Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
r1409 wrote:mau tanya nih, untuk oli MT panther kan pake oli mesin SAE buntut 30/40, interval gantinya berapa lamakah? rekomendasi bengkel sih 10rb km, tapi logikanya kan oli mesin harusnya dipake di transmisi harusnya tahan lama karena ga kena panas langsung dari mesin.
kapan hari ane ganti olinya sendiri di 10rb km, pindah gigi masih enak dan kondisi oli masih bagus, pake meditran SX.
lalu untuk oli gardan, yg bener di berapa km sih? rekomendasi bengkel 10rb km, tapi di artikel2 di web bilangnya sekitar 15-20rb km.
Trans Panther kasih aja Honda MTF - belii di BeRes Honda
Oli Trans manual mah pake sampe gak enak aja.....akakakka
Innova reborn diesel MT nya gak enak terus pak.
Gak tahan juga setiap 5000 ganti minyak manual.
Pilihan terakhir nampak nya redline mtl.
Hahahaha.
Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
dimasapri wrote:Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
Report kuras+buka oil pan ATF Ertiga di beres pake ATF Q8 Unitrans JK (comply to AW-1) sebulan lalu, metode manual (gerlong). Kuras ATF pertama kali, odo hampir 60rb. Ganti di pan baru sekali.
IMG20181211152227.jpg
- Volum oli di buku panduan
IMG20181212171433.jpg
- Waktu oil pan dibuka+cek kondisi oli ATF nya+setelah dibersihin
pann.jpg
IMG20181211145116.jpg
- Kondisi strainer
IMG20181211144126.jpg
- Paking oil pan ternyata modelnya ndak di sealer, jadi cuma dipas sama lubang baut langsung kencengin
Habis kuras tarikan jauh banget, biasa nanjak harus D2 biar torsinya dapet, ini gas daleman dikit udah torsinya oke. Takeover di jalan lurus juga bejek dikit langsung lari. Dengung juga minim. Overall puass sama oli ATF ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
dimasapri wrote: Sat Jan 12, 2019 8:34
Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
buat transmisi manual? imo, kalo saya langsung pake ATF aja biar nggak ribed ngoplos.
beres Honda kalau kita minta kuras cvt nya di buka pan-nya atau gimana ya? kemaren temen kuras jazz 2012 di beres habis 7 liter (alias 2 botol) tpi dia nggak tanya gimana metode kuras nya.
erwinign wrote: Mon Jan 14, 2019 10:36
Saya biasanya ke NJS setiabudhi om, boleh bawa oli sendiri juga hehehe
saya service terakhir (50rb) ke NJS A.Yani. Bisa dicoba nih ke NJS Setiabudi, soalnya sekarang udah 60rb dan rencana mau kuras matic.
bilang aja ke SA nya mau kuras metode gerlong gitu om? atau kita tuntun langkah2nya?
erwinign wrote: Mon Jan 14, 2019 10:36
Saya biasanya ke NJS setiabudhi om, boleh bawa oli sendiri juga hehehe
saya service terakhir (50rb) ke NJS A.Yani. Bisa dicoba nih ke NJS Setiabudi, soalnya sekarang udah 60rb dan rencana mau kuras matic.
bilang aja ke SA nya mau kuras metode gerlong gitu om? atau kita tuntun langkah2nya?
thanks
Kuras metode manual om, kalo kemarin sih kebetulan saya sekalian minta buka oil pan biar dibersihin jadi ngisi oli matic baru nya cara manual sekalian. Sempet ditawarin sekalian body valve nya dibersihin tapi saya enggak setuju karena risiko juga
dimasapri wrote:Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
MTF 70W80 kan tinggal beli aja Redline MTL
atau beli oli OEM 75W85 GL-4 kan juga ada
Point saya bukan itu sih Om.
Cuma open discussion mengenai praktek oplos GL4 + ATF apakah dibenarkan?
Apakah bisa tercampur sempurna?
Efek positif & negatifnya apa?
Kalau saya sih selama ini ttp pakai GL4 tok
Last edited by dimasapri on Fri Feb 01, 2019 21:30, edited 1 time in total.
dimasapri wrote: Sat Jan 12, 2019 8:34
Akhir2 ini saya makin sering lihat perilaku mencampur MTF 80W90 atau 75W90 GL4 dgn ATF untuk mendapatkan MTF GL4 yg lebih encer.
Apakah praktek seperti ini dibenarkan?
Apa2 saja pros & cons nya?
buat transmisi manual? imo, kalo saya langsung pake ATF aja biar nggak ribed ngoplos.
Nah ini gak kalah menarik.
Amankah memakai ATF untuk manual transmission?
sebenernya kl gearbox manual nya ga ad pake logam kuningan, dan kekentalan oli nya masuk, pake ATF gpp koq, toh utk matic2 konvensional jg fungsi ATF nya slaen utk hidrolik selenoid dan TC, skalian lumasi gear2 ampe differensial nya jg.. sifat2 oli MTF ad jg di ATF macam anti foam, low friction, dsb dsb..
kcuali utk beberapa gearbox manual atau matic buatan eropa sana macam golf atau renault jadul, differensial ama gearbox matic nya di pisah walaupun FWD, makanya oli atf ama differensial dibedain..
Nah ini gak kalah menarik.
Amankah memakai ATF untuk manual transmission?
pertama kali saya nyoba di girboks kijang pick up taun 96an silam, shifting lebih enak dan cepet.
di manual book bmw e36 dan volvo, girboks manualnya minta diisi ATF. gatau mobil jepang mana yang trans. manualnya minta ATF.
20190106_144600-1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
adityabp wrote:Kalo ATF alternatif utk Serena C24 apa aja ya om?
Thx.
kalo Nissan ATF D bisa pake Aisin AFW+
Tapi kalo matic gear 4 - 5 AT sih kasih AFW+ sih oke
Ikutan nanya lagi dong buat c24,...
Di bengkel langganan, adanya merk shell, prestone dan kendall. Boleh diinfo type yg cocok utk masing-masing merk tsb, secara harga juga mirip-mirip
vvti16valve wrote: Mon Feb 04, 2019 11:28
spek di buku manual 75W-85 GL4 apakah bisa menggunakan 85W-85 GL4 ?
mohon arahannya om, rencana mau ganti oli MTF dah waktunya.
Thanks
Gak coba di angka bawah 75 aja pak?
Ada tmo lv75.
Atau yg mendekati ada suzuki gl4 75w80 (kalau gak salah).