Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bro gw mau nanya,gw punya keuangan terbatas dalam memilih mobil.pengennya sih yang tahun mudaan tapi harus bisa ngangkut keluarga banyak plus irit dalam konsumsi bahan bakar.dari pengamatan dan nanya2 akhirnya sampailah pada 2 pilihan mobil.yang mau gw tanyain lebih worth yang mana xenia Li vvti baru sporty apa APV X bekas? kalo dilihat dari konsumsi bahan bakar,kenyamanan,spare part dan maintenance sehari2
tolong kasih gw saran biar ga salah pilih,coz ini mobil pertama gw
mohon bantuannya dari pengalaman2 bro semuanya
kalo cuma itu pilihannya gw mending xenia baru ktmbang APV bekas, kalo bekas kt gaktau trackrecordnya, bisa2 beli penyakit meski tdk berarti xenia baru jg bebas masalah,tp paling gak kita tau dari awal.
Mendingan Xenia baru, lebih irit lagi kena vvti nya. tapi klo masalah kenyamnan, mungkin anda akan sedikit terganggu dengan suara agak bising di bagian belakang karena minim peredam...kalo spare parts rasanya tidak beda jauh dengan APV. jangan beli bekas deh pak. beli bekas biasanya tampak luar: bodi mulus, mesin diliat g ada apa2, tapi kita ga tau jeroan mesinnya gimana apa rusak ato tidak. Mending saran saya beli yang baru...itu klo menurut saya...
ojrit wrote:trus kalo perbandingan bahan bakarnya gimana bos? apv itu boros ya?konsumsi bahan bakarnya berapa banding berapa bos?
Kalo Xenia itu 1298cc dan APV 1493cc
jadi aga lebi borosan APV, pak...
berarti konsumsi bbm (dlm kota)
Xenia = 1L 11km-an
APV = 1L 8,8km-an (menurut Majalah Auto Bild)
Suzuki APV (bekas) Vs Daihatsu Xenia Li (baru) :
Mobil bekas banyak masalah tak terduga... arus kas keluarga bisa terganggu..
Daihatsu Xenia Li...
1000 CC = pasti irit..
Baru = minimum 3 tahun gak pusing mikir pemeliharaan / semua masih garansi.
Jadi arus kas keuangan keluarga bisa stabil.
Suzuki hanya menang di daya angkut
Jadi ajak aja keluarga ke showroom Daihatsu... semua diminta duduk didalam Xenia... kira-2 terlalu sempit atau tidak
Tips cari APV seken:
1). cari yang tipe GX (AC sdh. double blower).
2). kilometer-nya masih rendah, klo bisa dibawah 20rb - tapi jarang ada (karena biasanya di km 40rb-an laher roda depan sudah aus, rata2 di km 50rb-an plat kopling sdh. siap2).
3). minimnya cari yg. tahun 2006 (sudah garansi 3 tahun / 100rb km).
4). Perhatikan ban depan, klo yg. tidak dirawat/jarang spooring akan cepat aus bagian dalam (karena APV tdk. ada baut chamber).
plus:
- mantap & stabil di tanjakan walau beban penuh.
- bisa muat banyak orang + barang.
- bbm lukot: 1:12-15.
- perbaikan masih bisa di bengkel pinggir jalan, gak harus ke bengkel resmi (Kecuali masih masa garansi supaya tidak hangus).
- fast moving spare-part yang ORI murah/terjangkau.
minus:
- bbm dalkot : 1:6-10 (rata2). Tergantung driving style.
- mesin di bawah jok depan, bagi yang belum biasa sedikit merepotkan utk. maintenance sendiri.
Ambil xenia aja bung ojrit,sudah pasti lebih irit, daya angkut ga beda jauh..APV repot buat perawatan karena mesin di bwah dan suhu kabin mungkin lebih panas..
soalnya kynya harganya ga beda jauh ya?CMIIW
dan sepertinya 1300 lebih laku karena kadang2 peruntukan xenia itu kan untuk angkut orang banyak / barang, jadi kalo tenaga (cc kecil) kecil biasanya orang agak segan untuk beli (ini sih masalah resale value aja kali ya).
beli 1300cc lebih enak tarikannya tapi ya itu pasti lebih boros dari yang 1000 cc CMIIW
xenia 1.0 itu lebih boros daripada yang 1.3 kalo dipake sehari-hari dalam kota karena xenia 1.0 tenaganya kecil sekali jadi perlu menginjak gas dalem2 supaya bisa jalan
akibatnya konsumsi BBM jadi lebih boros....
ingat xenia 1.0 itu cuma 3 silinder sedangkan yg 1.3 itu sudah 4 silinder, jadi jelas performa xenia 1.3 lebih meyakinkan daripada yang 1.0...
xenia 1.0 itu lebih boros daripada yang 1.3 kalo dipake sehari-hari dalam kota karena xenia 1.0 tenaganya kecil sekali jadi perlu menginjak gas dalem2 supaya bisa jalan
akibatnya konsumsi BBM jadi lebih boros....
ingat xenia 1.0 itu cuma 3 silinder sedangkan yg 1.3 itu sudah 4 silinder, jadi jelas performa xenia 1.3 lebih meyakinkan daripada yang 1.0...
soal karimun gw kurang tau yah.... tapi kalo xenia gw lebih nyaranin utk ambil yg Xi (1300cc) daripada yang Li (1000cc).....
soal xenia 1000cc udah banyak yg bilang termasuk media cetak otomotif yg bilang kalo xenia 1.3 lebih irit daripada yang 1.0 kalo dipakai sehari-hari, begitu juga dengan performanya...
Hansen wrote:xenia 1.0 itu lebih boros daripada yang 1.3 kalo dipake sehari-hari dalam kota karena xenia 1.0 tenaganya kecil sekali jadi perlu menginjak gas dalem2 supaya bisa jalan
akibatnya konsumsi BBM jadi lebih boros....
...............
Ya, ini bener....
ratio gear Xe Li gede2 jadi RPM tinggi terus, berbeda dgn yg XI (1300cc) yg agak kecil gear-nya.
Tapi kalo jln datar2 aja, trus bisa pertahankan RPM max di 3000, yg Li (1000cc) lebih irit dari yg XI (1300cc).
Tapi kalo dipake luar kota (baca: rata2 100 km/h) pasti yg li lebih boross, ato paling sebagus2-nya ya sama.
Boss, coba cek ke daihatsu, setahu gw xenia lebih laku yg Li (1000) dibanding yg Xi (1300), coba aja lihat dijalan2 lebih banyak Li berkeliaran dibanding Xi. Kalau u/ performance Xi lebih mantap tapi kalau Li secara umum lebih irit (punya gw 1:11 rute kombinasi)
Bung Ojrit, kl mau ambil mobil mendingan yg baru aja boss... lebih terjamin.
Pilihan bung antara Xenia Li dan APX 2nd masing2 ada kelebihan & kekurangannya.
Kl pilih Xenia Li, kapasitas muatnya lebih kecil, tenaga mesinnya juga kalah jauh, daya angkut juga sedikit (baru muat 4 orang saja suspensinya sepertinya sudah turun banget - mobilnya ngeblesek ). Konsumsi BBM lebih irit dibandingkan APV. Kecepatan tinggi kurang stabil.
Untuk APV, kecepatan tinggi lebih stabil, daya angkut lebih besar & lebih lapang (penumpang lebih nyaman). BBM lebih boros.
Saran saya sih pilih Xenia atau Avanza yg 1300cc aja bung. Pilih yg baru aja biar puas, kan sekarang suku bunga udah murah.
Di BCA (KKB) untuk yg 1 th bunganya 3,88%(u/DP 20%) dan 4,9 % (u/ DP 30%).
mendingan pilih mobil baru lah, tp menurut gw apv ama xenia mah ngga enak dipakenya, melayang apalgi klo di tol disusul ama bus, tp klo saran gw mendingan ambil yang baru bro.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI