Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Met siang om turboman, diantara 2 oli ini mana yg lebih baik kalo dilihat dr speknya, redline 5w50 dg amsoil 5w50? Dr sisi perlindungan dan interval pemakaian. Terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kalo udah kelas premium gitu biasanya 11 - 12Renjiro wrote:Met siang om turboman, diantara 2 oli ini mana yg lebih baik kalo dilihat dr speknya, redline 5w50 dg amsoil 5w50? Dr sisi perlindungan dan interval pemakaian. Terima kasih
krn 5W50 / 10W50 / 10W60 Full Syn pasarnya utk High Performance use
Schaeffer juga bikin 5W50, coba aja kontak distro nya, siapa tahu ada diskon gede
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Distro redline, amsoil ato schaeffer om? Kalo di toped kayaknya ada Distro amsoil tp harga masih normal (tinggi maksudnyaTurboman wrote: Mon Nov 19, 2018 4:50kalo udah kelas premium gitu biasanya 11 - 12Renjiro wrote:Met siang om turboman, diantara 2 oli ini mana yg lebih baik kalo dilihat dr speknya, redline 5w50 dg amsoil 5w50? Dr sisi perlindungan dan interval pemakaian. Terima kasih
krn 5W50 / 10W50 / 10W60 Full Syn pasarnya utk High Performance use
Schaeffer juga bikin 5W50, coba aja kontak distro nya, siapa tahu ada diskon gede
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kebutuhannya mau berapa Karton pak ?Renjiro wrote:Distro redline, amsoil ato schaeffer om? Kalo di toped kayaknya ada Distro amsoil tp harga masih normal (tinggi maksudnya [emoji16])Turboman wrote: Mon Nov 19, 2018 4:50kalo udah kelas premium gitu biasanya 11 - 12Renjiro wrote:Met siang om turboman, diantara 2 oli ini mana yg lebih baik kalo dilihat dr speknya, redline 5w50 dg amsoil 5w50? Dr sisi perlindungan dan interval pemakaian. Terima kasih
krn 5W50 / 10W50 / 10W60 Full Syn pasarnya utk High Performance use
Schaeffer juga bikin 5W50, coba aja kontak distro nya, siapa tahu ada diskon gede
Kalo beli dikit ke Graha Sakti aja
atau cari aja di online, banding2 in harga aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Dikit om, tp bukan sekarang, kalo graha sakti ada di toped kayaknya, dia recomended seller berarti, makasih infonya omTurboman wrote: Mon Nov 19, 2018 5:32Kebutuhannya mau berapa Karton pak ?Renjiro wrote:Distro redline, amsoil ato schaeffer om? Kalo di toped kayaknya ada Distro amsoil tp harga masih normal (tinggi maksudnya [emoji16])Turboman wrote: Mon Nov 19, 2018 4:50 kalo udah kelas premium gitu biasanya 11 - 12
krn 5W50 / 10W50 / 10W60 Full Syn pasarnya utk High Performance use
Schaeffer juga bikin 5W50, coba aja kontak distro nya, siapa tahu ada diskon gede
Kalo beli dikit ke Graha Sakti aja
atau cari aja di online, banding2 in harga aja

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

United oil lg diskon di jd.id
*bukan sales oli

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
- Location: cengkareng
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ane bantuin supaya cepet aja yah.
menurut ane sih biasa aja yah. tp kt tunggu koment dr om turbo dl aja deh
nih link toko nya di JD.id
https://www.jd.id/search?seller=39384
*hanya ngebantuin kasi link toko.
menurut ane sih biasa aja yah. tp kt tunggu koment dr om turbo dl aja deh

nih link toko nya di JD.id
https://www.jd.id/search?seller=39384
*hanya ngebantuin kasi link toko.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ga bisa komen krn belom pernah cobaAuanz wrote:ane bantuin supaya cepet aja yah.
menurut ane sih biasa aja yah. tp kt tunggu koment dr om turbo dl aja deh![]()
nih link toko nya di JD.id
https://www.jd.id/search?seller=39384
*hanya ngebantuin kasi link toko.
monggo kalo ada yg pernah coba utk report
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om turbo, kalau ptt dynamic commonrail 10w30 semi synthetic di pakai di mobil bensin n/a bisa tdk (terutama buat cuci jeroan mesin).. Lalu kalau bisa dipakai 5rb km / 6 bulan kelamaan atau gk? Rencana mau buat di batu makam hr15, mumpung masih bisa diselamatkan...Turboman wrote:Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kalo bisa, tunggu promo di blibli, karena harganya lebih miring sedikit.

