Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Sebelumnya, salken suhu2 sekalian. Ini thread pertama saya dg akun ini, sebelumnya sy punya akun, tp lupa passnya dan ga bisa di recovery, entah kenapa.
Bulan April thn 2016, saya sudah pernah mereview mobil ini, lebih tepatnya long term review. Di link berikut
viewtopic.php?p=861458#p861458
Kini mobil tersebut sudah bukan lagi milik saya, susah saya lepas di km 150rb sekian, setahun yg lalu. Lantas kenapa saya beri judul 180rb km? Krn sampai detik ini, mobil tersebut masih dalam pantauan saya, karena saya jual ke kawan yg tinggal di medan.
Lantas apa yg membuat saya berenkarnasi kemudian memilih lahir kembali di dunia per SM an ini, pertama karena saya teringat janji saya untuk membuat review mobilio tersebut di 150rb km, kedua sekarang saya memelihara seekor badak vcdi yg menuntut saya kembali mereview ilmu per minyakan yg hanya bisa ditemui di SM selain dr web2 luar.
Kembali ke topik, si mobilio s legendaris ini, berawal dr rasa penasaran saya terhadap kondisi mobil tsbt yg kini mukim di medan, owner barunya memang selalu komunikssi dg saya, bukan ttg mobil, tp dlm setiap obrolan selalu saya sisipkan pertanyaan ttg si mobilio.
Sejauh ini 180rb km, dia ga ada keluhan, terasa sama seperti waktu awal pindah tangan dr saya. Memang mobilio ini dapat pelayana super dr saya sejak awal, makan minum semua di resto mahal, minumnya klo ga yg biru di resto lokal, ya yg merah di cafe eropa, klo rada tipis kantung, di cafe eropa minum yg hijau, tp tidak pernah dibawah itu.
Begitupula dg makanannya, impor langsung dr USA, tepatnya amsoil signature yg paling encer, jelek2 klo habis, cari pengganti yg grade IV atau V merk lain. Gantinya juga tiap 8.000km.
Ngomongin suplemen, Redline C1FSC ga pernah kelewat dua bulan sekali, saya pakai metode sekali pakai, sekali habis, bukan yg tuang dikit2 spt om turboman.
Oke balik ke kondisi terkini mobilio, cuman sekali si empu barunya nelp buat nanya mobil tersebut, tepatnya bulan lalu, ternuata aki soak, kaget saya, kok baru soak padahal itu sudah 2 tahun.
Dr situ saya ambil kesimpulan, ini mobil punya durabilitas yg mumpuni, selama qc honda baik, artinya line produksi lain pun pasti tak beda jauh dg mobilio saya, tp entahlah, masalah mobilio kebanyakan di BQ nya, harusnya ada perbaikan, kecuali itu disengaja untuk saving cost.
Masalah performa, kepraktisan dll mungkin ga akan saya bahas, kita semua sudah kenyang. Sedikit saja komentar saya ttg dashboard baru yg menurut saya ketinggian dan sedikit mengganggu visibilitas pengemudi, tidak serendah dasboard lama.
Kemudian HL baru, yg jujur saya pede itu ubahan karena usulan saya beberapa kali ke HPMuntuk menyeragamkan muka Mobilio agar pakai aliran spicy wingnya honda, kecewa, kayak ga niat itu mereka bikin ubahannya, suduh HL nya nanggung, harusnya dibikin tajam sekalian spt Civic Turbo.
Untuk review kali ini saya lebih tertarik sedikit mereview eksistensi Mobilio di tengah gempuran LMPV baru, dr Mitsu, pabrikan2 china, permak2 ala Suzuki dan juga yg masih banyak beririsan di segmen ini adalah Ruster terbaru.
Mungkin aga panjang, banyak aspek. Tp saya langsung kepada kesimpulan saja. SURAM. Bisa dilihat dr data penjualan, yg memang terbentuk akibat kurangnya inovasi dan inisiatif Honda belakangan terhadap Mobilio, FL2 yg ada ga bikin perubahan signifikan. Udah ah sekian saja. Saya suka mobil ini, saya berharap honda kasih perhatian lebih.
Maafin saya suhu2 kalo bikin thread mabok. Sekian.
Bulan April thn 2016, saya sudah pernah mereview mobil ini, lebih tepatnya long term review. Di link berikut
viewtopic.php?p=861458#p861458
Kini mobil tersebut sudah bukan lagi milik saya, susah saya lepas di km 150rb sekian, setahun yg lalu. Lantas kenapa saya beri judul 180rb km? Krn sampai detik ini, mobil tersebut masih dalam pantauan saya, karena saya jual ke kawan yg tinggal di medan.
Lantas apa yg membuat saya berenkarnasi kemudian memilih lahir kembali di dunia per SM an ini, pertama karena saya teringat janji saya untuk membuat review mobilio tersebut di 150rb km, kedua sekarang saya memelihara seekor badak vcdi yg menuntut saya kembali mereview ilmu per minyakan yg hanya bisa ditemui di SM selain dr web2 luar.
Kembali ke topik, si mobilio s legendaris ini, berawal dr rasa penasaran saya terhadap kondisi mobil tsbt yg kini mukim di medan, owner barunya memang selalu komunikssi dg saya, bukan ttg mobil, tp dlm setiap obrolan selalu saya sisipkan pertanyaan ttg si mobilio.
Sejauh ini 180rb km, dia ga ada keluhan, terasa sama seperti waktu awal pindah tangan dr saya. Memang mobilio ini dapat pelayana super dr saya sejak awal, makan minum semua di resto mahal, minumnya klo ga yg biru di resto lokal, ya yg merah di cafe eropa, klo rada tipis kantung, di cafe eropa minum yg hijau, tp tidak pernah dibawah itu.
Begitupula dg makanannya, impor langsung dr USA, tepatnya amsoil signature yg paling encer, jelek2 klo habis, cari pengganti yg grade IV atau V merk lain. Gantinya juga tiap 8.000km.
Ngomongin suplemen, Redline C1FSC ga pernah kelewat dua bulan sekali, saya pakai metode sekali pakai, sekali habis, bukan yg tuang dikit2 spt om turboman.
Oke balik ke kondisi terkini mobilio, cuman sekali si empu barunya nelp buat nanya mobil tersebut, tepatnya bulan lalu, ternuata aki soak, kaget saya, kok baru soak padahal itu sudah 2 tahun.
Dr situ saya ambil kesimpulan, ini mobil punya durabilitas yg mumpuni, selama qc honda baik, artinya line produksi lain pun pasti tak beda jauh dg mobilio saya, tp entahlah, masalah mobilio kebanyakan di BQ nya, harusnya ada perbaikan, kecuali itu disengaja untuk saving cost.
Masalah performa, kepraktisan dll mungkin ga akan saya bahas, kita semua sudah kenyang. Sedikit saja komentar saya ttg dashboard baru yg menurut saya ketinggian dan sedikit mengganggu visibilitas pengemudi, tidak serendah dasboard lama.
Kemudian HL baru, yg jujur saya pede itu ubahan karena usulan saya beberapa kali ke HPMuntuk menyeragamkan muka Mobilio agar pakai aliran spicy wingnya honda, kecewa, kayak ga niat itu mereka bikin ubahannya, suduh HL nya nanggung, harusnya dibikin tajam sekalian spt Civic Turbo.
Untuk review kali ini saya lebih tertarik sedikit mereview eksistensi Mobilio di tengah gempuran LMPV baru, dr Mitsu, pabrikan2 china, permak2 ala Suzuki dan juga yg masih banyak beririsan di segmen ini adalah Ruster terbaru.
Mungkin aga panjang, banyak aspek. Tp saya langsung kepada kesimpulan saja. SURAM. Bisa dilihat dr data penjualan, yg memang terbentuk akibat kurangnya inovasi dan inisiatif Honda belakangan terhadap Mobilio, FL2 yg ada ga bikin perubahan signifikan. Udah ah sekian saja. Saya suka mobil ini, saya berharap honda kasih perhatian lebih.
