koq yang mesin nya 1.8 L bisa lebih boros dari mesin 2.4 L dan 2.0 yahliemivan86 wrote: Mon Oct 22, 2018 14:42Tergantung definisi "macet banget" itu gimana. Gambaran aja, standar pengetesan media itu average speed 22 km/jam. Pemakaian ala saya, average speed paling jelek 12 km/jam dapat 6.2 km/L full to full..adrianwill wrote: hi om,,, xtrail t32 dalkot kalo macet bgt bensinnya dpt 1 banding berapa ? kata temen ane 1:5 bner gak om?
Standar saya, average speed di kisaran 17-19 km/jam dalam kota Surabaya dapat kisaran 7.5-8 km/L di MID..
User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
amt cocok nya buat yang biasa pake manual . hahaha ...pibo wrote: Sun Aug 12, 2018 16:17 Terima kasih atas reviewnya om.
Saya join grup fb WICOF untuk memantau perkembangan Cortez setelah TD pada Februari lalu. Sampai saat ini belum beli karena :
1. Jedug saat melewati polisi tidur (mobil harian saya Panther tidak sampai jedug kena polisi tidur, meski tidak terlalu ngerem).
2. Transmisi i-AMT yang bikin kita seperti baru belajar nyetir
Dari grup WICOF setahu saya sudah ada perkembangan yang menjawab keluhan saya :
1. Beberapa member WICOF sudah mendapat shock baru untuk mengatasi jedug (ada testimoni member yang didatangi teknisi Wuling & teknisinya naik Cortez bareng pemilik agar merasakan jedugnya gimana). Shock hanya diganti untuk yang komplain, bukan recall, karena tidak semua orang merasakan problem ini (masalah kenyamanan subyektif, bukan keamanan).
2. Banyak yang menyarankan menggunakan mode manual agar tidak jendul2.
Semoga masalah jedug segera teratasi secara merata, bukan hanya yang komplain (mungkin Wuling merancang suspensi Cortez sesuai infrastruktur di China yang saat ini lebih bagus daripada di sini, jadi perlu penyesuaian lagi).
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
sekedar saran , kalo yang logo nya kepala kuda berarti wuling merek Bao Jun yang kelas nya lebih mewaherwinign wrote: Fri Jul 13, 2018 5:30Wkt saya ke china, wuling ini lumayan banyak om. Lbh sering liat cortez sama yg mirip2 cuv sejenis rush wkt itu daripada yg confero. Confero cm liat 2x warna silver. Selain itu mobil niaga (sejenis gran max, pickup kecil2, mobil odong2 di tempat wisata) jg banyak pake wuling. Yg kelas2 niaga logo nya sama kaya di indo, tapi yg cortez, confero sama cuv logo nya sejenis kepala kuda (mungkin buat trim exclusive nya ya)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
kayak nya xpander lebih irit dari cortezbensinsolar wrote: Fri Jul 13, 2018 7:47Siap Om, terima kasih untuk penjelasannya. Jd cenderung ke Xpander d walaupun sepertinya Cortez jauh lebih nyamanliemivan86 wrote: Wed Jul 11, 2018 13:29Kalo dibanding Fortuner VNT TRD di rumah:bensinsolar wrote:
Kepikiran itu juga Om, tp dirumah ud SUV semua. ANF & OS. Mau coba yg MPV tp GCnya lbh tinggi & not so bad to drive + nambah 100jt dr jual Fortunernya.
Kelebihan Fortuner:
- GC tinggi
- kelihatan lebih gagah
- Toyota
- tahan banting
- tenaga lebih besar
- Matic konvensional
Kelebihan Cortez (di luar fitur non esensial)
- captain seat
- lebih irit (dibanding Fortuner bensin)
- Body tidak se lebar Fortuner
- lebih lega
- lebih nyaman
- lebih nyaman
- lebih nyaman
Kalo murni dari sisi kemampuan menerjang banjir, Xpander jelas menang dari Cortez. Ground clearance saya tidak tahu spec nya, tapi saya yakin banget Xpander menang. Cortez sebenarnya air intake dan ecu lumayan tinggi, tapi ya terus terang saya nda terlalu pede sih terjang banjir pakai Cortez.![]()
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
soal nya kan cortez saingan nya sekelas ipahliemivan86 wrote: Sun Jul 08, 2018 15:41Entahlah ya om. Buat saya, selama 25+ tahun belakangan terbiasa dengan diesel, semua mesin bensin terdengar halus. Yang pasti sih kalo dibanding xenia yang ac nya nyala hampir sama sih suara mesin nya.satriakarisma wrote:Mantab om Van. Tetangga punya yang sama warna putih, cuma emang suara mesin terdengar kencang dari luar mobil ya?
Kalau ngintip di FB Cortez Indonesia, semua berasa puas dengan kualitas corteznya.Manual belum coba om. Saya test drive 2 unit Cortez, Dua2 AMT.michaelgiri93 wrote:Nice review om
Semoga beneran bisa terwujud jadi long term review
Btw om ivan sudah coba yang m/t?Nah, saya juga sempat test drive yang tipe C (semi independent). Banting an nya sama-sama empuk, cuma beda kalo yang semi independent kalo lewat jalan rusak yang tidak rata kanan dan kiri nya sedikit lebih terlempar kanan kiri kanan kiri. Tidak se ekstrem pajero sport, tapi ya tetap lebih terasa dibanding yang full independent.marhadiyantodwi wrote:Review yang bagus. Dari dulu penasaran sama full independent suspension di bagian belakangnya. Jadi mobil termurah yang pakai suspensi belakang full independen di market sini ya.
Penasaran, kalo sama cortez yang suspensi semi independen apakah akan terasa jauh kenyamanannya ya?
Pak liemivan86 gak ngepost reviewnya di facebook wuling indonesia fans and owner (WIFO)?
Menurut saya sih, kalo punya budget lebih, mending sekalian tipe L aja, beda nya lumayan jauh. Selain Suspensi independent, beda bi led projector, ac auto, sunroof, corner sensor dan MID 7" yang keren itu. Kayaknya tipe C rem belakang belum disc brake deh. Suspensi independent, disc brake belakang dan sunroof sudah cukup untuk buat saya ambil tipe L dibanding tipe C dengan beda harga 20-30 juta an.Saya belum sempat test drive Xpander secara lengkap, karena sales yang waktu itu temani test drive agak nda niat jualan. Mungkin sudah kebanyakan komisi jadi nda niat jualan.ekokw wrote:Kalo aspek lainnya dibanding Xpander gimana om (NVH dan bantingan misalnya kalo Cortez kan katanya mengayun yah)?liemivan86 wrote: Sun Jul 08, 2018 3:35
Memang agak boros sih, tapi ya masih acceptable lah daripada Innova bensin. Dan setidaknya power di putaran rendah lebih nonjok daripada Xpander. Ini yang jadi pertimbangan ambil Cortez setelah test drive Xpander.
Sekilas sih, kekedapan sama, banting an Xpander lebih keras dibanding Cortez yang mengayun dan suara Kaki kaki Xpander lebih senyap.
Kenapa papa saya tetap ambil Cortez? Karena servis sales nya beda bumi dan langit dengan Xpander, tenaga jauh lebih terasa di Cortez, nda pakai inden dan saya merasa kalo masuk Xpander aura nya serasa masuk mobil yang kelas LMPV seperti avanza, mobilio, dll, tapi kalo masuk Cortez, terasa jauh lebih mewah, memang terasa masuk di mobil yang kelas nya di atas nya. Plus, iseng pengen coba Wuling waktu masih murah. Perkiraan saya, kalo dalam 3 tahun mereka bisa tetap laku dan durability nya terbukti, bisa naik harga banyak dari sekarang. Ini aja kmrn kalo nda salah naik 4 jt antara bulan ini atau bulan lalu.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
kalo di jakarta udah banyakvipere wrote: Mon Jul 09, 2018 2:11 sampe sekarang belum pernah lihat satu pun cortez di jalan. confero sering.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
semoga aja wuling awet dan bagusJoehard30 wrote: Sat Jul 07, 2018 22:18 Tq om liem review nya, semoga awet. Saya pendukung wuling buat berjaya d idm biar nihong g seenak nya tanpa saingan![]()
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
semoga aja tipe ini masuk indomobilover wrote: Sat Jul 07, 2018 22:40 Nice review om. Sy termasuk yg minat sm mobil ini. Cm msh blum sreg dgn transmisi AMT nya dan absennya fitur passive keyless entry. Mgkn saat cortez keluarin versi 1500 turbo dgn DCT atau saat facelift sy akan pertimbangkan lg utk minang mobil ini.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
kalo gak salah ada di tipe 1.5 turbo yang ada di china pake 6 speed automaticharistk7 wrote: Sun Jul 08, 2018 2:58 Mantap om review nya
saya juga berharap Wuling ada automatic konvensional untuksi Cortez, walaupun saya pribadi belom pernah nyoba AMT nya Wuling, tp tetep rasanya kayaknya lebih josss kalo sekalian dikasi automatic konvensional dengan torque converter..
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Dec 27, 2018 22:13
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Depok-Jakarta
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini

Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran

Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
- Location: pekanbaru
- Daily Vehicle: Livina Xgear
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
1. Kurang dalem injek gasnya om. Lama2 juga biasatbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
2. Bawa ke beres , beberapa user ngalamin hal yang sama
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Saya baru sadar nih kalo ada yang komen di thread ini. Tenggelam dimakan reply thread lain... Ha2...tbudiman wrote:Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
1. Itu sistem kopling nya Om. Jadi begitu kita injak gas sedikit, AVH kan lepas. Terus kalo kita tidak gas terus, maka akan terasa brebet, seperti mobil manual mau stall karena kita lepas kopling. Nanti sampai batas tertentu, komputer akan suruh kopling kerja sebelum mesin mati sendiri. Jadi harus diingat, mobil ini tidak pakai torque converter, tapi masih pakai kopling yang dioperasikan komputer, jadi ya kita harus agak kompromi dengan kerja kopling ini.
2. AC saya tidak pernah alami sih Om, mungkin ada baik nya dibawa ke bengkel resmi aja.
Mengenai yang versi turbo dan CVT, iya, saya juga sudah dengar. Bahkan sales saya malah sudah pasang foto dashboard Cortez di bagian start stop button. Tapi ya ini keluar nya 1 tahun setelah saya beli, jadi ya sudah lumayan puas pakai nya juga sih.
Lagian, mesin turbo itu tuning nya susah lho, CVT juga susah, jadi turbo CVT kesulitan nya dobel. Salah tuning malah tidak enak seperti merk sebelah..
*menghibur diri*
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
baru ambil cortez warna putih manual 6 percepatan, awal januari, sekalian buat hadiah wedding anniv istri, dan buat lgsg dpake ke jawa semarang, bandungan, salatiga jalan2 sma ortu, istri, dan dua anak balita.
overaall happy dan puas banget, bahkan bokap yg sehari2 pake fortie vnt, muji2 mobil in nyaman banget, even smpe dliatin ke sodara2 yg jg penasaran.
bahkan waktu kemarin k benhkel banyak org jg oenasaran sm cortez in, smpe bela2 in minggir buat liat dalemnya..karena memang msh jarang bgt d jalan.
jalan lewat tol, maupun naik turun pegunungan, sangat nyaman, kedap, visibilitas bagus, kabin lapang, fotur lengkap..asli enak dan nyaman bangeg..
kopling manual enteng, setir enteng, tapi kecepatan tinggi berat, cruising 160 d tol anteng dan kedap, hanya kedengeran angin dikit, tapi it mostly dari atas karena bawa roof box.
tapi pas awal coba, d tol biasa g pake roofbox lebih kedap lagj dan minim suara angin
puas banget, pake manual, naik turun perbukitan jg lebih pede sih, karena bisa main kopling, dan kalo agak macet tanjakan bisa pake avh nya..
mudah2an awet, karena dengan harga segini, belum ada lagi mobil keluarga yg se proper ini, dan fitur yg berlebihan..well done cortez
overaall happy dan puas banget, bahkan bokap yg sehari2 pake fortie vnt, muji2 mobil in nyaman banget, even smpe dliatin ke sodara2 yg jg penasaran.
bahkan waktu kemarin k benhkel banyak org jg oenasaran sm cortez in, smpe bela2 in minggir buat liat dalemnya..karena memang msh jarang bgt d jalan.
jalan lewat tol, maupun naik turun pegunungan, sangat nyaman, kedap, visibilitas bagus, kabin lapang, fotur lengkap..asli enak dan nyaman bangeg..
kopling manual enteng, setir enteng, tapi kecepatan tinggi berat, cruising 160 d tol anteng dan kedap, hanya kedengeran angin dikit, tapi it mostly dari atas karena bawa roof box.
tapi pas awal coba, d tol biasa g pake roofbox lebih kedap lagj dan minim suara angin
puas banget, pake manual, naik turun perbukitan jg lebih pede sih, karena bisa main kopling, dan kalo agak macet tanjakan bisa pake avh nya..
mudah2an awet, karena dengan harga segini, belum ada lagi mobil keluarga yg se proper ini, dan fitur yg berlebihan..well done cortez

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jan 30, 2019 3:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Jazz RS 2013 + BMW E39 528i
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Halo om,Mika41 wrote:halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian
Saya dulu sempat pakai pajero exceed 2011. Dari segi kenyamanan, jauh banget enak Cortez. Tapi dari segi durability, saya yakin banget Cortez akan kalah durable, walaupun pajero nya bekas. Karena memang pajero dan fortuner pakai chassis ladder frame yang memang terkenal lebih tahan banting.
Tapi, pengalaman saya dulu, sparepart pajero sport exceed mahal juga.. Ganti busa pangkon per aja bisa 2 jutaan kalo tidak salah. Servis 120rb km habis 8 juta lebih. Setiap 60rb km harus ganti timing belt, habis sekitar 4.5-5 jutaan. Ini pengalaman saya ya.. Kebetulan saya dapat pajero sport yang kurang bagus kondisi nya, saya pakai dari 100rb km sampai 120rb km lalu jual.. Ganti X-trail..
Paling tepat, bawa keluarga juga untuk test drive mobil yang diinginkan. Test drive pajero, fortuner dan Cortez nya dengan lebih mendalam.
Saran lain, coba bandingkan dengan Xpander, ertiga dan wuling Almaz yang baru. Menarik juga tuh..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Buat 5 tahun sih, tutup mata ambil Cortez. Kan ada warranty 5 tahun, pas jadi, ga pusing ntar kalau butuh perbaikan seperti beli mobil second.
Btw. Mau keluar Cortez pake CVT dan mesin 1.5 Turbo, seperti yang dipakai Almaz.
Mungkin bisa test drive Almaz dulu saja, biar tahu gimana mesin dan transmisi dibanding Cortez 1.8 AMT
Btw. Mau keluar Cortez pake CVT dan mesin 1.5 Turbo, seperti yang dipakai Almaz.
Mungkin bisa test drive Almaz dulu saja, biar tahu gimana mesin dan transmisi dibanding Cortez 1.8 AMT
Mika41 wrote:halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
saya pernah baca di majalah AB tahun 2015 an semacam komparasi liga diesel, pajero Sport biaya maintenace 100rb km 40jtan ( mungkin berdasar petunjuk servis rutin) paling tinggi dari semua kontestan lebih tinggi dari santafe diesel dan 520d sekalipun ya meski memang mungkin kalau bmw dan santafe ada yg kena yg kena diluar petunjuk itu bakal kegetok harga lebih tinggiliemivan86 wrote: Wed Jan 30, 2019 19:43Halo om,Mika41 wrote:halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian
Saya dulu sempat pakai pajero exceed 2011. Dari segi kenyamanan, jauh banget enak Cortez. Tapi dari segi durability, saya yakin banget Cortez akan kalah durable, walaupun pajero nya bekas. Karena memang pajero dan fortuner pakai chassis ladder frame yang memang terkenal lebih tahan banting.
Tapi, pengalaman saya dulu, sparepart pajero sport exceed mahal juga.. Ganti busa pangkon per aja bisa 2 jutaan kalo tidak salah. Servis 120rb km habis 8 juta lebih. Setiap 60rb km harus ganti timing belt, habis sekitar 4.5-5 jutaan. Ini pengalaman saya ya.. Kebetulan saya dapat pajero sport yang kurang bagus kondisi nya, saya pakai dari 100rb km sampai 120rb km lalu jual.. Ganti X-trail..
Paling tepat, bawa keluarga juga untuk test drive mobil yang diinginkan. Test drive pajero, fortuner dan Cortez nya dengan lebih mendalam.
Saran lain, coba bandingkan dengan Xpander, ertiga dan wuling Almaz yang baru. Menarik juga tuh..
tapi kaget juga lihat infonya
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jan 30, 2019 3:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Jazz RS 2013 + BMW E39 528i
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Hi Om Ivanliemivan86 wrote: Wed Jan 30, 2019 19:43Halo om,Mika41 wrote:halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian
Saya dulu sempat pakai pajero exceed 2011. Dari segi kenyamanan, jauh banget enak Cortez. Tapi dari segi durability, saya yakin banget Cortez akan kalah durable, walaupun pajero nya bekas. Karena memang pajero dan fortuner pakai chassis ladder frame yang memang terkenal lebih tahan banting.
Tapi, pengalaman saya dulu, sparepart pajero sport exceed mahal juga.. Ganti busa pangkon per aja bisa 2 jutaan kalo tidak salah. Servis 120rb km habis 8 juta lebih. Setiap 60rb km harus ganti timing belt, habis sekitar 4.5-5 jutaan. Ini pengalaman saya ya.. Kebetulan saya dapat pajero sport yang kurang bagus kondisi nya, saya pakai dari 100rb km sampai 120rb km lalu jual.. Ganti X-trail..
Paling tepat, bawa keluarga juga untuk test drive mobil yang diinginkan. Test drive pajero, fortuner dan Cortez nya dengan lebih mendalam.
Saran lain, coba bandingkan dengan Xpander, ertiga dan wuling Almaz yang baru. Menarik juga tuh..
Lumayan mahal dan bawel ya Om ukurannya kalo segitu, atau emang unitnya dapet yang kurang ok.
Xpander masuk nominasi juga sih, cuma Ertiga dan Almaz ane coret. Ertiga karena kurang suka sama interiornya, dan Almaz karena ane butuhnya 7 seat, karena nanti ini mobil buat jadi armada pergi weekend juga bareng orang tua - istri & anak ane yg insha Allah lahir beberapa bulan lagi aamiin.
thanks om Ivan buat sharingnya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Rencana nya 7 seater mau dipake semua ya Om? Untuk jarak jauh? Kalo iya, mending Cortez kalo gitu, tapi coba tunggu yang CVT. Cortez sampai baris ketiga pun masih manusiawi untuk orang dewasa, pajero.. Err... Bisa sih, tapi yaa.. Gitu deh..Mika41 wrote:
Hi Om Ivan
Lumayan mahal dan bawel ya Om ukurannya kalo segitu, atau emang unitnya dapet yang kurang ok.
Xpander masuk nominasi juga sih, cuma Ertiga dan Almaz ane coret. Ertiga karena kurang suka sama interiornya, dan Almaz karena ane butuhnya 7 seat, karena nanti ini mobil buat jadi armada pergi weekend juga bareng orang tua - istri & anak ane yg insha Allah lahir beberapa bulan lagi aamiin.
thanks om Ivan buat sharingnya.
Soal Cortez, kenapa tunggu yang CVT? Memang AMT nya ok kalo tidak ada pilihan lain, tapi kalo ada pilihan lain kayaknya mending yang lain deh. Dan kalo yang CVT uda keluar, masih pengen yang AMT, pasti AMT diskon nya gede banget.. Ha2...
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jan 30, 2019 3:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Jazz RS 2013 + BMW E39 528i
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Halo om salam kenal.Koddy wrote: Thu Jan 31, 2019 1:47 Buat 5 tahun sih, tutup mata ambil Cortez. Kan ada warranty 5 tahun, pas jadi, ga pusing ntar kalau butuh perbaikan seperti beli mobil second.
Btw. Mau keluar Cortez pake CVT dan mesin 1.5 Turbo, seperti yang dipakai Almaz.
Mungkin bisa test drive Almaz dulu saja, biar tahu gimana mesin dan transmisi dibanding Cortez 1.8 AMTMika41 wrote:halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian
Iya warranty 5 tahun itu yang menggoda banget. mudah mudahan aja brand nya juga survive disini. ngeliat investasinya kayaknya Wuling bakal effort bgt disini. Almaz udh ane coret om karena 5 seater. padahal ganteng banget hehe
thanks om!
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jan 30, 2019 3:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Jazz RS 2013 + BMW E39 528i
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
min 5 seat akan kepake om buat ortu + istri + ane + alokasi baby car seat di salah satu Capt seat tengah. PS belom pernah coba duduk belakang sih cuma denger dari temen2 yang pake juga bilang ga nyaman di row 3 hehe.liemivan86 wrote: Thu Jan 31, 2019 10:42
Rencana nya 7 seater mau dipake semua ya Om? Untuk jarak jauh? Kalo iya, mending Cortez kalo gitu, tapi coba tunggu yang CVT. Cortez sampai baris ketiga pun masih manusiawi untuk orang dewasa, pajero.. Err... Bisa sih, tapi yaa.. Gitu deh..
Soal Cortez, kenapa tunggu yang CVT? Memang AMT nya ok kalo tidak ada pilihan lain, tapi kalo ada pilihan lain kayaknya mending yang lain deh. Dan kalo yang CVT uda keluar, masih pengen yang AMT, pasti AMT diskon nya gede banget.. Ha2...
Bener bgt tuh om, ga mungkin 2 line harga nya mepet ya hehe. cuma dari screenshot yg beredar, harga terdaftar si 1.5 L+ CVT bedanya 40an juta sama si 1.8 L+. bisa jadi makin lebar ya gap nya karena pajak dll. lumayan juga sih tapi tetep value for money itungannya
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Nov 11, 2018 11:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Captiva
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Halo om,Mika41 wrote: Wed Jan 30, 2019 8:42halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.tbudiman wrote: Thu Dec 27, 2018 23:04 Halo salam kenal om ivan,
Saya kebetulan baru ambil wuling cortez tipe tertinggi trus iseng2 nyari di internet mengenai masalah2 mobil cortez ini dan hasilnya mengarah ke website ini
Sesuai dengan yang om review, setelah saya rasain sendiri bawa selama seminggu ini semuanya cocok (handling, konsumsi bahan bakar, pengereman, kekedapan, transmisi, suspensi, dll).
Emang nih mobil cocok banget buat keluarga, apalagi buat saya yang punya anak2 kecil bisa mondar mandir row ke 2-3, trus bisa tidur2an di row 2 sambil buka penutup sunroof liat2 langit eh ketiduran beneran
Fitur AVH nih mobil emang mantep bener dah buat org yg sehari harinya ngadepin macet ky saya, gk perlu cape2 pindahin gigi ke normal, tinggal injek rem level 6 aj kyny udah langsung aktif tuh AHV, trus gas sedikit langsung jalan lagi.
Nah yang mau saya tanyakan ke om ivan, setelah saya alami sendiri waktu bawa si cortez ini ada 2 om :
1. Mengenai transmisi kaitannya sama AVH di atas, setelah injek gas kadang suka ndut2an kaya mobil manual yg mau jalan lepas koplingnya gk pas, tapi kadang2 bisa halus juga. apa emang bgtu ya om karakternya ?
2. mengenai AC, kmrn saya bawa jalan di tol yg macet dan AC nya berubah jadi gk dingin sampe saya pindahin ke auto, semprotan angin tambah keceng tapi AC ttp gk berasa dingin. Trus pas jalan udah longgar, saya bawa agak narik baru AC nya berasa dingin.
Gak pas di tol aja sih, malah pas jalan di jalan biasa juga kadang yang keluar cuma angin doank gak berasa dinginnya.
Mohon pencerahannya om ivan apakah pernah mengalami hal yg sama dan apakah ada solusinya ?
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian![]()
Kebetulan saya pengguna Cortez C Amt. Dulunya mantan pengguna Captiva Turbo diesel & Innova 2015. Karena kebutuhan ekonomi waktu itu terpaksa Captiva & Innova dilego
Sekarang ambil Cortez yg tipe C karena budget. Selain itu pertimbangan garansi 5 tahun & biaya servis + part sangat menggoda. Semoga 5 tahun lg kondisi ekonomi membaik jadi bisa incer Almaz buat gantiin Captiva.
Overall vs Innova :
1. Lebih lega, terutama baris ke-3. Org dewasa setinggi 175 cm bsa duduk dgn nyaman
2. Interior niat banget buatnya. Fitur MID pun sudah cukup. Lebih canggih daripada reborn sekalipun.
3. Setir jauh lebih ringan! Ini yg paling kritikal. Dulu adik gak mau bawa Innova krn setir terlalu berat. Kepayahan banget kalau di dalkot.
4. Radius putar amazing! Ini yg bikin surprise untuk mobil yg lebih besar & panjang dari Innova. Belokan sempit di rumah kakak jogja bisa dapat sekali puter stir. Innova dulu hrs 2x. Captiva bisa 3x malah
5. Konsumsi BBM Dalkot "Acceptable". Soalnya bandingin sama Innova Diesel sama aja.
6. Sound system paling enak dibanding Innova & Captiva.
7. Kekedapan sama kayak Innova
8. Kenyamanan ok banget karena captain seat.
9. Kaca bawaan lumayan dingin dan dikasih fu Depan Samping Belakang. Jadi dana gak bocor buat nambah kaca film depan.
10. Yg paling the best, HARGA! 220 juta OTR cash Jakarta. Avanza aja 239,5 juta skrg
Hanya user aja om
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
- Location: pekanbaru
- Daily Vehicle: Livina Xgear
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Cortez dan xpander ya no contest . Cobain td xpander terus bawa cortez , istri saya yg males sama merek wuling (jelek banget namanya) aja langsung ga minat sama xpander lagiMika41 wrote: Thu Jan 31, 2019 3:45Hi Om Ivanliemivan86 wrote: Wed Jan 30, 2019 19:43Halo om,Mika41 wrote:
halo om om. salam kenal. newbi numpang izin share dan nanya nanya juga disini.
untuk masalah AC, temen ane juga ada yg ngalamin om. dia salah satu early buyer, dan baru terima mobil blm sampe 2 bulan, AC nya mendadak ga dingin. terpaksa masuk bengkel resmi nginep 3 hari. mudah mudahan rakitan yg makin baru problem problemnya makin berkurang ya.
ane naksir bgt sama 1.8 Lux+ AMT nya, udah kasih 2 juta dari 4 bulan lalu untuk sekedar SPK. udah TD juga, tapi ga sampe 30 menit dan belum nemuin problem jedug nya. untuk gigi 1 ke 2 ane malah ga engeh karena saat awal nyalain mesin ane lgsg pindahin ke mode manual, mau ngetes delay / lag nya.
overall dari interior dan exterior hampir no comment, diluar komen minor (selera) kayaknya cakep kalo ada pilihan trim warna hitam untuk interior, dan kayaknya velg nya kekecilan & kebanting sama body bongsornya. tapi balik lagi ke selera hehe
jujur ane masih bingung mau ambil apa engga. kalo boleh saran, ane ada budget max 300, mending terusin ambil si Cortez ini atau ambil VNT / PS Exceed / Dakar kisaran '13 / '14 ya? pertimbangan ane cuma durability 5-6 tahun ke depan dan kenyamanan, harga jual ga terlalu pikirin, namanya juga beli mobil buat dinikmatin bukan beli tanah hehe. karena ane prefer ganti mobil pas ane udh pakai 5-6 tahun. dan ini rencananya mau jadi mobil harian ane gantiin RS GE8 '13.
thanks om om sekalian
Saya dulu sempat pakai pajero exceed 2011. Dari segi kenyamanan, jauh banget enak Cortez. Tapi dari segi durability, saya yakin banget Cortez akan kalah durable, walaupun pajero nya bekas. Karena memang pajero dan fortuner pakai chassis ladder frame yang memang terkenal lebih tahan banting.
Tapi, pengalaman saya dulu, sparepart pajero sport exceed mahal juga.. Ganti busa pangkon per aja bisa 2 jutaan kalo tidak salah. Servis 120rb km habis 8 juta lebih. Setiap 60rb km harus ganti timing belt, habis sekitar 4.5-5 jutaan. Ini pengalaman saya ya.. Kebetulan saya dapat pajero sport yang kurang bagus kondisi nya, saya pakai dari 100rb km sampai 120rb km lalu jual.. Ganti X-trail..
Paling tepat, bawa keluarga juga untuk test drive mobil yang diinginkan. Test drive pajero, fortuner dan Cortez nya dengan lebih mendalam.
Saran lain, coba bandingkan dengan Xpander, ertiga dan wuling Almaz yang baru. Menarik juga tuh..
Lumayan mahal dan bawel ya Om ukurannya kalo segitu, atau emang unitnya dapet yang kurang ok.
Xpander masuk nominasi juga sih, cuma Ertiga dan Almaz ane coret. Ertiga karena kurang suka sama interiornya, dan Almaz karena ane butuhnya 7 seat, karena nanti ini mobil buat jadi armada pergi weekend juga bareng orang tua - istri & anak ane yg insha Allah lahir beberapa bulan lagi aamiin.
thanks om Ivan buat sharingnya.![]()
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Nov 06, 2018 3:37
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Alhamdullilah awal maret ini udah ada Cortez di garasi.
Dapet yg Sep 2018, kompensasinya ada diskon 20.
So far so good, tadinya mau ambil almaz cuma bini pengennya yg gede, jd pilih Cortez.
Sbg ex user innova 2011, jelas cortez jauh berasa nyaman baik buat supir dan penumpang.
Konsumsi bbm so far lbh ok dibanding innova lama ane (1:11).
Somehow ane ga kesulitan bawa AMT nya since day 1, entah mungkin krn biasa bawa mobil manual.
Sempet khawatir krn banyak yg ngeluh shock jedag jedug dll, tapi alhamdulilah di unit ane kagak ada.
Yg problem cuma headlamp sedikit berembun kl ujan, tapi ilang sendiri abis itu.
Anak, bini, mertua, ortu comfort naik Cortez, krn bantingannya emang lbh mantap.
Dapet yg Sep 2018, kompensasinya ada diskon 20.
So far so good, tadinya mau ambil almaz cuma bini pengennya yg gede, jd pilih Cortez.
Sbg ex user innova 2011, jelas cortez jauh berasa nyaman baik buat supir dan penumpang.
Konsumsi bbm so far lbh ok dibanding innova lama ane (1:11).
Somehow ane ga kesulitan bawa AMT nya since day 1, entah mungkin krn biasa bawa mobil manual.
Sempet khawatir krn banyak yg ngeluh shock jedag jedug dll, tapi alhamdulilah di unit ane kagak ada.
Yg problem cuma headlamp sedikit berembun kl ujan, tapi ilang sendiri abis itu.
Anak, bini, mertua, ortu comfort naik Cortez, krn bantingannya emang lbh mantap.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jan 24, 2017 7:50
Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review
Belum ada update lagi ni review nya dari om Ivan..