*sales oli United
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kalo untuk oli diesel 10W-30 mungkin bisa lirik oli kami yg katanya udah full synthetic dengan kandungan PAO (Eco Max) dengan sertifikasi API CK-4.arfs wrote: Mon Nov 19, 2018 10:34Om turbo, kalau ptt dynamic commonrail 10w30 semi synthetic di pakai di mobil bensin n/a bisa tdk (terutama buat cuci jeroan mesin).. Lalu kalau bisa dipakai 5rb km / 6 bulan kelamaan atau gk? Rencana mau buat di batu makam hr15, mumpung masih bisa diselamatkan...Turboman wrote:Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention![]()
Coba dilihat PDS nya:
http://www.united-oil.com/UploadedImg/P ... CO-MAX.pdf
*sales oli United

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kalo mau cuci mesin pake yg 10W30 API CI-4arfs wrote:Om turbo, kalau ptt dynamic commonrail 10w30 semi synthetic di pakai di mobil bensin n/a bisa tdk (terutama buat cuci jeroan mesin).. Lalu kalau bisa dipakai 5rb km / 6 bulan kelamaan atau gk? Rencana mau buat di batu makam hr15, mumpung masih bisa diselamatkan...Turboman wrote:Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kalo mau cuci mesin pake yg 10W30 API CI-4[/quote]Turboman wrote:

Api CI-4 juga om itu.
Kira2 maximum durasi pemakaian nya berapa km/bulan gk om?
Soalnya sy pernah liat tulisan om kalau pakai oli diesel di mesin bensin durasi pakai nya 2500km an.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
arfs wrote:kalo mau cuci mesin pake yg 10W30 API CI-4Turboman wrote:

Api CI-4 juga om itu.
Kira2 maximum durasi pemakaian nya berapa km/bulan gk om?
Soalnya sy pernah liat tulisan om kalau pakai oli diesel di mesin bensin durasi pakai nya 2500km an.[/quote]Nimbrung dikit, dr pengalaman saya oli Kendall 10w30 dipake di M52 sudah coklat/hitam di km 3000.
Pas buka valve cover juga sepertinya kudu ganti karena olinya dirasakan sdh mengental, namun sayang saya lupa bawa botol buat ambil sample.
Bagian head mesin juga kurang lebih sama coklatnya dr sebelumnya.
Menurut saya, kalo mau cuci jeroan mesin, saya recommend ambil oli diesel yg minimal syn blend dan kadar calcium banyak. Pakai max 3000km.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Aug 23, 2018 2:21
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Nimbrung dikit, dr pengalaman saya oli Kendall 10w30 dipake di M52 sudah coklat/hitam di km 3000.exflowly wrote: Mon Nov 19, 2018 16:13arfs wrote:kalo mau cuci mesin pake yg 10W30 API CI-4Turboman wrote:
Api CI-4 juga om itu.
Kira2 maximum durasi pemakaian nya berapa km/bulan gk om?
Soalnya sy pernah liat tulisan om kalau pakai oli diesel di mesin bensin durasi pakai nya 2500km an.
Pas buka valve cover juga sepertinya kudu ganti karena olinya dirasakan sdh mengental, namun sayang saya lupa bawa botol buat ambil sample.
Bagian head mesin juga kurang lebih sama coklatnya dr sebelumnya.
Menurut saya, kalo mau cuci jeroan mesin, saya recommend ambil oli diesel yg minimal syn blend dan kadar calcium banyak. Pakai max 3000km.
[/quote]
Ada rekomen ga om yg kadar calcium nya banyak?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
PTT kelihatannya jg banyak, coba tlg cari oil analysisnya PTT dr om Turbo.
DELVAC 1 juga tinggi, kelas full synth ya tpinya... agak sayang kalau cuman 3000km ganti.
DELVAC 1 juga tinggi, kelas full synth ya tpinya... agak sayang kalau cuman 3000km ganti.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
@ om exflowly,
Baik om kalau begitu nanti saat dipakai ptt 10w30 diesel di hr15 saya bakal saya pantau warna dan kekentalan oli nya dr dipstick.
Terima kasih untuk pencerahan nya.
PTT 10w30 saya lihat used oil analysis dr om turboman ca nya masih 3195 ppm di mobil innova 2kd dgn durasi pemakaian oli 7400 km dalam 3 bulan.
Baik om kalau begitu nanti saat dipakai ptt 10w30 diesel di hr15 saya bakal saya pantau warna dan kekentalan oli nya dr dipstick.
Terima kasih untuk pencerahan nya.
PTT 10w30 saya lihat used oil analysis dr om turboman ca nya masih 3195 ppm di mobil innova 2kd dgn durasi pemakaian oli 7400 km dalam 3 bulan.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Ngomong2x di HR15nya skrg seperti apa? Banyak coklat2x atau dipstick sudah banyak kerak/lumpur? Atau malah oil pressure light nyala lama/bunyi camshaft bergesek pas baru start?arfs wrote:@ om exflowly,
Baik om kalau begitu nanti saat dipakai ptt 10w30 diesel di hr15 saya bakal saya pantau warna dan kekentalan oli nya dr dipstick.
Terima kasih untuk pencerahan nya.
PTT 10w30 saya lihat used oil analysis dr om turboman ca nya masih 3195 ppm di mobil innova 2kd dgn durasi pemakaian oli 7400 km dalam 3 bulan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Masih normal sih. Cuman kalau ngintip di lubang pengisian oli, plat pengisian nya kelihatan ada kerak nya... Nanti saya foto in deh om...exflowly wrote:Ngomong2x di HR15nya skrg seperti apa? Banyak coklat2x atau dipstick sudah banyak kerak/lumpur? Atau malah oil pressure light nyala lama/bunyi camshaft bergesek pas baru start?arfs wrote:@ om exflowly,
Baik om kalau begitu nanti saat dipakai ptt 10w30 diesel di hr15 saya bakal saya pantau warna dan kekentalan oli nya dr dipstick.
Terima kasih untuk pencerahan nya.
PTT 10w30 saya lihat used oil analysis dr om turboman ca nya masih 3195 ppm di mobil innova 2kd dgn durasi pemakaian oli 7400 km dalam 3 bulan.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Di dipstick ada warna coklat2 dikit, tp kalo jujur dulu ud sempat coklat rada pekat sih terus saya amplas halus dipstick nya biar bersih lagiarfs wrote: Tue Nov 20, 2018 3:44Masih normal sih. Cuman kalau ngintip di lubang pengisian oli, plat pengisian nya kelihatan ada kerak nya... Nanti saya foto in deh om...exflowly wrote:Ngomong2x di HR15nya skrg seperti apa? Banyak coklat2x atau dipstick sudah banyak kerak/lumpur? Atau malah oil pressure light nyala lama/bunyi camshaft bergesek pas baru start?

Itu dipstick nya diamplas biar bersih waktu mau ganti oli 60rb km dari shell hx8 ganti pake kendall gt max full syn 5w30 sampai 70rb km. 4 bulan lalu (60rb km) ganti oli ke PTT Performa full syn 5w30 dan skrg sudah menempuh 5rb km. Rencana di 77.5rb km mau ganti PTT Dynamic Commonrail 10w30 buat cuci mesin.

Terlihat ada kerak di plat pengisian oli nya. (Lihat gambar dibawah untuk ilustrasi plat dan lubang pengisian oli tsb.

*Foto ilustrasi lobang pengisian oli (yg diberi lingkaran hijau) nya di HR15DE Versi Dual VTC dan Dual injectors punya evalia.

** BTW itu contoh batu makan evalia yg kena engine sludge dan baru "setengah jalan" bersih in nya..
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Terima kasih sharing fotonya om arf. Lanjutkan saja rencananya.arfs wrote: Tue Nov 20, 2018 10:00
Di dipstick ada warna coklat2 dikit, tp kalo jujur dulu ud sempat coklat rada pekat sih terus saya amplas halus dipstick nya biar bersih lagi![]()
Itu dipstick nya diamplas biar bersih waktu mau ganti oli 60rb km dari shell hx8 ganti pake kendall gt max full syn 5w30 sampai 70rb km. 4 bulan lalu (60rb km) ganti oli ke PTT Performa full syn 5w30 dan skrg sudah menempuh 5rb km. Rencana di 77.5rb km mau ganti PTT Dynamic Commonrail 10w30 buat cuci mesin.
Tapi kalo saya... kalo saya lho ya, ngeliat mesin HR15 sepertinya juga lumayan panas operating tempnya, mungkin saya agak condong ambil yang full syn/lanjutkan yang 5w30 lagi (pake buat 7500km lagi), atau yang 10w30 terus pantau keadaan oli di dipstick.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Aug 23, 2018 2:21
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om, kebetulan punya hr15 juga dan di dipstik nya ad kerak coklat kayak gt juga.arfs wrote: Tue Nov 20, 2018 10:00Di dipstick ada warna coklat2 dikit, tp kalo jujur dulu ud sempat coklat rada pekat sih terus saya amplas halus dipstick nya biar bersih lagiarfs wrote: Tue Nov 20, 2018 3:44Masih normal sih. Cuman kalau ngintip di lubang pengisian oli, plat pengisian nya kelihatan ada kerak nya... Nanti saya foto in deh om...exflowly wrote:Ngomong2x di HR15nya skrg seperti apa? Banyak coklat2x atau dipstick sudah banyak kerak/lumpur? Atau malah oil pressure light nyala lama/bunyi camshaft bergesek pas baru start?![]()
Itu dipstick nya diamplas biar bersih waktu mau ganti oli 60rb km dari shell hx8 ganti pake kendall gt max full syn 5w30 sampai 70rb km. 4 bulan lalu (60rb km) ganti oli ke PTT Performa full syn 5w30 dan skrg sudah menempuh 5rb km. Rencana di 77.5rb km mau ganti PTT Dynamic Commonrail 10w30 buat cuci mesin.
Terlihat ada kerak di plat pengisian oli nya. (Lihat gambar dibawah untuk ilustrasi plat dan lubang pengisian oli tsb.
*Foto ilustrasi lobang pengisian oli (yg diberi lingkaran hijau) nya di HR15DE Versi Dual VTC dan Dual injectors punya evalia.
** BTW itu contoh batu makan evalia yg kena engine sludge dan baru "setengah jalan" bersih in nya..

jadi ngeri2 juga nih piara hr15. Tapi om sebenernya kalo ada engine sludge, selain dari kerak coklat, gejala2 nya apa lagi yah? Kalo dari sisi performa/kons bbm gimana?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kadang oil pressure light suka nyala... yg parah pas start awal suka lama matinya dan bunyi gesekan lumayan.
Itu yg saya pernah ketemu, mesinnya bukan hr15 ya.
Kalo sludge ringan si kalo gak buka valve cover gak keliatan.
Itu yg saya pernah ketemu, mesinnya bukan hr15 ya.
Kalo sludge ringan si kalo gak buka valve cover gak keliatan.
1trfe wrote:Om, kebetulan punya hr15 juga dan di dipstik nya ad kerak coklat kayak gt juga.arfs wrote: Tue Nov 20, 2018 10:00Di dipstick ada warna coklat2 dikit, tp kalo jujur dulu ud sempat coklat rada pekat sih terus saya amplas halus dipstick nya biar bersih lagiarfs wrote: Tue Nov 20, 2018 3:44 Masih normal sih. Cuman kalau ngintip di lubang pengisian oli, plat pengisian nya kelihatan ada kerak nya... Nanti saya foto in deh om...![]()
Itu dipstick nya diamplas biar bersih waktu mau ganti oli 60rb km dari shell hx8 ganti pake kendall gt max full syn 5w30 sampai 70rb km. 4 bulan lalu (60rb km) ganti oli ke PTT Performa full syn 5w30 dan skrg sudah menempuh 5rb km. Rencana di 77.5rb km mau ganti PTT Dynamic Commonrail 10w30 buat cuci mesin.
Terlihat ada kerak di plat pengisian oli nya. (Lihat gambar dibawah untuk ilustrasi plat dan lubang pengisian oli tsb.
*Foto ilustrasi lobang pengisian oli (yg diberi lingkaran hijau) nya di HR15DE Versi Dual VTC dan Dual injectors punya evalia.
** BTW itu contoh batu makan evalia yg kena engine sludge dan baru "setengah jalan" bersih in nya..Cuma saya belum liat lubang pengisian nya ada kerak apa kagak.
jadi ngeri2 juga nih piara hr15. Tapi om sebenernya kalo ada engine sludge, selain dari kerak coklat, gejala2 nya apa lagi yah? Kalo dari sisi performa/kons bbm gimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Tanda-tanda bahwa oli mesin mobil sudah harus diganti biar tidak timbul oil sludge
1. WARNA OLI SUDAH MULAI HITAM & KERUH
Warna oli bisa menjadi tanda untuk mengganti oli mesin mobil krn Oli yang kotor dan sudah layak diganti umumnya akan berwarna hitam & keruh.
2. LAMPU INDIKATOR PERINGATAN OLI MESIN MENYALA
Lampu peringatan oli yang menyala mengindikasikan tekanan oli mesin sudah sangat rendah.
Tekanan oli yang rendah bisa terjadi karena kekentalan oli mesin sudah bertambah akibat kotoran sisa pembakaran mesin sudah terlalu banyak. Secara perlahan kotoran sisa pembakaran tersebut akan menyumbat saluran-saluran tempat oli mesin mengalir.
Ketika sumbatan semakin besar, maka tekanan oli mesin semakin lama akan menurun dan mengakibatkan lampu indikator peringatan oli menyala.
3. SUARA MESIN TERDENGAR KASAR
Suara mesin yang terdengar kasar bisa menjadi salah satu tanda bahwa oli mesin mobil sudah harus diganti karena banyaknya kotoran yang sudah melekat pada oli mesin menyebabkan oli mesin tidak dapat melumasi bagian-bagian mesin dengan sempurna. Ini artinya fungsi oli mesin sudah tidak bekerja dengan baik.
Efeknya, sebagian kotoran mungkin akan melukai dinding-dinding metal yang sedang bergesek sehingga mengakibatkan bunyi-bunyi abnormal pada mesin.
Oleh karena itu, jika pada mesin mobil sudah mulai terdengar tidak lagi halus bahkan terasa kasar, maka sebaiknya lakukan segera penggantian oli mesin pada mobil tersebut.
4. AKSELERASI MOBIL TERASA BERAT
Tanda berikutnya yang menunjukkan bahwa oli mesin mobil sudah harus diganti adalah akselerasi mobil terasa berat pasalnya, kotoran dan lumpur yang sudah melekat di oli mesin tersebut dapat membebani pergerakan komponen mesin didalamnya, sehingga dapat mengurangi kecepatan gerak tiap tipa komponen.