Maafin saya suhu2 kalo bikin thread mabok. Sekian.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
- Location: medan
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Lio sy udh 3thn aki msh bawaannya om, oke juga padahal ukurannya kecil.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Salut untuk mobilio yang cuma dalam 4 tahun sudah 180k km, memang mobil jaman sekarang harusnya dengan perawatan yang bagus harusnya untuk 100-200k km belum banyak jajan
OGL lama saya lepas di 176k km, usia 6 tahun, mekanikal-elektrikal juga masih bagus dan sekarang juga oleh pemakai barunya masih rutin dipakai
Poin terakhir saya setuju, Hond* di Indonesia sebetulnya punya pondasi yang bagus, cuma sayang makin lama sepertinya eksekusinya seperti berguru ke grup ind*m*b*l, maju sedikit mundurnya lumayan, banyak jalan di tempat
OGL lama saya lepas di 176k km, usia 6 tahun, mekanikal-elektrikal juga masih bagus dan sekarang juga oleh pemakai barunya masih rutin dipakai
Poin terakhir saya setuju, Hond* di Indonesia sebetulnya punya pondasi yang bagus, cuma sayang makin lama sepertinya eksekusinya seperti berguru ke grup ind*m*b*l, maju sedikit mundurnya lumayan, banyak jalan di tempat
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Trims review nya Oom, kebetulan hampir setahun ini saya pake yang FL2 ini, seneng denger nya (thank god), sebelum nya saya pake avanza gen 2 yang 1.5..
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Aki bawaan dr pabrik si setahun saya juga udah soak, mungkin krn batch pertama kali ya jadi masih dikasih aki seadanya. Di batch punya om mungkin udah ada perbaikan.ceiszha wrote:Lio sy udh 3thn aki msh bawaannya om, oke juga padahal ukurannya kecil.
Menurut saya, mobil itu ancur di tangan pemiliknya sendiri om, males keluar lebih untuk perawatan si mobil, males kasih perhatian lbh sama masalah2 kecil yg mungkin klo dibiarkan jd besar, apalagi elektrikal.dizco wrote:Salut untuk mobilio yang cuma dalam 4 tahun sudah 180k km, memang mobil jaman sekarang harusnya dengan perawatan yang bagus harusnya untuk 100-200k km belum banyak jajan
OGL lama saya lepas di 176k km, usia 6 tahun, mekanikal-elektrikal juga masih bagus dan sekarang juga oleh pemakai barunya masih rutin dipakai
Poin terakhir saya setuju, Hond* di Indonesia sebetulnya punya pondasi yang bagus, cuma sayang makin lama sepertinya eksekusinya seperti berguru ke grup ind*m*b*l, maju sedikit mundurnya lumayan, banyak jalan di tempat
Nah masalah elktrikal ini, kebanyakan kerusakan di teman2 ya karena lasang aksesoris bypass kabel sembarangan, potong sana sini seenaknya dewek, atau klo ke bengkel, tukangnya ga di perhatiin, akhirnya merembet kemana2.
Klo saya, sy ga neko2, krn ini ibarat rumah saya sendiri om. Khususnya yg berkaitan dg performa dan interior. Klo eksterior saya rada2 tutup mata juga, yg penting desainnya oke, sudah cukup, ga saya polas poles lagi.
Honda, nasibmu hon, sebenarnya dg mobilio yg sempat melejit dan mengangkasa, ini momentum yg harusnya dimanfaatkan Honda untuk bisa banyak melakukan improvisasi, apalagi hadirnya Mobilio sembat membuat konsumen segmen low kita mulai membuka kacamata kudanya dari duo kaleng, harusnya ini kesempatan baik untuk terus mencerdaskan pasar ttg produk dan melakukan perbaikan layanan juga produknya.
tp benarlah kata orang bijak, menjadi pemenang lebih mudah ketimbang mempertahankan kemenangan.
PR nya cuman 2 mobilio ini buat saya, BQ dan peredaman, selebihnya kekurangan2 lainnya sudah terbayarkan oleh ke nikmatan berkedaranya, posisi duduk driver yg pas, handling, performa mesinnya dan keluasan kabinnya.kapsul 97 wrote:Trims review nya Oom, kebetulan hampir setahun ini saya pake yang FL2 ini, seneng denger nya (thank god), sebelum nya saya pake avanza gen 2 yang 1.5..
