Kkebetulan akhir taun kemarin ada rejeki, dari awalnya rencana innova v diesel atau venturer, akhirnya malah berlabuh ke Fortuner TRD gara2 dpt diskon lumayan.
Plus point:
1. Dari dulu saya jarang nyetir mobil SUV, jd awalnya cukup ragu dan gak pede pegang mobil besar karena selama ini hanya pernah nyetir mobil lmpv (avanza, xenia, mobilio, livina, kijang lama)
Nah.. pas bawa ANF ini,bisa klik dan feelnya lsg dapet. Handling dan stir ANF entah kenapa benar2 cocok ama saya.
Respon stir sangat baik. Rasanya walau hidung besar, dia nurut banget. Belok2 ke jalan sempit nggak masalah (kebetulan rumah saya di gang sempit, pada awalnya takut kerepotan nyetir mobil yg lebih gede dan panjang drpd livina yg biasa sy pakai)
Ini point yg bikin saya puas. Intinya, gak perlu lama2 adaptasi klo nyetir ANF ini.

2. Suspensi dan bantingan empuk (menurut saya lho). lewat polisi tidur kecil dan besar, bahkan lubang2 di pantura, tetap bisa nyaman. Temen saya pas ikut jadi penumpang dan sempat driving juga, kaget soalnya dia pernah pengalaman bawa VRZ 2017/2018 berkata klo ANF akhir 2018 ini jauh2 beda.. benar2 jauh lebih enak ANF TRD versi akhir 2018. Getaran VRZ yg dulu pernah dia pakai masih terasa kurang nyaman jauh dibanding versi ini.
3. Suara diesel yg awalnya sy rasa bisa kedengeran didalam, sy heran malah cukup teredam baik. Jd klo ada yg bilang suara diesel ANF masih masuk ke kabin, kok malah saya krasa nggak masalah ya.. malah halus banget menurut saya.. mgkn subjektif ya
4. power dan tarikannya enteng, apa mungkin masih baru ya..utk peralihan dari bensin ke diesel sy nggak masalah, soalnya biasa bawa kalem livina CVT gak bejek gas, jadi bawa diesel ini kesannya udh biasa ngurut gas. Di jalan tol pun gampang lari diatas 140 kpj.
Untuk perpindahan gigi, yg sering sy baca di SM ini, ada kasus jedug persneling di ANKI atau ANF dulu, udah aman, ternyata nggak sy temukan disini.
5. pemakaian konsumsi solar dex cukup irit. saya nyetir dengan kondisi normal (bukan eco mode atau power mode), kena di 7.4L/100km atau 1 : 13-14 ,kondisi campur dalam kota dan luar kota. Selama sy bawa memang indicator eco selalu menyala. Semoga kedepannyamasih bisa seirit ini
Minus point yg ditemukan sementara ini:
1. kualitas audio bawaan nggak banget. krasa suara mendem di kaki. Kepaksa ganti speaker, Toyota benar2 pelit, masak mobil ini dikasih cm speaker alakadarnya.. Pdhl sy cukup ganti speaker flux gak sampai 3jt, skrg udh bikin puas utk sound audionya. Lalu fitur kamera 360 ya nggak ada, begitu awal mobil datang, langsung sy pakaikan kamera 360 derajat, karena sya pikir membantu banget utk di gang2 sempit dan saat parkir.
2. Coba di eco mode. kesannya kok malah kurang enak, seakan2 malah ada yg nahan. makanya selama ini selalu pake normal mode.
oia, kenapa sy pilih ini dr awal drpd pajero yg fitur keselamatan nya lbih banyak
1. nggak suka lampu belakang pajero.
2. VSC HSA nggak jd alesan, soalnya dr dulu udah biasa aja bawa pickup carry bagong thn 80 tanpa fitur apa2.. boro2 ABS, klo ngerem dadakan mesti spontan kebiasaan kocok pedal rem.

3. sempat trauma dengan sales mitsubishi, dulu sempat ambil mirage, ternyata harga dan cicilan leasing dimainkan, jadi kesannya diskon gede padahal jatuhnya sama aja.. jd mnrt saya penipuan tidak langsung.
Klo dengan sales toyota, dari awal dia jujur transparan hitungannya termasuk potongan diskon nya.
4. dan ini lebih penting. istri merestui Fortuner drpd Innova dan Pajero, alesannya dia krasa lebih enak dan nyaman jok penumpang ANF drpd duduk di jok Innova atau Pajero. Padahal menurut sy sama aja lho, entahlah apa yg dirasakan wanita apa beda ya..
sekian dlu, jika ada waktu, nti sy update long term reviewnya.