Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
jadi ingat pengalaman paling epic ke beres Ford AK Kelapa Gading, cuma ganti oli & servis rutin kalau tidak salah 20.000 km, mobil masuk stengah 11 pagi, baru selesai jam stengah 6 sore, alasannya komputer & modul reset ecunya hanya ada 1, sampai akhirnya mobil saya paksa keluar tanpa dicuci, karena katanya operator cuci mobilnya hanya 1 orang, hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Pernah Bersihin wiper link LGX di bengkel resmi, trus pas pasang wiper arm terbalik kiri & kanannya. Mentang2 bentuknya mirip 

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Sama seperti yg lain, palin ke beres selama masa garansi aja. Selanjutnya maintenance rutin ke bengkel lain atau DIY sesuai buku panduan.
Kalo ga ngerti mbl sama sekali, Boleh si ke beres tapi tiap kepala kilometer genap sja (40k, 60k, 80 k......) kalo servis kilometer kepala ganjil biasanya cuman periksa2 doang, ga worthed ke beres.
Kalo ga ngerti mbl sama sekali, Boleh si ke beres tapi tiap kepala kilometer genap sja (40k, 60k, 80 k......) kalo servis kilometer kepala ganjil biasanya cuman periksa2 doang, ga worthed ke beres.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Thu Apr 27, 2017 14:43
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Kalo masih garansi dan ga bayar msih oke ke beres
Kalo da habis mendingan ke bengkel umum.
Oli fluida dll gw prefer ke shopanddrive. Lbih enak dan cepet .
Kalo ada promo juga lumayan banget
Kalo da habis mendingan ke bengkel umum.
Oli fluida dll gw prefer ke shopanddrive. Lbih enak dan cepet .
Kalo ada promo juga lumayan banget
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Kalo merk S worthed pada saat garansi + biaya jasa gratis aja
Kalo merk H nggak tau ya, pernah ditawari engine flush selalu saya tolak, harga engine flush doang mahal bok di beres

Kalo merk H nggak tau ya, pernah ditawari engine flush selalu saya tolak, harga engine flush doang mahal bok di beres

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
kalo saya servis di bengkel resmi hanya pada masa garansi, selepasnya di bengkel luaran, kalo lewat masa garansi menurut saya ga worthed alasan :
1. Biaya Jasa yang ajaib
2. Harga sparepart yang mahal, belum lagi kena ppn 10%, dan pengalaman pribadi terkadang sparepart aftermarket justru ada yg lebih awet dibanding ori (ini hanya sparepart tertentu)
3. Lama pengerjaan yang tidak masuk akal, ganti oli bisa 4-5 jam...napain aja tuh
4. banyak keteledoran, baut ketinggalan, panel lupa dipasang, ini yang keliatan, kalo yang ga keliatan hanya Tuhan yang tau...
Pengalaman pribadi saya minta dicek fuel pump karena bunyinya pada saat on udh lemah, dan setelah menunggu 4 jam, saya dikabari oleh mekanik bahwa fuel pumpnya masih BAGUS...sebenernya agak ragu, saya sampe bertanya dua kali apakah beneran masih bagus, dan dijawab iya... akhirnya saya bawa pulang.. dan dua hari kemudian fuel pump koit di jalanan luar kota yang sepi jam 03.00 dini hari...
akhirnya diderek ke beres dan baru dikatakan fuel pump udh rusak...itu juga tanpa minta maaf
kemudian ada lagi saat saya ngecek laher roda belakang, dimana saya sudah kasih clue ke SA bahwa bunyi berdengung dari belakang sepertinya laher... dan setelah menunggu 5 jam, saya dikabarin mobil udh selesai, dan laher masih oke...nah sekali ini saya ga percaya dan suruh mobil diangkat lagi sambil saya lihat sama2 mekanik, dan dicoba roda diputar ternyata shock getar, baru mekanik bilang iya ini lahernya....
jadi mobil saya 5 jam disana diapain ajaaa....ini belum urusan printilan seperti panel yg lupa dipasang lagi, atau baut yang ketinggalan, klip2 dst...
1. Biaya Jasa yang ajaib
2. Harga sparepart yang mahal, belum lagi kena ppn 10%, dan pengalaman pribadi terkadang sparepart aftermarket justru ada yg lebih awet dibanding ori (ini hanya sparepart tertentu)
3. Lama pengerjaan yang tidak masuk akal, ganti oli bisa 4-5 jam...napain aja tuh
4. banyak keteledoran, baut ketinggalan, panel lupa dipasang, ini yang keliatan, kalo yang ga keliatan hanya Tuhan yang tau...
Pengalaman pribadi saya minta dicek fuel pump karena bunyinya pada saat on udh lemah, dan setelah menunggu 4 jam, saya dikabari oleh mekanik bahwa fuel pumpnya masih BAGUS...sebenernya agak ragu, saya sampe bertanya dua kali apakah beneran masih bagus, dan dijawab iya... akhirnya saya bawa pulang.. dan dua hari kemudian fuel pump koit di jalanan luar kota yang sepi jam 03.00 dini hari...


