Game Over dah JT.......aipiesblue wrote:KNKT sudah memberikan fakta ternyata Airspeed Indicator Lion Air PK-LQP Rusak di 4 Flight Terakhir. Ke-empat flight itu terjadi secara berurutan dan Lion air tetap mengabaikan dan mengizinkan pesawat untuk tetap terbang.
Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Game Over dah JTaipiesblue wrote:"KNKT: Airspeed Indicator Lion Air PK-LQP Rusak di 4 Flight Terakhir"
https://news.detik.com/berita/4288599/k ... 1534553090
wah, berani gak ya pemerintahan skrg nutup lion air karena fakta sudah berbicara bahwa lion air abai terhadap kerusakan yang sudah terjadi dan tetap menerbangkan pesawat boeing 737 max 8.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Awas, nanti muka loe disuru hapus ama pencipta pesawat

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Itu data remap mobil apaan..? [emoji849]b8099ok wrote:Awas, nanti muka loe disuru hapus ama pencipta pesawat[emoji867]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
salah iya, tuntutan hukum mungkin iya. Game over? not too easy kyknyaTurboman wrote: Mon Nov 05, 2018 13:12Game Over dah JT.......aipiesblue wrote:KNKT sudah memberikan fakta ternyata Airspeed Indicator Lion Air PK-LQP Rusak di 4 Flight Terakhir. Ke-empat flight itu terjadi secara berurutan dan Lion air tetap mengabaikan dan mengizinkan pesawat untuk tetap terbang.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
ada 4x occurrence and re-occurrence tapi selalu di rectified as per manufacturer recommendation n stlh di final test confirmed as fixed, bagaimana bisa disalahkan lion air? kecuali kl ga di benerin. atau dibenerin tp tdk sesuai petunjuk.
baru belajar (dr yutuber) kl potensi terbesar sumber kerusakan electrical system (components and connection integrity) yaitu getaran, kelembaban, dan perubahan suhu. bayangkan ketiga unsur tersebut di dunia aviation terutama vibration (sample case qz8501) yg kemungkinannya tdk selalu bisa terduplikasi masalahnya ketika dicheck oleh teknisi.
baru belajar (dr yutuber) kl potensi terbesar sumber kerusakan electrical system (components and connection integrity) yaitu getaran, kelembaban, dan perubahan suhu. bayangkan ketiga unsur tersebut di dunia aviation terutama vibration (sample case qz8501) yg kemungkinannya tdk selalu bisa terduplikasi masalahnya ketika dicheck oleh teknisi.
Last edited by Omnibus on Mon Nov 05, 2018 16:15, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Nov 06, 2014 20:40
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Altis
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
BMwing seri 7 terbaru om

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Tapi sebenarnya seperti yg selalu sang pengacara kondang bilang, bisa loh langsung nuntut ke Boeing (kebetulan dl skripsi pas kecelakaan Adam Air dan tentang tuntutan ke manufaktur pesawat i.e. Boeing)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Mon Jul 16, 2012 4:24
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
ga mungkin game over sih om, mereka itu market share 50%, pemerintah pun ga nutup sembarang kayak nutup lapak pklTurboman wrote: Mon Nov 05, 2018 13:12Game Over dah JT.......aipiesblue wrote:KNKT sudah memberikan fakta ternyata Airspeed Indicator Lion Air PK-LQP Rusak di 4 Flight Terakhir. Ke-empat flight itu terjadi secara berurutan dan Lion air tetap mengabaikan dan mengizinkan pesawat untuk tetap terbang.
ga bisa bayangin yg terjadi klo lion air di sangsi ga boleh operasi, harga pesawat bakalan melambung tinggi
flag carrier kita /garuda group (termasuk citilink) pun market sharenya di total cm 30an%
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Mon Jul 16, 2012 4:24
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
ga mungkin game over sih om, mereka itu market share 50%, pemerintah pun ga nutup sembarang kayak nutup lapak pklTurboman wrote: Mon Nov 05, 2018 13:12Game Over dah JT.......aipiesblue wrote:KNKT sudah memberikan fakta ternyata Airspeed Indicator Lion Air PK-LQP Rusak di 4 Flight Terakhir. Ke-empat flight itu terjadi secara berurutan dan Lion air tetap mengabaikan dan mengizinkan pesawat untuk tetap terbang.
ga bisa bayangin yg terjadi klo lion air di sangsi ga boleh operasi, harga pesawat bakalan melambung tinggi
flag carrier kita /garuda group (termasuk citilink) pun market sharenya di total cm 30an%
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Ini apa diagnosanya om?
Tolong dijleasin ke ane, ane ga ngerti tapi penasaran.
Hehehe.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
- Location: Jakarta
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Sori om sekalian.. Mau tanya, ini yg rusak kan indikator alias penunjuk kecepatan, disebutkan bahwa tanpa indikator ini, kinerja pilot terganggu.. Nah sebenarnya kinerja pilot yg terganggu akibat kerusakan indikator inikah yg menyebabkan kecelakaan?
Atau temuan indikator rusak hanya fakta abnormal yg ditemukan?
Mohon bisa bantu dijelaskan korelasi temuan abnormal dengan jatuhnya pesawat lion ini...
Atau temuan indikator rusak hanya fakta abnormal yg ditemukan?
Mohon bisa bantu dijelaskan korelasi temuan abnormal dengan jatuhnya pesawat lion ini...
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
Colin McRae
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Artinya IAS (Indicator Air Speed) nya beneran rusak om seperti di berita detik.com, itu maintenance log 1 hari sebelum kejadian nahas itu.sintoni wrote: Tue Nov 06, 2018 0:24 Ini apa diagnosanya om?
Tolong dijleasin ke ane, ane ga ngerti tapi penasaran.
Hehehe.
Dibagian corrective action tertulis "REF IFIM 34-20-00-810-801 REV 15/07/2018 PERFORMED FLUSHING LH PITOT ADM AND STATIC ADM (AIR DATA MODULE) OPS TEST ON GROUND FOUND SATISFIED".
Ane jg ngerti banget ttg ini, cuman nemu di inet aja..



“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
setahu saya ya om, indikator ini digunakan oleh autopilot dalam menerbangkan pesawat. tanpa ini autopilot gak berfungsi dan harus diterbangkan manual. contoh, pilot salah dalam membaca kecepatan pesawat. bisa jadi pesawat sudah dalam kecepatan cukup namun tampilan indikator menyatakan pesawat pelan, bisa jadi pilot akan full throttle untuk menaikkan kecepatan pesawat. akhinya malah overspeed. cmiiwtremonti wrote: Tue Nov 06, 2018 0:39 Sori om sekalian.. Mau tanya, ini yg rusak kan indikator alias penunjuk kecepatan, disebutkan bahwa tanpa indikator ini, kinerja pilot terganggu.. Nah sebenarnya kinerja pilot yg terganggu akibat kerusakan indikator inikah yg menyebabkan kecelakaan?
Atau temuan indikator rusak hanya fakta abnormal yg ditemukan?
Mohon bisa bantu dijelaskan korelasi temuan abnormal dengan jatuhnya pesawat lion ini...
cuma kabar yg beredar, yang bermasalah itu dibagian pilot nya, sedangkan co pilot nya gak masalah. klo bener seperti itu, mungkin kontrol bisa diambil alih oleh co pilot
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Jadi itungannya kayak speedometer mobil kita rusak gitu?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Flight speed indicator error, kerja Autopilot jadi terganggu.........tremonti wrote:Sori om sekalian.. Mau tanya, ini yg rusak kan indikator alias penunjuk kecepatan, disebutkan bahwa tanpa indikator ini, kinerja pilot terganggu.. Nah sebenarnya kinerja pilot yg terganggu akibat kerusakan indikator inikah yg menyebabkan kecelakaan?
Atau temuan indikator rusak hanya fakta abnormal yg ditemukan?
Mohon bisa bantu dijelaskan korelasi temuan abnormal dengan jatuhnya pesawat lion ini...
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Kecelakaan berkaitan dgn Speed sensor
Brigenair flight 301 (pitot Tube error)
konon Air France 447 juga akibat Pitot Tube error ?
Pitot Tube = speed sensor pada pesawat yg cara kerjanya mirip MAP sensor pada mesin mobil
Pitot mengukur tekanan udara dari depan saat pesawat melaju
Nah kalo JT 610 ini belom tahu bagian mana dr air speed reader yg error
CMIIW
Brigenair flight 301 (pitot Tube error)
konon Air France 447 juga akibat Pitot Tube error ?
Pitot Tube = speed sensor pada pesawat yg cara kerjanya mirip MAP sensor pada mesin mobil
Pitot mengukur tekanan udara dari depan saat pesawat melaju
Nah kalo JT 610 ini belom tahu bagian mana dr air speed reader yg error
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
berdasarkan hasil simulasi yang saya lihat pada air france 447, pitot tube memang error akibat adanya lapisan es meskipun anti ice sudah diaktifkan. dlm bbrp penerbangan dan ketinggian tertentu, hal ini normal. yang perlu dilakukan pilot adalah menjaga kestabilan pesawat sampe lapisan es meleleh dan pitot tube bekerja normal kembali. yang saya tangkap dari air france 447, reaksi co-pilot 'salah' dalam situasi ini. respon co pilot 1, malah menaikkan/climb posisi pesawat sehingga kecepatan pesawat menjadi menurun dan menyebabkan stall. sedangkan co-pilot 2, minta agar menurunkan hidung pesawat agar memperoleh kecepatan yang dibutuhkan namun tidak bisa karena kontrol sepenuhnya ada di tangan co-pilot 1. jadi ya lebih ke arah human error di air france 447. imho cmiiwTurboman wrote: Tue Nov 06, 2018 3:01 Kecelakaan berkaitan dgn Speed sensor
Brigenair flight 301 (pitot Tube error)
konon Air France 447 juga akibat Pitot Tube error ?
Pitot Tube = speed sensor pada pesawat yg cara kerjanya mirip MAP sensor pada mesin mobil
Pitot mengukur tekanan udara dari depan saat pesawat melaju
Nah kalo JT 610 ini belom tahu bagian mana dr air speed reader yg error
CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Kalau boleh spesifik, yang tidak megang kendali teriak "Pull Down!", yg pegang kendali nangkepnya pull doang jadilah ditarik. Kesalahan betul memang karena human error, yg memberi aba2 salah, yg pegang kendali juga telan mentah2 mungkin karena panik.iwing wrote: Tue Nov 06, 2018 3:13
berdasarkan hasil simulasi yang saya lihat pada air france 447, pitot tube memang error akibat adanya lapisan es meskipun anti ice sudah diaktifkan. dlm bbrp penerbangan dan ketinggian tertentu, hal ini normal. yang perlu dilakukan pilot adalah menjaga kestabilan pesawat sampe lapisan es meleleh dan pitot tube bekerja normal kembali. yang saya tangkap dari air france 447, reaksi co-pilot 'salah' dalam situasi ini. respon co pilot 1, malah menaikkan/climb posisi pesawat sehingga kecepatan pesawat menjadi menurun dan menyebabkan stall. sedangkan co-pilot 2, minta agar menurunkan hidung pesawat agar memperoleh kecepatan yang dibutuhkan namun tidak bisa karena kontrol sepenuhnya ada di tangan co-pilot 1. jadi ya lebih ke arah human error di air france 447. imho cmiiw

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
ibarat mobil dgn Autonomous driving system tapi speedometer rusak / speed signal errorsintoni wrote:Jadi itungannya kayak speedometer mobil kita rusak gitu?
kalo mobil cuman 1
pesawat lebih dr 1 en harus sinkron
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
iya dan juga ditambah tipikal kendali airbus model joystick disisi kiri pilot dan sisi kanan co-pilot menyebabkan pilot dan co-pilot 'lebih sulit' melihat respon lawan nya. imhojosomba wrote: Tue Nov 06, 2018 3:33Kalau boleh spesifik, yang tidak megang kendali teriak "Pull Down!", yg pegang kendali nangkepnya pull doang jadilah ditarik. Kesalahan betul memang karena human error, yg memberi aba2 salah, yg pegang kendali juga telan mentah2 mungkin karena panik.iwing wrote: Tue Nov 06, 2018 3:13
berdasarkan hasil simulasi yang saya lihat pada air france 447, pitot tube memang error akibat adanya lapisan es meskipun anti ice sudah diaktifkan. dlm bbrp penerbangan dan ketinggian tertentu, hal ini normal. yang perlu dilakukan pilot adalah menjaga kestabilan pesawat sampe lapisan es meleleh dan pitot tube bekerja normal kembali. yang saya tangkap dari air france 447, reaksi co-pilot 'salah' dalam situasi ini. respon co pilot 1, malah menaikkan/climb posisi pesawat sehingga kecepatan pesawat menjadi menurun dan menyebabkan stall. sedangkan co-pilot 2, minta agar menurunkan hidung pesawat agar memperoleh kecepatan yang dibutuhkan namun tidak bisa karena kontrol sepenuhnya ada di tangan co-pilot 1. jadi ya lebih ke arah human error di air france 447. imho cmiiw
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Hmmmmmmmm
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Hmmmmmm
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 15, 2007 15:59
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Defective system? Boeing bakalan di sue ini.
Beritanya:
https://www.bloomberg.com/news/articles ... 7-max-jets
---
The bulletin from Boeing will alert airlines that erroneous readings from a flight-monitoring system can cause the planes to abruptly dive, said the person, who asked not to be named discussing details of the manufacturer’s plans. Boeing will warn pilots to follow an existing procedure to handle the problem, the person said.
The warning is based on preliminary findings from the accident involving a Lion Air jetliner, the person said. Under some circumstances, such as when pilots are manually flying, the Max jets will automatically try to push down the nose if they detect that an aerodynamic stall is possible, the person said.
---
Beritanya:
https://www.bloomberg.com/news/articles ... 7-max-jets
---
The bulletin from Boeing will alert airlines that erroneous readings from a flight-monitoring system can cause the planes to abruptly dive, said the person, who asked not to be named discussing details of the manufacturer’s plans. Boeing will warn pilots to follow an existing procedure to handle the problem, the person said.
The warning is based on preliminary findings from the accident involving a Lion Air jetliner, the person said. Under some circumstances, such as when pilots are manually flying, the Max jets will automatically try to push down the nose if they detect that an aerodynamic stall is possible, the person said.
---