jivos wrote: Tue Aug 14, 2018 12:21
@ agathos
Dibatasi time frame gitu, kliatan angka aslinya y

beneran sepadan/tdk nya.
Itu cost bbm lumayan jg angkanya..xixixi...
Btw, um sbg user yg skrg sdh pk slh satu dream fav di 4x4 vehicle, klo d mundurin waktu, mbl mana yg akan um kejar? Ato tetap akan k j200?
@sukerdan
Itu live axle yg dmaksud? Solid axle ato IFS type y um?
Live axle merujuknya ke solid axle om.. Kalo IFS itu independent front suspension, tipe ini yang paling banyak beredar saat ini.. Cth hilux vigo, fortuner, trooper, PJS, navara semua IFS
Kalo konfigurasi yang cocok, semua akan ada plus minusnya menurut saya..
misal
Solid - solid = artikulasi suspensi paling ok ground clearance biasanya paling tinggi, offroadability paling maksimal, juga ketahanan kaki2 paling superior, minusnya kenyamanan biasanya terkorbankan contoh: JK, JL, VX80, jimny, Gclasse pre 2019
IFS - solid = artikulasi suspensi depan terbatas, tp terkompensasi dengan artikulasi live axle belakang, kaki2 agak rawan kalo serampangan cara pakainya pas offroad, biasanya kelemahan di cv joint, grond clearance medium, kenyamanan di berbagai macam medan relatif baik contoh: prado, fortuner, pjs, trooper, gclasse 2019dll
all independent = artikulasi suspensi dan ground clearance relatif jelek (tergantung desain kaki2) jadi kemungkinan bakal sering ngangkat ban kalau lewat trek yg butuh travel suspensi maksimal, banyak komponen kaki2 yang perlu diwaspadai perawatannya, kenyamanan paling superior cth: mitsubishi shogun (pajero), bbrp tipe range rover