kemudian ada lagi saat saya ngecek laher roda belakang, dimana saya sudah kasih clue ke SA bahwa bunyi berdengung dari belakang sepertinya laher... dan setelah menunggu 5 jam, saya dikabarin mobil udh selesai, dan laher masih oke...nah sekali ini saya ga percaya dan suruh mobil diangkat lagi sambil saya lihat sama2 mekanik, dan dicoba roda diputar ternyata shock getar, baru mekanik bilang iya ini lahernya....

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Selama ini pengalaman di 2 beres S di smg dan sby sih worth it om. Apalagi klo masih garansi karena free jasa. Mau komplen bunyi2an juga diurut sampe dapet, jasa juga cuma 200an kalo pas komplen (dan emang dapet, bisa ditangani).
Apalagi SA di beres yg sby apik, dulu sy mau repair spion ditawarin mau ganti assy (inden) atau disaranin ke kedungdoro cari part copotan berikut estimasi harganya. Kali lain ngurut suara2 aneh juga bayar 200an kelar, kalo pas komplen ga solved ky spion itu free of charge.
Kalo yang di smg sih ga pernah aneh2...cuma ganti oli. Plus keluarga saya kenal baik sm keluarga owner hehehe....jadi ya oke aja
Tambahan: dulu bokap piara ANGL...servis beres N di smg acakadut dah....mahal iya beres ngga
malah lebih oke di tetangga yang emang punya bengkel balap sekalian
Apalagi SA di beres yg sby apik, dulu sy mau repair spion ditawarin mau ganti assy (inden) atau disaranin ke kedungdoro cari part copotan berikut estimasi harganya. Kali lain ngurut suara2 aneh juga bayar 200an kelar, kalo pas komplen ga solved ky spion itu free of charge.
Kalo yang di smg sih ga pernah aneh2...cuma ganti oli. Plus keluarga saya kenal baik sm keluarga owner hehehe....jadi ya oke aja

Tambahan: dulu bokap piara ANGL...servis beres N di smg acakadut dah....mahal iya beres ngga

[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Yg batumakam itu pas th berapa om? Wkt jaman 2010-2012 memang batumakam puri SA nya bener2 dudul, cm ngertinya ganti spare part (ada satu SA yg bagus, tp resign dan digantiin orang ini. Sekarang orang pengganti ini ud keluar mestinya). Dulu saya jg pake GL 2007. Tp sekitar 3th lalu saya tanya temen saya yg br beli march, udah oke ktnya, klaim gampang. Memang brand satu ini bener2 terpuruk di indo, padahal produk premium nya oke sebenernyag36 wrote: Wed Oct 17, 2018 9:03 Selama ini pengalaman di 2 beres S di smg dan sby sih worth it om. Apalagi klo masih garansi karena free jasa. Mau komplen bunyi2an juga diurut sampe dapet, jasa juga cuma 200an kalo pas komplen (dan emang dapet, bisa ditangani).
Apalagi SA di beres yg sby apik, dulu sy mau repair spion ditawarin mau ganti assy (inden) atau disaranin ke kedungdoro cari part copotan berikut estimasi harganya. Kali lain ngurut suara2 aneh juga bayar 200an kelar, kalo pas komplen ga solved ky spion itu free of charge.
Kalo yang di smg sih ga pernah aneh2...cuma ganti oli. Plus keluarga saya kenal baik sm keluarga owner hehehe....jadi ya oke aja![]()
Tambahan: dulu bokap piara ANGL...servis beres N di smg acakadut dah....mahal iya beres nggamalah lebih oke di tetangga yang emang punya bengkel balap sekalian
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Mid 2013- 2017 awal, sisanya bokap bawa ke bengkel tetangga or yg dkat2 rumah aja.erwinign wrote: Wed Oct 17, 2018 10:19
Yg batumakam itu pas th berapa om? Wkt jaman 2010-2012 memang batumakam puri SA nya bener2 dudul, cm ngertinya ganti spare part (ada satu SA yg bagus, tp resign dan digantiin orang ini. Sekarang orang pengganti ini ud keluar mestinya). Dulu saya jg pake GL 2007. Tp sekitar 3th lalu saya tanya temen saya yg br beli march, udah oke ktnya, klaim gampang. Memang brand satu ini bener2 terpuruk di indo, padahal produk premium nya oke sebenernya
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Brand mainstream lebih baik service di luar beres begitu garansi habis
Nah kalo brand non mainstream susah seperti na kalo mo cabut dari bengkel resmi

Nah kalo brand non mainstream susah seperti na kalo mo cabut dari bengkel resmi

ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Kalo duit pas pasan hindari mbl yg populasinya dikit karena susah servisnya,susah dan mahal spare partnya yg plg worth for money avanza,ertiga ,jazz,carry pick up or minibus
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Yupp. Hampir sama reasonsnya.
Mobil sejuta umat jejepangan no worries, ke bengkel pinggir jalan jg bisa. Ke bengkel resmi still okay jika masalahnya berat. Atau daerah2 pelosok ya bawa ke bengkel resmi aja drpd ribet musti bela2in nempuh jarak jauh cari bengkel alternatif.
Mobil lux?
BMW / Mercedes ya banyak toh bengkel spesialis yg enggak getok harga. Parts melimpah, harga bersahabat. Khususnya mercy...
--------------
Yg cilaka malah yg brand2 enggak jelas (okelah mobilnya bagus, value for money, and so on & on). Bengkel spesialis jarang, ke bengkel resmi jg kadang man power enggak mumpuni... harga parts selangit, indent slow moving bs berbulan2... ya sudah nikmati sahaja.
Klo kata om jivos... "percayalah, kalimat postingan mereka diforum tidak semanis, ketika lihat bill pas ngebayar tagihan di bengkel" alias muka cemberut
Mobil sejuta umat jejepangan no worries, ke bengkel pinggir jalan jg bisa. Ke bengkel resmi still okay jika masalahnya berat. Atau daerah2 pelosok ya bawa ke bengkel resmi aja drpd ribet musti bela2in nempuh jarak jauh cari bengkel alternatif.
Mobil lux?
BMW / Mercedes ya banyak toh bengkel spesialis yg enggak getok harga. Parts melimpah, harga bersahabat. Khususnya mercy...
--------------
Yg cilaka malah yg brand2 enggak jelas (okelah mobilnya bagus, value for money, and so on & on). Bengkel spesialis jarang, ke bengkel resmi jg kadang man power enggak mumpuni... harga parts selangit, indent slow moving bs berbulan2... ya sudah nikmati sahaja.
Klo kata om jivos... "percayalah, kalimat postingan mereka diforum tidak semanis, ketika lihat bill pas ngebayar tagihan di bengkel" alias muka cemberut

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Tergantung. Kalo nda ada kenalan bengkel umum yg bagus sih jelas worth it krn mnrt saya beres at least ada SOP nya (CMIIW, ya yg nakal juga ada tapi sptnya kemungkinan lbh kecil ketimbang bengkel umum yg nakal).
Lain cerita kalau punya banyak relasi bengkel umum / spesialis... malah bisa nego harga temen hahaha. Baru lah ngga worth it extra charge di beres.
OOT dikit: kalau yg servis di beres menurun, kenapa gak kerjasama dgn provider electronic money ya, macem ovo, gopay, kadang promonya mrk sampe gak masuk akal...
Lain cerita kalau punya banyak relasi bengkel umum / spesialis... malah bisa nego harga temen hahaha. Baru lah ngga worth it extra charge di beres.
OOT dikit: kalau yg servis di beres menurun, kenapa gak kerjasama dgn provider electronic money ya, macem ovo, gopay, kadang promonya mrk sampe gak masuk akal...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Karena saya ga pernah beli mobil baru, jadi ga bisa kasih pendapat. Tapi secara rasional apakah worth untuk servis dibengkel atau tidak, bisa kita lihat juga dari tipe mobil yang kita beli.
Kalau mobil mainstream dengan pernak-pernik fitur yang sudah ada dari 10tahun lalu saya rasa nonberes sudah banyak yang bisa.
Tapi kalau mobil yang pakai sistem yang lebih advance dan ga umum seperti sistem Dual clutch, Twin Turbo, Air Suspension atau bahkan Hybrid, maka servis ke Beres bisa jadi lebih terjamin.
Yang sering menyebalkan di bengkel resmi adalah ada beberapa bagian part yang dijual assembly dengan harga mahal padahal sebenarnya yang perlu diganti hanya bagian kecil dari part tersebut.
Contoh pengalaman saya dengan 406, lower/control arm di Beres dijual 1 set dengan bushing dengan harga sekitar 1jt/pcs, padahal dibagian ini yang umum rusak itu karet bushing. Beli di luar bisa bushing saja dengan harga 250rb/pcs.
Kalau mobil mainstream dengan pernak-pernik fitur yang sudah ada dari 10tahun lalu saya rasa nonberes sudah banyak yang bisa.
Tapi kalau mobil yang pakai sistem yang lebih advance dan ga umum seperti sistem Dual clutch, Twin Turbo, Air Suspension atau bahkan Hybrid, maka servis ke Beres bisa jadi lebih terjamin.
Yang sering menyebalkan di bengkel resmi adalah ada beberapa bagian part yang dijual assembly dengan harga mahal padahal sebenarnya yang perlu diganti hanya bagian kecil dari part tersebut.
Contoh pengalaman saya dengan 406, lower/control arm di Beres dijual 1 set dengan bushing dengan harga sekitar 1jt/pcs, padahal dibagian ini yang umum rusak itu karet bushing. Beli di luar bisa bushing saja dengan harga 250rb/pcs.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
worth atau tidak ke beres itu macem diskusi duluan mana ayam atau telor.
beres itu ada dan sakti, karena kewajiban ATPM (siapa yg mau beli brg ratusan juta adan tanpa garansi dan ini aturan govt). nah karena itu urusan service mestinya beres itu nomor satu, karena dibawah langsung itu brand, tapi ini hanya teori, selain urusan perangkat non manusia, faktor manusia juga ngaruh, apalagi ada beres yang milik perorangan, buka hanya ikut aturan saja, dan belum tentu juga semua diikuti.
terus balik lagi ke konsumen sendiri, ada yang ga mau pusing rela bayar mahal d, tapi ada yang ga mau pusing tapi ga mau bayar, jadilah beres juga pusing ketambahan demografis karakter konsumennya bisa jadi gitu semua. giliran konsumen mau pusing dan mau bayar eh dapet beres yang faktor manusianya kurang sesuai ATPM. makin ribet d.
beres itu ada dan sakti, karena kewajiban ATPM (siapa yg mau beli brg ratusan juta adan tanpa garansi dan ini aturan govt). nah karena itu urusan service mestinya beres itu nomor satu, karena dibawah langsung itu brand, tapi ini hanya teori, selain urusan perangkat non manusia, faktor manusia juga ngaruh, apalagi ada beres yang milik perorangan, buka hanya ikut aturan saja, dan belum tentu juga semua diikuti.
terus balik lagi ke konsumen sendiri, ada yang ga mau pusing rela bayar mahal d, tapi ada yang ga mau pusing tapi ga mau bayar, jadilah beres juga pusing ketambahan demografis karakter konsumennya bisa jadi gitu semua. giliran konsumen mau pusing dan mau bayar eh dapet beres yang faktor manusianya kurang sesuai ATPM. makin ribet d.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2082
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Bbrp atpm, konsumen mau bayar gamau pusing (tipe sultan), beresnya yg pusing gada sparepartnya wakakakkunaskun wrote:worth atau tidak ke beres itu macem diskusi duluan mana ayam atau telor.
beres itu ada dan sakti, karena kewajiban ATPM (siapa yg mau beli brg ratusan juta adan tanpa garansi dan ini aturan govt). nah karena itu urusan service mestinya beres itu nomor satu, karena dibawah langsung itu brand, tapi ini hanya teori, selain urusan perangkat non manusia, faktor manusia juga ngaruh, apalagi ada beres yang milik perorangan, buka hanya ikut aturan saja, dan belum tentu juga semua diikuti.
terus balik lagi ke konsumen sendiri, ada yang ga mau pusing rela bayar mahal d, tapi ada yang ga mau pusing tapi ga mau bayar, jadilah beres juga pusing ketambahan demografis karakter konsumennya bisa jadi gitu semua. giliran konsumen mau pusing dan mau bayar eh dapet beres yang faktor manusianya kurang sesuai ATPM. makin ribet d.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Klo ini kejadian di merk2 ga umum di Indo DM yang padahal barang jualan'nya bagus2alvin23 wrote: Fri Oct 19, 2018 3:31Bbrp atpm, konsumen mau bayar gamau pusing (tipe sultan), beresnya yg pusing gada sparepartnya wakakakkunaskun wrote:worth atau tidak ke beres itu macem diskusi duluan mana ayam atau telor.
beres itu ada dan sakti, karena kewajiban ATPM (siapa yg mau beli brg ratusan juta adan tanpa garansi dan ini aturan govt). nah karena itu urusan service mestinya beres itu nomor satu, karena dibawah langsung itu brand, tapi ini hanya teori, selain urusan perangkat non manusia, faktor manusia juga ngaruh, apalagi ada beres yang milik perorangan, buka hanya ikut aturan saja, dan belum tentu juga semua diikuti.
terus balik lagi ke konsumen sendiri, ada yang ga mau pusing rela bayar mahal d, tapi ada yang ga mau pusing tapi ga mau bayar, jadilah beres juga pusing ketambahan demografis karakter konsumennya bisa jadi gitu semua. giliran konsumen mau pusing dan mau bayar eh dapet beres yang faktor manusianya kurang sesuai ATPM. makin ribet d.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Dec 15, 2015 23:46
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Kebetulan saya pemakai peugeot brand non mainstream selama ini saya service di beres astra peugeot aman2 aja ga pernah ada keluhan componen fast moving lengkap, setiap ganti part kyk kaki2 , engine mounting, aki semua ada garansinya, tapi yg gak enak sama brand ini part slow movingnya indentny sebulanan wkwkw kemarin kaca depan saya pecah musti indent karena peugeot yg saya pakai ga umum dan masih tahun muda jadi belum ada copotan DLL
haha

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Jan 04, 2018 3:24
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Worthed atau nggak sih sepertinya balik ke individu masing2 yaaa, kalau emang si empunya mobil orangnya simple, kurang faham kendaraan taunya make doang, dan selalu insecure kalau ditangani sesuatu bukan oleh "ahlinya" it's mean that the manufacturer authorized service pasti yakin akan memilih BeRes karena menurut mereka worry free. Beda dengan orang yang memiliki kendaraan suka merawat kendaraan, pasti dia akan cari bengkel alternative yang recomended, pertama kita bisa discuss lebih jauh dangan sang mekanik tetang kendaraan tersebut dan penyakit apa yang selalu kambuhan dimobil tersebut supaya kita lebih aware. kedua, entah kenapa mekanik non beres itu dia lebih peka terhadap masalah mobil dan pasti ketemu penyakitnya dan yang terakhir sih cost yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dan bisa nego.
Saran saya, selama kendaraan masih warranty gpp kita pake fasilitas service di BeRes tapi kalo udah diluar itu bolehlah kita coba2 bengkel non beres. Saran saya cari bengkel alternative yg emang biasa megang 1 brand dan kalo lebih enaknya sparepart bisa kita beli sendiri diluar sekalian faham seluk beluk kendaraan.
Saran saya, selama kendaraan masih warranty gpp kita pake fasilitas service di BeRes tapi kalo udah diluar itu bolehlah kita coba2 bengkel non beres. Saran saya cari bengkel alternative yg emang biasa megang 1 brand dan kalo lebih enaknya sparepart bisa kita beli sendiri diluar sekalian faham seluk beluk kendaraan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
dr taun 90an selalu ke beres...mulai 2002 gak pernah keberes..mulai saat itu taun 2004 sering beli mobil hampir tiap taun n sama sekali gak pernah servis ke beres walo mobil masih baru skedar ganti olipun tidak walo merk toyota sekalipun beli taun 2008 di auto 2000...
sejak punya toyota taun 2016 n selalu servis ke auto 2000 n gmn pelayanannya saya akan tetap servis walo garansi sudah habis...
murah meriah
kalo merk eropa sih ogah....mahal n pelayanannya juga kalah bagus dr auto 2000...keramahan n kebebasan makan minum..
...
malah kadang kita minta ganti apa tapi tiba2 ada tagihan yg gak masuk logika..sampe saya sempat ngomel n ktnya sudah sistem
krn kasian jg terlalu marahin krn mereka hanya bekerja akhirnya di kurangin diskon...
klo itu sih kapok lah...untung udah jual
lagipula gak mau punya merk eropa terbaru..bosan pula sudah dr taun 90 pegang eropean car seri terbaru..
mknya skrg pengen sekali punya LEXUS...servis 5 taun brooooo....
pegawainya ramah n cantik keren dah...
toyota pancen oye
sejak punya toyota taun 2016 n selalu servis ke auto 2000 n gmn pelayanannya saya akan tetap servis walo garansi sudah habis...
murah meriah
kalo merk eropa sih ogah....mahal n pelayanannya juga kalah bagus dr auto 2000...keramahan n kebebasan makan minum..

malah kadang kita minta ganti apa tapi tiba2 ada tagihan yg gak masuk logika..sampe saya sempat ngomel n ktnya sudah sistem
krn kasian jg terlalu marahin krn mereka hanya bekerja akhirnya di kurangin diskon...
klo itu sih kapok lah...untung udah jual
lagipula gak mau punya merk eropa terbaru..bosan pula sudah dr taun 90 pegang eropean car seri terbaru..

mknya skrg pengen sekali punya LEXUS...servis 5 taun brooooo....
pegawainya ramah n cantik keren dah...
toyota pancen oye
-
- SM Specialist
- Posts: 16672
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Since ini tugas kuliah ane jawab secara kajian ilmiah dan mengesampingkan preferensi pribadi milih beres atau tdk ya... saya kasih poin-poin buat memudahkan.Genji wrote: Tue Oct 16, 2018 4:21 Hallo om-om semua,
Saya sedang kuliah saat ini dan sedang melakukan penelitian di salah satu dealer resmi yang baru buka.
Saya melihat mereka menawarkan banyak promo tapi impact ke konsumen yang datang sangat sedikit, menurut kepala bengkelnya sepinya hampir merata di seluruh cabang-cabang. Yang menjadi pertanyaan saya apakah memang animo masyarakat ke dealer resmi sedang menurun? Atau ada sebab lain? Seperti kualitas pelayanan saat service atau kualitas service nya sendiri? Sehingga jika benar hampir seluruh cabang dealer resmi mengalami penurunan. Mohon bantuannya kepada rekan-rekan disini.![]()
![]()
![]()
Pertama, si kabeng apakah pegang data valid atau pake "rasa-rasa" nya ? Kalopun menurun, dibandingkan taun atau bulan berapa ? Krn kalo dibilang orang servis ke bengkel luaran lebih banyak, menurut saya ga valid. Nyaris semua mobil baru di bawah 10 tahun, pasti pernah menginjakkan kaki ke dealer resmi, dan kebanyakan sih masih ke dealer resmi kalo masih kinyis.
Kedua, ini ada kaitannya dengan statistik penjualan mobil baru, lha kalo yang beli baru aja jarang, siapa yang serpis?

Ketiga, orang beli merek tripel elips sekarang klo avanza/innova rata-rata itu mobil rentalan dan teksi onlen. Kalo cm sekedar ganti oli, supir teksi onlen atau rentalan mah mending melipir ke Shop n Drive


Keempat, lokasi dealer dimana ? Kalo dealer jauh dari kota memang relatif sepi. Volume mobil nya juga tidak banyak. Dealernya deket sama perumahan atau pemukiman penduduk? Saya ada sampel beberapa beres H di kota semarang, yang deket kota relatif lebih rame sampe jam 8 pagi aja ngantri. Sementara kemarin servis di yang agak jauh dari kota, jam 8.30 aja masih kosong melompong... Jangan salah, kadang orang beli suatu merek mobil dengan alasan sesimpel "beresnya deket rumah".
Kelima, fungsi service reminder dijalankan oleh BeRes yang bersangkutan? Jgn lupa, salah satu faktor yang bikin orang ke dealer resmi adalah fungsi service reminder dari dealer. Kadang orang ga kepikiran loh buat serpis. Cm tau pake.
Tapi kalo ngomong turun, sekarang bisnis juga lagi kurang bagus... dan sialnya mobil itu juga penopang bisnis jadi penurunan trendnya pasti berpengaruh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Terakhir service ke beRes T (sekitar 2016) pasang wiper nya kebalik kiri n kanan, jadi sejak itu ke bengkel spesialis aja. Sekelas merek itu aja begitu, gmn merek lain yg terkenal kurang pelayanannya.

-
- SM Specialist
- Posts: 16672
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
dan terkadang yang bikin orang males ke beres itu ribet SOP...
macem pergi ke bank.
sampe ada beberapa dealer yang skip bagian checksheet atau cm dikerjain sekedarnya. Dulu di tempat magang ane istilah jowone "nritik nemen" ... dent sekecil apapun harus mashook... masalahnya, itu yg kadang bikin antrian lama

sampe ada beberapa dealer yang skip bagian checksheet atau cm dikerjain sekedarnya. Dulu di tempat magang ane istilah jowone "nritik nemen" ... dent sekecil apapun harus mashook... masalahnya, itu yg kadang bikin antrian lama

