Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Mar 13, 2017 15:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xenia
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
kebetulan saya juga pakai mobil xenia, menurut saya yah max pertamax saja. karena ron 90 menurut manual book nya. kalau saya sih pertalite saja. kalau isi premium dan pake oli yang kurang bagus mmg agak berat dan rawan ngelitik jika di bejek di rpm rendah (kejadian di mobil perang kantor). jadi pakai sesuai rekomendasi pabrikan dan lebih penting lagi adalah pakai Oli yang berkualitas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
uda kenyang pake papansa wkwkwkwkwwk share ah
2007 1.5 VVTi Manual
dari baru selalu isi Premium sampe 40rb km, oli selalu pake TGMO 10-40
aman2 aja, agak2 ngelitik pas start awal dan tarikan dari 140 ke 160 uda berat bener
40rb sampe 70rb selalu pakek Shell Super / Pertamax, oli gonta ganti Idemitsu 10-40, Shell HX7 10-40, Fastron 10-40
lebi enak, ga ngelitik pas start awal, tarikan dari 140 ke 160 masi cepet, btw pas 40rb uda poles TB, ganti knalpot sama pasang grounding
70rb sampe 98rb pas dijual isi binsin seadanya duit, oli selalu pake Idemitsu 10-30, rata-rata isi Pertalite sama Pertamax
sekali2nya isi oktan 98, cabut kabel aki, bebersih TB, carbon clean dsb.
lepas kopling, joget bokongnya wkwkwkwkwkwk
1 shift 2 kalo digeber mentok spin melulu
140 ke 160 ga pake lama, 160 ke 170 ga pake lama, sampe 180 langsung saya rem WKWKWKWKWKWKWKWKWK
kalo yang matic
1500 matic veloz 2012, saya dapet bekas pas 40rb km
oli selalu pake 5w-30 fullsyn, dari TGMO sampe Motul & Mubil Siji uda masuk
binsin juga seadanya duit
pas diisi primium, tarikan berat, gear hunting sering banget kejadian, kalo ngelitik sih ga separah apansa lawas
diisi pertalite, ngelitik berkurang, tarikan entengan dikit, gear hunting ga terlalu parah
diisi Pertamax, enak, ga ngelitik, tenaga cukup lah, lari juga lumayan
pas dikasi oktan 95 (V-Power / Performance 95), mulai ga enak, enteng si enteng tapi ya malah boros ya
yang ini ga perna diisi oktan 98, standard ini WKWKWKWKWKWK
yang paling enak si kalo buat mesin 3SZ standard, isi pertamax, oli pakek 5w-30 fullysyn.
2007 1.5 VVTi Manual
dari baru selalu isi Premium sampe 40rb km, oli selalu pake TGMO 10-40
aman2 aja, agak2 ngelitik pas start awal dan tarikan dari 140 ke 160 uda berat bener
40rb sampe 70rb selalu pakek Shell Super / Pertamax, oli gonta ganti Idemitsu 10-40, Shell HX7 10-40, Fastron 10-40
lebi enak, ga ngelitik pas start awal, tarikan dari 140 ke 160 masi cepet, btw pas 40rb uda poles TB, ganti knalpot sama pasang grounding
70rb sampe 98rb pas dijual isi binsin seadanya duit, oli selalu pake Idemitsu 10-30, rata-rata isi Pertalite sama Pertamax
sekali2nya isi oktan 98, cabut kabel aki, bebersih TB, carbon clean dsb.
lepas kopling, joget bokongnya wkwkwkwkwkwk
1 shift 2 kalo digeber mentok spin melulu
140 ke 160 ga pake lama, 160 ke 170 ga pake lama, sampe 180 langsung saya rem WKWKWKWKWKWKWKWKWK
kalo yang matic
1500 matic veloz 2012, saya dapet bekas pas 40rb km
oli selalu pake 5w-30 fullsyn, dari TGMO sampe Motul & Mubil Siji uda masuk
binsin juga seadanya duit
pas diisi primium, tarikan berat, gear hunting sering banget kejadian, kalo ngelitik sih ga separah apansa lawas
diisi pertalite, ngelitik berkurang, tarikan entengan dikit, gear hunting ga terlalu parah
diisi Pertamax, enak, ga ngelitik, tenaga cukup lah, lari juga lumayan
pas dikasi oktan 95 (V-Power / Performance 95), mulai ga enak, enteng si enteng tapi ya malah boros ya
yang ini ga perna diisi oktan 98, standard ini WKWKWKWKWKWK
yang paling enak si kalo buat mesin 3SZ standard, isi pertamax, oli pakek 5w-30 fullysyn.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Pake Avanza Manual dr th 2011, 4 th pertama pake premium...skrg pake pertamax...dari telinga saya yg awam sih g pernah ngelitik..... header udah ganti pake 4-2-1, cc buang. Oli 5W-30. Gak tau itu ngaruh ngga.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Klo semua ngikut standar aturan kompresi, bensin premium g akan laku, karena mobil yg bisa minum premium, cuma suzuki apv, carry, futura saja..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
avanza tipe 1.3 G MT punya kantor saya udah dipake sampe 236 ribu km. selalu isi premium dan ganti oli per 5.000 km. sampe sekarang gak pernah gelitik. tarikan masih oke aja. konsumsi bbm 12km/l aja sih (ini itungannya irit gak ya)