BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Halo Suhu/Master semua,
Per subject, saya lagi galau antara 2 pilihan ini, tapi juga consider 2-3 mobil brand lain di rentang harga 180-240 juta, max umur 8 tahun.
Kira-kira lebih worth mana ya antara X1 dan CX5 in terms of (urutan prioritas):
1. Reliable (dalam arti less problem - andai ada problem pun, yang cukup common gak aneh2, lalu parts dan service nya mudah/banyak e.g. BeRes terpercaya, non-BeRes juga mampu lakukan maintenance).
2. Fun to drive.
3. Power cukup bertenaga.
4. FC dalkot 7-8 km/l acceptable.
Khusus untuk X1, better yang Petrol atau Diesel ya?
Jika Diesel, apakah harus Dex?
Atau Shell/Total/BP Diesel boleh?
Apa saja yang harus diperhatikan dari X1 ini?
Atau tanggung better upgrade ke X3 2013 (kalo ga salah ada petrol dan diesel juga, CMIIW) sekalian?
Mohon pencerahannya
Per subject, saya lagi galau antara 2 pilihan ini, tapi juga consider 2-3 mobil brand lain di rentang harga 180-240 juta, max umur 8 tahun.
Kira-kira lebih worth mana ya antara X1 dan CX5 in terms of (urutan prioritas):
1. Reliable (dalam arti less problem - andai ada problem pun, yang cukup common gak aneh2, lalu parts dan service nya mudah/banyak e.g. BeRes terpercaya, non-BeRes juga mampu lakukan maintenance).
2. Fun to drive.
3. Power cukup bertenaga.
4. FC dalkot 7-8 km/l acceptable.
Khusus untuk X1, better yang Petrol atau Diesel ya?
Jika Diesel, apakah harus Dex?
Atau Shell/Total/BP Diesel boleh?
Apa saja yang harus diperhatikan dari X1 ini?
Atau tanggung better upgrade ke X3 2013 (kalo ga salah ada petrol dan diesel juga, CMIIW) sekalian?
Mohon pencerahannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
saya sih cx 5 aja .... lebih peace of mind aja....biaya rejuvenate mazda juga kyknya masih lebih murah daripada bmw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Thanks masukan-nya, Om.
Karena saya buta dengan 2 brand itu, berarti parts dan service masih lebih mudah Mazda (dan tentu gak semahal BMW) ya, Om ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1322
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
crv lebih reliable?NestlePureLife wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 7:33 Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
built qualitynya aja udah ngga reliable dibanding 2 mobil itu..
saran saya untuk ts, kalau antara cx5 dan x1, go for cx5. tapi cx5 tahun segitu row 2 nya sempit, ga bisa slide. entah kalau x1.
btw, 2-3 mobil yang lainnya itu apa aja? jadi penasaran.
note: x1 gasoline itu cuma 150hp, 200nM. kentang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
gaspol resing tim
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Thanks masukan nya, Om. Tapi sejak awal saya gak bilang ada concern harga spare part, tapi kemudahan parts dan service. Untuk CRV, selain baca di forum, tp ada 2 teman yg pakai dan sangat tidak puas. Jadi saya pass dulu dehNestlePureLife wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 7:33 Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Mobil Lainnya ada Accord CR2, Om.krniawnhdr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 8:35crv lebih reliable?NestlePureLife wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 7:33 Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
built qualitynya aja udah ngga reliable dibanding 2 mobil itu..
saran saya untuk ts, kalau antara cx5 dan x1, go for cx5. tapi cx5 tahun segitu row 2 nya sempit, ga bisa slide. entah kalau x1.
btw, 2-3 mobil yang lainnya itu apa aja? jadi penasaran.
note: x1 gasoline itu cuma 150hp, 200nM. kentang
Beda ya CX5 2013 dan yang face-lift?
Kebanyakan sih memang buat dibawa sendiri sehari-hari sih, Om. Paling weekend aja sama family.
Nah CX5 itu apa parts dan service (kalo ada problem) itu aman? Maksudnya common problem
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Thanks opini nya, Om.rendr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 8:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...
Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Pernah coba torsi 3++ Om?Fookyoo wrote:Thanks opini nya, Om.rendr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 8:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...
Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
People by HP, but they drive torque...
[emoji16][emoji16][emoji16]
Coba bandingin aja 0-100kpj, cepetan mana...
Me, X1 it is... Walaupun plain dash nya...
Electricnya, 22 nya dah modern canbus, bmw lebih banyak bengkel specialisnya... harga Sparepart jg gak beda jauh dan availability banyakan bmw...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Iya untuk N47 tensioner timing chain lifetime nya sekitar 50k km.. oh walaupun dia 150hp tetep dia seekor bmw.. responsif..Fookyoo wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 10:49Thanks opini nya, Om.rendr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 8:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...
Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
Disamping X1 1.8i pake mesin N46B20 yg saya kurang sreg sama reliability nya.. walaupun partsnya berlimpah ruah (sharing sama e46/e90)
Tapi sebisa mungkin kalo X1 ambil 2.0d sih, atau kalo maksa mau bensin coba hunting pelan2 X1 2.5 XDrive.. 3.0L 6cyl N52B30.. muantabbb...
Oh maksud saya tadi FC 9km/L itu X3 2.0d diesel om..
Selain X3 diesel blom bisa comment banyak.
Ga pertimbangkan Vw Tiguan juga om? Jauh lebih murah dari X3 sepertinya... paling bensin doang minta RON 98...
gaspol resing tim
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2804
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Kalo bs sih cari x1 diesel 2013 keatas yg panoramic dan idrive dgn 8 speed auto
Atau x3 diesel juga, 2011 masih ada yg pano, setelahnga ga ada kayanya ya
Harus hati2 cek mesin yg bener, ada beberapa kasus timing chain, yg bs merembet ke kruk as piston dll, 90 jt lah repairnya
Bmw diesel cm bs pertadex, ga boleh lain
Dalkot
320d avg speed 20kmh bs dapet 1:14
520d avg speed 20kmh bs dapet 1:12.8
X3 diesel 20kmh bs dapet 1:12 karena awd dan bobot
X1 bensin? Lupain aja
Atau x3 diesel juga, 2011 masih ada yg pano, setelahnga ga ada kayanya ya
Harus hati2 cek mesin yg bener, ada beberapa kasus timing chain, yg bs merembet ke kruk as piston dll, 90 jt lah repairnya
Bmw diesel cm bs pertadex, ga boleh lain
Dalkot
320d avg speed 20kmh bs dapet 1:14
520d avg speed 20kmh bs dapet 1:12.8
X3 diesel 20kmh bs dapet 1:12 karena awd dan bobot
X1 bensin? Lupain aja
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Tue Dec 14, 2010 15:28
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: scross
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Saya pernah pakai 2 2nya...
Cx 5 lebih enak dibawa dan penumpang belakang lebih manusiawi.
Bmw diesel tenaganya gede tapi bangku penumpangnya ga enak.
Kalau posisi bawa saya tinggi 179 berap 100 enakan cx5 ya.
Mengenai part bmw x1 saya jual km 20rban kejebak banjir di greengarden abis 80 jt buat dia jalan lagi.
Saya dengar dari mekanik bmw nya ... ini katanya ya. Sekitar 100rban km biasa ada turun mesin abisnya bs 50an jt lebih. Saya ga ngerti buat apa.
Cx 5 lebih enak dibawa dan penumpang belakang lebih manusiawi.
Bmw diesel tenaganya gede tapi bangku penumpangnya ga enak.
Kalau posisi bawa saya tinggi 179 berap 100 enakan cx5 ya.
Mengenai part bmw x1 saya jual km 20rban kejebak banjir di greengarden abis 80 jt buat dia jalan lagi.
Saya dengar dari mekanik bmw nya ... ini katanya ya. Sekitar 100rban km biasa ada turun mesin abisnya bs 50an jt lebih. Saya ga ngerti buat apa.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Torsi 3++ Nm udah coba di Camry 3.5Q saya (343 Nm, masih kalah dari X1 diesel ), Om.paidjho wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 12:07Pernah coba torsi 3++ Om?Fookyoo wrote:Thanks opini nya, Om.rendr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 8:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...
Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
People by HP, but they drive torque...
[emoji16][emoji16][emoji16]
Coba bandingin aja 0-100kpj, cepetan mana...
Me, X1 it is... Walaupun plain dash nya...
Electricnya, 22 nya dah modern canbus, bmw lebih banyak bengkel specialisnya... harga Sparepart jg gak beda jauh dan availability banyakan bmw...
Tapi entah beda atau nggak tarikan Petrol engine VS Diesel engine, seumur-umur belum pernah megang diesel engine.
Jadi rekomen X1 yang diesel ya, cuma serem masalah timing chain yang Om rendr bilang aja sih.
