Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
Nah, ini terasa di kel beaar kami.
kalau abang saya dari Medan ke Jakarta, dia punya 4 anak, udah kerja dan kuliah, selama di Jakarta mereka aku pinjami MuX. mereka bisa wara wiri ke Bandung atau kemana.
Giliran saya ke Medan, maka susah skrg. dia udah jual Toyota Rush, dan sisa HRV.
kalau saya datang 4 org dari jakarta dan mau ke kampung di aceh, nark HRV ber 6, rasanya krg pas..
lbh cocok mmg tetap ada mobil 3 row di rmh..ha ha ha
maka dari itu akhir yg tetap prefer bawa mux ke Medan, supaya selama disana ada alat kendara buat muter muter
Kembali ke soal Reviewer Vs Mayarakat Awam.
Kalau yg sy lihat apa yg disampaikan reviewer itu sifatnya idealis, berdasarkan preferensi..
Tapi masy awam berpikir realistis saja.
apakah ada masy yg berpikir spt reviewer ? Ada..yaitu org kaya yg punya selera..tp itu gak banyak...
Lalu nanti timbul pertanyaan yaitu merk mobil 4L mulu yg bertahan...
ingat yeori darwin bahwa yg bertahan itu bukan yg terkuat tercepat tapi yg paling bisa beradaptasi..
dan merk 4L itu sdh beradaptasi dgn baik..
bisa gak sih merk sukses tanpa adaptasi ? Bisa..dgn cara melakukan revolusi mindset masy..tp itu berat
Yes om, walaupun sdh ada program KB, tetep aja budaya "guyub" di indonesia gak bisa hilang...pada akhirnya yg laris tetep mobil 7 penumpang dengan merk yg familiar
Yaa gimana mau denger reviewer kalo blm beli mobil sdh ketakutan spare part susah (padahal bengkel resmi banyak, khususnya di kota2) dan ketakutan harga jual anjlok om. jadi inget om NR, selama perut blm kenyang ya mana kepikiran utk rawat mobil scr proper.
Market semacam inilah yg bener2 di grab sama a*tra
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
sebagian besar manusia memakai mobil hanya sebagai alat bantu transportasi, logis memilih kendaraan yang memenuhi kritieria tersebut. yang disebut sebagai enthusiasts itu sebagian kecil, dan dari enthusiasts tersebut pun berapa banyak juga yang memang betulan ngemong kendaraan dibanding mereka yang jadi pendekar keyboard jagoan angan angan?
jadi kembali lagi ke fungsi mobil di indonesia yang utamanya sebagai alat transportasi, wajar toh cari kendaraan yang harga akuisisi terjangkau, biaya perawatan dan spare parts terjangkau, bandel, siap menghadapi kondisi jalan di indonesia yang begitulah, irit, muat penumpang dan barang banyak, aman, dan nanti mudah waktu dijual kembali? kalau toh ada bonus lain dari mobil tersebut ya kembali lagi sebagai bonus, taraf kemampuan masyarakat kita masih level berapa toh? 500 jutaan saja sudah dianggap mewah, dan rasanya purata harga jual mobil baru di kita juga masih di level 200 jutaan, dengan daya beli segitu apa bisa berharap banyak?
di sisi lain, saya tahu persis kok ada beberapa bos besar yang koleksi mobilnya sudah di level belasan sampai ratusan M sehari hari ke kantor biasa naik.....Innova standar, weekend baru keluarin tuh mobil yang aneh aneh, jadi yang level enthusiasts pun juga untuk sehari hari dan operasional kebanyakan masih 4L juga toh, berapa banyak yang mau keluarin european apalagi supercar buat daily driver?
Ga perlu 500 juta, sy ingat pernah ada berita di tv yg judulnya bombastis: "mobil mewah PNS".......yg ditampilin: corolla altis wkwk
Nah ini juga banyak terjadi, sy kenal org yg punya s class, ferrari, tp mobil hariannya: suv ladder frame mainstream.
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
As one of the rule in this forum, sebaiknya mencantumkan sumber beritanya dari mana..
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
Jadi intinya, memang orang di indo yang maksa produsen untuk bikin mobil macem begitu, ya produsen tinggal ikutin seleranya orang disini. Selama orang sini seleranya ga berubah, ya kualitas produk disini juga bakal begini terus.
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
jadi inget pernah nonton channel salah satu reviewer yang bilang, who cares dashboard softouch dll, emang siapa juga yang mau duduk di dashboard?
Setuju reviewer ngga mencerminkan kondisi pasar.. kesannya reviewer jg kadang ga penting-penting banget bahasnya..
terus bahasa kaya rattle, hening dan tingkat kenyamanan itu relatif banget.. buat ane biasa naik GL x-gear bgitu bawa hrv ya udah wah banget, ga kerasa tu yg di forum ini rame bgt soal kaki"..
Pernah juga nonton ada reveiwer yang bilang cruise control ga begitu berguna di jakarta, langsung dihujat sama netijen. Padahal jalan di jakarta memang susah untuk mencapai 60kmh, kecuali di tol tertentu atau tengah malem. Dan gw yakin sangat sedikit orang indo yang pake tuh fitur padahal ada di mobilnya, sama kyak fitur paddle shift. Expander aja yang baru udah dikasih cruise control juga ga mendongkrak penjualan secara signifikan. Coba kalau misalnya pembaharuan expander yang tadinya fwd jadi rwd, gw yakin bisa dongkrak penjualan 20 samai 30%, sesuai mindsetnya orang indo rwd lebih tangguh dari fwd.
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
jadi inget pernah nonton channel salah satu reviewer yang bilang, who cares dashboard softouch dll, emang siapa juga yang mau duduk di dashboard?
Setuju reviewer ngga mencerminkan kondisi pasar.. kesannya reviewer jg kadang ga penting-penting banget bahasnya..
terus bahasa kaya rattle, hening dan tingkat kenyamanan itu relatif banget.. buat ane biasa naik GL x-gear bgitu bawa hrv ya udah wah banget, ga kerasa tu yg di forum ini rame bgt soal kaki"..
Pernah juga nonton ada reveiwer yang bilang cruise control ga begitu berguna di jakarta, langsung dihujat sama netijen. Padahal jalan di jakarta memang susah untuk mencapai 60kmh, kecuali di tol tertentu atau tengah malem. Dan gw yakin sangat sedikit orang indo yang pake tuh fitur padahal ada di mobilnya, sama kyak fitur paddle shift. Expander aja yang baru udah dikasih cruise control juga ga mendongkrak penjualan secara signifikan. Coba kalau misalnya pembaharuan expander yang tadinya fwd jadi rwd, gw yakin bisa dongkrak penjualan 20 samai 30%, sesuai mindsetnya orang indo rwd lebih tangguh dari fwd.
Perubahan fwd jadi rwd itu cocoknya buat next LSUV yg katanya mitsu sedang godok..
Cuma kalau xpander dibikin RWD, takutnya jadi ga nyaman.
jadi inget pernah nonton channel salah satu reviewer yang bilang, who cares dashboard softouch dll, emang siapa juga yang mau duduk di dashboard?
Setuju reviewer ngga mencerminkan kondisi pasar.. kesannya reviewer jg kadang ga penting-penting banget bahasnya..
terus bahasa kaya rattle, hening dan tingkat kenyamanan itu relatif banget.. buat ane biasa naik GL x-gear bgitu bawa hrv ya udah wah banget, ga kerasa tu yg di forum ini rame bgt soal kaki"..
Pernah juga nonton ada reveiwer yang bilang cruise control ga begitu berguna di jakarta, langsung dihujat sama netijen. Padahal jalan di jakarta memang susah untuk mencapai 60kmh, kecuali di tol tertentu atau tengah malem. Dan gw yakin sangat sedikit orang indo yang pake tuh fitur padahal ada di mobilnya, sama kyak fitur paddle shift. Expander aja yang baru udah dikasih cruise control juga ga mendongkrak penjualan secara signifikan. Coba kalau misalnya pembaharuan expander yang tadinya fwd jadi rwd, gw yakin bisa dongkrak penjualan 20 samai 30%, sesuai mindsetnya orang indo rwd lebih tangguh dari fwd.
Perubahan fwd jadi rwd itu cocoknya buat next LSUV yg katanya mitsu sedang godok..
Cuma kalau xpander dibikin RWD, takutnya jadi ga nyaman.
Nah itu dia, kenyamanan pasti berkurang, cuma konsumen indo ga begitu peduli dengan kenyamanan. Klo lsuvnya dibikin rwd, kita liat nanti duet ruster bakalan jadi apa. Itu kalau harganya mirip2.
Tampanman wrote: Tue Mar 12, 2019 4:14
Pernah juga nonton ada reveiwer yang bilang cruise control ga begitu berguna di jakarta, langsung dihujat sama netijen. Padahal jalan di jakarta memang susah untuk mencapai 60kmh, kecuali di tol tertentu atau tengah malem. Dan gw yakin sangat sedikit orang indo yang pake tuh fitur padahal ada di mobilnya, sama kyak fitur paddle shift. Expander aja yang baru udah dikasih cruise control juga ga mendongkrak penjualan secara signifikan. Coba kalau misalnya pembaharuan expander yang tadinya fwd jadi rwd, gw yakin bisa dongkrak penjualan 20 samai 30%, sesuai mindsetnya orang indo rwd lebih tangguh dari fwd.
Perubahan fwd jadi rwd itu cocoknya buat next LSUV yg katanya mitsu sedang godok..
Cuma kalau xpander dibikin RWD, takutnya jadi ga nyaman.
Nah itu dia, kenyamanan pasti berkurang, cuma konsumen indo ga begitu peduli dengan kenyamanan. Klo lsuvnya dibikin rwd, kita liat nanti duet ruster bakalan jadi apa. Itu kalau harganya mirip2.
Agak naif ya kalo bilang konsumen Indo tidak peduli kenyamanan..
Sejak Ertiga keluar, mulai ada pergeseran kebutuhan pasar. Kalo dulu jaman avanza, konsumen cuma cari yang muat banyak, irit, awet dan murah, sejak ertiga keluar pasar mulai sebagian bergeser ke kenyamanan, lalu keluar mobilio dengan handling, bentuk sporty, dll.
Kalo kita bilang orang indo tidak peduli kenyamanan, saya yakin Xpander tidak akan laku sebanyak ini sekarang. Karena memang main selling point Xpander adalah bentuk futuristic dan kenyamanan.
Sebenarnya grand livina sudah mulai lebih dulu, tapi entah kenapa pergeseran baru benar-benar mulai terasa di jaman ertiga.
Intinya sih semua adalah dinamika pasar. Kita sebagai konsumen, kita nikmati saja dinamika ini. Kita nikmati produk2 yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan kita hormati orang lain yang kebutuhan nya berbeda dengan kita.
martinnn wrote:bulan depan launching DFSK 560 ya.... apakah bisa mengganggu tahta ruster
Saya yakin tidak. Somehow, DFSK ini terasa kurang matang strategi marketing nya, dan cenderung agak buru-buru.. Saya pribadi agak pesimis dengan daya tahan produsen nya di pasar Indonesia.. Produsen nya ya, bukan mobil nya..
martinnn wrote: Tue Mar 12, 2019 5:33
bulan depan launching DFSK 560 ya.... apakah bisa mengganggu tahta ruster
Gak Om, DFSK kan buat pasar niche
Setidaknya, enak pakai DFSK 580 orang2 masih pada ngeliatin kalau lewat & kmrn org yg isi bensin mbl saya bilang "kirain CX5 Mas"
dittotama wrote: Tue Mar 12, 2019 2:45
jadi inget pernah nonton channel salah satu reviewer yang bilang, who cares dashboard softouch dll, emang siapa juga yang mau duduk di dashboard?
Setuju reviewer ngga mencerminkan kondisi pasar.. kesannya reviewer jg kadang ga penting-penting banget bahasnya..
terus bahasa kaya rattle, hening dan tingkat kenyamanan itu relatif banget.. buat ane biasa naik GL x-gear bgitu bawa hrv ya udah wah banget, ga kerasa tu yg di forum ini rame bgt soal kaki"..
Pernah juga nonton ada reveiwer yang bilang cruise control ga begitu berguna di jakarta, langsung dihujat sama netijen. Padahal jalan di jakarta memang susah untuk mencapai 60kmh, kecuali di tol tertentu atau tengah malem. Dan gw yakin sangat sedikit orang indo yang pake tuh fitur padahal ada di mobilnya, sama kyak fitur paddle shift. Expander aja yang baru udah dikasih cruise control juga ga mendongkrak penjualan secara signifikan. Coba kalau misalnya pembaharuan expander yang tadinya fwd jadi rwd, gw yakin bisa dongkrak penjualan 20 samai 30%, sesuai mindsetnya orang indo rwd lebih tangguh dari fwd.
Perubahan fwd jadi rwd itu cocoknya buat next LSUV yg katanya mitsu sedang godok..
Cuma kalau xpander dibikin RWD, takutnya jadi ga nyaman.
Katanya suv nya basis xpander, kalau gitu kemungkinan besar tetep monokok fwd.
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
As one of the rule in this forum, sebaiknya mencantumkan sumber beritanya dari mana..
Iya nih. Mungkin pas ngeblok edit ikut kehapus linknya.
ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkan
Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi
HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini
Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
Yup memang Mitsu OS FL lagi tahun ini dan membuat penantian Next Gen OS based eX Concept mundur lagi. Konon dijanjikan tahun 2020 muncul bersamaan dengan AN Nissan Juke. Padahal platform Mitsu eX Concept sudah debut dan dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2015. Malah lebih dulu dari platform XM Concept yang baru nongol tahun 2016. Life cycle Mitsu OS yang sekarang sejatinya sudah habis karena muncul sejak tahun 2010. Ini membuat banyak dealer Mitsucars di luar negeri sana komplain keras karena OS adalah backbone mereka. Apalagi terbukti penjualan Mitsu Eclipse Cross 1.5L Turbo sangat tidak menggembirakan. Di Indo saja OS terlihat hidup segan mati tidak mau dan tidak bisa dipindah dari Pulogadung Plant oleh PT. MMKYSI. Ya mau bagaimana lagi karena MMC Japan sudah dikendalikan oleh Nissan Global hehehe.
Akhir Tahun atau Awal Tahun depan kaya'nya pada luncurin pasar LSUV
Sijuki dengan Ertiga Cross dan Triple Diamond dengan Xpander SUV juga
LSUV 7 seater berbasis Xpander ?? Ini kok terkesan aneh seperti ide Xpander 1.3L, RWD demi bersaing dengan Avanza. Lha platform Daihatsu DN Multisix yang akan menjadi Next Gen AvXen 2020/2021 saja sudah FWD ckckck.
Nah untuk ide LSUV 7 seater basis Xpander, saya kok bingung dan gagal paham secara XM Concept yang sekarang berwujud LMPV Xpander sendiri sejak konsep sudah disebut Crossover MPV. Yang berarti memang sudah mempunyai aura SUV dan bukan MPV yang diberi bumbu SUV seperti Livina X-Gear dari Nissan GL, Honda BR-V dari Mobilio, Suzuki Ertiga Cross dari LMPV Ertiga. Ini poin plus terbesar Xpander yang tidak dimiliki oleh kompetitor dan juga market leader. Karena dengan kemunculan Xpander berakibat segmen LMPV & LSUV Indo DM menjadi semakin abu-abu dan membingungkan konsumen awam antara perbedaan LMPV dan LSUV. Hmmm.... kalau memang Aliansi RenNisMit berniat tempur di segmen LSUV 7 seater Indo DM, lha kenapa tidak AN Livina saja yang dimake up dengan roof rail dan GC ditinggikan sedikit lagi tambah spoiler depan belakang . Oh ya sekalian profil ban dipertipis lagi dengan diameter velg ke 17 inch....ckckck. Lalu diberitakan ke media bahwa ini adalah LSUV bukan LMPV walau berbasis Xpander.
Yang pasti prospek LSUV 5 seater tetap cerah di Indo DM dengan pangsa terbesar kaum muda yang belum berkeluarga. Poin yang penting adalah mesin 1.5L dan space kabin luas. Dan ini sudah terlihat pada Honda HR-V di Indo DM dan segmen gemuk yang semoga digarap oleh PT. MMKYSI dengan Next Gen Mitsu OS 5 seater dan mesin 1.5L yang sama dengan LMPV Xpander. Secara platform untuk LSUV 5 seater sudah ada dan eX Concept memang mirip sekali dengan XM Concept. Bisa dibilang XM Concept (7 seater) dan eX Concept (5 seater).
Pernah juga nonton ada reveiwer yang bilang cruise control ga begitu berguna di jakarta, langsung dihujat sama netijen. Padahal jalan di jakarta memang susah untuk mencapai 60kmh, kecuali di tol tertentu atau tengah malem. Dan gw yakin sangat sedikit orang indo yang pake tuh fitur padahal ada di mobilnya, sama kyak fitur paddle shift. Expander aja yang baru udah dikasih cruise control juga ga mendongkrak penjualan secara signifikan. Coba kalau misalnya pembaharuan expander yang tadinya fwd jadi rwd, gw yakin bisa dongkrak penjualan 20 samai 30%, sesuai mindsetnya orang indo rwd lebih tangguh dari fwd.
Perubahan fwd jadi rwd itu cocoknya buat next LSUV yg katanya mitsu sedang godok..
Cuma kalau xpander dibikin RWD, takutnya jadi ga nyaman.
Nah itu dia, kenyamanan pasti berkurang, cuma konsumen indo ga begitu peduli dengan kenyamanan. Klo lsuvnya dibikin rwd, kita liat nanti duet ruster bakalan jadi apa. Itu kalau harganya mirip2.
Yang saya bold ga bisa digeneralisir sih ya.. betul kata om diatas, xpander termasuk laku karena nyamannya itu, sampai masyarakat ga peduli dia mau FWD or RWD..
Kalau buat tahan banting sih masih pegang kaki2 RWD ya. Kecuali LSUV mitsu nanti nyaman dan goodlookin, mungkin masyarakat ga peduli RWD dan FWD lagi. (Berkaca dari mid SUV such as xtrail crvturbo, pasarnya masih ada)
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
Jadi intinya, memang orang di indo yang maksa produsen untuk bikin mobil macem begitu, ya produsen tinggal ikutin seleranya orang disini. Selama orang sini seleranya ga berubah, ya kualitas produk disini juga bakal begini terus.
ini kok terkesan 'menyalahkan' masyarakat secara umum ya..?? mobil di negara ini kan 'mahal' dibanding negara lain yang lebih maju seperti usa atau jepang (jangan singapura). coba deh kalo misal harga sama, pasti banyak mobil2 eksotis yang berkeliaran disini. sblm 'menyalahkan' masyarakat secara umum, salahin dulu pajak negara ini. ini kalo mau saling salah-salahin yak
iwing wrote: Wed Mar 13, 2019 0:51
ini kok terkesan 'menyalahkan' masyarakat secara umum ya..?? mobil di negara ini kan 'mahal' dibanding negara lain yang lebih maju seperti usa atau jepang (jangan singapura). coba deh kalo misal harga sama, pasti banyak mobil2 eksotis yang berkeliaran disini. sblm 'menyalahkan' masyarakat secara umum, salahin dulu pajak negara ini. ini kalo mau saling salah-salahin yak
untuk cc kecil sih sepertinya beda harga nggak terlalu jauh karena pajak kecil, 1500cc ke atas dan 4WD baru beda cerita
kita lihat saja nanti implementasi aturan ppnbm seperti apa, kalau ppnbm turun tapi bea balik nama dan 4WD dinaikkan ya sami mawon
iwing wrote: Wed Mar 13, 2019 0:51
ini kok terkesan 'menyalahkan' masyarakat secara umum ya..?? mobil di negara ini kan 'mahal' dibanding negara lain yang lebih maju seperti usa atau jepang (jangan singapura). coba deh kalo misal harga sama, pasti banyak mobil2 eksotis yang berkeliaran disini. sblm 'menyalahkan' masyarakat secara umum, salahin dulu pajak negara ini. ini kalo mau saling salah-salahin yak
untuk cc kecil sih sepertinya beda harga nggak terlalu jauh karena pajak kecil, 1500cc ke atas dan 4WD baru beda cerita
kita lihat saja nanti implementasi aturan ppnbm seperti apa, kalau ppnbm turun tapi bea balik nama dan 4WD dinaikkan ya sami mawon
Nah yang lebih lucu lagi mobil hybrid yang jelas2 lebih hemat bbm, lebih ramah lingkungan, malah pajaknya digedein, ga tau kemana jalan pikirannya..
iwing wrote: Wed Mar 13, 2019 0:51
ini kok terkesan 'menyalahkan' masyarakat secara umum ya..?? mobil di negara ini kan 'mahal' dibanding negara lain yang lebih maju seperti usa atau jepang (jangan singapura). coba deh kalo misal harga sama, pasti banyak mobil2 eksotis yang berkeliaran disini. sblm 'menyalahkan' masyarakat secara umum, salahin dulu pajak negara ini. ini kalo mau saling salah-salahin yak
untuk cc kecil sih sepertinya beda harga nggak terlalu jauh karena pajak kecil, 1500cc ke atas dan 4WD baru beda cerita
kita lihat saja nanti implementasi aturan ppnbm seperti apa, kalau ppnbm turun tapi bea balik nama dan 4WD dinaikkan ya sami mawon
Nah yang lebih lucu lagi mobil hybrid yang jelas2 lebih hemat bbm, lebih ramah lingkungan, malah pajaknya digedein, ga tau kemana jalan pikirannya..