Setir lari kiri kanan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Setir lari kiri kanan

Post by v4ldi5 »

Kenapa setir panther hi-grade 98 saya tiap kali di rem seolah2 setir bergerak kiri-kanan (oleng) apalagi pas ngerem di jalan bergelombang. Jadi ngeri, soalnya mobil jadi susah di kendalikan. Selain itu speleng setir juga terlalu besar. Apa power stering udah rusak ya. Ban udah di spor+balance, sistem kemudi udah di cek, rem juga baik2 aja.
Mungkin ada user lain yang mengalami gejala seperti saya ???

N sebaiknya bersihkan ruang bakar, setel klep tiap brp ribu km
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Yakin semuanya baik? Kayaknya rem tuh... coba cek rem sekali lagi..
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

...

Post by Enkei »

Saya kebetulan punya panther new royale tahun 2000. panther saya mrpk mobil yang jam terbangnya tinggi. hampir setiap bulan ke luar kota hingga 800km jauhnya. Setahu saya panther tuh kelemahannya adalah pada kaki2nya. Untuk masalah yang bung v4ldi5 hadapi, anda selain spoor balance, anda juga bisa lakukan understel yg meliputi cek apa ada kerusakan balljoint, tierod, long tierod, borem setir, dll. coba anda cek dulu di bengkel2 understel..
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

Re: Setir lari kiri kanan

Post by Enkei »

v4ldi5 wrote: sebaiknya bersihkan ruang bakar, setel klep tiap brp ribu km

Umumnya panther, bersihiin ruang bakar stelah kluar asap gas buang hitam pekat pada saat ditarik pada rpm tinggi. Karena pada ruang bakar terdapat sisa2 carbon yang menempel. Selain anda bersihkan ruang bakar, untuk mesin disel, filter udaranya stiap 2mgg sekali (pemakaian dlm kota) dibersihkan dg cara disemprot dan 1mgg sekali (pemakaian luar kota). Filter udara pada mesin diesel klo g dibersihkan, tenaga mesin tsb akan drop...

Untuk stel klep/ tune up dilakukan stiap 10000km

Intinya:
bersihkan filter udara stiap 1mgg apabila pemakaian luar kota
bersihkan filter udara stiap 2mgg apabila pemakaian dlm kota
Apabila filter jarang dibersihkan, tenaga akan drop n asp gas buang akan hitam pekat.

Tetapi Apabila hal filter diats masih juga g bisa menormalkan asp buang yang pekat menjadi tdk pekat maka dilakukan yang namanya pembersian ruang bakar dengan cleaner yang direkomendasikan.


(Maaf bingung susun kata2nya)
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Post by v4ldi5 »

Udah di cek kok, malahan sering banget keluar masuk bengkel (bengkel ada di samping rumah) tapi ya itu tetep aja ga ilang. Malahan ada montir yang bilang kalo semua panther kelemahan ada pada setirnya yang mudah goyang (terlalu ringan).

Bersihin ruang bakar dan nosel injektor sebaiknya dengan cara manual di bongkar atau lebih baik pake carbon claner aja? Lebih bagus mana?