Sekalian belajar nulis juga buat website, biar enggak caur kalo tiba2 disuruh nulis hehehe
Background
Sebenernya gue dan babeh dari dulu naksir buat pelihara W211, yang buat gue bentuknya dibanding abang dan adek setingkatnya, W203 dan W220, lebih cakep aja dan proper. Dulu sempet nemu E200, liat harganya wah murah tapi batal karena eks-taksi....
Sampai akhirnya kemaren setelah IIMS main main tuh ke kemayoran liat-liat mobil, dan lagi jalan ketemu sama satu mahluk ini. Tahun masih muda. Langsung liat interior juga kinyis parah, yaudah akhirnya gue dan bokap memutuskan untuk meminang mobil satu ini
Abis itu checkup kan, kaki2 ternyata harus ganti karena oblak yang kiri, pas gue bawa emang bunyi duk duk duk gitu, sekarang udah sehat se sehatsehatnya, jadi mari saya ripiw
Untuk benchmarknya kali ini gue samain sama yang seharihari gue pake, W204 cibo...
Eksterior
Seperti yang gue bilang bilang di latar belakang, tarikan W211 secara keselurahan imho pas. Enggak terlalu membulet seperti W220 dan enggak terlalu keliatan cungkring kayak W203
Untuk tipe yang gue ambil ini, yang Elegance, lumayan seksi. Feel sportnya dapet dengan kenalpot kiri kanan dua biji dan velg 17 inci; dan feel “wah” nya juga dapet dengan penempatan chrome yang enggak terlalu rame (sebagai perbandingan, cibo bener-bener chromeless tapi malah suka yang chromeless gini) plus masih grill tanduk alias logo berdiri (karena gue sendiri jujur nggak suka sama grill avangarde yang kurang wah itu)
Lampunya sendiri udah projector xenon, foglamp berfungsi juga sebagai cornering light dan bertabur sensor empat titik di depan dan belakang
Interior dan Printilan
Warna interiornya beige ya, baru kali ini sih punya mobil dalemannya warna beginian hahaha. Kabinnya sendiri lega dibanding Cibo, dengan posisi gue duduk nyetir kaki orang masih bisa nyelip dengan nyaman, enggak kayak di Cibo yang harus potong kaki dulu
Dan ini Mercedes dengan pengaturan full electric pertama yang menyambangi rumah, dimana GLE bangkunya doang dan Cibo bangkunya juga tapi tanpa elektrik di pengaturan paha sama maju mundur, yang ini bangku sama setir udah elektrik plus udah ada memory seatnya, yang lumayan useful antar gue-bokap-adek yang posisi nyetirnya berbeda. Plus bangku penumpang samping juga kebagian full electric seatnya juga.
Untuk bangkunya sendiri, lebih padet ini dibanding dua itu, kalo kata yang udah naikin sih empuk, tapi kalo buat gue sendiri gue lebih bangkunya Cibo. Gatau kenapa badan gue lebih nyaman disitu dibanding disini...
Stir palang empatnya sendiri gede dan wah, tapi untuk pencet klaksonnya sih gakenak harus setangan di klakson baru bunyi, kalo cibo masih bisa tuh pencet pinggir bunyi.
Instrument cluster masih item putih tapi lengkap lah, trus ada jamnya kayak wuling wekekekek

Buat maju mundurnya kebantu sama sensor parkir depan belakangnya, tapi berisik kalo ada motor nyelip
Headunitnya sendiri pake yang Audio 20 yang CD + CD Changer, itu tempat ngumpet CD Changernya wah juga ya pencet tombol dibawah tombol hazard terus itu cluster tombolnya naik gitu elektrik.... Suaranya sendiri keseluruhan oke. Sayang belom ada Aux walo udah ada lobang buat nempatin colokannya, soon ditambahin; plus gakada Bluetoothnya, yang sekarang diakalin pake FM Modulator.
AC udah dual zone
Plus ada tuh sunvisor belakang, tapi rusak blom dibetulin...
Headlight udah bisa Auto, which is nice...
Driving Impression
With a great power comes with a great price, dengan mesin M272 dipadu dengan 7G-Tronicnya buat crusing sih termasuk yang enak, suspensinya juga empuk lah buat diperkotaan dan juga jalan jauh
Buat ugal? Masukin ke manual + sport tenaganya dapet dan raungan suara mesin V6nya asik sekali, tapi karena suspensinya keempukan buat gue jadi agak limbung buat nyalip kiri kanan kalo dibanding sama cibo.
Nah tapi ini kenapa gue bilang “with a great price”, average fuel consnya buseeeet itu terakhir liat 1:4,3 untuk dalkot, sama kayak GLE yang enginenya samasama 3.0 V6 tapi tanpa biturbo. Gue gatau sih kalo dibawa dalkot tapi harapan gue harusnya bisa dapet 1:9+ layaknya GLE.
Plus ini mobil udah ada brake holdnya ternyata, enak buat macetmacetan...
Verdict
Siapin budget under 250 juta (kemaren dapet mobilnya 225, plus sisanya buat rapih-rapihin) udah dapet mobil yang comfort dan wah dengan tenaga yang lumayan. Cocok buat weekend car untuk jalan-jalan bareng keluarga kecil atau pacar dan masih bisa nampang lah hahaha
Tapi untuk daily, gue tetep pilih Cibo. Kalo lagi kere, mending setirin HR-V wekekek