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Betul, setuju banget...Ngasepngaspal wrote:Aki bawaan dr pabrik si setahun saya juga udah soak, mungkin krn batch pertama kali ya jadi masih dikasih aki seadanya. Di batch punya om mungkin udah ada perbaikan.ceiszha wrote:Lio sy udh 3thn aki msh bawaannya om, oke juga padahal ukurannya kecil.Menurut saya, mobil itu ancur di tangan pemiliknya sendiri om, males keluar lebih untuk perawatan si mobil, males kasih perhatian lbh sama masalah2 kecil yg mungkin klo dibiarkan jd besar, apalagi elektrikal.dizco wrote:Salut untuk mobilio yang cuma dalam 4 tahun sudah 180k km, memang mobil jaman sekarang harusnya dengan perawatan yang bagus harusnya untuk 100-200k km belum banyak jajan
OGL lama saya lepas di 176k km, usia 6 tahun, mekanikal-elektrikal juga masih bagus dan sekarang juga oleh pemakai barunya masih rutin dipakai
Poin terakhir saya setuju, Hond* di Indonesia sebetulnya punya pondasi yang bagus, cuma sayang makin lama sepertinya eksekusinya seperti berguru ke grup ind*m*b*l, maju sedikit mundurnya lumayan, banyak jalan di tempat
Nah masalah elktrikal ini, kebanyakan kerusakan di teman2 ya karena lasang aksesoris bypass kabel sembarangan, potong sana sini seenaknya dewek, atau klo ke bengkel, tukangnya ga di perhatiin, akhirnya merembet kemana2.
Klo saya, sy ga neko2, krn ini ibarat rumah saya sendiri om. Khususnya yg berkaitan dg performa dan interior. Klo eksterior saya rada2 tutup mata juga, yg penting desainnya oke, sudah cukup, ga saya polas poles lagi.
Honda, nasibmu hon, sebenarnya dg mobilio yg sempat melejit dan mengangkasa, ini momentum yg harusnya dimanfaatkan Honda untuk bisa banyak melakukan improvisasi, apalagi hadirnya Mobilio sembat membuat konsumen segmen low kita mulai membuka kacamata kudanya dari duo kaleng, harusnya ini kesempatan baik untuk terus mencerdaskan pasar ttg produk dan melakukan perbaikan layanan juga produknya.
tp benarlah kata orang bijak, menjadi pemenang lebih mudah ketimbang mempertahankan kemenangan.PR nya cuman 2 mobilio ini buat saya, BQ dan peredaman, selebihnya kekurangan2 lainnya sudah terbayarkan oleh ke nikmatan berkedaranya, posisi duduk driver yg pas, handling, performa mesinnya dan keluasan kabinnya.kapsul 97 wrote:Trims review nya Oom, kebetulan hampir setahun ini saya pake yang FL2 ini, seneng denger nya (thank god), sebelum nya saya pake avanza gen 2 yang 1.5..
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
perawatan dari pemilik juga mempengaruhi sekali kondisi long term kendaraan. kebetulan pernah pakai mobilio punya teman yang lebih muda 1 tahun dari punya saya namun kondisinya terasa sekali kurang ok dibanding punya saya. memang teman tipe yang asal pakai saja, tidak terlalu merawat sendiri mobilnya.
peredaman menjadi isu utama saya saja, ganti ban baru hny bertahan beberapa bulan heningnya, setelah itu balik lagi gemuruhnya.
peredaman menjadi isu utama saya saja, ganti ban baru hny bertahan beberapa bulan heningnya, setelah itu balik lagi gemuruhnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Gemuruh, bikin ilfeel ha ha ha [emoji23]Kaleng wrote:perawatan dari pemilik juga mempengaruhi sekali kondisi long term kendaraan. kebetulan pernah pakai mobilio punya teman yang lebih muda 1 tahun dari punya saya namun kondisinya terasa sekali kurang ok dibanding punya saya. memang teman tipe yang asal pakai saja, tidak terlalu merawat sendiri mobilnya.
peredaman menjadi isu utama saya saja, ganti ban baru hny bertahan beberapa bulan heningnya, setelah itu balik lagi gemuruhnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Sama 1 lagi om, kurang lebar. Jadi row 2 kalo diisi ber3 kurang enakNgasepngaspal wrote: Fri Dec 07, 2018 16:02Aki bawaan dr pabrik si setahun saya juga udah soak, mungkin krn batch pertama kali ya jadi masih dikasih aki seadanya. Di batch punya om mungkin udah ada perbaikan.ceiszha wrote:Lio sy udh 3thn aki msh bawaannya om, oke juga padahal ukurannya kecil.Menurut saya, mobil itu ancur di tangan pemiliknya sendiri om, males keluar lebih untuk perawatan si mobil, males kasih perhatian lbh sama masalah2 kecil yg mungkin klo dibiarkan jd besar, apalagi elektrikal.dizco wrote:Salut untuk mobilio yang cuma dalam 4 tahun sudah 180k km, memang mobil jaman sekarang harusnya dengan perawatan yang bagus harusnya untuk 100-200k km belum banyak jajan
OGL lama saya lepas di 176k km, usia 6 tahun, mekanikal-elektrikal juga masih bagus dan sekarang juga oleh pemakai barunya masih rutin dipakai
Poin terakhir saya setuju, Hond* di Indonesia sebetulnya punya pondasi yang bagus, cuma sayang makin lama sepertinya eksekusinya seperti berguru ke grup ind*m*b*l, maju sedikit mundurnya lumayan, banyak jalan di tempat
Nah masalah elktrikal ini, kebanyakan kerusakan di teman2 ya karena lasang aksesoris bypass kabel sembarangan, potong sana sini seenaknya dewek, atau klo ke bengkel, tukangnya ga di perhatiin, akhirnya merembet kemana2.
Klo saya, sy ga neko2, krn ini ibarat rumah saya sendiri om. Khususnya yg berkaitan dg performa dan interior. Klo eksterior saya rada2 tutup mata juga, yg penting desainnya oke, sudah cukup, ga saya polas poles lagi.
Honda, nasibmu hon, sebenarnya dg mobilio yg sempat melejit dan mengangkasa, ini momentum yg harusnya dimanfaatkan Honda untuk bisa banyak melakukan improvisasi, apalagi hadirnya Mobilio sembat membuat konsumen segmen low kita mulai membuka kacamata kudanya dari duo kaleng, harusnya ini kesempatan baik untuk terus mencerdaskan pasar ttg produk dan melakukan perbaikan layanan juga produknya.
tp benarlah kata orang bijak, menjadi pemenang lebih mudah ketimbang mempertahankan kemenangan.PR nya cuman 2 mobilio ini buat saya, BQ dan peredaman, selebihnya kekurangan2 lainnya sudah terbayarkan oleh ke nikmatan berkedaranya, posisi duduk driver yg pas, handling, performa mesinnya dan keluasan kabinnya.kapsul 97 wrote:Trims review nya Oom, kebetulan hampir setahun ini saya pake yang FL2 ini, seneng denger nya (thank god), sebelum nya saya pake avanza gen 2 yang 1.5..
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
mirip saya 5th pake veloz manual...skrg 17bln 35rb km pake Lio FL...sama2 enak buat sruntulan. aki jg msh ok meski pasamg audio lengkap. bunyi2an ga bisa bandingin krn punya saya pasang peredam...enaklah lio klo nyetir. klo jd pnumpang sptnya lbib enaknvelozkrn posisi duduknya tinggi..ratling jg ga ad...fc kombinasi sruntulan dalkot lukot pertlaite msh 14ankapsul 97 wrote: Fri Dec 07, 2018 15:32 Trims review nya Oom, kebetulan hampir setahun ini saya pake yang FL2 ini, seneng denger nya (thank god), sebelum nya saya pake avanza gen 2 yang 1.5..
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Sama om, ketika kawan saya ragu2 mau beli mobil sy yg notabene sdh 150rb km. Saya pinjem mobil kawan lainnya yg lebih muda dan km lebih rendah, saya suruh kawan yg mw beli ini compare langsung. Dan tadaaaa, dia milih mobil saya.Kaleng wrote:perawatan dari pemilik juga mempengaruhi sekali kondisi long term kendaraan. kebetulan pernah pakai mobilio punya teman yang lebih muda 1 tahun dari punya saya namun kondisinya terasa sekali kurang ok dibanding punya saya. memang teman tipe yang asal pakai saja, tidak terlalu merawat sendiri mobilnya.
peredaman menjadi isu utama saya saja, ganti ban baru hny bertahan beberapa bulan heningnya, setelah itu balik lagi gemuruhnya.
Masalah peredaman, mobilio memang busuk nanget, saka akalin dg pasang karet pengganjal di semua celah2 pintu, cukup membantu dan hemat.
Bisa nguping obrolan para pengendara motor saat macet... [emoji13]kapsul 97 wrote:Gemuruh, bikin ilfeel ha ha ha [emoji23]Kaleng wrote:perawatan dari pemilik juga mempengaruhi sekali kondisi long term kendaraan. kebetulan pernah pakai mobilio punya teman yang lebih muda 1 tahun dari punya saya namun kondisinya terasa sekali kurang ok dibanding punya saya. memang teman tipe yang asal pakai saja, tidak terlalu merawat sendiri mobilnya.
peredaman menjadi isu utama saya saja, ganti ban baru hny bertahan beberapa bulan heningnya, setelah itu balik lagi gemuruhnya.
Mungkin klo posisi duduk penumpang, iya, tp klo keluasan kabin, mobilio lbh oke, bahkan plng oke di kelasnya. Andai kursi belakang lipet rata bagasi.liep wrote:mirip saya 5th pake veloz manual...skrg 17bln 35rb km pake Lio FL...sama2 enak buat sruntulan. aki jg msh ok meski pasamg audio lengkap. bunyi2an ga bisa bandingin krn punya saya pasang peredam...enaklah lio klo nyetir. klo jd pnumpang sptnya lbib enaknvelozkrn posisi duduknya tinggi..ratling jg ga ad...fc kombinasi sruntulan dalkot lukot pertlaite msh 14ankapsul 97 wrote: Fri Dec 07, 2018 15:32 Trims review nya Oom, kebetulan hampir setahun ini saya pake yang FL2 ini, seneng denger nya (thank god), sebelum nya saya pake avanza gen 2 yang 1.5..
Lio ini memang kalo urusan mesin, tranny, handling memang okay, tapi ya itu, BQ nya kurang solid, bayangin aja mobil baru trus lewat jalan keriting itu plastic cover di pilar A rattling, plus peredaman juga harus di upgrage..
Trims review nya Oom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
posisi lio ini khan pendek banget..dg gc 18cm tp total tinggi sgitu..pnumpang seakan2 jd macam claustrofobia..klo axven khan jarak kepala dan posisi duduknya enak. ya balik lagilah masing2 gmana preferensinya. yg jelas nyetir lio uenak tarikannyaNgasepngaspal wrote: Sat Dec 08, 2018 0:05te]Mungkin klo posisi duduk penumpang, iya, tp klo keluasan kabin, mobilio lbh oke, bahkan plng oke di kelasnya. Andai kursi belakang lipet rata bagasi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Kalo ane lebih enak jadi penumpang avxen....kalo mobilnya ga jalan, kalo jalan....mual bin mabok, bantingan ga enak, dan limbung, ampun dah...liep wrote: Sat Dec 08, 2018 0:22posisi lio ini khan pendek banget..dg gc 18cm tp total tinggi sgitu..pnumpang seakan2 jd macam claustrofobia..klo axven khan jarak kepala dan posisi duduknya enak. ya balik lagilah masing2 gmana preferensinya. yg jelas nyetir lio uenak tarikannyaNgasepngaspal wrote: Sat Dec 08, 2018 0:05te]Mungkin klo posisi duduk penumpang, iya, tp klo keluasan kabin, mobilio lbh oke, bahkan plng oke di kelasnya. Andai kursi belakang lipet rata bagasi.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Entah ya om, sqya pengguna avanza juga, tp mobilio jauh lebih lega dr 1st row dampai 3rd row. Headroom dan legroom lebih lapang, ini feeling aja ya. Tp logis sebenarnya, dia monokok, otomatis sasis tidak mengorbaknan space, ditambah FWD, walaupun poldur tetap ada tp ga separan avxen .liep wrote:posisi lio ini khan pendek banget..dg gc 18cm tp total tinggi sgitu..pnumpang seakan2 jd macam claustrofobia..klo axven khan jarak kepala dan posisi duduknya enak. ya balik lagilah masing2 gmana preferensinya. yg jelas nyetir lio uenak tarikannyaNgasepngaspal wrote: Sat Dec 08, 2018 0:05te]Mungkin klo posisi duduk penumpang, iya, tp klo keluasan kabin, mobilio lbh oke, bahkan plng oke di kelasnya. Andai kursi belakang lipet rata bagasi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
naik mobil teman mobilio km 90.000 full bunyi rattle,build qualitya jelek sekali,kaki2 juga bunyi,maklum mobil rental
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
ngapain ngacirlevofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 0:29 [quote jadi penumpang avxen....kalo mobilnya ga jalan, kalo jalan....mual bin mabok, bantingan ga enak, dan limbung, ampun dah...![]()
slama ini kalo disetirin ya liat2 yg nyetirin ....klo supir di pabrik rata2 ud jagoan bw mbl jd enak sama sekali ga mabok...tp klo disupirin bkn supir pabrik misalnowner biasa ya kmungkinan besar maboklah
disupiri naik camry hybrid ato ipah kd..gd jg mabok...supirnya ga jago pdhal mbl diatas axven
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
punya ane tipe s jg om, saat dr april 2014, saat km 80rb oli mrembes ke sisi kopling drive shaft, akbatnya turun mesin separo sisi transmisi sj, habis 1.5jt. nah hr ini km 100rb setir lurus mobil lari ke kiri, krn sdh aus di tie rod n rack end, krn kubiarin hampir sebulan ban depan turanza habis sebelah dalam blm 2thn. ganti tie rod dan rack end dan spooring habis 2.3jt...
oh ya service rutin selalu di beres, krn beres per 10rbkm. tp pas per 5rb km kuganti oli di SnD. jd setelah 80rb km oli kuganti per 5rb km..
oh ya service rutin selalu di beres, krn beres per 10rbkm. tp pas per 5rb km kuganti oli di SnD. jd setelah 80rb km oli kuganti per 5rb km..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Mungkin bisa sharing juga untuk memperbaiki peredaman kabin, selain yang tadi sudah disebutkan, biaya nya dan seberapa efektif...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
ini Lio yang parah nya ya, kalo pas lagi bersihin mobil sendiri, pas mau ngelap bagian atap kan ambil pijakan di plastik pintu, dan plasti nya ga solid, pasti meletoy dan bukyi "kreek.." wakwkwk... hadeeuuhh lio lio ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Thu Oct 02, 2014 3:42
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
pernah TD mobil ini, kesimpulan akhirnya: posisi duduknya spt hatchback. dan ane kurang suka. too low.liep wrote: Sat Dec 08, 2018 0:22posisi lio ini khan pendek banget..dg gc 18cm tp total tinggi sgitu..pnumpang seakan2 jd macam claustrofobia..klo axven khan jarak kepala dan posisi duduknya enak. ya balik lagilah masing2 gmana preferensinya. yg jelas nyetir lio uenak tarikannyaNgasepngaspal wrote: Sat Dec 08, 2018 0:05te]Mungkin klo posisi duduk penumpang, iya, tp klo keluasan kabin, mobilio lbh oke, bahkan plng oke di kelasnya. Andai kursi belakang lipet rata bagasi.
kembali ke duo kaleng

tempo hari nyobain VNT, tinggi bgt dan suka.
hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Busyeettt Lio nya udah tinggi2 KM nya. Lio S ane 2016 baru dapet 18rb KM-an
Emang bukan mobil perang sih..
Kemaren November servis di Beres (habisin jatah paket Cermat) kata SA, aki-nya dah menurun, disuruh ganti.
Klo ditengok umur akinya dah 2tahunan jg. Tapi minggu kemaren dibawa jalan2 ke Bandung jg masih lancar..
Kira2 masih bisa bertahan berapa lama akinya ya? Nunggu sampe mati atau segera ganti aja yak?
Rencana ganti aki mungkin minggu depan..
Dan memang peredamannya kurang, pas dilewatin motor yg pake knalpot racing itu.. annoying bgt
Kap udah dikasi peredam, skrg kepikiran mo ganti pake karet2 balon di pintu, cuma blum sempet (waktu dan duitnya)

Emang bukan mobil perang sih..

Kemaren November servis di Beres (habisin jatah paket Cermat) kata SA, aki-nya dah menurun, disuruh ganti.
Klo ditengok umur akinya dah 2tahunan jg. Tapi minggu kemaren dibawa jalan2 ke Bandung jg masih lancar..
Kira2 masih bisa bertahan berapa lama akinya ya? Nunggu sampe mati atau segera ganti aja yak?
Rencana ganti aki mungkin minggu depan..
Dan memang peredamannya kurang, pas dilewatin motor yg pake knalpot racing itu.. annoying bgt

Kap udah dikasi peredam, skrg kepikiran mo ganti pake karet2 balon di pintu, cuma blum sempet (waktu dan duitnya)

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Klo kaki2 km mobil sAya sudah segitu ga ada masalah sampai saat ini, padahal driving style saya itu lubang dan gajlukan saya anggap jalan datar. Klo rattle2 sejak di ganjel pakai semacap foam tape di sambungan2 plastik dan ganti emgine mounting, hilang semua. Balik lg ke perawatan owner sih.matra wrote:naik mobil teman mobilio km 90.000 full bunyi rattle,build qualitya jelek sekali,kaki2 juga bunyi,maklum mobil rental
Ngeri juga jajannya mobilio om. Saya jajan paling bamyak itu cuman ganti emgine mounting kanan.ybyb wrote:punya ane tipe s jg om, saat dr april 2014, saat km 80rb oli mrembes ke sisi kopling drive shaft, akbatnya turun mesin separo sisi transmisi sj, habis 1.5jt. nah hr ini km 100rb setir lurus mobil lari ke kiri, krn sdh aus di tie rod n rack end, krn kubiarin hampir sebulan ban depan turanza habis sebelah dalam blm 2thn. ganti tie rod dan rack end dan spooring habis 2.3jt...
oh ya service rutin selalu di beres, krn beres per 10rbkm. tp pas per 5rb km kuganti oli di SnD. jd setelah 80rb km oli kuganti per 5rb km..
Semua celah pintu saya sumpel pakai foam tape di ace hardware, lumayan dikit ngaruh.kapsul 97 wrote:Mungkin bisa sharing juga untuk memperbaiki peredaman kabin, selain yang tadi sudah disebutkan, biaya nya dan seberapa efektif...
Wkwkwkwk bener... bener banget... -_-kapsul 97 wrote:ini Lio yang parah nya ya, kalo pas lagi bersihin mobil sendiri, pas mau ngelap bagian atap kan ambil pijakan di plastik pintu, dan plasti nya ga solid, pasti meletoy dan bukyi "kreek.." wakwkwk... hadeeuuhh lio lio ...
Baiknya ganti aja om, jangan sampe soak di tengah jalan tol, atau lokasi yg jauh dr penjual aki.ZEXELGRIFONE wrote:Busyeettt Lio nya udah tinggi2 KM nya. Lio S ane 2016 baru dapet 18rb KM-an![]()
Emang bukan mobil perang sih..![]()
Kemaren November servis di Beres (habisin jatah paket Cermat) kata SA, aki-nya dah menurun, disuruh ganti.
Klo ditengok umur akinya dah 2tahunan jg. Tapi minggu kemaren dibawa jalan2 ke Bandung jg masih lancar..
Kira2 masih bisa bertahan berapa lama akinya ya? Nunggu sampe mati atau segera ganti aja yak?
Rencana ganti aki mungkin minggu depan..
Dan memang peredamannya kurang, pas dilewatin motor yg pake knalpot racing itu.. annoying bgt![]()
Kap udah dikasi peredam, skrg kepikiran mo ganti pake karet2 balon di pintu, cuma blum sempet (waktu dan duitnya)
Peredaman bagian terburuk dr mobilio, selain BQ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
SIiipp.. Sabtu kemaren sudah ganti. Kebetulan ada promo trade in dari S n Drive..Ngasepngaspal wrote: Fri Dec 14, 2018 15:32 Baiknya ganti aja om, jangan sampe soak di tengah jalan tol, atau lokasi yg jauh dr penjual aki.
Peredaman bagian terburuk dr mobilio, selain BQ
Sekalian aja neh info, sampe akhir desember ini, klo pesen via call centernya:
Trade in ke aki GS Hybrid, aki lama dihargai 150rb.
Trade in ke aki GS MF, aki lama dihargai 180rb.
Lumayan lah..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
Nice review om, tinggi jg, mobilio 4 tahun udh 180 rb km, emg bener om, kelemahan mobilio ada di BQ sm peredaman + bantingan yg kelewat keras menurut saya buat yg gen awal ini .
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Mobilio S, 180rb km 4thn, apa rasanya?
saya penasaran malah dengan daya tahan CVTnya, ini saya ganti pake oli AISIN di KM 19rban, jaga2 aja karena masukan yg saya dapat oli CVT honda jelek. mungkin saya ganti per 20rb saja (bukman 40rb)
kondisi saya ECVT 2017 akhir, km 20rban, Remap ECU, ganti Downpipe dan Frontpipe
kondisi saya ECVT 2017 akhir, km 20rban, Remap ECU, ganti Downpipe dan Frontpipe