bearing roda, dll juga gak pernah ada keluhan. Apa gara2 udah sohib sama SA dan tu mekanik ane tongkrongin disebelahnya ye? 🤣
Emg cap T badak kl itu mah
Diluar badaknya T, kayaknya emg karena kebiasaan ane tongkrongin disebelah mekanik pas kerja. Jd dia mgkn mau macem2 jd takut 🤣 dan lg ane jg kenal baik sama SAnya 😝
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by andyez86 »

samkenny95 wrote: Sat May 11, 2019 3:08
mike22 wrote: Fri May 10, 2019 23:25
samkenny95 wrote: Fri May 10, 2019 21:06 Pengalaman di beres T semarang, tepatnya di kaligawe
Mobil dr lahir sampe 2017 lalu dijual, kilometer terakhir klo gak salah inget 277rban always servis disono. Gak ada 1 part pun yg ganti diluar bengkel resmi (kecuali ban n aki prnh beli 1x di SnD)
Gak pernah ada keluhan sama sekali dgn pelayanannya, dr kilometer 0 sampe 277rb jg oli selalu TMO 10w40 ganti per 10rb. Ini emang servisnya yg bagus apa emang mobilnya yg badak? 🤣
Mobil satunya kadang servis disono cm utk kasus lmyn berat aja spt; ganti seal cover valve, bearing roda, dll juga gak pernah ada keluhan. Apa gara2 udah sohib sama SA dan tu mekanik ane tongkrongin disebelahnya ye? 🤣
Emg cap T badak kl itu mah
Diluar badaknya T, kayaknya emg karena kebiasaan ane tongkrongin disebelah mekanik pas kerja. Jd dia mgkn mau macem2 jd takut 🤣 dan lg ane jg kenal baik sama SAnya 😝
itu kabeng Nas T Kaligawe yg skrg pak Arief orgnya baik itu.....dlu nya di solo...hhhahha....
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sandal »

Konsumen pengguna mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) adalah konsumen yang mempertimbangkan kemurahan komoditas berkendaranya. Ternyata, biaya perawatan mobil juga menjadi pertimbangan konsumen LCGC.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang membawahi merek Datsun di Indonesia memiliki sejumlah model mobil LCGC di line-upnya. PT NMI melihat banyak pengguna mobil LCGC yang malas melakukan servis di bengkel resmi. Bahkan konsumen yang masih memiliki masa garansi servis pun tidak melakukan servis di bengkel resminya.

"Kami melihat banyak pengguna LCGC, tidak hanya datsun, mereka tidak ke bengkel resmi walaupun masih masa garansi. Mungkin mereka servis di luar bengkel resmi," ujar Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi di Jakarta, Senin lalu (27/5). Sekiguchi mengatakan, normalnya 80-90 persen konsumen akan kembali ke bengkel resmi untuk melakukan servis. Tapi di Datsun, mobil berumur satu tahun yang servis di bengkel resmi masih di bawah 90 persen. Sedangkan mobil yang berumur lebih dari setahun angka servis di bengkel resmi menurun hingga dibawah 70 persen.

"Mungkin angkanya sama dengan merek lain khususnya LCGC," ujar Sekiguchi.

Menurutnya, servis mobil di luar bengkel resmi akan terdapat kemungkinan pemakaian suku cadang yang tidak asli. Resikonya jika tidak menggunakan suku cadang asli bisa membuat mobil bermasalah dalam jangka waktu tertentu. Apalagi dalam kondisi musim mudik lebaran seperti saat ini, performa ketahanan mobil sangatlah dibutuhkan.

"Sehingga pada akhirnya pengeluaran lebih besar. Jadi rekomendasinya datang ke bengkel resmi untuk cek, biarkan teknisi yang cek supaya perjalanan lebih aman dan nyaman. karena kondisi itu bikin mobil lebih awet," tutupnya.
Sumber : https://otodriver.com/article/view/dats ... obSD9tUtsw

Any thoughts on this? [emo-police]
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1836
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by MSU »

sandal wrote: Fri May 31, 2019 21:21
Konsumen pengguna mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) adalah konsumen yang mempertimbangkan kemurahan komoditas berkendaranya. Ternyata, biaya perawatan mobil juga menjadi pertimbangan konsumen LCGC.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang membawahi merek Datsun di Indonesia memiliki sejumlah model mobil LCGC di line-upnya. PT NMI melihat banyak pengguna mobil LCGC yang malas melakukan servis di bengkel resmi. Bahkan konsumen yang masih memiliki masa garansi servis pun tidak melakukan servis di bengkel resminya.

"Kami melihat banyak pengguna LCGC, tidak hanya datsun, mereka tidak ke bengkel resmi walaupun masih masa garansi. Mungkin mereka servis di luar bengkel resmi," ujar Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi di Jakarta, Senin lalu (27/5). Sekiguchi mengatakan, normalnya 80-90 persen konsumen akan kembali ke bengkel resmi untuk melakukan servis. Tapi di Datsun, mobil berumur satu tahun yang servis di bengkel resmi masih di bawah 90 persen. Sedangkan mobil yang berumur lebih dari setahun angka servis di bengkel resmi menurun hingga dibawah 70 persen.

"Mungkin angkanya sama dengan merek lain khususnya LCGC," ujar Sekiguchi.

Menurutnya, servis mobil di luar bengkel resmi akan terdapat kemungkinan pemakaian suku cadang yang tidak asli. Resikonya jika tidak menggunakan suku cadang asli bisa membuat mobil bermasalah dalam jangka waktu tertentu. Apalagi dalam kondisi musim mudik lebaran seperti saat ini, performa ketahanan mobil sangatlah dibutuhkan.

"Sehingga pada akhirnya pengeluaran lebih besar. Jadi rekomendasinya datang ke bengkel resmi untuk cek, biarkan teknisi yang cek supaya perjalanan lebih aman dan nyaman. karena kondisi itu bikin mobil lebih awet," tutupnya.
Sumber : https://otodriver.com/article/view/dats ... obSD9tUtsw

Any thoughts on this? [emo-police]
Orang jepang ini koq malah buka2 rahasia wkwk....merk sebelah kan jd tau
Beres image-nya ya mahal.. parts paling fast moving yang dicari ya oli & jaman digital ini gampang sekali dicari di luar beres
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by P47hos »

sandal wrote: Fri May 31, 2019 21:21
Konsumen pengguna mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) adalah konsumen yang mempertimbangkan kemurahan komoditas berkendaranya. Ternyata, biaya perawatan mobil juga menjadi pertimbangan konsumen LCGC.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang membawahi merek Datsun di Indonesia memiliki sejumlah model mobil LCGC di line-upnya. PT NMI melihat banyak pengguna mobil LCGC yang malas melakukan servis di bengkel resmi. Bahkan konsumen yang masih memiliki masa garansi servis pun tidak melakukan servis di bengkel resminya.

"Kami melihat banyak pengguna LCGC, tidak hanya datsun, mereka tidak ke bengkel resmi walaupun masih masa garansi. Mungkin mereka servis di luar bengkel resmi," ujar Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi di Jakarta, Senin lalu (27/5). Sekiguchi mengatakan, normalnya 80-90 persen konsumen akan kembali ke bengkel resmi untuk melakukan servis. Tapi di Datsun, mobil berumur satu tahun yang servis di bengkel resmi masih di bawah 90 persen. Sedangkan mobil yang berumur lebih dari setahun angka servis di bengkel resmi menurun hingga dibawah 70 persen.

"Mungkin angkanya sama dengan merek lain khususnya LCGC," ujar Sekiguchi.

Menurutnya, servis mobil di luar bengkel resmi akan terdapat kemungkinan pemakaian suku cadang yang tidak asli. Resikonya jika tidak menggunakan suku cadang asli bisa membuat mobil bermasalah dalam jangka waktu tertentu. Apalagi dalam kondisi musim mudik lebaran seperti saat ini, performa ketahanan mobil sangatlah dibutuhkan.

"Sehingga pada akhirnya pengeluaran lebih besar. Jadi rekomendasinya datang ke bengkel resmi untuk cek, biarkan teknisi yang cek supaya perjalanan lebih aman dan nyaman. karena kondisi itu bikin mobil lebih awet," tutupnya.
Sumber : https://otodriver.com/article/view/dats ... obSD9tUtsw

Any thoughts on this? [emo-police]
Syukur klo servis diluar. Lha klo ngga diservis2, ganti oli cuma klo ingat. Mobil baru 2-3 tahun tp sudah ancur2an. Padahal klo masih garansi lebih baik di beres dgn catatan kita harus pinter2 lihat work list nya. Yg ga perlu lgs coret jadi biayanya ga membengkak.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by dizco »

Di luar cilukba biaya siluman extra di work list, biaya servis di beres juga makin nggak realistis

Terakhir saya ganti satu set mounting mesin & transmisi mobil kantor di bengkel toyota cap N di jogja, harga mounting sejutaan, biaya pasang sekitar 2 juta (sudah diskon), waktu pengerjaan 3 jam saja hahaha
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by vinchazz »

Biaya lebih mahal dari sparepart.
Sepertinya praktek seperti ini semakin lumrah ya.
Dulu saya juga mau kena seperti ini di Honda.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1645
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

dizco wrote: Sat Jun 01, 2019 3:48 Di luar cilukba biaya siluman extra di work list, biaya servis di beres juga makin nggak realistis

Terakhir saya ganti satu set mounting mesin & transmisi mobil kantor di bengkel toyota cap N di jogja, harga mounting sejutaan, biaya pasang sekitar 2 juta (sudah diskon), waktu pengerjaan 3 jam saja hahaha
Biaya ganti filsol di a*k 223.000 :big_dunno:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by marmut »

vinchazz wrote: Sat Jun 01, 2019 5:04 Biaya lebih mahal dari sparepart.
Sepertinya praktek seperti ini semakin lumrah ya.
Dulu saya juga mau kena seperti ini di Honda.

contoh soal ganti 1 baut roda yang slek/patah, harga baut roda 1 pasang (misal) 50-75 ribu, bongkar pasangnya musti buka hub. ya mau nggak mau kena jasa sama seperti ganti bearing roda.

contoh 1 lagi mau ganti clutch release bearing saja, tetep kena biaya ganti plat kopling karena musti lepas girboks.

jadi musti diliat kasus per kasus, belum tentu biaya di BeRes lebih mahal dan biaya di non BeRes lebih murah.
User avatar
B3M0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
Location: Bogor Kota
Daily Vehicle: Yaris Off-road

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by B3M0 »

saya ke beres cm smpe odo 10k saja seterusnya di bengkel non beres, odo skrg sudah 136k aman2 saja. masalah garansi yg angus krn gak pernah keberes menurut saya gak sepenuhnya bener. di odo 65k shock depan bocor dan mobil blm 3th, saya ke beres utk claim warranty, awalnya beres bingung krn dicek di database gk ada record service dmn2. SA blg mau konsul sm kabeng nya, gak lama claim warrany di proses gratis. gak tau kebetulan atau gak dan gak banyak omong langsung di proses.. mungkinkah krn SA liat stiker SM di kaca? (haha..itu cm analisa sotoy saya).. sejauh ini saya ke ACT aja, service sambil cengengesan sama owner nya.. hehe
sent from ladies room :e-whistle:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sandal »

https://m.suara.com/yoursay/2019/06/10/ ... -sparepart

9 juta lebih buat sparepart di bengkel umum lho [emo-yesno]

Lokasi bengkelnya di Surabaya jika dilihat dari bonnya...
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Dat510 »

sandal wrote: Tue Jun 11, 2019 4:54 https://m.suara.com/yoursay/2019/06/10/ ... -sparepart

9 juta lebih buat sparepart di bengkel umum lho [emo-yesno]

Lokasi bengkelnya di Surabaya jika dilihat dari bonnya...
Sayang bonnya samar, tapi klo diliat ada metal duduk, metak jalan, ring piston, stang piston, selang radiator. Ini mogoknya sampe turun mesin ya spt nya. Buat turun mesin klo full Rp9+jt masih wajar bukan sih? CMIIW

Tetangga saya ada yg kena Rp40 juta buat Toyota rush di beres karena overheat dipaksa jalan dan konon katanya internal mesin rusak semua.
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by epevert »

ikut nimbrung...

kalo saya pribadi untuk mobil yg saya pakai daily dijadikan mobil perang selama ini wajib bengkel resmi perawatannya...kemarin lama beres H tegak...sekarang lagi di beres T...lama di beres H sih puas yah...sampai puncaknya lio saya diganti transmisi utuh baru di KM 140rb di umur 20bulan mbl...
sblmnya kaki2 claim banyak jg garansi..cuma 1x tarik urat sedikit..sisanya lancar aja..walau prosesnya agak lama n hrs rela bolak balik...di mobil H sebelumnya jg lancar aja...

kalo kemdaraan yg hobi sih ga pernah saya bawa ke beres..scara mbl tua smua..heheh
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by dizco »

epevert wrote: Tue Jun 11, 2019 15:02 ikut nimbrung...

kalo saya pribadi untuk mobil yg saya pakai daily dijadikan mobil perang selama ini wajib bengkel resmi perawatannya...kemarin lama beres H tegak...sekarang lagi di beres T...lama di beres H sih puas yah...sampai puncaknya lio saya diganti transmisi utuh baru di KM 140rb di umur 20bulan mbl...
sblmnya kaki2 claim banyak jg garansi..cuma 1x tarik urat sedikit..sisanya lancar aja..walau prosesnya agak lama n hrs rela bolak balik...di mobil H sebelumnya jg lancar aja...

kalo kemdaraan yg hobi sih ga pernah saya bawa ke beres..scara mbl tua smua..heheh
140 ribu km dalam 20 bulan :big_chicken:

Sekarang/waktu dijual sudah km berapa dan usia mobil berapa?
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by epevert »

dizco wrote:
epevert wrote: Tue Jun 11, 2019 15:02 ikut nimbrung...

kalo saya pribadi untuk mobil yg saya pakai daily dijadikan mobil perang selama ini wajib bengkel resmi perawatannya...kemarin lama beres H tegak...sekarang lagi di beres T...lama di beres H sih puas yah...sampai puncaknya lio saya diganti transmisi utuh baru di KM 140rb di umur 20bulan mbl...
sblmnya kaki2 claim banyak jg garansi..cuma 1x tarik urat sedikit..sisanya lancar aja..walau prosesnya agak lama n hrs rela bolak balik...di mobil H sebelumnya jg lancar aja...

kalo kemdaraan yg hobi sih ga pernah saya bawa ke beres..scara mbl tua smua..heheh
140 ribu km dalam 20 bulan :big_chicken:

Sekarang/waktu dijual sudah km berapa dan usia mobil berapa?
maklum om..rutenya bekasi-gajahmada-tambun-gajahmada-bekasi tiap hari

persis baru dijual om 2hr sblm lebaran kemarin di KM 151rb...agustus besok pas 3th mblnya...

blm pernah dikecewakan sih sama beres H
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by epevert »

dizco wrote:
epevert wrote: Tue Jun 11, 2019 15:02 ikut nimbrung...

kalo saya pribadi untuk mobil yg saya pakai daily dijadikan mobil perang selama ini wajib bengkel resmi perawatannya...kemarin lama beres H tegak...sekarang lagi di beres T...lama di beres H sih puas yah...sampai puncaknya lio saya diganti transmisi utuh baru di KM 140rb di umur 20bulan mbl...
sblmnya kaki2 claim banyak jg garansi..cuma 1x tarik urat sedikit..sisanya lancar aja..walau prosesnya agak lama n hrs rela bolak balik...di mobil H sebelumnya jg lancar aja...

kalo kemdaraan yg hobi sih ga pernah saya bawa ke beres..scara mbl tua smua..heheh
140 ribu km dalam 20 bulan :big_chicken:

Sekarang/waktu dijual sudah km berapa dan usia mobil berapa?
ralat salah hitung...claim transmisi kmrin di bulan january 2019...jd sudah umur 29bln ya....agustus 2019 pas 3th...
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Jindanjun »

Sy selalu service rutin di bengkel resmi, kalo mau komplain apa2 jelas jalurnya

Paling tinggal coret2in aja semua add-on yg ga perlu yg suka di input sembarangan sama SA buat nambah cuan mereka
ap kt nt aj
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by epevert »

Jindanjun wrote:Sy selalu service rutin di bengkel resmi, kalo mau komplain apa2 jelas jalurnya

Paling tinggal coret2in aja semua add-on yg ga perlu yg suka di input sembarangan sama SA buat nambah cuan mereka
setuju om...

1-2x service awal msh harus coret2in..berikutnya saya cuma bilang ikutin buku service aja...berikut2nya mrk udah ngerti sendiri...krn kebiasaan selalu service mbl di dealer/showroom tempat saya beli walau jauh dr rmh...
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Rasuano »

Maap naikin trit lama
Mau tanya om, terkhusus yg punya pengalaman klaim garansi di A2K, kalo mau klaim garansi itu free atau bayar ya?
SA bilang kalo mau klaim garansi, pertama harus dicek dulu komponennya beneran aus atau salah setting doang, dan ngeceknya bayar jasa pengecekan. (Jasa cek mesin dan cek kaki2 beda) (Saya mau klaim mounting sm shock)
Katanya mending sekalian servis berkala aja biar semuanya dicek.
Terima kasih :D
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Koddy »

Rasuano wrote:Maap naikin trit lama
Mau tanya om, terkhusus yg punya pengalaman klaim garansi di A2K, kalo mau klaim garansi itu free atau bayar ya?
SA bilang kalo mau klaim garansi, pertama harus dicek dulu komponennya beneran aus atau salah setting doang, dan ngeceknya bayar jasa pengecekan. (Jasa cek mesin dan cek kaki2 beda) (Saya mau klaim mounting sm shock)
Katanya mending sekalian servis berkala aja biar semuanya dicek.
Terima kasih :D
Kalau ada keluhan yang jelas dan masih dalam masa garansi, ya ajukan saja keluhannya. Bedain loh kalau langsung bilang mau claim garansi part [cencored], dengan bilang misal bagian [cencored] ada bunyi², mohon dibantu diatasi, karena masih dalam masa garansi. Dan mengatasi masalah harusnya free, selama masa warranty.
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Rasuano »

Koddy wrote: Mon Sep 09, 2019 10:29
Rasuano wrote:Maap naikin trit lama
Mau tanya om, terkhusus yg punya pengalaman klaim garansi di A2K, kalo mau klaim garansi itu free atau bayar ya?
SA bilang kalo mau klaim garansi, pertama harus dicek dulu komponennya beneran aus atau salah setting doang, dan ngeceknya bayar jasa pengecekan. (Jasa cek mesin dan cek kaki2 beda) (Saya mau klaim mounting sm shock)
Katanya mending sekalian servis berkala aja biar semuanya dicek.
Terima kasih :D
Kalau ada keluhan yang jelas dan masih dalam masa garansi, ya ajukan saja keluhannya. Bedain loh kalau langsung bilang mau claim garansi part [cencored], dengan bilang misal bagian [cencored] ada bunyi², mohon dibantu diatasi, karena masih dalam masa garansi. Dan mengatasi masalah harusnya free, selama masa warranty.
Jadi om, tadi saya bilang ke SA nya mau klaim garansi engine mounting krn pas idling dan lg jalan geternya kerasa banget di body bahkan sampe setir. Lalu SA bilang sekalian aja sama servis berkala krn kalo ga sekalian servis, buat ngecek si engine mountingnya kena biaya jasa pengecekan.

Sedangkan saya baca di https://m.detik.com/news/suara-pembaca/ ... ikan-mobil , di artikel itu jasa pengecekannya ditagih pas klaim garansi beres. Pengalaman temen saya juga pas klaim garansi beres baru ditagih kalo udah selesai klaim. Ngecek awalnya mah gratis.

Apa skrg sop nya udh beda ya? Cek awalnya juga harus bayar?

Thank u om koddy
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Ngeceknya sekalian servis berkala om, jadi gk usah bayar biaya ngeceknya krn udh bayar biaya servis berkala
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by epevert »

Rasuano wrote:
Koddy wrote: Mon Sep 09, 2019 10:29
Rasuano wrote:Maap naikin trit lama
Mau tanya om, terkhusus yg punya pengalaman klaim garansi di A2K, kalo mau klaim garansi itu free atau bayar ya?
SA bilang kalo mau klaim garansi, pertama harus dicek dulu komponennya beneran aus atau salah setting doang, dan ngeceknya bayar jasa pengecekan. (Jasa cek mesin dan cek kaki2 beda) (Saya mau klaim mounting sm shock)
Katanya mending sekalian servis berkala aja biar semuanya dicek.
Terima kasih :D
Kalau ada keluhan yang jelas dan masih dalam masa garansi, ya ajukan saja keluhannya. Bedain loh kalau langsung bilang mau claim garansi part [cencored], dengan bilang misal bagian [cencored] ada bunyi², mohon dibantu diatasi, karena masih dalam masa garansi. Dan mengatasi masalah harusnya free, selama masa warranty.
Jadi om, tadi saya bilang ke SA nya mau klaim garansi engine mounting krn pas idling dan lg jalan geternya kerasa banget di body bahkan sampe setir. Lalu SA bilang sekalian aja sama servis berkala krn kalo ga sekalian servis, buat ngecek si engine mountingnya kena biaya jasa pengecekan.

Sedangkan saya baca di https://m.detik.com/news/suara-pembaca/ ... ikan-mobil , di artikel itu jasa pengecekannya ditagih pas klaim garansi beres. Pengalaman temen saya juga pas klaim garansi beres baru ditagih kalo udah selesai klaim. Ngecek awalnya mah gratis.

Apa skrg sop nya udh beda ya? Cek awalnya juga harus bayar?

Thank u om koddy
Setau saya sih om selama masih periode garansi dan periode free jasa service, ya tidak bayar....
Tp kalo free jasa service sudah ga ada, ya kena biaya pasti..

Kalo saya selalu biasakan sampaikan keluhannya ke beres..bukan lngsung datang minta claim garansi part ini misalnya....
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Rasuano »

coklatMetalik wrote: Mon Sep 09, 2019 12:14 Ngeceknya sekalian servis berkala om, jadi gk usah bayar biaya ngeceknya krn udh bayar biaya servis berkala
siap bro coklat, makasih sarannya
epevert wrote: Mon Sep 09, 2019 12:30
Rasuano wrote:
Koddy wrote: Mon Sep 09, 2019 10:29 Kalau ada keluhan yang jelas dan masih dalam masa garansi, ya ajukan saja keluhannya. Bedain loh kalau langsung bilang mau claim garansi part [cencored], dengan bilang misal bagian [cencored] ada bunyi², mohon dibantu diatasi, karena masih dalam masa garansi. Dan mengatasi masalah harusnya free, selama masa warranty.
Jadi om, tadi saya bilang ke SA nya mau klaim garansi engine mounting krn pas idling dan lg jalan geternya kerasa banget di body bahkan sampe setir. Lalu SA bilang sekalian aja sama servis berkala krn kalo ga sekalian servis, buat ngecek si engine mountingnya kena biaya jasa pengecekan.

Sedangkan saya baca di https://m.detik.com/news/suara-pembaca/ ... ikan-mobil , di artikel itu jasa pengecekannya ditagih pas klaim garansi beres. Pengalaman temen saya juga pas klaim garansi beres baru ditagih kalo udah selesai klaim. Ngecek awalnya mah gratis.

Apa skrg sop nya udh beda ya? Cek awalnya juga harus bayar?

Thank u om koddy
Setau saya sih om selama masih periode garansi dan periode free jasa service, ya tidak bayar....
Tp kalo free jasa service sudah ga ada, ya kena biaya pasti..

Kalo saya selalu biasakan sampaikan keluhannya ke beres..bukan lngsung datang minta claim garansi part ini misalnya....
nah dulu pernah minta cekin pas servis terakhir, diagnosanya geter krn bumper depan kendor dan mesti balans. Tp skrg geternya makin parah ya jd suspectnya mounting...

thank you om sarannya
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI