Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Oruzgan wrote: Thu Mar 08, 2018 2:43
Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?
Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).
saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
hari ini aku GS MF tewas umur 1 tahun 4 bulan.....harusnya garansi 18 bulan, tapi ternyata jadwal cek 3 bulanan ada yang supir kelewat 1x....hangus lah garansi nya.....
Oruzgan wrote: Thu Mar 08, 2018 2:43
Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?
Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).
saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
Thanks sarannya om, sore ini panggil teknisi untuk cek kelistrikan
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?
minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.
nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.
akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.
sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.
oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?
minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.
nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.
akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.
sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.
oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
adityabp wrote: Wed Jan 09, 2019 1:37
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?
apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?
terima kasih
Yup.
Mesin nyala lalu gas sampe 3000rpm. Cek tegangan aki ketika gas dilepas.
Kalo tegangan tiba2x naik lebih dari 14,7V walaupun sekejap (spike) itu gejalanya.
Cek juga kondisi lubang hawa tutup pengisian air aki, kalo ada serbuk putih itu juga tanda overcharge.
aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?
minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.
nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.
akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.
sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.
oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Saya pernah alami hal yang sama persis 100%.
Biasanya kalua mobil dipakai lagi apalagi kondisi berhenti dan AC nyala pasti nantinya mendidih lagi dan habis lagi … akan begitu terus berulang ulang.
Aki seperti itu memang pertanda aki mau rusak. Pengalaman seperti itu terjadi di Mobilio.
Akhirnya setelah berapa lama gak bisa distarter dan panggil Shop and Drive.
Termasuk bagus om bertahan 3 thn lebih.
Mobilio saya tidak pernah lewat 2 thn. Sekarang saya pakai aki kering S&D garansi 2 thn …
Pernah Pakai Aki basah Incoe bawaan mobil, saya kurang baik merawat aki cuma bertahan sekitar 8bulan, lalu ganti aki kering Delkor, yang ini tahan 3 tahun 3 bulan.
BTW kalau aki NS itu bagus ga ya? Kayanya promosi harga miring sama garansi lumayan lebih panjang?
Bikin aki awet itu gampang, pakai aki basah dan tiap habis dipake buka kap mesin 1 jam supaya panas mesin kebuang, kasih selubung aki (bisa bikin dari peredam panas kap mesin) dan kasih kabel ground supaya arusnya stabil
Krna musuh batre panas dan air, pengalaman saya bisa bertahan sampe 5 tahun
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad
Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.
Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..
Jagonyaaki wrote: Thu Jan 10, 2019 2:21
Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad
Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.
Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..
Cmiiw
waah, makasih banyak "mbah aki" atas ilmu yg diberikan, mencerahkan sekali, kalo ada cendol ijo mau rasanya saya kasih, tapi kan disini bukan kuskus, hehe
ketika kap mesin dibuka memang tercium aroma telor busuk dari asap yg keluar dari tutup hawa aki. mudah-mudahan bukan karna alternatornya yg rusak.
Bau telor busuk itu dari uap sulfat hasil air aki mendidih.
Saran saya, mending akinya langsung ganti dan alternatornya diservis.
Karena kalo akinya mendidih lagi dalam keadaan penuh, itu air akinya bisa luber kena pelat bodi/chassis.
Tau donk kalo air aki itu korosif.
Ane kan kemaren baru ganti aki ke Delkor Calcium Battery 35Ah dr aki basah yg sdh berumur sekitar 3 tahun (merk & tipe nya lupa), koitnya gara2 lupa nambah air baterai, pas diisi sdh di bawah lower.
Padahal sebelum ditambah air nya masih fine aja.
Buat All New Avanza E manual 2013.
Kira2 itu aki baru Delkor perlu dicas dulu gak ya?
Baru dipakai jalan kira2 2 jam saja itu Aki Delkor.
Posisi terakhir di 12.5V dgn kondisi mesin & semua lampu mati, kontak di posisi ACC.
Ane kan kemaren baru ganti aki ke Delkor Calcium Battery 35Ah dr aki basah yg sdh berumur sekitar 3 tahun (merk & tipe nya lupa), koitnya gara2 lupa nambah air baterai, pas diisi sdh di bawah lower.
Padahal sebelum ditambah air nya masih fine aja.
Buat All New Avanza E manual 2013.
Kira2 itu aki baru Delkor perlu dicas dulu gak ya?
Baru dipakai jalan kira2 2 jam saja itu Aki Delkor.
Posisi terakhir di 12.5V dgn kondisi mesin & semua lampu mati, kontak di posisi ACC.
Thanks.
Cb bantu jwb om... Sebenarnya aki kering bs langsung pakai. Yg terpenting kl beli aki kering minta yg kode produksinya jng lbh dr 6 bln. Biar masih "fresh"
Setelah d pakai d mbl, pengisian dr alternator sudah lbh dr ckp. Tegangan aki 12,5 v sudah normal om..
MSU wrote: Fri Feb 08, 2019 12:37
Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Paracetamol mah utk orng nya yg pening beli aki skrng harganya udah mahal om... Wkwkwk
MSU wrote: Fri Feb 08, 2019 12:37
Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Paracetamol mah utk orng nya yg pening beli aki skrng harganya udah mahal om... Wkwkwk