Pertalite vs Shell Reguler

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

Semenjak bensin RON 92 menyentuh harga 10 ribuan, saya mulai ngisi bensinnya ngoplos 1:2 Pertamax Turbo 98 RON & Pertalite 90 RON supaya bisa dapat BBM RON 92an dengan harga lebih ekonomis.

Kebetulan kemarin tengah malam saya zonk. Sudah keburu isi Pertamax Turbo dan ternyata Pertalite di SPBU itu sedang dibongkar, harus nunggu sekitar 1 jam. Pertamina disekitar sudah pada tutup jam 10 malam jadi mau enggak mau lari ke Shell terdekat buat dapetin BBM beroktan 90.

Saya kurang update harga Shell, saya pikir beda paling berapa ratus perak saja. Pas sampai sana kaget karena harganya Shell Reguler oktan 90 mencapai Rp.10.550. Mau enggak mau ya ngisi aja deh.

Yang membuat saya penasaran, apakah keunggulan Shell Reguler dibandingkan Pertalite yang sama-sama oktan 90? Apakah kandungan aditifnya jauh lebih baik? Performanya & iritnya jauh kah?

Mohon sharingnya kalau rekan-rekan SMers ada yang punya pengalaman dengan kedua BBM ini. Saya enggak pernah pakai Pertalite (secara murni tanpa dicampur) atau Shell Reguler sebelumnya soalnya :mky_01:
ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by ndro »

saya pengguna shell reguler. klo tarikan di motor butut saya sama aja antara reguler ama shell super, jadi mending reguler drpd super hehehe
adzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
Daily Vehicle: Baleno New Age 2023

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by adzie »

kalo masalah tarikan 11 - 12 sama super... cuma kalo dibanding sama petralite ya saya bandingin ukuran di shell lebih akurat dibanding pertamina :mky_01:
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by ransyah1234 »

setelah sekian lama saya ga isi bensin...suatu hari lewat total..."lho kok murah...isi ah..."
pas sambil ngisi baca2...lha ternyata sekelas pertalite...

ga seksama...hahaha
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

ndro wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 7:21 saya pengguna shell reguler. klo tarikan di motor butut saya sama aja antara reguler ama shell super, jadi mending reguler drpd super hehehe
Di motor saya malah premium, pertalite, atau pertamax juga gak ada bedanya dengan cara saya bawa :big_dunno: jadi ya di motor selalu isi premium. Harus setel ulang karburator kali ya biar berasa tapi saya malas hehe.
adzie wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 7:41 kalo masalah tarikan 11 - 12 sama super... cuma kalo dibanding sama petralite ya saya bandingin ukuran di shell lebih akurat dibanding pertamina :mky_01:
Sejauh itu kah penyimpangannya meteran Pertamina dibandingkan Shell? Mengingat harganya Pertalite 7.800 vs Reguler 10.550; kalau Shell berani jual oktan 90 nya lebih mahal daripada Pertamax 92 (10.400) berarti ada suatu nilai jual yang tidak terdapat di BBM Pertamina seharusnya.... seharusnya...

Awalnya saya kira karena Pertalite BBM bersubsidi tapi ternyata Pertalite non-subsidi 🀷
ransyah1234 wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 8:21 setelah sekian lama saya ga isi bensin...suatu hari lewat total..."lho kok murah...isi ah..."
pas sambil ngisi baca2...lha ternyata sekelas pertalite...

ga seksama...hahaha
Hehe padahal namanya sudah lumayan jelas ya Performance 90. Ngantuk nih om :mrgreen:
adzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
Daily Vehicle: Baleno New Age 2023

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by adzie »

saturday wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 8:50
Sejauh itu kah penyimpangannya meteran Pertamina dibandingkan Shell? Mengingat harganya Pertalite 7.800 vs Reguler 10.550; kalau Shell berani jual oktan 90 nya lebih mahal daripada Pertamax 92 (10.400) berarti ada suatu nilai jual yang tidak terdapat di BBM Pertamina seharusnya.... seharusnya...

saya isi Nmax Full to Full sekitar 40rban kalo Petralite, 47rb s/d 50rb kalo isi Shell Regular.. isi Petralite di Pom Bensin Pertamina 3 Hari, kalo isi Shell Regular hari ke 4 baru isi bensin lagi :mky_01:

selalu gtu kalo isi di pertamini hehehe...
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

adzie wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 8:54 saya isi Nmax Full to Full sekitar 40rban kalo Petralite, 47rb s/d 50rb kalo isi Shell Regular.. isi Petralite di Pom Bensin Pertamina 3 Hari, kalo isi Shell Regular hari ke 4 baru isi bensin lagi :mky_01:

selalu gtu kalo isi di pertamini hehehe...
Wah bedanya sampe sehari punya perjalanan yah. Om ada pernah hitung aktual kilometer/liter nya berapa? Saya pas dulu masih ada rute tetap ngantor, pakai Scorpio-Z 2010 isi Premium dapatnya konstan 28-29 km/liter dengan cara bawa saya gas ngurut pelan-pelan lalu udah ganti gigi di 4000-5000 km. Kalau jalanan kosong ya saya cruising aja di 5000-5500 RPM. 2 kali ngisi Pertamax full tank tetap sama aja dapetnya segitu ya pasrah saya :mky_07:
adzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
Daily Vehicle: Baleno New Age 2023

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by adzie »

saturday wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 9:01
Wah bedanya sampe sehari punya perjalanan yah. Om ada pernah hitung aktual kilometer/liter nya berapa? Saya pas dulu masih ada rute tetap ngantor, pakai Scorpio-Z 2010 isi Premium dapatnya konstan 28-29 km/liter dengan cara bawa saya gas ngurut pelan-pelan lalu udah ganti gigi di 4000-5000 km. Kalau jalanan kosong ya saya cruising aja di 5000-5500 RPM. 2 kali ngisi Pertamax full tank tetap sama aja dapetnya segitu ya pasrah saya :mky_07:
rute kantor rumah vice versa 24 KM.. ga pernah ngitungin sih, cuma kalo isi Shell dimana pun konsisten selalu 4 hari full tank ketemu full tank..
saya biasa isi di Shell Bintaro ato Shell Kebayoran dan selalu sama 4 harian maks...
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

adzie wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 9:04 rute kantor rumah vice versa 24 KM.. ga pernah ngitungin sih, cuma kalo isi Shell dimana pun konsisten selalu 4 hari full tank ketemu full tank..
saya biasa isi di Shell Bintaro ato Shell Kebayoran dan selalu sama 4 harian maks...
Saya coba hitung sih kalau dari kasusnya Om pake Shell Reguler itu sangat worth it.

Pertalite isi per 3 hari, Shell Reguler isi per 4 hari. Asumsi sebulan ada 30 hari. Berarti dalam sebulan kalau Om kalau pakai Pertalite harus 10x isi, sedangkan kalau pakai Reguler cukup 7.5x isi. Tangki Nmax 5.9 liter.

Pertalite: 10 kali isi x 5.9 liter x 7.800 = 460.200.
Reguler: 7.5 kali isi x 5.9 liter x 10.550 = 466.838.

Selisih cuman Rp. 6.838 ya mending ke Shell Reguler.
adzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
Daily Vehicle: Baleno New Age 2023

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by adzie »

saturday wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 9:11 Saya coba hitung sih kalau dari kasusnya Om pake Shell Reguler itu sangat worth it.

Pertalite isi per 3 hari, Shell Reguler isi per 4 hari. Asumsi sebulan ada 30 hari. Berarti dalam sebulan kalau Om kalau pakai Pertalite harus 10x isi, sedangkan kalau pakai Reguler cukup 7.5x isi. Tangki Nmax 5.9 liter.

Pertalite: 10 kali isi x 5.9 liter x 7.800 = 460.200.
Reguler: 7.5 kali isi x 5.9 liter x 10.550 = 466.838.

Selisih cuman Rp. 6.838 ya mending ke Shell Reguler.
mantap kali again ini diitungin rute ane hehehe... so far kalo kualitas mungkin sama ya.. cuma ya saya isi shell karena mereka lebih akurat meterannya dibanding pertamina hehehe...
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by adityabp »

Sharing aja.
Dulu jaman RON95, saya sering ngoplos Premium+RON95 di mesin G16.
Oplosan yg manteb pake RON95nya Pertamina. Toel gas dikit, torsinya lebih terasa.
Kalo pake yg Shell biasa aja.
Anehnya, pas pertabo nongol trus saya coba oplos dgn premium di mesin yg sama, malah gak lebih baik daripada waktu oplos pake Pertamax Plus.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by martinnn »

Pake pertamina racing sekalian coba biar lebih greng
:big_biglaugh:
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by adiputra4 »

Kayanya banyak spbu pertamina yg meterannya gak akurat

Kerasa kalo lg isi biosolar, isi 100rb normalnya jarum naik banyak (19.4 L), sering juga isi 100 rb naiknya dikit :mky_06:
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

martinnn wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 13:24 Pake pertamina racing sekalian coba biar lebih greng
:e-think: Yang saya tahu sih kalau setelan ECU mesinnya tidak ada mapping untuk oktan sekian malah jadi mubazir. Kecil kemungkinannya FD2 standar saya bisa memanfaatkan potensi penuh oktan 100 kecuali di remap ulang. Benar gak sih saya? Mohon koreksinya kalau salah.
adiputra4 wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 13:34 Kayanya banyak spbu pertamina yg meterannya gak akurat

Kerasa kalo lg isi biosolar, isi 100rb normalnya jarum naik banyak (19.4 L), sering juga isi 100 rb naiknya dikit :mky_06:
Saya enggak pernah perhatikan keakuratan meterannya Pertamina vs Shell. Nanti saya coba beberapa kali bandingkan isi bensin di Pertamina dan Shell dalam kondisi indikator bensin yang sama. Kemarin sih di FD2 saya pas meteran bensinnya sisa 4 kotak, sampai "ceklek" nozzlenya itu isi 34.9 liter (13 liter Pertamax Turbo, 21.9 liter Shell Reguler). Nanti saya update disini.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by alvin23 »

Pertalite itu bbm subsidi in disguise

bbm beda oktan gamungkin selisihnya kyk selisih harga sekarang antara pertalite vs pertamax92
Rocky R ADS CVT 2021
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by ak4ng »

Pilih yang murah murah aja, toh pertalet - premium urusan tarikan maupun top speed ga kerasa, juga FC tetep sgitu2 aja ga kerasa apa2, saya ga tertarik Shell regular secara cuma beda beberapa perak ga nyampe 500 Uda dapet Pertamax biru nah baru kerasa di tarikan dan FC :upss: and kemana2 macet beli bensin cuma buat idle nyalain AC biar ga gerah :mrgreen:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5714
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by sintoni »

Kalo ane secara personal, hampir ga pernah milih Pertalite.

Menurut ane hampir mirip kayak Premios.

Jadi kalo ga antri ya isi Premios aja.

Beda emang kalo ke Pertamax, baru kerasa perbedaannya.

Menurut ane rugi kalo naik ke Pertalite, mending sekalian Pertamax atau ga ya tetap stay di Premios.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by casabalancas »

Nahh itu dia, saya juga bingung shell regular harga gak beda jauh sama Pertamax, daripada bingung banding2, mending beli Pertamax aja, toh juga di Pom bensin pertamina COCO (di jabodetabek nomor reg. SPBU 31) sudah cukup akurat kok meterannya. Malah saya penasaran bensin AKRA 92 (AKR) harganya hanya Rp. 10.000,-, cuma ya di Jabodetabek adanya baru di daerah Kapuk (Teluk Gong)
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

alvin23 wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 17:34 Pertalite itu bbm subsidi in disguise

bbm beda oktan gamungkin selisihnya kyk selisih harga sekarang antara pertalite vs pertamax92
Bisa jadi, paling masuk akal sih kalau Pertalite sebenarnya subsidi meskipun terus disangkal sebagai BBM non-subsidi secara harganya jomplang banget. Total Performance 90 kalau tidak salah sekarang 9.950 ya?
ak4ng wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 23:28 Pilih yang murah murah aja, toh pertalet - premium urusan tarikan maupun top speed ga kerasa, juga FC tetep sgitu2 aja ga kerasa apa2, saya ga tertarik Shell regular secara cuma beda beberapa perak ga nyampe 500 Uda dapet Pertamax biru nah baru kerasa di tarikan dan FC :upss: and kemana2 macet beli bensin cuma buat idle nyalain AC biar ga gerah :mrgreen:
sintoni wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 1:24 Kalo ane secara personal, hampir ga pernah milih Pertalite.
Saya juga sebelumnya bukan user Pertalite, selalu ngisi Pertamax. Tapi belakangan jadi nyari Pertalite karena mulai ngoplos sama Pertamax Turbo soalnya selisihnya lumayan antara ngisi Pertamax murni sama oplosan Pertamax Turbo+Pertalite :mky_01:
casabalancas wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 2:25 Nahh itu dia, saya juga bingung shell regular harga gak beda jauh sama Pertamax, daripada bingung banding2, mending beli Pertamax aja, toh juga di Pom bensin pertamina COCO (di jabodetabek nomor reg. SPBU 31) sudah cukup akurat kok meterannya. Malah saya penasaran bensin AKRA 92 (AKR) harganya hanya Rp. 10.000,-, cuma ya di Jabodetabek adanya baru di daerah Kapuk (Teluk Gong)
Hmm saya pernah liat itu AKR di Teluk Gong. Tidak terlalu jauh sih tapi saya tidak ada rute yang lewat deket sana dan itu jalan yang lumayan saya hindari karena suka macet & banyak truk besar. Om tau AKR yang disana buka 24 jam? Siapa tau malam-malam bisa mampir :mky_03:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5714
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by sintoni »

saturday wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 3:20
sintoni wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 1:24
Kalo ane secara personal, hampir ga pernah milih Pertalite.
Saya juga sebelumnya bukan user Pertalite, selalu ngisi Pertamax. Tapi belakangan jadi nyari Pertalite karena mulai ngoplos sama Pertamax Turbo soalnya selisihnya lumayan antara ngisi Pertamax murni sama oplosan Pertamax Turbo+Pertalite :mky_01:
Nah, kalo ga ya coba oplos Turbo sama Premium aja om. Lebih irit lagi.

Hahaha.
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by fizrmen »

saturday wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 14:25
martinnn wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 13:24 Pake pertamina racing sekalian coba biar lebih greng
:e-think: Yang saya tahu sih kalau setelan ECU mesinnya tidak ada mapping untuk oktan sekian malah jadi mubazir. Kecil kemungkinannya FD2 standar saya bisa memanfaatkan potensi penuh oktan 100 kecuali di remap ulang. Benar gak sih saya? Mohon koreksinya kalau salah.
adiputra4 wrote: ↑Tue Nov 06, 2018 13:34 Kayanya banyak spbu pertamina yg meterannya gak akurat

Kerasa kalo lg isi biosolar, isi 100rb normalnya jarum naik banyak (19.4 L), sering juga isi 100 rb naiknya dikit :mky_06:
Saya enggak pernah perhatikan keakuratan meterannya Pertamina vs Shell. Nanti saya coba beberapa kali bandingkan isi bensin di Pertamina dan Shell dalam kondisi indikator bensin yang sama. Kemarin sih di FD2 saya pas meteran bensinnya sisa 4 kotak, sampai "ceklek" nozzlenya itu isi 34.9 liter (13 liter Pertamax Turbo, 21.9 liter Shell Reguler). Nanti saya update disini.
FD2 mah isi pertamax biasa aja udh enak bgt kok om, dulu pernah isi 95 Shell (Super extra) cuma buat kuras tangki FD pas beli karena prev owner isinya Premios 88 :mky_05:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by iwing »

sintoni wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 1:24 Kalo ane secara personal, hampir ga pernah milih Pertalite.

Menurut ane hampir mirip kayak Premios.

Jadi kalo ga antri ya isi Premios aja.

Beda emang kalo ke Pertamax, baru kerasa perbedaannya.

Menurut ane rugi kalo naik ke Pertalite, mending sekalian Pertamax atau ga ya tetap stay di Premios.
motor saya masih pake pertalite. masalah nya dispenser premium banyak yang ilang di spbu dan kalo masih ingin premium, harus jalan bbrp km dulu dan itupun biasanya ngantri sama angkot. jadi nya ya terpaksa pake pertalite. harga dari pertalite ke pertamax lumayan om
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by saturday »

sintoni wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 4:09 Nah, kalo ga ya coba oplos Turbo sama Premium aja om. Lebih irit lagi.

Hahaha.
Lebih boros kalau perhitungan saya tidak salah Om.

Biasa saya isi:
1 liter Pertamax Turbo + 2 liter Pertalite.
Oktan yang didapat: (98+90+90)/3 liter = 92.66667 RON
Harga yang dibayar: (12.250+7.800+7.800)/3 liter = Rp9.283,333

Untuk mendapat oktan yang sama kalau saya oplos dengan premium:
1 liter Pertamax Turbo + 1.143 liter Premium.
Oktan yang didapat: (98+88+(88x0.145 liter))/2.145 liter = 92.66636 RON (mendekati)
Harga yang dibayar: (12.250+7.000+(7.000x0.143 liter))/2.143 liter = Rp9.449,837

Malah jadi lebih mahal Rp166.5 perak dan setahu saya di Pertalite ada tambahan aditif dari Pertamina yang dinamakan "EcoSAVE" sedangkan Premium belum ada. Apa ini EcoSAVE saya juga tidak tahu apa beneran efeknya tapi kalau bisa dapat lebih murah dan lebih bagus ya untung juga sih hehe :mky_01:
fizrmen wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 4:16 FD2 mah isi pertamax biasa aja udh enak bgt kok om, dulu pernah isi 95 Shell (Super extra) cuma buat kuras tangki FD pas beli karena prev owner isinya Premios 88 :mky_05:
Saya dari ngangkat FD2 ini sih selalu isi Shell V-Power 92. Tidak pernah turun oktan atau naik oktan. Tapi sejak BBM naiknya lumayan gila, saya baru pindah ke Pertamina ngoplos yang saya jelaskan diatas, dapetnya oktan 92.6 tapi saya tidak paham secara kualitas BBM, lebih bagus Shell V-Power murni atau oplosan Pertamina yang saya gunakan 🀷
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by lonely1999 »

pilih pertalite saja krn lebih murah

sejak pertamax naik banyak
ane oplos pturbo + lite :mky_01: :mky_01:
isi selalu di spbu 31.
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Pertalite vs Shell Reguler

Post by casabalancas »

saturday wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 3:20
casabalancas wrote: ↑Wed Nov 07, 2018 2:25 Nahh itu dia, saya juga bingung shell regular harga gak beda jauh sama Pertamax, daripada bingung banding2, mending beli Pertamax aja, toh juga di Pom bensin pertamina COCO (di jabodetabek nomor reg. SPBU 31) sudah cukup akurat kok meterannya. Malah saya penasaran bensin AKRA 92 (AKR) harganya hanya Rp. 10.000,-, cuma ya di Jabodetabek adanya baru di daerah Kapuk (Teluk Gong)
Hmm saya pernah liat itu AKR di Teluk Gong. Tidak terlalu jauh sih tapi saya tidak ada rute yang lewat deket sana dan itu jalan yang lumayan saya hindari karena suka macet & banyak truk besar. Om tau AKR yang disana buka 24 jam? Siapa tau malam-malam bisa mampir :mky_03:
Nahh, kemarin saya lupa tanya Om, AKR tutup jam berapa. Tapi kemarin saya isi hari sabtu malam sekitar jam stengah 7 lumayan bebas dari truk besar kok, cuma ya trafik motor-motornya gitu dehh, hahaha