Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Auanz wrote:om turbo mau tanya ane pemakai mazda 2 sky yg 2017. total KM baru cuman 16rbKM. kemaren make oli q8 dan ini baru jalan 5600an KM dan baru 7 bulanan. pemakain normal ga macet 70% dalkot, 30% tol. high rev jarang. macet total jg jarang.
tapi kok kemaren cek oli nya di dipstik uda 1/4 ilang yah olinya ? kenapa ya gt om ?
Kalau pakai 0W20 merek lain gimana ?
Rencana next mau coba amsoil SS yg 0w-20 si gan. Krn berdasakpak packingnya exceeded dex1 gen 2. Nanti sekalian kl uda mau ganti mau test lab jg oli yg lama.
Auanz wrote:om turbo mau tanya ane pemakai mazda 2 sky yg 2017. total KM baru cuman 16rbKM. kemaren make oli q8 dan ini baru jalan 5600an KM dan baru 7 bulanan. pemakain normal ga macet 70% dalkot, 30% tol. high rev jarang. macet total jg jarang.
tapi kok kemaren cek oli nya di dipstik uda 1/4 ilang yah olinya ? kenapa ya gt om ?
Kalau pakai 0W20 merek lain gimana ?
Rencana next mau coba amsoil SS yg 0w-20 si gan. Krn berdasakpak packingnya exceeded dex1 gen 2. Nanti sekalian kl uda mau ganti mau test lab jg oli yg lama.
Om turbo mo nanya nih..kebetulan baru ngangkat xtrail 2nd 2012 2.5xt km baru 46rb lewat dikit, owner sebelumnya kakek nenek gitu jadi kondisi mobil interior exterior rapih banget dan sepertinya jadinya garage queen kalo diliat dari servis recordnya, nah pas ane cek dispstick oli warna masih coklat agak bening sekitar 3/4 full dan kalau dicium dipsticknya agak "bau besi karat" gt , sy cb cek di kartu ganti oli terakhir Jun 2018 dan tertulis Nissan 10w30 mineral ? Ini kenapa ya om turbo..apa bau ini karena oli mineral ? Kok beres nissan kasihnya oli mineral y...baru kali ini punya nissan saya
Baca beberapa thread diatas, flushing pake oli diesel sepertinya menarik juga, saya ada stock beberapa liter oli 5w30 HDEO dirumah, apakah ini perlu dilakukan ? Rekomendasi oil spec untuk Nissan QR25DE apa aja ya om turbo ? Mohon pencerahannya, thx
Turboman wrote: Wed Apr 10, 2019 6:10
si Q8 - 0W20 kadar Ca nya juga 1500 an ppm
sesuai kaidah SN+ / Dexos 1 gen 2 = low Ca
Om turbo, kalau mobil cuman mesin N/A doang, sebenernya perlu khawatir dengan LSPI ini kah? Owe perhatiin baca2 di BITOG, si lspi bisa nongol saat injek pedal gas dengan penuh dendam secara mendadak....apa di mesin N/A juga bisa terjadi? Mesin N/A dengan kompresi 13:1 tapinya ya om....
ipOi78 wrote:Om turbo mo nanya nih..kebetulan baru ngangkat xtrail 2nd 2012 2.5xt km baru 46rb lewat dikit, owner sebelumnya kakek nenek gitu jadi kondisi mobil interior exterior rapih banget dan sepertinya jadinya garage queen kalo diliat dari servis recordnya, nah pas ane cek dispstick oli warna masih coklat agak bening sekitar 3/4 full dan kalau dicium dipsticknya agak "bau besi karat" gt , sy cb cek di kartu ganti oli terakhir Jun 2018 dan tertulis Nissan 10w30 mineral ? Ini kenapa ya om turbo..apa bau ini karena oli mineral ? Kok beres nissan kasihnya oli mineral y...baru kali ini punya nissan saya
Baca beberapa thread diatas, flushing pake oli diesel sepertinya menarik juga, saya ada stock beberapa liter oli 5w30 HDEO dirumah, apakah ini perlu dilakukan ? Rekomendasi oil spec untuk Nissan QR25DE apa aja ya om turbo ? Mohon pencerahannya, thx
ya kalo mau cuci mesin pake HDEO lebih baik jika itu mobil dari baru pake oli yg so so aja
Turboman wrote: Wed Apr 10, 2019 6:10
si Q8 - 0W20 kadar Ca nya juga 1500 an ppm
sesuai kaidah SN+ / Dexos 1 gen 2 = low Ca
Om turbo, kalau mobil cuman mesin N/A doang, sebenernya perlu khawatir dengan LSPI ini kah? Owe perhatiin baca2 di BITOG, si lspi bisa nongol saat injek pedal gas dengan penuh dendam secara mendadak....apa di mesin N/A juga bisa terjadi? Mesin N/A dengan kompresi 13:1 tapinya ya om....
