Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuanTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:41Biasa yg pake PAO ya si Mobil1 & oli2 kelas high end macam Amsoil / Redline / Royal PurpleRenjiro wrote:Kalo oli gardan yg base stock PAO sesuai spek gl5 apa om? Denger2 yg terbaik base stocknya PAO, terimakasihTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:05 ya kalo mau bagus yg Full syn 75W90 GL-5 aja :
Q8 T65
Mobil1 - 75W90 LS
misal
Redline gear oil 75W90 GL-5
Royal Purple Max Gear
ada yg jual
cari aja di online
Btw kebutuhannya utk apa sih om ?
kalo mesin om udah heavily modified dgn Torsi 700 - 800 Nm, oli gardan pake aja Redline ShockProof yg label merah
ada yg jual
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kalo dari pengalaman saya ttg oli GardanRenjiro wrote:Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuanTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:41Biasa yg pake PAO ya si Mobil1 & oli2 kelas high end macam Amsoil / Redline / Royal PurpleRenjiro wrote: Kalo oli gardan yg base stock PAO sesuai spek gl5 apa om? Denger2 yg terbaik base stocknya PAO, terimakasih
Redline gear oil 75W90 GL-5
Royal Purple Max Gear
ada yg jual
cari aja di online
Btw kebutuhannya utk apa sih om ?
kalo mesin om udah heavily modified dgn Torsi 700 - 800 Nm, oli gardan pake aja Redline ShockProof yg label merah
ada yg jual
mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L
sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5
om gak bisa ngerasain beda nya
saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 13:18kalo dari pengalaman saya ttg oli GardanRenjiro wrote:Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuanTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 10:41 Biasa yg pake PAO ya si Mobil1 & oli2 kelas high end macam Amsoil / Redline / Royal Purple
Redline gear oil 75W90 GL-5
Royal Purple Max Gear
ada yg jual
cari aja di online
Btw kebutuhannya utk apa sih om ?
kalo mesin om udah heavily modified dgn Torsi 700 - 800 Nm, oli gardan pake aja Redline ShockProof yg label merah
ada yg jual
mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L
sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5
om gak bisa ngerasain beda nya
saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kembali lagi kepada kebutuhanRenjiro wrote:Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 13:18kalo dari pengalaman saya ttg oli GardanRenjiro wrote: Buat harian om, tp sesekali jg pengen agresive driving jg hehehe, ok berarti redline recommended, kalo RP Max gear blm liat di online jg. Kalo 77 autogear 75w90 itu dibandingkan dg redline ato RP bagus mana? Soalnya di toped kok hrg 77 autogear per liter 300ribuan
mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L
sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5
om gak bisa ngerasain beda nya
saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?
kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja
Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium
Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kalo yg kelas premium apakah lebih lama OCI-nya jika dipake di mobil dg torsi standar?Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 14:28kembali lagi kepada kebutuhanRenjiro wrote:Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 13:18 kalo dari pengalaman saya ttg oli Gardan
mau pake yg harga 300 rb / L VS yg 100 - 150 rb / L
sama aja rasanya selama viskositas sama2 75W90 GL-5
om gak bisa ngerasain beda nya
saya pake Q8 T-65 sampe 2,5 tahun / 45.000 km dibuka juga masih cukup bening olinya
Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?
kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja
Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium
Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
pakai Q8 T-65 aja.....75W90 GL-5 .Full syn yg harga bersahabat....... 2,5 - 3 tahun bisaRenjiro wrote:Kalo yg kelas premium apakah lebih lama OCI-nya jika dipake di mobil dg torsi standar?Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 14:28kembali lagi kepada kebutuhanRenjiro wrote: Hrg Q8 T-65 170k vs redline 225k kira2 wothed mana ya om?
Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?
kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja
Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium
Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
masih asli buatan Eropa
cari aja di online......barang aman gak ada acdc nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Siip terimakasih om TurbomanTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 15:55pakai Q8 T-65 aja.....75W90 GL-5 .Full syn yg harga bersahabat....... 2,5 - 3 tahun bisaRenjiro wrote:Kalo yg kelas premium apakah lebih lama OCI-nya jika dipake di mobil dg torsi standar?Turboman wrote: Wed Nov 07, 2018 14:28 kembali lagi kepada kebutuhan
Torsi mesin mobil anda brp....200 / 250 / 280 / 300 .......atau udah 500 Nm ke atas ?
kalo Torsi 200 - 300 Nm sih bebas pake oli gardan apa aja
Kalo udah 400 - 500 Nm nah pake yg kelas premium
Kalo udah 700 - 800 Nm apalagi Torsi di RPM rendah nya gede / nonjok banget, pakailah yg Shock Proof
masih asli buatan Eropa
cari aja di online......barang aman gak ada acdc nya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
:mKmrn service 1000 km , ditawari ganti oli tp bayar olinya . Gue blg ga usah ntar aja km 8000 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue Nov 06, 2018 10:47
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
berarti setelah oli lama dibuang trus dimasukin oli mesran 1 liter aja gitu kan om? Itu gpp mesin dinyalain dalam kondisi oli cuma 1 liter om? Trus nyalain mesin nya berapa lama kira2 om? Maaf saya banyak tanya karena memang bener2 noob.Thanx om turbo jawaban nyaTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 7:19kalo ganti nya long drain / di atas 7000 km paling tuang aja Mesran 1 L buat dorong sisa2 oli kotor keluar semuaBabaliong wrote:Mau nanya lagi nih om turbo.Jikalau sebelum nya saya pakai Kendall 0w-20 lalu jadwal ganti oli berikutnya saya ganti pakai Q8 0w-20 ..apakah harus di flushing dulu atau cukup ganti filter oli saja om? Thanx
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Avanza Veloz
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Iya 1.4 TSI om turbo. Btw, saya udah kepikiran pengen pakek 5W30 agar lebih "Encer" sehingga kerja mesin lebih ringan (Mudah mudahan pengetahuan saya benar). Btw, Sempet kemarin ngobrol sama ex mechanic Beres, dia tidak menyarankan turun viskositas untuk negara "panas" dan macet macam indo. Dia malah saran kan untuk tingkatkan viskositas ke 5w50 kalau mau enak (Mungkin dia pikir saya mau ganti spec oli karena pengen lebih kencang, padahal sebenernya tujuan saya pengen lebih irit). Katanya lagi; castrol udah keluarkan spec 5W50 yang biasa dia pakai untuk mesin mesin yang udah di "Upgrade" performa nya.Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 11:52loh manual book nya kemana ??streetrod60 wrote:Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
Btw ini mesin NA atau TSI ?
Kalo TSI 1.4 ya better oli buntut 40 aja atau se rendah2 nya oli buntut 30
mau lebih sip ya pake yg API SN+ atau Dexos 1 gen 2
atau oli yg kadar Calcium nya 1500 - 1600 an ppm (low Calcium) utk mencegah knocking pada mesin bensin Turbo
si PTT 5W30 sih udah tergolong low Calcium tu (1600 an ppm)
Pertanyaan saya sebagai awam : kok untuk mesin yang sudah "upgrade" malah pakai oli yang lebih kental ya? apakah karena lebih melindungi? bukannya seharusnya ganti yang lebih encer supaya lebih cepat masuk ke celah kecil, jadi lebih mendukung ketika mesin yang udah upgrade itu "disiksa" ? dan kerja mesin lebih ringan?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
mesin mati omBabaliong wrote:berarti setelah oli lama dibuang trus dimasukin oli mesran 1 liter aja gitu kan om? Itu gpp mesin dinyalain dalam kondisi oli cuma 1 liter om? Trus nyalain mesin nya berapa lama kira2 om? Maaf saya banyak tanya karena memang bener2 noob.Thanx om turbo jawaban nyaTurboman wrote: Wed Nov 07, 2018 7:19kalo ganti nya long drain / di atas 7000 km paling tuang aja Mesran 1 L buat dorong sisa2 oli kotor keluar semuaBabaliong wrote:Mau nanya lagi nih om turbo.Jikalau sebelum nya saya pakai Kendall 0w-20 lalu jadwal ganti oli berikutnya saya ganti pakai Q8 0w-20 ..apakah harus di flushing dulu atau cukup ganti filter oli saja om? Thanx
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Skg tinggal tergantung pemakaian ajastreetrod60 wrote:Iya 1.4 TSI om turbo. Btw, saya udah kepikiran pengen pakek 5W30 agar lebih "Encer" sehingga kerja mesin lebih ringan (Mudah mudahan pengetahuan saya benar). Btw, Sempet kemarin ngobrol sama ex mechanic Beres, dia tidak menyarankan turun viskositas untuk negara "panas" dan macet macam indo. Dia malah saran kan untuk tingkatkan viskositas ke 5w50 kalau mau enak (Mungkin dia pikir saya mau ganti spec oli karena pengen lebih kencang, padahal sebenernya tujuan saya pengen lebih irit). Katanya lagi; castrol udah keluarkan spec 5W50 yang biasa dia pakai untuk mesin mesin yang udah di "Upgrade" performa nya.Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 11:52loh manual book nya kemana ??streetrod60 wrote: Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
Btw ini mesin NA atau TSI ?
Kalo TSI 1.4 ya better oli buntut 40 aja atau se rendah2 nya oli buntut 30
mau lebih sip ya pake yg API SN+ atau Dexos 1 gen 2
atau oli yg kadar Calcium nya 1500 - 1600 an ppm (low Calcium) utk mencegah knocking pada mesin bensin Turbo
si PTT 5W30 sih udah tergolong low Calcium tu (1600 an ppm)
Pertanyaan saya sebagai awam : kok untuk mesin yang sudah "upgrade" malah pakai oli yang lebih kental ya? apakah karena lebih melindungi? bukannya seharusnya ganti yang lebih encer supaya lebih cepat masuk ke celah kecil, jadi lebih mendukung ketika mesin yang udah upgrade itu "disiksa" ? dan kerja mesin lebih ringan?
kalo setir santai en jarang RPM tinggi, monggo pake 5W30
kalo sering RPM tinggi pake 0W40 / 5W40
5W30 cari aja Amsoil ASL - Sign series.....di online banyak........
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Dear Om Turboman,
Saya sdh beli oli ptt sesuai arahan Om Turboman. Berapa interval ganti oli ptt untuk mesin 1mz-fe saya ya? Dan kmrn mekanik sdh mengganti oli mobil saya dgn mobil 1 delvac mx. Apakah bahaya bagi mesin mobil saya?
Saya sdh beli oli ptt sesuai arahan Om Turboman. Berapa interval ganti oli ptt untuk mesin 1mz-fe saya ya? Dan kmrn mekanik sdh mengganti oli mobil saya dgn mobil 1 delvac mx. Apakah bahaya bagi mesin mobil saya?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
dari 15W40 ke 5W30 ya jamin spt orang kena Asma trus lega total tanpa AsmaAGSA wrote:Dear Om Turboman,
Saya sdh beli oli ptt sesuai arahan Om Turboman. Berapa interval ganti oli ptt untuk mesin 1mz-fe saya ya? Dan kmrn mekanik sdh mengganti oli mobil saya dgn mobil 1 delvac mx. Apakah bahaya bagi mesin mobil saya?
Kons BBM juga akan beda banget
oli 15W40 nya tampung di wadah yg bersih, bisa dipake utk :
- Panther
- L300
- Truk
- GenSet
atau bisa juga pake tuh 15W40 jalan 2000 km utk cuci mesin, abis itu buang
Btw itu DelvacMX nya yakin ASLI kan ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
jalan 2000 an km utk cuci mesinAGSA wrote:Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Bisa mengurangi resiko sludge tdk dengan menggunakan oli diesel utk cuci mesin? Apakah ada efek samping om?Turboman wrote: Thu Nov 08, 2018 9:30jalan 2000 an km utk cuci mesinAGSA wrote:Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Ikut nimbrung ya om..AGSA wrote: Thu Nov 08, 2018 9:25 Delvac nya sudah di cek barcode resmi Om. Saya berpikir mau pakai oli diesel nya utk cuci mesin apakah ada efek samping nya apa tdk ya Om? Apakah dengan pemakaian delvac untuk cuci bisa mengurangi resiko sludge pada mesin mz-fe?
Kl dl sih jaman masih anak ngerantau(ngekos
Emg sih berasa tarikan berat, tp mau gmn lagi kl emg uda waktu nya ganti oli dan duit tipis.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
aman ajabenzz89 wrote:Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
yg penting GL-5
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Oke thanks for fast response Om Turbo, harusnya sih GL-5 juga.Turboman wrote:aman ajabenzz89 wrote:Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
yg penting GL-5
Perbedaan diantara keduanya di viscositas kah? Apakah 80/90 (kata orang toda sedikit lebih kental) bisa menyebabkan akselerasi lebih berat?
Sejujurnya ane tidak merasakan perbedaannya dari 75 ke 80, hanya mobil sudah jalan 7.000-an KM & baru "ngeh" ternyata di kasihnya 80/90 ama toda.
Sempat komplain tapi katanya 75/90 biasanya buat yang manual & gak masalah pakai 80/90 buat yang matic. Semoga bisa diberikan sedikit pencerahan. Nuhun Om Turbo
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ya pake aja dulu yg skgbenzz89 wrote:Oke thanks for fast response Om Turbo, harusnya sih GL-5 juga.Turboman wrote:aman ajabenzz89 wrote:Om Turbo numpang nanya, spec oli gardan untuk fortuner 2010 D4D matic (sudah dastek unichip 176Hp/416Nm) kasih 75W-90 atau 80W-90 yah? Kemarin ganti di toda di kasih Q8 80W-90. Sebelumnya pakai mobil 1 75W-90. Apakah aman atau harus ganti lagi ke 75/90? Trims sebelumnya
yg penting GL-5
Perbedaan diantara keduanya di viscositas kah? Apakah 80/90 (kata orang toda sedikit lebih kental) bisa menyebabkan akselerasi lebih berat?
Sejujurnya ane tidak merasakan perbedaannya dari 75 ke 80, hanya mobil sudah jalan 7.000-an KM & baru "ngeh" ternyata di kasihnya 80/90 ama toda.
Sempat komplain tapi katanya 75/90 biasanya buat yang manual & gak masalah pakai 80/90 buat yang matic. Semoga bisa diberikan sedikit pencerahan. Nuhun Om Turbo
nanti lewat 10.000 km ganti yg 75W90 GL-5
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om Turbo tanya lg dong...
Freed sy terakhir ganti oli 8 Mei, odo 96xxx. sekarang odo 105xxx. Saya cek stick oli batas olinya turun dari titik batas atas, apakah ini yang namanya penguapan ya? Sy cium bau olinya sih masih aman aja ga ada bau aneh-aneh. Waktu ganti di toko oli langganan juga sy entah didaftarin apa ke shell, dapet e-mail notifikasi warranty atau apa ya waktu itu
Udah pesen Q8 5w30 ke pak Halim yang rekomen om Turbo dari page di atas, baiknya ganti sekarang atau sabar tunggu 1000km lg ya?
Kata seller olinya kalo mobil dah berasa ga enak baru ganti tuh oli, ga usah sering2 ganti. Sellernya ramah enak diajak curcol
Freed sy terakhir ganti oli 8 Mei, odo 96xxx. sekarang odo 105xxx. Saya cek stick oli batas olinya turun dari titik batas atas, apakah ini yang namanya penguapan ya? Sy cium bau olinya sih masih aman aja ga ada bau aneh-aneh. Waktu ganti di toko oli langganan juga sy entah didaftarin apa ke shell, dapet e-mail notifikasi warranty atau apa ya waktu itu
Udah pesen Q8 5w30 ke pak Halim yang rekomen om Turbo dari page di atas, baiknya ganti sekarang atau sabar tunggu 1000km lg ya?
Kata seller olinya kalo mobil dah berasa ga enak baru ganti tuh oli, ga usah sering2 ganti. Sellernya ramah enak diajak curcol
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Dec 29, 2014 9:58
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Selamat pagi, mau minta info yang pertama untuk oli transmisi matik Honda Freed 2013 ( skr 50.000 km ) bisa menggunakan pilihan apa ya dan yang kedua untuk oli Nissan Grand Livina jika sebelumnya selalu menggunakan sae 5w30 lalu sekarang menggunakan 10w30 apakah ada perbedaannya, kondisi mobil normal rutin tiap 5000km ganti oli, thx atas sarannya masukannya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Shell type apa ? HX8 ?pandaendut wrote:Om Turbo tanya lg dong...
Freed sy terakhir ganti oli 8 Mei, odo 96xxx. sekarang odo 105xxx. Saya cek stick oli batas olinya turun dari titik batas atas, apakah ini yang namanya penguapan ya? Sy cium bau olinya sih masih aman aja ga ada bau aneh-aneh. Waktu ganti di toko oli langganan juga sy entah didaftarin apa ke shell, dapet e-mail notifikasi warranty atau apa ya waktu itu [emoji28]
Udah pesen Q8 5w30 ke pak Halim yang rekomen om Turbo dari page di atas, baiknya ganti sekarang atau sabar tunggu 1000km lg ya?
Kata seller olinya kalo mobil dah berasa ga enak baru ganti tuh oli, ga usah sering2 ganti. Sellernya ramah enak diajak curcol
Notifikasi kode segel ya
* Bukan ajakan Beli *