Tonight36 wrote: Fri Dec 21, 2018 2:03
Haloo para suhu SM
1. Adakah mobil jepang dengan sasis monokok dan penggerak roda belakang? Atau sebaliknya sasis leaderframe penggerak fwd
2. Mengapa hampir rata2 yg saya liat kalo mobil dengan penggerak roda depan itu selalu monokok begitupun sebaliknya rwd dengan leaderframe
3. Untuk ketahanan suspensi dan kenyamanan apakah berpengaruh terhadap sasis yg dipakai dengan penggerak roda
Rata2 penggerak roda depan selalu ada masalah dengan adanya bunyi2an.
4. Apakah Kelegaan kabin monokok lebih unggul dibandingkan leaderframe khususnya legroom...
Sebelumnya terima kasih Smers...
Coba yg no 3 aja dah..
Kalo masalah ketahanan dan kenyamana kembali ke desain dan konstruksi masing2 sih..
Bunyi2an yg dimaksud seperti apa dulu? Kayanya banyak juga monokok FWD yang bebas buniyi2an, walaupun mostly yg premium.. Tp kalo yg dimaksud bunyi2an itu misal bunyi benturan kalo kena jalan jelek dsb, itu jelas sesuaitu yg susah dihindari kalo monokok.. Namanya ga pakai chasis terpisah, artinya semua getaran dari jalan ya akan diredam oleh keseluruhan konstruksi mobil sebagai satu kesatuan, karena komponen suspensi nempel langsung ke bodyshell..
Kalau ladder frame memang perdaman suara dan getaran bisa lebih dimaksimalkan. Kenapa? karena chasis dan body terpisah.. komponen kaki2 melekat ke chasis, sudah dengan redaman bushing.. Sementara body nempel ke chasis juga dengan mounting dengan bushing karet, jd getaran kaki2 setelah teredam chasis, masih teredam lagi ke body..
Kalau ketahanan dan kekuatan, relatif juga.. mobil monokok misal sedan kan ga didesain untuk jalanan rusak, sedangkan jip cherokee misalnya, emang peruntukannya untuk daya jelajah maksimum (YES, cherokee itu monokok/ unibody), so back to desain dan peruntukan masing2 juga
IMHO, untuk saat ini, bisa dibilang ga ada mobil yang diproduksi murni Monocoque.. bisa dibilang nyaris semuanya unibody.. Faktor utamanya sih untuk daya tahan dan safety.. Desain monocoque itu artinya body sendiri yang menahan keseluruhan beban, sehingga mesin, suspensi, dan semua perangkat dibaut langsung di badan mobil.. Sementara unibody memungkinan modul2 terpisah antar bagian.. Kalau bicara ada crumple zone, bisa dibilang mobil tsb pakai konstruksi unibody.. Bagian yang monokok adalah kabin penumpang, didesain untuk tetap utuh dalam kecelakaan, sementara bagian depan dan belakangnya unibody, didesain untuk rusak supaya tebanaga teredam dan kabin aman