Jika tidak segera diganti dan diabiarkan dalam waktu lama, kotoran tersebut akhirnya dapat menyumbat seluruh lubang dan mengakibatkan mesin tidak mendapatkan pelumasan. Efeknya semua komponen mesin mobil yang bergesek akan menjadi rusak akibat tidak terlumasi oli.
Mobil saya mesinnya HR15DE konsisten dgn oli NGO 5W30 ganti oli setahun 2X, suara mesinnya msh halus , akselerasi normal, never have check engine or engine over heat dan deepstick oli mesin di check sebulan sekali tidak ada kerak dan tutup oli mesin juga tdk ada sludge [emoji3]
1. WARNA OLI SUDAH MULAI HITAM & KERUH
Warna oli bisa menjadi tanda untuk mengganti oli mesin mobil krn Oli yang kotor dan sudah layak diganti umumnya akan berwarna hitam & keruh.
2. LAMPU INDIKATOR PERINGATAN OLI MESIN MENYALA
Lampu peringatan oli yang menyala mengindikasikan tekanan oli mesin sudah sangat rendah.
Tekanan oli yang rendah bisa terjadi karena kekentalan oli mesin sudah bertambah akibat kotoran sisa pembakaran mesin sudah terlalu banyak. Secara perlahan kotoran sisa pembakaran tersebut akan menyumbat saluran-saluran tempat oli mesin mengalir.
Ketika sumbatan semakin besar, maka tekanan oli mesin semakin lama akan menurun dan mengakibatkan lampu indikator peringatan oli menyala.
3. SUARA MESIN TERDENGAR KASAR
Suara mesin yang terdengar kasar bisa menjadi salah satu tanda bahwa oli mesin mobil sudah harus diganti karena banyaknya kotoran yang sudah melekat pada oli mesin menyebabkan oli mesin tidak dapat melumasi bagian-bagian mesin dengan sempurna. Ini artinya fungsi oli mesin sudah tidak bekerja dengan baik.
Efeknya, sebagian kotoran mungkin akan melukai dinding-dinding metal yang sedang bergesek sehingga mengakibatkan bunyi-bunyi abnormal pada mesin.
Oleh karena itu, jika pada mesin mobil sudah mulai terdengar tidak lagi halus bahkan terasa kasar, maka sebaiknya lakukan segera penggantian oli mesin pada mobil tersebut.
4. AKSELERASI MOBIL TERASA BERAT
Tanda berikutnya yang menunjukkan bahwa oli mesin mobil sudah harus diganti adalah akselerasi mobil terasa berat pasalnya, kotoran dan lumpur yang sudah melekat di oli mesin tersebut dapat membebani pergerakan komponen mesin didalamnya, sehingga dapat mengurangi kecepatan gerak tiap tipa komponen.
Jika tidak segera diganti dan diabiarkan dalam waktu lama, kotoran tersebut akhirnya dapat menyumbat seluruh lubang dan mengakibatkan mesin tidak mendapatkan pelumasan. Efeknya semua komponen mesin mobil yang bergesek akan menjadi rusak akibat tidak terlumasi oli.
Mobil saya mesinnya HR15DE konsisten dgn oli NGO 5W30 ganti oli setahun 2X, suara mesinnya msh halus , akselerasi normal, never have check engine or engine over heat dan deepstick oli mesin di check sebulan sekali tidak ada kerak dan tutup oli mesin juga tdk ada sludge [emoji3]

HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om, ane dulu pernah punya innova bensin 2012exflowly wrote: Tue Nov 20, 2018 11:51 Kadang oil pressure light suka nyala... yg parah pas start awal suka lama matinya dan bunyi gesekan lumayan.
Itu yg saya pernah ketemu, mesinnya bukan hr15 ya.
Kalo sludge ringan si kalo gak buka valve cover gak keliatan
Kalo start pagi lampu oli agak lama matinya
Ga sampe 1 detik sih (pernah ukur pake stopwatch) tapi dibanding mobil lain keliatan agak lama matinya
Dan mesin agak kasar klek klek klek gitu 3 menitan baru senyap
Apa itu tanda2 mulai sludge??
Kalo ane curiga gara2 dipakein 10w40 terus dari baru mesin jadi agak kasar
Pernah baca dimana ya lupa katanya oli 10w40 bikin kerak di mesin makanya ane perhatiin mobil kalo udah pernah nyicip 10w40 jadi ngelitik parah ga ilang2
Pengalaman pribadi