qushay20019 wrote:Depresiasi terbesar setau ane itu dua taun pertama. Life cycle mobil sendiri beda2, krn ada yang baru 1 taun udah facelift, macam S-Cross, ada juga yg udah 5-10 taunan cuma facelift2 mulu, gak ganti desain total, macam Avanza, Rush lama (bukan yg terakhir ini), Captiva, dll.
Kalo emang nyari yang harga udah stabil, depresiasi di atas tahun ke-8 itu udah lumayan stabil. Cuman kondisi mobil usia 8 taun yg sangat variatif krn banyak faktor yang berpengaruh, misalnya desain yg canggih tapi high maintenance, gaya pemakaian & perawatan, filosofi pabrikan dlm mendesain, ketersediaan sparepart untuk mobil2 lama, dll dsb.
Jadi balik lagi ke (calon) pengguna: di satu sisi ekstrim beli mobil buat sekedar sarana transpor dari A ke B, di sisi ekstrim lain beli mobil buat barang koleksi/ hobi/ mainan
Tambahan, seingat ane menurut salah satu member di sini, bulan terbaik membeli mobil baru dengan diskon tertinggi itu sekitar Maret ato April katanya. Ane gak pernah buktiin juga sih, soalnya ane beli waktu itu Desember
Untuk masalah disc, lebih cuan mana om, ambil akhir tahun, apa beli bulan Maret April NIK tahun sebelumnya? Kan biasanya BBN ikut naik tiap tahun, dan resiko beli NIK tahun sebelumnya itu kadang dapet unit yang gak fresh
Zaxis wrote:Mobil itu cuma alat transportasi
Bkn alat investasi
Kalo takut depresiasi nya tinggi beli mobil yg top sales
Atau beli mobil bekas taon tua diatas 10 taon
Hehehe ogut cuma penasaran baiknya kapan beli mobil, dan kapan mobil itu dilepas, biar gak rugi2 amat om[emoji16]. Boil bekas diatas 10 tahun apalagi udah tangan keberapa kadang udah susah nebak kondisinya euy. NB: tidak berlaku buat boil yang pasarannya gelap cth. Mark X, LC dkk
maskopat wrote:zzzprince wrote: Mon Dec 17, 2018 15:51
Selamat malam para rekan SerayaMotor.com izinkan nubie buka thread baru.
Saya lagi kepikiran, life cycle sebuah kendaraan khususnya roda 4 baiknya dimulai dari kapan dan diakhiri mulai kapan yah. Mengingat harga kendaraan pasti selalu turun dan depresiasi ini geraknya gak linear, dan menurut pengamatan saya pasti ada sweet spot buat jual kendaraan agar depresiasinya gak parah2 amat dan ada pula sweet spot buat beli mobil saat lagi diskon (contoh di akhir tahun).
Buat pakar ekonomi sekaligus owner yang punya pengalaman mungkin boleh saling share disini
kalo mau investasi mobil, belilah mobil yang harga bekasnya jauh lebih tinggi daripada harga barunya...

Biasanya mobil hobby tuh om hehehe, tapi bbrp kali Nemu ada yang jual avxen 1st gen seharga beli barunya di tahun ke 12
kendibocor wrote:Untuk mengurangi kerugian dari depresiasi so pasti harus beli dgn diskon sebesar mungkin, selama ini diskon besar ya dapatnya di akhir tahun atau awal tahun beli nik thn sebelumnya.
Nah untuk jual mbl yg resale valuenya cukup stabil harus lihat jg.
Untuk bbrp kelas mbl (terutama >400 jt keatas) Brand yg mainstream ga selalu resale valuenya lebih bagus drpd non mainstream. Contoh: Beberapa kali liat di situs jual beli mbl antara camry, accord, dan mazda 6 tahun yg sama dgn km mirip2 malah lebih tinggi resale value si mazda 6, camry paling murah. Mungkin karena stok si mazda 6 jg lebih terbatas.
Tp kalo untuk mbl2 kerja rodi seperti LMPV ya harus beli brand mainstream (duo avxen).
Nb: semua tulisan diatas cuman berdasarkan pengamatan asal2an dan sotoy saya.
Nah untuk masalah disc, bagusan mana om antara beli akhir tahun NIK berjalan atau pertengahan tahun NIK sebelumnya.
Btw sering lihat Camry q 2012 dijual 200an padahal barunya berapa tuh hehehe
coipan wrote:Depresiasi mobil menurut ane ad pengaruhnya dengan life cycle mobil.
Kayak ane ambil contoh mobil fortuner am pajero sport, itu kan life cycle nya bisa sekitar 7-10 tahun baru ganti model, sedangkan life cycle suv monokok seperti crv xtrail cx5 sekitar 4-5 tahunan
Contoh xtrail 2015 yang bekasnya udah di angka 250- 300jtan , sedangkan harga baru beli di 2015 sekitar 420jtan
Sedangkan harga fortuner trd ato pajero dakar 2015 masih di angka 300-350jtan , padahal notabene sudah ada yg all new di 2016 yang seharusnya depresiasi lebih dri xtrail ato setara minimal
Ad yg bisa jelasin kenapa bisa seperti ini depresiasinya suhu? Apa karena peminat mobil tersebut lebih banyak sehingga mempengaruhi harga jual?
Kalo menurut pengamatan nubie biasanya depresiasi kadang bisa tergantung minat konsumen om sama , contoh di daerah Jakarta matic lebih sip harga jualnya dibanding di daerah yang lebih suka manual
patrickstar wrote:Related to topic,
Saya kadang mikir, mobil2 lama itu larinya kemana ya, contoh Serena bulet model lama, CRV generasi pertama.
Pernah ke satu daerah di Kalimantan, banyak yang masih jalan om, entah partsnya pakai apa hehehe. Gak sedikit jg yang udah jadi besi tua om