Akhirnya kemarin mobil saya pakai lagi, tapi koq agak kurang responsif dan sedikit terasa tersendat waktu macet-macetan di Tol, dan setelah ketemu kondisi lengang langsung saya lakukan Italian Tune ini..
Jadi siapa bilang geber-geber gas selalu identik dengan akibat buruk ke mesin dan hanya memboroskan bahan bakar, Italian tune inilah metode paling mudah dan murah untuk cleaning ruang bakar.
Sedikit informasi mengenai Italian Tune ini adalah dengan melakukan akselerasi cepat dimulai dari gigi paling rendah, bisa dari keadaan berhenti atau jalan pelan, lalu gas digeber sampai dekat atau bahkan menyentuh red line lalu shift up dan geber lagi sampai redline ditiap gear hingga mencapai top gear. Beberapa mobil bisa dicoba sampai topgear tapi beberapa yang lain tidak karena tenaga besar yang di gear 3 saja mungkin sudah lebih dari 160kpj.
Mungkin ada yang bertanya, kalau cuma geber-geber gas kenapa tidak saat mobil berhenti saja? Bukannya sama saja?
Jadi penjelasan sederhananya begini
1. Heat Exchange saat mobil berhenti ini tidak berlangsung ideal karena hanya memanfaatkan pendinginan dari mobil itu sendiri.
2. Geber mesin saat mobil berhenti tidak menggambarkan respon asli dari mesin karena mesin tidak mendapatkan beban.
3. Reaksi dari transmisi, traksi roda dll lebih mudah diketahui jika dilakukan dengan menjalankan mobil.
Kegiatan ini mudah dilakukan mobil manual atau mobil matic yang memiliki shift tronic, paddle shift atau fitur sejenis. Di mobil saya kebetulan juga ada shift tronic untuk mode manual.
Nah yang jadi pertanyaan saya, mungkin bisa dishare oleh suhu-suhu disini bagaimana melakukannya di mobil matic yang tidak ada mode manual dan terutama untuk mobil dengan CVT..
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)