Oh saya baru tau kalo ada X1 yang 3,000cc ....ini mesinnya sama kayak X3 yang 35i atau nggak ya? reliability nya gimana X1 dengan mesin ini, Om?rendr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 12:41Iya untuk N47 tensioner timing chain lifetime nya sekitar 50k km.. oh walaupun dia 150hp tetep dia seekor bmw.. responsif..Fookyoo wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 10:49Thanks opini nya, Om.rendr wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 8:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.
Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...
Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk
X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.
Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...
Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
Disamping X1 1.8i pake mesin N46B20 yg saya kurang sreg sama reliability nya.. walaupun partsnya berlimpah ruah (sharing sama e46/e90)
Tapi sebisa mungkin kalo X1 ambil 2.0d sih, atau kalo maksa mau bensin coba hunting pelan2 X1 2.5 XDrive.. 3.0L 6cyl N52B30.. muantabbb...
Oh maksud saya tadi FC 9km/L itu X3 2.0d diesel om..
Selain X3 diesel blom bisa comment banyak.
Ga pertimbangkan Vw Tiguan juga om? Jauh lebih murah dari X3 sepertinya... paling bensin doang minta RON 98...
Lalu untuk X3 diesel dan X1 diesel, sepertinya sama-sama mesin N47 ya? berarti harus lihat timing chain juga?
Wah kalo DC repair 90 juta saya nyerah dehfarizfsa wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 15:32 Kalo bs sih cari x1 diesel 2013 keatas yg panoramic dan idrive dgn 8 speed auto
Atau x3 diesel juga, 2011 masih ada yg pano, setelahnga ga ada kayanya ya
Harus hati2 cek mesin yg bener, ada beberapa kasus timing chain, yg bs merembet ke kruk as piston dll, 90 jt lah repairnya
Bmw diesel cm bs pertadex, ga boleh lain
Dalkot
320d avg speed 20kmh bs dapet 1:14
520d avg speed 20kmh bs dapet 1:12.8
X3 diesel 20kmh bs dapet 1:12 karena awd dan bobot
X1 bensin? Lupain aja
Ok, noted Om. Berarti shell diesel ga boleh ya, hmmmm... poinnya jadi bergantung sama SPBU Pertamina tok.
X1 diesel 2013 ke atas yang Om sebut, apakah sudah bebas dari masalah timing chain?
Thanks, Om
Bangku penumpang belakang sih akan lebih banyak kosong, Om.telytims wrote: ↑Tue Apr 09, 2019 17:26 Saya pernah pakai 2 2nya...
Cx 5 lebih enak dibawa dan penumpang belakang lebih manusiawi.
Bmw diesel tenaganya gede tapi bangku penumpangnya ga enak.
Kalau posisi bawa saya tinggi 179 berap 100 enakan cx5 ya.
Mengenai part bmw x1 saya jual km 20rban kejebak banjir di greengarden abis 80 jt buat dia jalan lagi.
Saya dengar dari mekanik bmw nya ... ini katanya ya. Sekitar 100rban km biasa ada turun mesin abisnya bs 50an jt lebih. Saya ga ngerti buat apa.
Tapi weekend paling diisi anak istri aja. Ga enaknya kayak gimana ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Beda om.. X3 3.5i itu sama kyk 335i F30,535i F10, or X5 3.5i dan semua yg pake nama 35i dibelakangnya di generasi itu.. mesin yg dipake N55B30 twin turbo dgn berbagai power output yg beda2..Fookyoo wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 4:00Torsi 3++ Nm udah coba di Camry 3.5Q saya (343 Nm, masih kalah dari X1 diesel ), Om.
Tapi entah beda atau nggak tarikan Petrol engine VS Diesel engine, seumur-umur belum pernah megang diesel engine.
Jadi rekomen X1 yang diesel ya, cuma serem masalah timing chain yang Om rendr bilang aja sih.
Oh saya baru tau kalo ada X1 yang 3,000cc ....ini mesinnya sama kayak X3 yang 35i atau nggak ya? reliability nya gimana X1 dengan mesin ini, Om?
Lalu untuk X3 diesel dan X1 diesel, sepertinya sama-sama mesin N47 ya? berarti harus lihat timing chain juga?
Wah kalo DC repair 90 juta saya nyerah deh
Ok, noted Om. Berarti shell diesel ga boleh ya, hmmmm... poinnya jadi bergantung sama SPBU Pertamina tok.
X1 diesel 2013 ke atas yang Om sebut, apakah sudah bebas dari masalah timing chain?
Thanks, Om
Bangku penumpang belakang sih akan lebih banyak kosong, Om.
Tapi weekend paling diisi anak istri aja. Ga enaknya kayak gimana ya?
Kalo X1 2.5i itu 3.0L NA (non turbo) sama kyk 530i e60 (2005-2007) atau 330i e90 atau 528i F10 awal2 (2010-2011).. emang rare unit, yg masuk resmi sedikit.. CBU full option...
Soal Timing chain di mesin N47D20 ini khususnya, hampir semua bmw diesel 2012 keatas pake mesin ini.. contoh 320d f30 (pre lci 2012-2015) 520d f10 (2012-2015 facelift interior hitam) X1 2.0d tentunya, sampe X3 F25 2.0d.. sebenernya mudah aja ngecek kondisi timing chain, dengerin apa ada suara rattling dibagian depan mesin (paling deket ke kita), kalo ga ada aman.. ini issues classic di bmw, di mesin bmw lawas mulai M50 juga udh ada rattling timing chain seperti itu...
Sejak mesin B series diesel yg bebas issue timing chain...
Soal reliability mesin N series ini emg perlu perhatian lebih.. tapi kalo udh tau celah nya enak aja.. terutama dari sisi oli dan bensin, contoh mudah oli sebisa mungkin pake yg full syn atau kalo bisa pake yg PAO based (grup III+/grup IV), bensin pake yg minim sulfur..
gaspol resing tim
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2724
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.
Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.
Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).
Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.
X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.
Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).
Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.
X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
X3 Xdrive pernah coba numpang om, gile itu tarikan nya 3000cc dr diem perfect banget buat saya (jambakan ada tapi halus), lbh kedap dr F10 diesel. Cuma nggak tau kenapa ya, row 2 nya X3 F25 kok kurang sreg sayaKielConstantine wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 6:17 Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.
Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.
Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).
Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.
X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
rendr wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 6:09Beda om.. X3 3.5i itu sama kyk 335i F30,535i F10, or X5 3.5i dan semua yg pake nama 35i dibelakangnya di generasi itu.. mesin yg dipake N55B30 twin turbo dgn berbagai power output yg beda2..Fookyoo wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 4:00Torsi 3++ Nm udah coba di Camry 3.5Q saya (343 Nm, masih kalah dari X1 diesel ), Om.
Tapi entah beda atau nggak tarikan Petrol engine VS Diesel engine, seumur-umur belum pernah megang diesel engine.
Jadi rekomen X1 yang diesel ya, cuma serem masalah timing chain yang Om rendr bilang aja sih.
Oh saya baru tau kalo ada X1 yang 3,000cc ....ini mesinnya sama kayak X3 yang 35i atau nggak ya? reliability nya gimana X1 dengan mesin ini, Om?
Lalu untuk X3 diesel dan X1 diesel, sepertinya sama-sama mesin N47 ya? berarti harus lihat timing chain juga?
Wah kalo DC repair 90 juta saya nyerah deh
Ok, noted Om. Berarti shell diesel ga boleh ya, hmmmm... poinnya jadi bergantung sama SPBU Pertamina tok.
X1 diesel 2013 ke atas yang Om sebut, apakah sudah bebas dari masalah timing chain?
Thanks, Om
Bangku penumpang belakang sih akan lebih banyak kosong, Om.
Tapi weekend paling diisi anak istri aja. Ga enaknya kayak gimana ya?
Kalo X1 2.5i itu 3.0L NA (non turbo) sama kyk 530i e60 (2005-2007) atau 330i e90 atau 528i F10 awal2 (2010-2011).. emang rare unit, yg masuk resmi sedikit.. CBU full option...
Soal Timing chain di mesin N47D20 ini khususnya, hampir semua bmw diesel 2012 keatas pake mesin ini.. contoh 320d f30 (pre lci 2012-2015) 520d f10 (2012-2015 facelift interior hitam) X1 2.0d tentunya, sampe X3 F25 2.0d.. sebenernya mudah aja ngecek kondisi timing chain, dengerin apa ada suara rattling dibagian depan mesin (paling deket ke kita), kalo ga ada aman.. ini issues classic di bmw, di mesin bmw lawas mulai M50 juga udh ada rattling timing chain seperti itu...
Sejak mesin B series diesel yg bebas issue timing chain...
Soal reliability mesin N series ini emg perlu perhatian lebih.. tapi kalo udh tau celah nya enak aja.. terutama dari sisi oli dan bensin, contoh mudah oli sebisa mungkin pake yg full syn atau kalo bisa pake yg PAO based (grup III+/grup IV), bensin pake yg minim sulfur..
KielConstantine wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 6:17 Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.
Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.
Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).
Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.
X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warrantyerwinign wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 6:44X3 Xdrive pernah coba numpang om, gile itu tarikan nya 3000cc dr diem perfect banget buat saya (jambakan ada tapi halus), lbh kedap dr F10 diesel. Cuma nggak tau kenapa ya, row 2 nya X3 F25 kok kurang sreg sayaKielConstantine wrote: ↑Wed Apr 10, 2019 6:17 Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.
Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.
Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).
Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.
X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider.
Makasih, Oms
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Tinggal berharap sama goodwiil dr bmw indonesia kl itu omFookyoo wrote: ↑Thu Apr 11, 2019 8:26
Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty
Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider.
Makasih, Oms
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Ikutan nimbrung biarpun OOT dikit, pemakai X3 2.0i F25 pre LCI tahun 2014, ga nyesel ambil ini. Dibawa santai enak, mau lincah tinggal mainin manual mode nya. Bawa ngebut wuenakk poll apalgi pake sport mode, nikung highspeed juga nyaman krn xdrive nya. Bantingan relatif keras tapi so far nyonyah ama anak2 ga ada yg protest. Interior nya juga cukup mewah, masih aura bmw bgt, ga kayak model baru nya G01 yg IMO terlalu futuristik plastik,
Minus nya di FC, in avg 1:6.5 itung full2full pake aplikasi drivvo.Itungan MID 6.9. Pemakaian 95% dalkot non-toll. Tapi dengan bobot segitu mesin 2liter masih ok lah. Beda tipis ama siarpih 1.5 temen yg 1:7
Minus nya di FC, in avg 1:6.5 itung full2full pake aplikasi drivvo.Itungan MID 6.9. Pemakaian 95% dalkot non-toll. Tapi dengan bobot segitu mesin 2liter masih ok lah. Beda tipis ama siarpih 1.5 temen yg 1:7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Bmw tiap penggantian parts apapun pasti dapet warranty 2 tahun om .. but wait? crankshaft? bisa ampe fail kacau juga.. either dia tuning overrated or diisi bensin oktan 91 kebawah...Fookyoo wrote: ↑Thu Apr 11, 2019 8:26Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty
Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider.
Makasih, Oms
kalo emg udh ga yakin ambil Bmw bisa pertimbangkan CRV RM 2.4 Prestige facelift, or Santafe CRDI or Sorento diesel (bensinnya anjlog bgt tuh kembalian banyak wkwkwk)
gaspol resing tim
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Tue Dec 14, 2010 15:28
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: scross
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
saya pribadi ga pernah om duduk dibelakang. Testimoni di belakang istri dan anak2 saya. Kalau naik x1 ga enak lebih enak cx5. Katanya keras goyangnya dan posisi duduknya ga enak. Meskipun subjektif tapi itu yang bisa saya info om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Livina_XGear
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
CX-5 nya yang taun berapa om? blm pernah duduk si di X1 dan Cx-5 tp kalo sepintas ko keliatannya x1 lebih rebah ya?
oh iya X1 bensin apa iya sejelek itu? apa dibanding xtrail T32 atau CR-v masi mending duo jepang itu kl buat weekeend driving?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2804
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
x1 bensin jelek om, tenaga ga ada, mesin cukup kasar, boyo dan x1 tahun awal setirnya berat bgt, entertainment cupu gada layar dll. weekend driving ya mendingan duo jepang itu.
tp kalo x1 diesel yg udah facelift sih ok, idrive, panoramic, torsi hampir 400nm mbl sekecil itu, larinya enak diesel irit. remap dpt 220 hp torsi 480nm lah tp ttp irit.
kl sy ada duit segitu mending ambil bmw f30 atau x3 bensin jg gpp, remap dpt kok jd 260 hpan torsi jd 450nm, gatau jd irit apa lebih boris kalo bensin.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013
Iya, Om. Akhirnya consider beberapa mobil lain dulu. Mungkin malah mau ambil antara Mazda CX5 atau Mazda 6...tapi masih ragu sama after-sales Mazda. Membaik atau nggak sih sejak dipegang Eurokars? Thanks masukan nya, Om.rendr wrote: ↑Sat Apr 13, 2019 16:19Bmw tiap penggantian parts apapun pasti dapet warranty 2 tahun om .. but wait? crankshaft? bisa ampe fail kacau juga.. either dia tuning overrated or diisi bensin oktan 91 kebawah...Fookyoo wrote: ↑Thu Apr 11, 2019 8:26Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty
Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider.
Makasih, Oms
kalo emg udh ga yakin ambil Bmw bisa pertimbangkan CRV RM 2.4 Prestige facelift, or Santafe CRDI or Sorento diesel (bensinnya anjlog bgt tuh kembalian banyak wkwkwk)