marmut wrote: Sun Jan 06, 2019 6:13
mesin jarang RPM tinggi ya?
kalo fanatik shell dan mau buntut 40 boleh pake rimula. atau kalo mau merk lain boleh aja cari oli diesel. kalo ngga salah vios minta oli buntut 40.
geser mic ke om Turbo untuk petuah lebih lanjut.....
wah kalau waktu masih dipakai om saya dulu sih kurang tau juga, tapi seingat saya beliau nyetirnya santai sekali
tapi sejak saya ambil taun kemaren, ini mobil sih rutin JKT-BDG PP minimal 1 kali sebulan, dan di tol biasanya saya bawa suka agak high RPM juga.. meskipun sehari-hari kena macet jalanan Depok dan Jakarta
nah Vios ini saya juga ga tau minta olinya apa, soalnya manual book udah ilang dari pas beli dulu.. mungkin ada yang punya manual book vios Gen 2 yang bisa shar??
Turboman wrote: Sun Jan 06, 2019 8:12
sebetulnya selain cuci pake oli Diesel (jalan 2000 - 3000 km) :
Tuang Marvel Mystery Oil ke oli sekitar 500 km menjelang ganti oli
MMO is Soft Flush
coba aja cari2 di ACE Hardw siapa tahu masih ada stok
Kalo mmg mau sistem cepat ya pake Engine flush yg bahan mineral oil + deterrgent spt Amsoil punya (kata MSDS nya)
Kalo Eng flush lain2 saya liat isinya kalo gak kerosene ya solar, tapi di MSDS nya mrk tulis pake sebutan macam2.....padahal kalo diteliti gak jauh2 ya Kerosene / solar juga......ekekeke
Terima kasih wejangannya om Turbo
Noted om.. Kemaren saya cari MMO ke dua Ace Hardware di Bandung sini ga ada, coba cari Online juga ga ada.. Jadi kayanya untuk alternatif MMO ga bisa nih hehehe
Untuk eng flush Amsoil nanti saya coba cari2 deh, kemaren di Ace sih ga ada. kayanya harus beli Online nih
Sebetulnya alternatif pakai oli diesel itu least option, karena jujur saya agak susah nyempetin waktu ngebengkel apalagi lagi peak season gini
exflowly wrote: Sun Jan 06, 2019 17:34
Ganti oli 5w30 yg bagusan aja om, kayak Total etc yg kelasnya 100rb ke atas.
Saya dulu juga ambil oli promo2x dan ternyata malah mengecewakan... mungkin juga karena stock lawas jadi oksidasi sdh tinggi pas dipake lgsg merah2x coklat padahal cmn jalan 5000km kurang dikit.
Marvel Mistery Oil kayaknya dah gak ada di Ace deh... semoga bisa dapat karena ini mmg membantu sekali buat soft flush dan makainya bisa ditaker/gak perlu satu botol dituang semua.
rencananya kedepan sih mau stok oli bagusan om, misalnya PTT ataupun kendall.. kemarin pakai SnD karena cari yang praktis juga, kebetulan dekat rumah ada SnD juga soalnya..
MMO udah saya cari dan ga nemu

kayanya bakal pakai alternatif flush pakai amsoil punya deh
iwing wrote: Mon Jan 07, 2019 2:49
kalo misal kejadian sama saya, yang akan saya lakukan adalah menggunakan oli seperti biasa namun pergantian nya di percepat per 2500 km dan seperti om marmut bilang, sekali2 geber high rpm misal seperti pada saat pergantian gigi (kalo manual). oli pastikan asli
saya juga pengen gitu sih om, tapi ya karena berbagai kondisi agak kurang memungkinkan
mobil sehari-hari dipakai short trip oleh istri saya, jadi untuk pakai high RPM paling kalau lagi PP JKT-BDG aja itupun kalau tol ga macet
untuk pergantian dipercepat lebih ke masalah waktu, saya agak susah nyempetin ke bengkel dan kalau minta tolong istri yang ke bengkel takutnya malah nambah masalah
ditambah waktu kemarin liat itu camshaft dan kawan-kawannya udah coklat banget dan nampaknya sudah lengket juga, jadi pengen dibersihin aja sebenarnya.. sebetulnya saya agak curiga ini mesin kotor pas cek dipsticknya ada noda coklat nempel banget, pas buka cover klepnya makin ketahuan deh