Mesin NA sih lebih flexible either mau pake yg SN+ atau SN biasa
Petrol FI tendensi terjadinya knocking mmg lebih besar kan........
Petrol GDI Turbo lebih2 krn GDI kan ada mode stratified / lean burn saat low load .......pabrik memprogram spt ini demi mengejar efisiensi FC
ipOi78 wrote: Wed Apr 10, 2019 8:03
Om turbo mo nanya nih..kebetulan baru ngangkat xtrail 2nd 2012 2.5xt km baru 46rb lewat dikit, owner sebelumnya kakek nenek gitu jadi kondisi mobil interior exterior rapih banget dan sepertinya jadinya garage queen kalo diliat dari servis recordnya, nah pas ane cek dispstick oli warna masih coklat agak bening sekitar 3/4 full dan kalau dicium dipsticknya agak "bau besi karat" gt , sy cb cek di kartu ganti oli terakhir Jun 2018 dan tertulis Nissan 10w30 mineral ? Ini kenapa ya om turbo..apa bau ini karena oli mineral ? Kok beres nissan kasihnya oli mineral y...baru kali ini punya nissan saya
Baca beberapa thread diatas, flushing pake oli diesel sepertinya menarik juga, saya ada stock beberapa liter oli 5w30 HDEO dirumah, apakah ini perlu dilakukan ? Rekomendasi oil spec untuk Nissan QR25DE apa aja ya om turbo ? Mohon pencerahannya, thx
Bukan om turbo tp coba urung komen mengenai oli nya..
Itu NGO yg 10-30 kl bsa jgn segitu lama dipake nya, 5000 jg ud bole d ganti, ud ad beberapa kasus bkin sludge gara2 pake tuh oli tp servis per jadwal 10 rebu km..
Om turboman
mobil saya Honda jazz GE8 AT tahun 2009
KM udah 109rb selama ini belum pernah kuras matic, by history beres cm di tap 3liter pas kilometer 66rb
Kmrn KM 106rb mau kuras matic tapi rekomendasi beres Honda malah cm disuruh Tap aja (akhirnya manut aja si)
Itu gapapa om? Kmrn saya di tap 3 liter pakai ATF Z1 tp koq kayak ya masih kurang smooth gt perpindahan maticnya
Rencana mau ganti ATF DW1 yg katanya Lbh bagus to harga cm selisih 8rb an perliter,, masih compatible kah? Atau mungkin ada rekomendasi oli matic lain yg bisa dpakai ?
Oia untuk oli mesin saya jg rencana mau ganti, selama ini pakai HAO 5w30 impresi nya so so biasa aja, suara mesin jg ga istimewa2 banget
Rencana mau ganti, tp masih bngung yang mana, antara
PTT 5w30
Eneos 0w20
Eneos Sustina 5w30
Fastron gold 0w20
Fastron gold 5w30
Aisin 5W30
Mobil super 200 5w30
United oil 0w30 (katanya udah PAO dan lagi promo menggiurkan di blibli)
Kira2 bagus yang mana ya om?
Ane pribadi lebih mengedepankan ECO fuel sm suara mesin Alus aja, baru kemudian akselerasi nya
aryonur88 wrote:Om turboman
mobil saya Honda jazz GE8 AT tahun 2009
KM udah 109rb selama ini belum pernah kuras matic, by history beres cm di tap 3liter pas kilometer 66rb
Kmrn KM 106rb mau kuras matic tapi rekomendasi beres Honda malah cm disuruh Tap aja (akhirnya manut aja si)
Itu gapapa om? Kmrn saya di tap 3 liter pakai ATF Z1 tp koq kayak ya masih kurang smooth gt perpindahan maticnya
Rencana mau ganti ATF DW1 yg katanya Lbh bagus to harga cm selisih 8rb an perliter,, masih compatible kah? Atau mungkin ada rekomendasi oli matic lain yg bisa dpakai ?
Oia untuk oli mesin saya jg rencana mau ganti, selama ini pakai HAO 5w30 impresi nya so so biasa aja, suara mesin jg ga istimewa2 banget
Rencana mau ganti, tp masih bngung yang mana, antara
PTT 5w30
Eneos 0w20
Eneos Sustina 5w30
Fastron gold 0w20
Fastron gold 5w30
Aisin 5W30
Mobil super 200 5w30
United oil 0w30 (katanya udah PAO dan lagi promo menggiurkan di blibli)
Kira2 bagus yang mana ya om?
Ane pribadi lebih mengedepankan ECO fuel sm suara mesin Alus aja, baru kemudian akselerasi nya
atau mungkin ada rekomendasi lain om turboman ?
Utk oli mesin kalo jarang RPM tinggi en setir mostly DalKot better pake 0W20
Kalo always luar kota / jarak jauh / RPM tinggi melulu bisa pakai 5W30......kalo mau enak yg ACEA A5 / B5 (kekentalan mendekati 0W30)
Matic gear ?
Kuras aja ala Gerlong pake Aisin AFW+......AFW+ di CRV RE sih enak bgt
aryonur88 wrote: Thu Apr 11, 2019 3:01
Om turboman
mobil saya Honda jazz GE8 AT tahun 2009
KM udah 109rb selama ini belum pernah kuras matic, by history beres cm di tap 3liter pas kilometer 66rb
Kmrn KM 106rb mau kuras matic tapi rekomendasi beres Honda malah cm disuruh Tap aja (akhirnya manut aja si)
Itu gapapa om? Kmrn saya di tap 3 liter pakai ATF Z1 tp koq kayak ya masih kurang smooth gt perpindahan maticnya
Rencana mau ganti ATF DW1 yg katanya Lbh bagus to harga cm selisih 8rb an perliter,, masih compatible kah? Atau mungkin ada rekomendasi oli matic lain yg bisa dpakai ?
Oia untuk oli mesin saya jg rencana mau ganti, selama ini pakai HAO 5w30 impresi nya so so biasa aja, suara mesin jg ga istimewa2 banget
Rencana mau ganti, tp masih bngung yang mana, antara
PTT 5w30
Eneos 0w20
Eneos Sustina 5w30
Fastron gold 0w20
Fastron gold 5w30
Aisin 5W30
Mobil super 200 5w30
United oil 0w30 (katanya udah PAO dan lagi promo menggiurkan di blibli)
Kira2 bagus yang mana ya om?
Ane pribadi lebih mengedepankan ECO fuel sm suara mesin Alus aja, baru kemudian akselerasi nya
atau mungkin ada rekomendasi lain om turboman ?
Nambahin soal oli matic om, kalo spec nya Z1 ya hrs Z1 om sepengalaman saya. Kilometer segitu belum pernah kuras, harus kuras segera. Ertiga saya dulu tap sekali di 40rb pake sgo atf 3317 (yg bener spek nya aw-1) langsung dengung sama nggak enak oper2an nya. Akhirnya kuras pake q8 auto JK gerlong jadi mantep banget diajak lari (oli mesin wkt itu ganti pake ptt 5w30)
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 5:13
ATF Z1 itu equivalent JASO 1A........Z1 spt hal-nya SP III atau T4 hanya istilah pabrikan aja spy user beli ATF genuine mereka
CRV RE saya udah coba macam2 ATF, yg enak saat pake
- Ams Univ ATF
- Q8 Auto JK
- Aisin AFW+
pernah pake Kendall versa trans semi syn......Thumbs Down
Ngomong2 tentang ATF ya.... Mazda CX-5 kan transmisi nya udah Skyactiv ya. ATF nya juga pake yg seri FZ. Kalo di buku manual sih katanya ATF nya lifetime period jadi gak usah ganti2. Skrg gerobak saya udah 81rb km nih. Apa perlu ganti ATF gak ya?
Waktu itu mau coba ganti pake Aisin tapi di website nya ngak tertulis compatible pake yg AFW atau AFW+ karena saya curiga Mazda kan gak punya pabrik khusus bikin ATF. Saya yakin dia blending di pabrik orang lain dan mungkin Aisin tu OEM nya Mazda???
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 5:13
ATF Z1 itu equivalent JASO 1A........Z1 spt hal-nya SP III atau T4 hanya istilah pabrikan aja spy user beli ATF genuine mereka
CRV RE saya udah coba macam2 ATF, yg enak saat pake
- Ams Univ ATF
- Q8 Auto JK
- Aisin AFW+
pernah pake Kendall versa trans semi syn......Thumbs Down
Ngomong2 tentang ATF ya.... Mazda CX-5 kan transmisi nya udah Skyactiv ya. ATF nya juga pake yg seri FZ. Kalo di buku manual sih katanya ATF nya lifetime period jadi gak usah ganti2. Skrg gerobak saya udah 81rb km nih. Apa perlu ganti ATF gak ya?
Waktu itu mau coba ganti pake Aisin tapi di website nya ngak tertulis compatible pake yg AFW atau AFW+ karena saya curiga Mazda kan gak punya pabrik khusus bikin ATF. Saya yakin dia blending di pabrik orang lain dan mungkin Aisin tu OEM nya Mazda???
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 5:13
ATF Z1 itu equivalent JASO 1A........Z1 spt hal-nya SP III atau T4 hanya istilah pabrikan aja spy user beli ATF genuine mereka
CRV RE saya udah coba macam2 ATF, yg enak saat pake
- Ams Univ ATF
- Q8 Auto JK
- Aisin AFW+
pernah pake Kendall versa trans semi syn......Thumbs Down
Ngomong2 tentang ATF ya.... Mazda CX-5 kan transmisi nya udah Skyactiv ya. ATF nya juga pake yg seri FZ. Kalo di buku manual sih katanya ATF nya lifetime period jadi gak usah ganti2. Skrg gerobak saya udah 81rb km nih. Apa perlu ganti ATF gak ya?
Waktu itu mau coba ganti pake Aisin tapi di website nya ngak tertulis compatible pake yg AFW atau AFW+ karena saya curiga Mazda kan gak punya pabrik khusus bikin ATF. Saya yakin dia blending di pabrik orang lain dan mungkin Aisin tu OEM nya Mazda???
fernando_lim wrote:Om turbo ,oli diesel ck 4 apakah masih boleh dipakai utk engine flush ? Krn tidak tercantum api utk gasoline lagi
Oli CK4 malah kadar SAPS 0,9 - 0,99% mirip spt oli bensin yg Long Life
Om tanya donk, kalau mobil jarang pakai, hanya sabtu minggu atau dalam 1tahun ga sampai 10rb km, oli Full Synthetic itu paling lama berapa bulan bisa kita Pakai?
fernando_lim wrote:Om turbo ,oli diesel ck 4 apakah masih boleh dipakai utk engine flush ? Krn tidak tercantum api utk gasoline lagi
Oli CK4 malah kadar SAPS 0,9 - 0,99% mirip spt oli bensin yg Long Life
Om tanya donk, kalau mobil jarang pakai, hanya sabtu minggu atau dalam 1tahun ga sampai 10rb km, oli Full Synthetic itu paling lama berapa bulan bisa kita Pakai?
bisa 12 - 13 bulan
Kalo Full Synth beneran yah (bukan "full synth" yg under 80 rb perak)
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 15:30
Oli CK4 malah kadar SAPS 0,9 - 0,99% mirip spt oli bensin yg Long Life
Om tanya donk, kalau mobil jarang pakai, hanya sabtu minggu atau dalam 1tahun ga sampai 10rb km, oli Full Synthetic itu paling lama berapa bulan bisa kita Pakai?
bisa 12 - 13 bulan
Kalo Full Synth beneran yah (bukan "full synth" yg under 80 rb perak)
Oke Om terima kasih informasinya, bukan Oli FS yang under 80k ya... Hehehe..
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 5:13
ATF Z1 itu equivalent JASO 1A........Z1 spt hal-nya SP III atau T4 hanya istilah pabrikan aja spy user beli ATF genuine mereka
CRV RE saya udah coba macam2 ATF, yg enak saat pake
- Ams Univ ATF
- Q8 Auto JK
- Aisin AFW+
pernah pake Kendall versa trans semi syn......Thumbs Down
Mumpung ngomongin RE, kalau oli mesin top 3-nya om apa aja?
Kebetulan bulan ini jadwalku ganti, mau ganti yang bagusan.
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 15:30
Oli CK4 malah kadar SAPS 0,9 - 0,99% mirip spt oli bensin yg Long Life
Om tanya donk, kalau mobil jarang pakai, hanya sabtu minggu atau dalam 1tahun ga sampai 10rb km, oli Full Synthetic itu paling lama berapa bulan bisa kita Pakai?
bisa 12 - 13 bulan
Kalo Full Synth beneran yah (bukan "full synth" yg under 80 rb perak)
Klo semacam Shell HX8, Fastron Gold, atau PTT (kan infonya full syn),
masuk kategori 12-13 bulan?
Turboman wrote: Thu Apr 11, 2019 5:13
ATF Z1 itu equivalent JASO 1A........Z1 spt hal-nya SP III atau T4 hanya istilah pabrikan aja spy user beli ATF genuine mereka
CRV RE saya udah coba macam2 ATF, yg enak saat pake
- Ams Univ ATF
- Q8 Auto JK
- Aisin AFW+
pernah pake Kendall versa trans semi syn......Thumbs Down
Mumpung ngomongin RE, kalau oli mesin top 3-nya om apa aja?
Kebetulan bulan ini jadwalku ganti, mau ganti yang bagusan.
mau paling sip ya pake 0W20 Full syn yg kelas premium spt Ams ASM / Q8 Form Ultra dll
skrg lagi mau coba di GD..setelah jalan 5000 km mau tuang tambah antara 0.5 liter atau 1 liter dengan mesran toyota 15-40....
atau tuang campur oli toyota 5-30 1 galon dengan 1 galon kurang 15 -40...
maklum di rumah ada 1 galon mesran 15 -40...beli di auto 2000 krn servis rutin awal....sayang gak kepake
iseng buat kepuasan...
namanya juga hobi.....biar relax pikiran dr masalah kerjaan...