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Saya rutin ke beres tapi utk beli filter oli aja utk menghindari filter oli yg palsu di toko2 onderdil. Selebihnya saya di bengkel langganan, kl oli nya saya ada toko terpercaya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?
Servis di beres itu kebanyakan ngejar quantity dibanding quality.
Maksudnya mereka ngejar omset sebanyak mungkin dengan ngerjain secepatnya, jadi kadang yang tidak sesuai SOP standar, mereka tidak mau kerjain.
Contoh gampangnya, bersihin kampas rem, di beres sekarang kebanyakan maunya main semprot² brake cleaner, tanpa mau di-amplas dulu yang bener.
Coba suruh setel klep, pasti alasannya kalau km rendah, dibilang belum perlu, karena itu untuk km tinggi.
Dll.
Share sedikit, saya ada pengalaman buruk dengan beres motor Y di flagship dealer kota saya. Motor
servis berkala, rawatan berkala beres tersebut sejak baru. Umur saat itu paling 6 bulan, km baru 3000 an. Saat servis ke-3, saya beritahu, itu klep motor sepertinya kendor, karena ada bunyi klak².... Dan minta bersihkan CVT. Tau, apa komentar mekanik dan kepala mekanik? Mereka bilang belum perlu setel klep, karena km masih rendah. Padahal mereka dengar ada bunyi juga seharusnya, tapi dibilang ga masalah. Alhasil seminggu kemudian motor tak bawa ke beres lain yang jaraknya 50 km dari kota saya, dan di beres sono yang kecil, perlakuannya beda karena mementingkan quality. Owner nya turun tangan dan bilang ini klep ga beres. CVT dibuka kotor bener, pasti ga pernah dibersihkan dari baru. Lalu yang lebih mantap lagi, mereka menemukan ada laker tang bunyi abnormal dan mau di claimkan garansi.
Kesimpulannya, banyak beres yang tidak bisa bekerja dengan baik. Mereka hanya seperti robot maunya jalanin sesuai SOP yang ada, tanpa lihat kenyataan real di lapangan, karena mereka mengejar omzet, bukan quality.
Ditambah kualitas mekanik dan kepala mekanik serta kabeng yang seringkali tidak mampu. Apalagi banyak mekanik magang STM yang malah bikin kerjaan tambah ruwet.
Juga peralatan kerja beres pun sering kalah dibanding bengkel umum. Ga semua beres punya ATF Changer. Ga semua beres punya kunci torsi yang harus dipake oleh mekanik dalam mengencangkan setiap baut.
Lalu? Apa bedanya beres dengan bengkel umum biasa?
Bedanya jujur hanya 1, dia ada logo brand tertentu.
Maksudnya mereka ngejar omset sebanyak mungkin dengan ngerjain secepatnya, jadi kadang yang tidak sesuai SOP standar, mereka tidak mau kerjain.
Contoh gampangnya, bersihin kampas rem, di beres sekarang kebanyakan maunya main semprot² brake cleaner, tanpa mau di-amplas dulu yang bener.
Coba suruh setel klep, pasti alasannya kalau km rendah, dibilang belum perlu, karena itu untuk km tinggi.
Dll.
Share sedikit, saya ada pengalaman buruk dengan beres motor Y di flagship dealer kota saya. Motor
servis berkala, rawatan berkala beres tersebut sejak baru. Umur saat itu paling 6 bulan, km baru 3000 an. Saat servis ke-3, saya beritahu, itu klep motor sepertinya kendor, karena ada bunyi klak².... Dan minta bersihkan CVT. Tau, apa komentar mekanik dan kepala mekanik? Mereka bilang belum perlu setel klep, karena km masih rendah. Padahal mereka dengar ada bunyi juga seharusnya, tapi dibilang ga masalah. Alhasil seminggu kemudian motor tak bawa ke beres lain yang jaraknya 50 km dari kota saya, dan di beres sono yang kecil, perlakuannya beda karena mementingkan quality. Owner nya turun tangan dan bilang ini klep ga beres. CVT dibuka kotor bener, pasti ga pernah dibersihkan dari baru. Lalu yang lebih mantap lagi, mereka menemukan ada laker tang bunyi abnormal dan mau di claimkan garansi.
Kesimpulannya, banyak beres yang tidak bisa bekerja dengan baik. Mereka hanya seperti robot maunya jalanin sesuai SOP yang ada, tanpa lihat kenyataan real di lapangan, karena mereka mengejar omzet, bukan quality.
Ditambah kualitas mekanik dan kepala mekanik serta kabeng yang seringkali tidak mampu. Apalagi banyak mekanik magang STM yang malah bikin kerjaan tambah ruwet.
Juga peralatan kerja beres pun sering kalah dibanding bengkel umum. Ga semua beres punya ATF Changer. Ga semua beres punya kunci torsi yang harus dipake oleh mekanik dalam mengencangkan setiap baut.
Lalu? Apa bedanya beres dengan bengkel umum biasa?
Bedanya jujur hanya 1, dia ada logo brand tertentu.