Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
wah masa sih tetep ngembang walau tanpa seatbelt....malah bahaya donk

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Yg paling penting jaga jarak aman. Masalah menginformasikan ke penumpang rasanya ga mungkin sempat. Klo Saya biasanya rem, tekan Hazard, liat spion belakang ada kendaraan lain /tidak, samping kiri kanan halangan ada sesuatu/ tidak baru berani banting stir
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Jan 05, 2019 18:52
- Location: Pontianak
- Daily Vehicle: Mazda cx5 14 Honda HRV 17 18 venturer gasoline 2017
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Klo keluar kota anak dan istri saya tidak saya suruh satu mobil dengan saya biar aman
Karena mereka tahu saya tidak pernah pelan klo nyetir jadi misalkan terjadi apa" Mereka juga selamat

Karena mereka tahu saya tidak pernah pelan klo nyetir jadi misalkan terjadi apa" Mereka juga selamat

1TR-FE 17
RU5 1.7L 17
1KR-VE 13
RU5 1.7L 17
1KR-VE 13
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
kok hazard ?P47hos wrote: Sun Feb 03, 2019 3:03 Yg paling penting jaga jarak aman. Masalah menginformasikan ke penumpang rasanya ga mungkin sempat. Klo Saya biasanya rem, tekan Hazard, liat spion belakang ada kendaraan lain /tidak, samping kiri kanan halangan ada sesuatu/ tidak baru berani banting stir
hazard kan dinyalakan pada saat mobil kita diam...
lagian kalo tekan hazard malah bikin konsen kita kurang megang stir nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
kalo dari sisi driver, mungkin iya. tapi saya sendiri kalo lihat mobil di depan rem mandadak sambil menyalakan hazard, saya yang dibelakang nya merasa lebih waspada saja sama mobil tersebuthtk wrote: Sat Feb 23, 2019 7:32kok hazard ?P47hos wrote: Sun Feb 03, 2019 3:03 Yg paling penting jaga jarak aman. Masalah menginformasikan ke penumpang rasanya ga mungkin sempat. Klo Saya biasanya rem, tekan Hazard, liat spion belakang ada kendaraan lain /tidak, samping kiri kanan halangan ada sesuatu/ tidak baru berani banting stir
hazard kan dinyalakan pada saat mobil kita diam...
lagian kalo tekan hazard malah bikin konsen kita kurang megang stir nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Mungkin seatbeltnya ditancepin tp ga dipake (biar ga bunyi terus alarmnya)martinnn wrote: Sun Feb 03, 2019 2:47 wah masa sih tetep ngembang walau tanpa seatbelt....malah bahaya donk
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
dan ini bisa jadi yang membunuh padahal mestinya dengan seatbelt + airbag selamat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
FYI Mobil jaman now mulai dilengkapi fitur Klo Kita hard braking, lampu Hazard akan menyala otomatis. Masalah konsen berkurang, tidak jg Klo sdh terbiasa, dan saya sdh terbiasa menyetir begini dari 10 tahun lalu.htk wrote: Sat Feb 23, 2019 7:32kok hazard ?P47hos wrote: Sun Feb 03, 2019 3:03 Yg paling penting jaga jarak aman. Masalah menginformasikan ke penumpang rasanya ga mungkin sempat. Klo Saya biasanya rem, tekan Hazard, liat spion belakang ada kendaraan lain /tidak, samping kiri kanan halangan ada sesuatu/ tidak baru berani banting stir
hazard kan dinyalakan pada saat mobil kita diam...
lagian kalo tekan hazard malah bikin konsen kita kurang megang stir nya...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Saya heran sama orang yang seperti itu. Sebegitu ga nyamannya kah pakai seatbelt? Saya pakai atau tidak pakai rasanya sama saja, ga mengurangi kenyamanan sama sekali. Malah merasa lebih aman dan nyaman di hati kalau pakai seatbelt.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Aug 17, 2015 9:37
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
sy selalu perkirakan jarak aman dgn mobil di depan berdasarkan kemampuan pengereman mobil sendiri, apapun kondisi penumpangnya. seatbelt selalu pakai, kecuali seatbelt yg ngencenginnya manual. jika tiba2 menemukan suatu hal, sy hindari mengerem dan belok scr tiba2 kecuali belakang kosong, dengan cara lanjut dulu lalu cari tempat buat putar balik atau cari jalan lain buat memutar. berani menyalip jika benar2 aman dan ada celah yg cukup lega untuk masuk kembali ke jalur di depan.
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Jan 28, 2016 0:09
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Kalo saya sih sgt menghindari d blkng mbl yg lampu rem nya gak nyala...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Klo saya krna pke mbl matic saat rem mendadak ud reflek pindahin tuas ke netral (tanpa pencet tombol supaya tidak bablas ke R atau P)
Supaya jarak pengereman lebih pendek, krna klo tetep di D power mesin masih ngedorong mobil / torque converter posisi lock/engage
Supaya jarak pengereman lebih pendek, krna klo tetep di D power mesin masih ngedorong mobil / torque converter posisi lock/engage
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Kenapa nggak downshift aja om? Karena kalo saya di netral, berasa traksi mobil menurunlemonadelovers wrote: Sat Feb 23, 2019 23:31 Klo saya krna pke mbl matic saat rem mendadak ud reflek pindahin tuas ke netral (tanpa pencet tombol supaya tidak bablas ke R atau P)
Supaya jarak pengereman lebih pendek, krna klo tetep di D power mesin masih ngedorong mobil / torque converter posisi lock/engage

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Kalo di lukot sering bgt ktmu mbl yg nempel ke buntut mbl kita, rasanya kalo rem mendadak pasti kena blkg. Males bgt ktmu driver [cencored] kekgini. Pdhl kalo ada spot memungkinkan overtake ane kasi kiri biar dia nyalip. Ga sorr x awak supir kekgini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Didaerah mana ini om? Kayanya mirip2 aja tingkah laku sopir2 disini. Rata2 mobil travel bawanya emang kaya ga sayang nyawa. Klo Saya diginiin biasanya saya bakal tambah pelanin jd biar dia yg cari celah sendiri buat nyelipadrianomyman wrote: Sun Feb 24, 2019 3:02 Kalo di lukot sering bgt ktmu mbl yg nempel ke buntut mbl kita, rasanya kalo rem mendadak pasti kena blkg. Males bgt ktmu driver [cencored] kekgini. Pdhl kalo ada spot memungkinkan overtake ane kasi kiri biar dia nyalip. Ga sorr x awak supir kekgini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
kalau travel biasanya maksimal 100 kph, kalau lebih pasti buru2 banget dan baiknya dikasih lewat saja. yang ngeselin itu non travel = kendaraan pribadi, dikasi gas ke 120 kph tinggalin eh nongol lagi, begitu lagi nempel2. malah ada yang ditambah ngedim2 ga jelas. pernah sekali hampir bikin celaka di cipali, saya high beam terus dari belakang, minggir sendiri. ada yg lain di pantura saya sengaja kasih rem melambat eh dia malah heavy brake sambil klakson marah2, saya dim balik klakson2 malah ngabur2 ga jelas. entah maksudnya apa org2 kaya gini, dan yg kaya gini bisa sebulan sekali. makanya kadang saya kagum dengan driver truk gede akap yg load normal dengan kecepatan normal bisa luar biasa sabar ketemu ginian, mungkin kalau saya sudah saya lindas sekalian.adrianomyman wrote: Sun Feb 24, 2019 3:02 Kalo di lukot sering bgt ktmu mbl yg nempel ke buntut mbl kita, rasanya kalo rem mendadak pasti kena blkg. Males bgt ktmu driver [cencored] kekgini. Pdhl kalo ada spot memungkinkan overtake ane kasi kiri biar dia nyalip. Ga sorr x awak supir kekgini

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Jul 05, 2018 6:04
- Location: Bandung
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Wah gila, jangan diikutin ini. Gak ada bener2nya sama sekali. Gak ngaruh mau ada 100 orang yang selamat pun, contoh yang gak selamat karena kecelakaan dan duduk dibelakang tanpa seatbelt lebih banyak! Jangankan mobil, yang selamat pesawat jatoh juga ada, tapi coba cek yang mati berapa?Rasuano wrote: Sat Feb 02, 2019 5:18 Mungkin aneh, in case saya lg duduk di samping supir, saya diajarin bokap utk hadepin tabrakan frontal: Loncat ke bangku belakang kalo memungkinkan
Tujuannya agar terhindar dr cedera yg lebih parah
Cerita ayah saya, tahun 94, di jalan lintas sumatera (lupa daerah mana). Beliau duduk di samping sopir. Speed 40-50an, tiba dtg mobil dr arah lawan (nyalip) dan feeling
bokap, fix tabrakan. Bokap lgsg loncat ke bangku blkg. Sopir sm lawan ngerem tp ga sempet, jd tabrakan adu kambing. Bokap cuma memar2 sm luka dikit, sopir cedera, tewas di rs, lawan cedera jg. Bokap pake zebra astrea, lawannya rocky
Kalo duduk disamping supir ya pasang seatbelt, duduk yg manis.
Serahin sama supir, crumple zone dan Tuhan aja. Gak ada seatbelt gak usah keluar komplek.
Gatau si serius apa becanda tapi ajaib juga nih hahaha, masa lebih praktis pisah mobil, beli bensin, tol, dan ban utk 2 mobil daripada ngangkat kaki dikit dari pedal gas?RobbyKodo wrote: Mon Feb 11, 2019 4:11 Klo keluar kota anak dan istri saya tidak saya suruh satu mobil dengan saya biar aman![]()
Karena mereka tahu saya tidak pernah pelan klo nyetir jadi misalkan terjadi apa" Mereka juga selamat![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
saat sebelum berkendara saya berusaha membiasakan
1. driver dan seluruh penumpang berdoa trus pasang seatbelt.
2. anggap semua pengguna lalin itu punya kepribadian ganda, saat dirumah/rt/rw/kelurahan.. pasti sopan ramah baik dewasa bijaksana.. berubah 360 derajat saat dijalan menjadi beringas, songong se songong songongnya, egois, suka langgar hak orang lain, emosi tinggi, suka makan orang, baru bisa nyetir, baru punya mobil dll dll.
3. start berkendara dengan cara enjoy, jaga jarak depan belakang, bisa pelan/ngebut tergantung kebutuhan, ngalah klo ama pengguna lalin yg lain, denger musik atawa kadang2 ngobrol guyon dng penumpang.. kentut pun boleee..
4. tiba di tujuan aman sentosa.
5. ulangi langkah ke nomor 1 saat kembali balik/pulang.
note : udah berdoa dan ikhtiar.. tonton yutub accident include kasih edukasi ke keluarga.. exclude the worst thing yg lainnya.. just be positif dan ingat karma.
maap klo ada salah.. cuman pendapat nubi
1. driver dan seluruh penumpang berdoa trus pasang seatbelt.
2. anggap semua pengguna lalin itu punya kepribadian ganda, saat dirumah/rt/rw/kelurahan.. pasti sopan ramah baik dewasa bijaksana.. berubah 360 derajat saat dijalan menjadi beringas, songong se songong songongnya, egois, suka langgar hak orang lain, emosi tinggi, suka makan orang, baru bisa nyetir, baru punya mobil dll dll.
3. start berkendara dengan cara enjoy, jaga jarak depan belakang, bisa pelan/ngebut tergantung kebutuhan, ngalah klo ama pengguna lalin yg lain, denger musik atawa kadang2 ngobrol guyon dng penumpang.. kentut pun boleee..
4. tiba di tujuan aman sentosa.
5. ulangi langkah ke nomor 1 saat kembali balik/pulang.
note : udah berdoa dan ikhtiar.. tonton yutub accident include kasih edukasi ke keluarga.. exclude the worst thing yg lainnya.. just be positif dan ingat karma.
maap klo ada salah.. cuman pendapat nubi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Melambat di jalur cepat kalau depannya kosong itu juga salah ..... Karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.kunaskun wrote:kalau travel biasanya maksimal 100 kph, kalau lebih pasti buru2 banget dan baiknya dikasih lewat saja. yang ngeselin itu non travel = kendaraan pribadi, dikasi gas ke 120 kph tinggalin eh nongol lagi, begitu lagi nempel2. malah ada yang ditambah ngedim2 ga jelas. pernah sekali hampir bikin celaka di cipali, saya high beam terus dari belakang, minggir sendiri. ada yg lain di pantura saya sengaja kasih rem melambat eh dia malah heavy brake sambil klakson marah2, saya dim balik klakson2 malah ngabur2 ga jelas. entah maksudnya apa org2 kaya gini, dan yg kaya gini bisa sebulan sekali. makanya kadang saya kagum dengan driver truk gede akap yg load normal dengan kecepatan normal bisa luar biasa sabar ketemu ginian, mungkin kalau saya sudah saya lindas sekalian.adrianomyman wrote: Sun Feb 24, 2019 3:02 Kalo di lukot sering bgt ktmu mbl yg nempel ke buntut mbl kita, rasanya kalo rem mendadak pasti kena blkg. Males bgt ktmu driver [cencored] kekgini. Pdhl kalo ada spot memungkinkan overtake ane kasi kiri biar dia nyalip. Ga sorr x awak supir kekgini
Lain kali kalau mau melambat , lakukanlah di lajur paling kiri, supaya masih make sense.
Entah kenapa di Indonesia pada tidak bisa bedakan dan peduli lajur cepat dan lajur lambat.
Baik dalam kota maupun luar kota, prinsip dasar nya malah jalan pelan di lajur cepat alias kanan. Ini bukan hanya kendaraan pribadi, namun juga truk yang sukanya jalan pelan tapi di lajur kanan. Juga truk dan bus² yang hobi di lajur kanan, ntar tiba² sein kiri dalam hitungan detik lalu langsung pindah arah tanpa cek spion dimana di belakang/samping nya ada kendaraan lain ga dipedulikan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
nah itu dia, saya melambat untuk pindah jalur kiri, karena itu mobil yang kelewat bumper to bumper baru lepas gas aja udah kaya heavy braking, apalagi saya kasih rem sedikitKoddy wrote: Mon Feb 25, 2019 11:44 Melambat di jalur cepat kalau depannya kosong itu juga salah ..... Karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.
Lain kali kalau mau melambat , lakukanlah di lajur paling kiri, supaya masih make sense.

ya itulah, kalau sudah ketemu ginian, langsung ingat: Indonesia itu "indah"...Entah kenapa di Indonesia pada tidak bisa bedakan dan peduli lajur cepat dan lajur lambat.
Baik dalam kota maupun luar kota, prinsip dasar nya malah jalan pelan di lajur cepat alias kanan. Ini bukan hanya kendaraan pribadi, namun juga truk yang sukanya jalan pelan tapi di lajur kanan. Juga truk dan bus² yang hobi di lajur kanan, ntar tiba² sein kiri dalam hitungan detik lalu langsung pindah arah tanpa cek spion dimana di belakang/samping nya ada kendaraan lain ga dipedulikan.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
sebagai driver :
kalo dari depan ya kudu jaga jarak, dan selalu safety riding, nyalip yang aturan, kalo rame / belokan jangan dusel aja, pasti aman
kalo dari belakang, saya selalu usahain dari jauh brake check pas mau belok atau full stop, brake check disini bukan yang langsung ngerem, tapi apply presure sedikit ke rem biar lampu rem nyala beberapa kali sampe full stop
kalo jalan di tol, nyalip lajur kanan, kalo uda nyalip dan di belakang ada yang lebih cepet langsung ambil lajur kiri
sebagau penumpang : selalu pake seatbelt
kalo dari depan ya kudu jaga jarak, dan selalu safety riding, nyalip yang aturan, kalo rame / belokan jangan dusel aja, pasti aman
kalo dari belakang, saya selalu usahain dari jauh brake check pas mau belok atau full stop, brake check disini bukan yang langsung ngerem, tapi apply presure sedikit ke rem biar lampu rem nyala beberapa kali sampe full stop
kalo jalan di tol, nyalip lajur kanan, kalo uda nyalip dan di belakang ada yang lebih cepet langsung ambil lajur kiri
sebagau penumpang : selalu pake seatbelt

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Antisipasi kecelakaan tabrakan frontal
Kalau ane intinya 1 deh.. jaga jarak.. depan dan belakang.
Baru minggu kemaren pengalaman di tol sragen-solo lagi asyik lari 150 tiba2 truk nanjak cuma lari 30 main ke kanan aja, hard braking deh. Untung jarak cukup jauh jadi masih bisa selamat. Makanya gak berani ngebut kalau traffic rame
Kalau jaga jarak belakang, kadang kalo mobil belakang terlalu mepet saya trail brake aja supaya mobil belakang agak reflek jaga jarak, kadang kalau situasi memungkinkan agak di "brake check" supaya sedikit shock. Ya bahaya sih tapi itupun kalau situasinya aman aja.
Baru minggu kemaren pengalaman di tol sragen-solo lagi asyik lari 150 tiba2 truk nanjak cuma lari 30 main ke kanan aja, hard braking deh. Untung jarak cukup jauh jadi masih bisa selamat. Makanya gak berani ngebut kalau traffic rame
Kalau jaga jarak belakang, kadang kalo mobil belakang terlalu mepet saya trail brake aja supaya mobil belakang agak reflek jaga jarak, kadang kalau situasi memungkinkan agak di "brake check" supaya sedikit shock. Ya bahaya sih tapi itupun kalau situasinya aman aja.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE