Sekilas test drive CR V 2007
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22013
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Sekilas test drive CR V 2007
Setelah set appointment dgn sebuah dealer HOnda di Jkt Barat, maka tadi siang sekitar jam 11.30 saya menyempatkan diri test drive CRV 2007 type 2.0 A/T
ga jauh dari lokasi showroom ada jalanan yg tidak begitu besar & kebetulan sekali kondisi jalanan tsb. sedang rusak dengan lubang lubang cukup besar di sana sini.
CR V melibas lubang lubang tsb. dengan cukup enak, lalu melewati lintasan jalan kereta, ga jauh dari lokasi tsb. tibalah di suatu kawasan kompleks perumahan yang cukup banyak polisi tidur selang bbrp ratus meter........
.......setiap mendekati polisi tidur mobil saya gas hingga kec. mencapai 40 - 45 km/jam dan si CR V melintas polisi tidur dengan mudahnya, tanpa ada jedag - jedug rubber stopper, suspension travelnya cukup lumayan rupanya.
SEcara keseluruhan suspensi mobil ini boleh dikatakan nyaman utk ukuran SUV di kelas harga 260 - 300 jt., nyaman utk penggunaan dalam kota / low - medium speed / melintas jalan yang jelek, sedang stabilitas utk kec. tinggi masih belum diketahui.
Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000
Transmisi otomatik mobil ini bekerja secara harmonis dgn mesin & gerakan pedal gas kaki kita, dia akan segera pindah gigi kapanpun kita mau. Saat berakselerasi saya coba gas hingga 3500 RPM dan lepas dikit dia lgs upshift, begitupun saat di gas hanya hingga 2500 RPM saja, dan perpindahan giginya mulusss
Utk noise insulation scr keseluruhan cukup baik, hanya saja sayup2 tyre roar sedikit terdeteksi, sedang wind noise pada kec. tinggi belum diketahui.
Throttle response mesin mobil ini cukup baik, hanya saja bila di gas agak sedikit dalam masih terasa ada sedikit lag antara gerakan kaki & response mesin, sepertinya Ground Cable dibutuhkan utk mesin R20A yg sudah ber TBW ini.
Utk peredaman, utk mencapai tingkat noise insulation yg lebih baik bisa ditambahkan material peredam.
Tingkat kepakeman rem oke banget, apalagi mengingat transmisinya otomatis, injak gak perlu dalam dalam maka mobil berhenti dgn segera.
Demikian sekilas report CR V 2007
ga jauh dari lokasi showroom ada jalanan yg tidak begitu besar & kebetulan sekali kondisi jalanan tsb. sedang rusak dengan lubang lubang cukup besar di sana sini.
CR V melibas lubang lubang tsb. dengan cukup enak, lalu melewati lintasan jalan kereta, ga jauh dari lokasi tsb. tibalah di suatu kawasan kompleks perumahan yang cukup banyak polisi tidur selang bbrp ratus meter........
.......setiap mendekati polisi tidur mobil saya gas hingga kec. mencapai 40 - 45 km/jam dan si CR V melintas polisi tidur dengan mudahnya, tanpa ada jedag - jedug rubber stopper, suspension travelnya cukup lumayan rupanya.
SEcara keseluruhan suspensi mobil ini boleh dikatakan nyaman utk ukuran SUV di kelas harga 260 - 300 jt., nyaman utk penggunaan dalam kota / low - medium speed / melintas jalan yang jelek, sedang stabilitas utk kec. tinggi masih belum diketahui.
Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000
Transmisi otomatik mobil ini bekerja secara harmonis dgn mesin & gerakan pedal gas kaki kita, dia akan segera pindah gigi kapanpun kita mau. Saat berakselerasi saya coba gas hingga 3500 RPM dan lepas dikit dia lgs upshift, begitupun saat di gas hanya hingga 2500 RPM saja, dan perpindahan giginya mulusss
Utk noise insulation scr keseluruhan cukup baik, hanya saja sayup2 tyre roar sedikit terdeteksi, sedang wind noise pada kec. tinggi belum diketahui.
Throttle response mesin mobil ini cukup baik, hanya saja bila di gas agak sedikit dalam masih terasa ada sedikit lag antara gerakan kaki & response mesin, sepertinya Ground Cable dibutuhkan utk mesin R20A yg sudah ber TBW ini.
Utk peredaman, utk mencapai tingkat noise insulation yg lebih baik bisa ditambahkan material peredam.
Tingkat kepakeman rem oke banget, apalagi mengingat transmisinya otomatis, injak gak perlu dalam dalam maka mobil berhenti dgn segera.
Demikian sekilas report CR V 2007
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Kok ada kata orang yg nyetir CRV 07 suspensinya lumayan keras dibanding generasi2x sebelumnya? Apa benar?
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Minggu lalu ketemu orang yg punya CRV 07 katanya suspensinya ngga enak terlalu keras dibanding pendahulunya. Gw sih belom pernah naik sih...
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 358
- Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52
-
- SM Specialist
- Posts: 22013
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu May 31, 2007 12:31
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Dr dulu juga CR-V basisnya Civic http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_CR-V... bisa aje sales Honda ngecap...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Sekilas test drive CR V 2007
Gigi berapa ini Bos..?Turboman wrote:Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Gak sepenuhnya basis Civic sih, cuma platform-nya aja yang sama. Honda punya 3 global platform, medium, small, dan baru-baru ini, compact. Gw gak tau istilah yang mana yang bener tapi gw tau pasti kalau medium itu Accord dan sejenisnya, platform ini dapat diidentifikasikan dengan suspensi double wishbone depan belakang. Small (kayaknya) dapat diidentifikasikan dengan suspensi mcpherson strut depan dan double wishbone belakang. Sementara compact (kayaknya) yang baru diperkenalkan dengan kehadiran Jazz/Fit, suspensi mcpherson strut depan dan torsion beam belakang... Gw mungkin terbalik antara small dan compact.
Penamaan platform ini memang membingungkan, contoh; Civic Euro hatch menggunakan suspensi mchperson strut dengan torsion beam, yang artinya dia pakai platform compact... Tapi, ukuran Civic Euro hatch jauh lebih besar dibandingkan ukuran Jazz/Fit. Sama kayak Honda Airwave aja, wheelbasenya lebih panjang sedikit dibanding Jazz/City tapi menggunakan suspensi sama.
Setau gw sih Honda dan Toyota itu jagonya cetak berbagai tipe mobil dari satu platform. Tapi gak cuma cetak mobil yang mirip-mirip, Honda/Toyota juga mampu tarik ulur platform yang tersedia untuk membuat mobil dengan berbagai ukuran.
Selanjutnya bisa dibaca disini:
http://www.classicmotorstt.net/tradition_strategy.shtml
Penamaan platform ini memang membingungkan, contoh; Civic Euro hatch menggunakan suspensi mchperson strut dengan torsion beam, yang artinya dia pakai platform compact... Tapi, ukuran Civic Euro hatch jauh lebih besar dibandingkan ukuran Jazz/Fit. Sama kayak Honda Airwave aja, wheelbasenya lebih panjang sedikit dibanding Jazz/City tapi menggunakan suspensi sama.
Setau gw sih Honda dan Toyota itu jagonya cetak berbagai tipe mobil dari satu platform. Tapi gak cuma cetak mobil yang mirip-mirip, Honda/Toyota juga mampu tarik ulur platform yang tersedia untuk membuat mobil dengan berbagai ukuran.
Selanjutnya bisa dibaca disini:
http://www.classicmotorstt.net/tradition_strategy.shtml
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Re: Sekilas test drive CR V 2007
Ndak beda jauh kok ama GV dan Xtrail 2000, max torque pada 4200 RPM, GV dan Xtrail malah di 4000 RPM, tapi belum liat chartnya sih...uch wrote:Gigi berapa ini Bos..?Turboman wrote:Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Apr 02, 2007 8:29
- Location: Seminyak, Bali
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Ngomong2x CRV sekarang harganya berapa OTR? Dan apa sudah pakai jok kulit segala?
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51
lumayan lah cr-v baru, overall puas, tp yah harga suku cadangnya yg ga nahan klo honda.
yg 2004 ntu yg 2.0cc yah?kyknya ga mungkin deh mpe 1:6
klo yg baru ,yg 2.0 ganti mesin, seri K, skarang pake seri R, mesin civic.
soal boros, tergantung yg make kali y, sejauh ini paling jelek 1:8-9 kalo macet-macet total ><
klo sehari2 yah 1:10-12 kombinasi tol & dalkot, luar kota blm coba, masi sayang; huehe...
klo yg 2.4 pake mesin accord, konsumsi bensin; no komen krn blm coba.
buat perbandingan 2.0 seri K & R:
http://asia.vtec.net/Engines/R20A/index.html
yg 2004 ntu yg 2.0cc yah?kyknya ga mungkin deh mpe 1:6
klo yg baru ,yg 2.0 ganti mesin, seri K, skarang pake seri R, mesin civic.
soal boros, tergantung yg make kali y, sejauh ini paling jelek 1:8-9 kalo macet-macet total ><
klo sehari2 yah 1:10-12 kombinasi tol & dalkot, luar kota blm coba, masi sayang; huehe...
klo yg 2.4 pake mesin accord, konsumsi bensin; no komen krn blm coba.
buat perbandingan 2.0 seri K & R:
http://asia.vtec.net/Engines/R20A/index.html
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
Re: Sekilas test drive CR V 2007
Ground Cable itu apaan sih ?Turboman wrote: Throttle response mesin mobil ini cukup baik, hanya saja bila di gas agak sedikit dalam masih terasa ada sedikit lag antara gerakan kaki & response mesin, sepertinya Ground Cable dibutuhkan utk mesin R20A yg sudah ber TBW ini.
gw pernah bawa Honda Step Wagon teman klo di lampu merah waktu start yah gitu pedal gas udah di ijak tapi respons nya telat klo di pancing dgn injak agak dalam tarikan mobil langsung terasa hentakannya. apa ini efek dari drive by wire?
klo yang 2.4 itu pure mesin accord ya? klo ngak salah cuma versi 2.4 doang yang ada connector buat iPod ya?dnz wrote:lumayan lah cr-v baru, overall puas, tp yah harga suku cadangnya yg ga nahan klo honda.
yg 2004 ntu yg 2.0cc yah?kyknya ga mungkin deh mpe 1:6
klo yg baru ,yg 2.0 ganti mesin, seri K, skarang pake seri R, mesin civic.
soal boros, tergantung yg make kali y, sejauh ini paling jelek 1:8-9 kalo macet-macet total ><
klo sehari2 yah 1:10-12 kombinasi tol & dalkot, luar kota blm coba, masi sayang; huehe...
klo yg 2.4 pake mesin accord, konsumsi bensin; no komen krn blm coba.
buat perbandingan 2.0 seri K & R:
ホンダ NSR レヌ バィク
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter