F 272 wrote:GaLaNTHiu wrote:Hahhahaha.. ngeri banget langsung RT sejauh itu tanpa didampingi co-pilot yg udah pengalaman..
Salam roadtrip mania!!!
Nah soal Co-Pilot, tetap sih mau saya aturin gini posisi nya... : Saya berdua sama si Cibul Arya sebagai Co-Driver, lalu Si Cibul Dika berdua sama Master272 sebagai Co-Driver, mungkin mereka bisa gantian jika misal di perjalanan keteteran...
Oiya sbener nya ada 1 cerita terlewatkan saat kami menyusuri Pantai Utara Flores, saat itu posisi sudah hampir selesai jalur pantai nya..
Kejadian sangat cepat, dan sangat tiba2, tapi saya memang sudah mempersiapkan si Cibul dengan Rule yang sangat keras saya terapkan yaitu : setiap akan melalui rute yang di depan kita itu tidak terlihat jelas bagaimana kondisinya, KITA WAJIB KLAKSON !!! Untuk memastikan jika ada kendaraan dari arah berlawanan dia bisa tau dan tidak mengambil jalur kita.
Ini harus selalu di ingat, dan dilakukan dan tanpa kompromi, karena jalanan sempit, area pandangan sangat terbatas, sedangkan jalan muluuusss dan sepi, jadi menurut saya sangat berpotensi sekali orang akan ngebut di jalur ini tersebut dengan pertimbangan jalur ini sepi, ga akan banyak kendaran yang lewat.
Nah.... Rule yang saya terapkan dengan keras ke si Cibul maupun saya sendiri ini ternyata sangat-sangat berguna dan mulai di uji kebenaran nya di jalur ini.
Saya coba mengingat lagi ke kejadian itu...
Jadi saat itu posisi jalan sempit, kelok2 dan turun naik, saya lihat banyak sekali spot yang biasa kita sebut dg 'Ciluk Ba' jadi tanjakan panjang langsung turunan tajam, saat di puncak tanjakan itulah kita sulit memandang ke arah depan, tiba2 moncong mobil sudah harus turun tajam ke depan.. nah beberapa saat barulah kita bisa memandang ke depan kembali, spot ini lah yang di sebut 'Ciluk Ba' [emoji16][emoji16][emoji16][emoji16]
Banyaknya spot Ciluk Ba di lokasi menjelang habis nya Jalur pantai utara membuat saya agak sedikit tegang karena saya khawatir dengan si Cibul yang saya pikir tau nya hanya tekan pedal gas dan rem sekena nya saja... saya pun agak sedikit menggeser posisi duduk meninggikan badan supaya kepala dan mata saya bisa lebih mengawasi kondisi di spot Ciluk Ba.
Sampai pada 1 kondisi jalan sempit, kiri kanan semak belukar sangat rapat, menutup seluruh pandangan kami, sementara selain semak belukar saya ingat kiri kanan jalan ada semacam selokan sepanjang ruas jalan itu yang cukup dalam dan sempit sekali jalan nya. Kalau lihat peta, di kanan kami itu masih pantai tapi spot itu agak jauh jadi pantai ga terlihat, stelah jalur itu barulah terlihat pantai kembali..
Nah.. di jalur itulah hampir terjadi sebuah kecelakaan yang menurut saya sebuah keajaiban kami bisa lolos, terlebih si Cibul Dika yang saat kejadian yang memegang kendali F272.
...... to be contiued.....
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Saya lanjutin cerita nya ya...
Tadi sampe mana ya... [emoji1][emoji1]
Oiya sampe spot CilukBa...
Yah betul... saat kami tiba di satu spot ciluk Ba dengan tanjakan agak panjang, saya sudah mewanti2 si Cibul Dika untuk bunyikan klakson ber ulang2.. karena saya juga tidak tahu stelah puncak tanjakan kondisinya seperti apa...
Kendaraan kami pun berjalan menanjak sampai ke posisi puncak dengan tetap membunyikan klakson, saat tiba2 mata saya menangkap dengan jelas sekali tepat di depan mobil kami ...ada sebuah mobil suzuki ertiga warna merah...meluncur dengan cukup deras... OMG [emoji55][emoji55][emoji55][emoji58][emoji58][emoji58][emoji58]
Melihat kondisi jalan yang sempit, kiri kanan semak belukar plus ada semacam parit yang menurun jauh ke samping... rasa nya tidak mungkin sama sekali untuk menghindar dengan cara mengarahkan stir ke kiri agar mobil terhindar dari crash ...tabrakan adu banteng ...adu kepala kambing... [emoji55][emoji55][emoji55][emoji55]..
Belum lagi suzuki ertiga merah itu ngebut sekali.... mungkin hitungan nya bukan menit lagi.. tapi detik.. sebuah benturan keras akan terjadi...
Tapi kenyataan berkata lain...
Nasib kami di tentukan bukan oleh apapun selain Allah SWT. ...dan Alhamdulillah saat itu nasib kami masih bagus, dan keajaiban pun terjadi, entah bagaimana si cibul Dika dengan sigap langsung belokkan lingkar kemudi, sedikit... ya sedikut saja, karena kalo lebih dari itu, saya yakin mobil kami akan terperoksok ke dalam parit yang cukup dalam di sisi kiri jalan... dan dalam waktu bersamaan driver Ertiga merah itupun melakukan hal yang sama..
Seketika 2 kendaraan berada pada posisi sejajar berbeda arah dengan jarak yang sangat tipis..betul sangat tipis, mungkin hanya beberapa milimeter saja, dan aneh nya tak ada benturan, bahkan gesekan tidak ada sedikit pun..
Saya lupa, saat itu apakah teriak, atau pegangan erat2.. atau apa.. yang jelas, saya terbengong2 dengan kejadian yang berlangsung sangat cepat spt itu.. lalu setelah 2 mobil ada dalam posisi sejajar, kemudian saya minta si Cibul Dika maju dan berhenti.. saya kemudian turun..
Betapa kaget saat melihat posisi mobil ertiga merah itu hampir nyungsep ke sisi kiri mobil nya yg berupa parit menurun curam..bahkan lebih berbahaya nya lagi karena ber akhir dengan jurang ke arah pantai...
Kekagetan saya akan posisi mobil nya itu langsung seolah ditumpuk oleh kekagetan saya berikutnya... apa ..?
Saya melihat Nopol Ertiga merah ini F xxxx xx
OMG... ini mobil Kabupaten Bogor, saya lihat 2 huruf belakang FX...yg menandakan ini dari Kabupaten, kalau Kota Bogor itu dari huruf A sd E..
Lho... kenapa Mobil Bogor justru mau Tabrakan adu kepala di jalur pantai utara Flores sini..?? Ada apa ini..???
Tanpa ragu saya menghampiri driver Ertiga merah yg saat itu sedang bengong dengan wajah sedikit pucat.. mungkin masih shock berat hampir saja tabrakan dan nyungsep ke jurang kiri jalan stelah menghindar dari moncong VRZ F272..
Saya langsung mengadakan interaksi awal dengan nada sedikit tinggi :
Pak, dari Bogor ...??
Saya tadi sudah klakson2 sejak di bawah...musti nya Bapak mendengar dan tidak ambil jalur terlu tengah ...
Begitu kira2 kata2 yang saya ucapkan di awal saat berkomunikasi dengan pengendara Ertiga Merah bernopol F Bogor ini..
Kemudian si Bapak saya lihat masih agak2 bingung mau jawab apa... malah dia bicara ke saya sperti ini...
PAK...SAYA PERNAH KETEMU BAPAK..TAPI SAYA LUPA DIMANA... [emoji52][emoji52][emoji52][emoji52][emoji52]
Lho.. saya coba bantu mengingatkan dia..
DI BOGOR PAK ...?
INI KAN BAPAK MOBIL DARI BOGOR...
Bapak itu malah bilang :
Bukan pak.. di Mabes...
Saya :
OMG.. Mabes mana ..?
Bapak itu Jawab :
Mabes Polri..
Oooooo.. itu sudah lama mungkin..karena seingat saya sudah lama saya tidak berkunjung ke Mabes Polri..
Lho..Mabes Polri..?
Lalu saya coba berusaha melirik ke penumpang di samping driver dan di kursi belakang... oh ternyata banyak, ada 4 orang semua laki2 dan berperawakan khas.. saya tau, darimana Bapak2 ini dan berprofesi apa...
Lalu saya menyapa 4 lelaki yang duduk di tengah dan samping driver tersebut...semua berperawakan tegap dan berkacamata hitam.. saya jg sama saat itu berkacamata hitam dan ga mau lepasin.. [emoji16][emoji16][emoji16]
Sejenak mereka terlihat ramah dan membalas senyuman saya.. serta bilang : Kami mohon maaf ya pak...
Oh tentu saya juga sama...sama2 mohon maaf dan bersyukur kita tidak sampai bertabrakan ... kalo melihat jarak, rasa2 nya mustahil bisa menghindar karena memang cepat dan pendek sekali jaraknya...
Setelah itu.. saya salami semua Bapak2 dalam Ertiga merah dan ijin untuk melanjutkan perjalanan.. driver nya masih saja dalam kondisi bingung dan berusaha mengingat2 pernah ketemu saya wkwkwkwkkw...
Sudah lah pak.. hati2 dijalan ya..
Jangan lupa klakson di tiap tikungan...sepanjang jalanan sempit ini..
Oke..kami pun kembali jalan...
Dan keanehan pun kembali terjadi . ..
Saat saya cek DashCam.. Lho..kok ga aktif.. alias Offline..
Tadi perasaan lg nyala.. yaaahh.. saya ingin rekaman video kejadian tadi...
Lalu saya pun komunikasi ke om Rendi... apakah om Rendi punya rekaman kejadian tadi di Dashcam..?
Ternyata sama juga.. Dashcam om Rendi jg offline saat kejadian ... hahahaha..
Saya bilang : tak ada yang perlu di sesali..
Justru kita harus bersyukur..kita Lolos dari kecelakaan dan semua selamat tak kurang satu apapun...
Engga kebayang jika tadi kita tabrakan dan ada yang rusak atau terluka, ini daerah sepi banget ga ada bengkel atau rumah sakit..
Rumah penduduk pun ga ada sekitaran sini...seingat saya itu di kawasan hutan, dengan pantai di kanan jalan..
Stelah itu saya dengar di Rakom...dari Om Rendi :
Om Rendi terheran2 dengan sikap Driver Ertiga merah yang mengaku kenal dengan saya.. dan ..ah...sudah lah..
[emoji16][emoji16][emoji16][emoji16]
Itulah 1 cerita yang kami alami di jalur Pantai Utara Flores sebelum tiba di daerah bernama Ropa.. lalu kami belok kiri ke arah Kelimutu untuk belok kanan ke Ende...
Dan saya akui, si Cibul sudah bertindak tepat, tidak kurang dan tidak lebih dalam memutar lingkar kemudi F272... kalo dia kurang sedikit saja, akan berakibat terjadi gesekan diantara 2 mobil, body pasti penyok2...dan jika dia lebih sedikit, kita pasti terperoksok ke parit yang cukup dalam di sisi kiri jalan... ini engga akan mudah, mobil babak belur dan penumpang pasti tumpah, bukan tidak mungkin mobil jadi terguling karena memang parit nya mirip kali/sungai kecil yang dalam...walau tak ada air nya... Kami mengucap Syukur sudah di Lindungi Allah Yang maha Kuasa...
Kita lanjut cerita saat kami tiba di Kota Ende yaaa...
[emoji4][emoji4][emoji4][emoji4][emoji4][emoji106][emoji106][emoji106][emoji106]
[emoji4][emoji4][emoji4][emoji4][emoji4][emoji106][emoji106][emoji106][emoji106]