Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
Sebulan kebelekangan, tepatnya sebelum meminang seekor badak Captiva VCDi tahun 2009. Mata dan telinga, saya set sensitivitasnya pada level tertinggi terkait isu2 persolar dan per dieselan.
Alhasil ada 3 topik utama, dua topik nya sebenarnya terhubung dengan benang merah yg sama. Namun satu lagi saya belum mengerti bisa nyambungnya dimana.
Dua topik yg berkaitan yakni penambahan kandungan nabati secara bertahap bahkan hingga B100, dan rencana pengurangan pajak kendaraan diesel. Asumsi saya pengurangan pajak ini merupakan bentuk kompensasi terhadap industri dan user terkait meningkatnya kandungan nabati, dsn yg terpenting untuk meningkatkan daya serap dr solar nabati itu sendiri, apalagi dicanangkan hingga kandungan nabatinya mencapai 100%. Pajak turun, tentu jd stimulus untuk pasar.
Saya sendiri tidak terlalu paham sejauh mana implikasi dari semakin meningkatnya kandungan nabati ini, mungkin teman2 bisa saling berdiskusi disini.
Namun dr referensi beberapa referensi yg saya dapatkan, sebenarnya berbagai masalah yg sekarang dituduhkan sebagai kelemahan dr kandungan nabati, pada dasarnya bukan salah kandungan nabati itu sendiri, tp lebih kearah pemilihan FAME sebagai bentuk olahan nabati yg di masukkan kedalam solar, padahal ada alternatif lain selain FAME yg jauh lebih ramah bagi mesin yakni HVO dan HPO https://indopetronews.com/2018/10/31/ke ... nen-solar/
Dari dua topik diatas yg memang saling berkaitan, ada satu yg aga ga nyambung, tp tetap berkaitan dg diesel itu senditi, yakni mulainya pembahasam ttg euro 4 kendaraan diesel, apakah kemudian dg meningkatnya kandungan nabati ini, memungkinkan bahan bakar kita untuk mencapai standar euro 4, atau mesin kita yg semakin di adaptasi menerima kandungan nabati tinggi mampu untuk sampai ke euro 4.
Silahkan teman2 saling memberikan pandangannya terkait masa depan solar Indonesia.
Alhasil ada 3 topik utama, dua topik nya sebenarnya terhubung dengan benang merah yg sama. Namun satu lagi saya belum mengerti bisa nyambungnya dimana.
Dua topik yg berkaitan yakni penambahan kandungan nabati secara bertahap bahkan hingga B100, dan rencana pengurangan pajak kendaraan diesel. Asumsi saya pengurangan pajak ini merupakan bentuk kompensasi terhadap industri dan user terkait meningkatnya kandungan nabati, dsn yg terpenting untuk meningkatkan daya serap dr solar nabati itu sendiri, apalagi dicanangkan hingga kandungan nabatinya mencapai 100%. Pajak turun, tentu jd stimulus untuk pasar.
Saya sendiri tidak terlalu paham sejauh mana implikasi dari semakin meningkatnya kandungan nabati ini, mungkin teman2 bisa saling berdiskusi disini.
Namun dr referensi beberapa referensi yg saya dapatkan, sebenarnya berbagai masalah yg sekarang dituduhkan sebagai kelemahan dr kandungan nabati, pada dasarnya bukan salah kandungan nabati itu sendiri, tp lebih kearah pemilihan FAME sebagai bentuk olahan nabati yg di masukkan kedalam solar, padahal ada alternatif lain selain FAME yg jauh lebih ramah bagi mesin yakni HVO dan HPO https://indopetronews.com/2018/10/31/ke ... nen-solar/
Dari dua topik diatas yg memang saling berkaitan, ada satu yg aga ga nyambung, tp tetap berkaitan dg diesel itu senditi, yakni mulainya pembahasam ttg euro 4 kendaraan diesel, apakah kemudian dg meningkatnya kandungan nabati ini, memungkinkan bahan bakar kita untuk mencapai standar euro 4, atau mesin kita yg semakin di adaptasi menerima kandungan nabati tinggi mampu untuk sampai ke euro 4.
Silahkan teman2 saling memberikan pandangannya terkait masa depan solar Indonesia.
Last edited by Ngasepngaspal on Mon Dec 17, 2018 7:30, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
masa depan diesel uda suram... negara2 eropa sudah membanned diesel... truk dan bus masa depan akan beralih ke listrik

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
negara ketiga hanya jd tmpt buangan teknologi usang dr negara maju. bagaimanapun jg principal brand ingin dpt return selama mgkn dr investasi diamartinnn wrote: Mon Dec 17, 2018 9:14 masa depan diesel uda suram... negara2 eropa sudah membanned diesel... truk dan bus masa depan akan beralih ke listrik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
saya melihat nya justru positif jika bener2 100 persen cpo dibanding kendaraan listrik. saya melihat kendaraan listrik itu bukan tanpa polusi ya jika dilihat bagaimana listrik itu dihasilkan dan baterai itu sendiri. dalam hal keselamatan kendaraan listrik juga masih meragukan jika terjadi kecelakaan, misal siapa sih yang berani langsung menolong korban dari kecelakaan mobil listrik kalo bukan dari si pembuat mobil listrik nya (minimal saat ini)..?? imho
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
Perspektif yg menarik, tinggal bagaimana ada produk nabati yg memang well-produced dan bisa ramah untuk mesin yg juga ramah lingkungan (mengejar standar euro). Karena klo bicara FAME yg merupakan produk nabati saat ini, jauh dr kata sempurna dan saya lihat malah banyak negatifnya, khususnya implikasi kerusakan terhadap kendaraan dan kandungan sulfur yg tinggi.iwing wrote:saya melihat nya justru positif jika bener2 100 persen cpo dibanding kendaraan listrik. saya melihat kendaraan listrik itu bukan tanpa polusi ya jika dilihat bagaimana listrik itu dihasilkan dan baterai itu sendiri. dalam hal keselamatan kendaraan listrik juga masih meragukan jika terjadi kecelakaan, misal siapa sih yang berani langsung menolong korban dari kecelakaan mobil listrik kalo bukan dari si pembuat mobil listrik nya (minimal saat ini)..?? imho
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
- Daily Vehicle: D4-D and CRDi
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
Menurut analisa sotoy saya sih indo masih jauh om ke mobil listrik dan masih ngandelin mesin diesel,org gmn mau euro 4 org kadang kualitas dex masih ngga merata
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
setuju ama oom Nugrohonug.
utk Indo kira kira roadmapnta begini.
Tahap 1
mobil listrik hybrid sdh masuk, mobil bensin ada, diesel ada
Tahap 2. Mobil listrik makin banyak, brnsin makin dikit, tapi solar malah nambah, terdorong pajak yg diturunkan, BBM diesel lbh murah, FC lbh irit
Tahap selanjutnya mobil listrik dan diesel (utk niaga)
Tahap selanjutnya mobil listrik kabeh.
entah kapan ...
utk Indo kira kira roadmapnta begini.
Tahap 1
mobil listrik hybrid sdh masuk, mobil bensin ada, diesel ada
Tahap 2. Mobil listrik makin banyak, brnsin makin dikit, tapi solar malah nambah, terdorong pajak yg diturunkan, BBM diesel lbh murah, FC lbh irit
Tahap selanjutnya mobil listrik dan diesel (utk niaga)
Tahap selanjutnya mobil listrik kabeh.
entah kapan ...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
Mau standard euro 4? Truk dan bis penggerak ekonomi negara mau dikemanain? Salah membuat kebijakan tentang solar, dampak ekonominya sangat terasa. Solar murah untuk jangka waktu yg lumayan lama akan tetap ada. Jadi bersukurlah yg masih pelihara diesel purba disaat bbm lain makin mahal.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Feb 06, 2018 1:36
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Chevrolet_captiva_2010
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
Ijin nyimak om..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
diesel engine for passenger or commercial kayanya akan suram, karena emang semacam sudah mentok di sulfur, Nox dan well maenan catalytic, juga issue soal palm oil -berbau politis- yang ditolak EU, padahal merek Europe kan leader di small diesel engine. sedangkan bensin masih bisa dikulik ala2 mazda atau toyota juga seperti sudah berhasil "cracked-the-code" dengan enjin Dynamic Force agar bensin bisa makin bersih dan makin powerful seperti diesel tapi dengan cara yang selintas tidak "nyusahin" kaya mazda.
rise of electric car juga kenceng, setelah tesla hype, china uda jago bikin motor listrik murmer, batere juga makin bisa mendukung karena solar cell power plant juga kenceng di china. sempet baca berita dimana di Shenzen udah mulai regenerasi bus diesel dengan listrik, UK juga menyusul, next ya kota2 metro lainnya. yang jadi masalah tinggal: nyedian listrik yg bersih untuk isi itu batere.
rise of electric car juga kenceng, setelah tesla hype, china uda jago bikin motor listrik murmer, batere juga makin bisa mendukung karena solar cell power plant juga kenceng di china. sempet baca berita dimana di Shenzen udah mulai regenerasi bus diesel dengan listrik, UK juga menyusul, next ya kota2 metro lainnya. yang jadi masalah tinggal: nyedian listrik yg bersih untuk isi itu batere.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
pokoke, next, dah gak ada lagi mobil yang fun to drive... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
musim berganti, waktu berlalu, jaman berubah seh om...
bisa aja dimasa depan definisi fun to drive itu beda ama yang sekarang,
misalnya kalo kita tanya ke embah buyut, mobil apa yang fun to drive pada jamannya,
mungkin beliau bakal menjawab Ford Model T..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
dari bahas hybrid vehicle, jadi bandingin sendiri soal pembangkit listrik di europe yang udah makin beralih dari pembangkit dari nuklir, sementara indonesia pakai pembangkit dari nuklir aja belum.
segitulah ketertinggalannya kita

segitulah ketertinggalannya kita


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
kalo tenaga nuklir kita sudah lama mampu om. cuma masyarakat sekitar yang akan ditempatkan tenaga nuklir nya itu yang gak mau. banyak yang kuatir sama radiasi nyakrniawnhdr wrote: Tue Dec 18, 2018 8:24 dari bahas hybrid vehicle, jadi bandingin sendiri soal pembangkit listrik di europe yang udah makin beralih dari pembangkit dari nuklir, sementara indonesia pakai pembangkit dari nuklir aja belum.
segitulah ketertinggalannya kita![]()
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Masa depan Diesel kita, Euro 4 & Kandungan Nabati
tetap masih 80s dan 90s...IGedeAmat wrote: Tue Dec 18, 2018 7:15musim berganti, waktu berlalu, jaman berubah seh om...
bisa aja dimasa depan definisi fun to drive itu beda ama yang sekarang,
misalnya kalo kita tanya ke embah buyut, mobil apa yang fun to drive pada jamannya,
mungkin beliau bakal menjawab Ford Model T..
![]()

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green