Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by iwing »

solidgear wrote: Mon Oct 01, 2018 4:51 :emo-flowerforyou: Om Om mau tanya dong, seberapa besar pengaruh kualitas oli terhadap penghmatan BBM,
apakah dengan viskositas sama dan jenis sama (Full Synth) setiap merk oli berbeda konsumsi BBM-nya??

contoh Oli X dangan Y dengan jenis yang sama spek yang sama apa ada perbedaan keduanya dalam konsumsi BBM-nya?

kemudian mengenadi aditif oli atau penambahan perlindungan mesin seperti Liqui Moly Ceratec seberapa besar pengaruh terhadap pelindungan mesin yang di gadang gadang memliliki kemampuan menambah lapisan perlindungan dinding silinder dgn piston, apa efek positif dan negatifnya buat mesin.

terima kasih

:emo-flowerforyou:
setau saya, oli dengan embel2 resource conserving (RC) yang paling licin dibanding oli tanpa RC meskipun viskositas sama. mesti nya kalo pake oli dengan label ini, lebih irit pemakaian bbm nya cuma gak tau brp persen irit nya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

exflowly wrote:
solidgear wrote: Mon Oct 01, 2018 4:51 :emo-flowerforyou: Om Om mau tanya dong, seberapa besar pengaruh kualitas oli terhadap penghmatan BBM,
apakah dengan viskositas sama dan jenis sama (Full Synth) setiap merk oli berbeda konsumsi BBM-nya??

contoh Oli X dangan Y dengan jenis yang sama spek yang sama apa ada perbedaan keduanya dalam konsumsi BBM-nya?

kemudian mengenadi aditif oli atau penambahan perlindungan mesin seperti Liqui Moly Ceratec seberapa besar pengaruh terhadap pelindungan mesin yang di gadang gadang memliliki kemampuan menambah lapisan perlindungan dinding silinder dgn piston, apa efek positif dan negatifnya buat mesin.

terima kasih

:emo-flowerforyou:
Pertanyaan yang bagus ni om. Saya share apa yang saya observasi sampai saat ini ya.

Faktor penghematan dari oli sendiri sbnrnya kecil, apalagi kalau dibandingkan dengan cara bawa mobil yang tepat. Faktor penghematan BBM dari pemilihan oliyang "lebih licin" paling sekitar 5% max. Memang ada jenis mesin yang "pas" pake oli tertentu, tapi kalo mau gonta ganti viskositas di rentang tertentu (w20-w40, merk oli macem2x), biasanya penghematannya max 5%... itu pun kalo gaya berkendara 100% sama (agak susah). Boleh ditanyakan kalo ada merk launching oli baru, dia bisa ngomong berapa persen penghematan BBMnya:

https://www.youtube.com/watch?v=-hVVHsoepQ0

(fast forward sampe 1:12 - ".... lebih hemat bahan bakar sampai 2,6%")

2,6% itu hemat sekitar 2,6 liter dari pemakaian 100 liter. Jadi kalau anda bawa mobil anda keliling-keliling pake oli yang baru, cuman lebih hemat 2,6 liter dari oli yang lama setelah anda isi tangki 100 liter ~ kecil sekali sebenarnya faktor penghematan BBM dari oli, dan so pasti faktor berkendaranya kudu 100% sama.

Sedangkan kalo gaya berkendara anda modif, entah lebih tenang/taktis bawanya atau tuning engine supaya lebih bertorsi dan pas di rentang kecepatan yang anda sering jalan.... penghematan bisa lebih dari 10%.

Jaman sekarang ada beberapa jenis oli kategori FE, fuel conserving atau ILSAC GF-5, di mana additif FM (friction modifyer) bisa membuat mesin jadi lebih "licin" dan pumping loss (dari pompa oli dan perputaran mesin) juga berkurang, sehingga diharapkan BBM bisa lebih hemat. FM aditif ini biasanya berupa boron dan moly, ada juga yang pake zat lain... tapi dua ini biasanya yang paling umum. Jenis moly dan boronnya... nah, ini tergantung masing-masing merk, oli yang pake moly merk A belon tentu sama dengan moly dari merk B.

Tapi masalah licin-licinan dan cocok-cocokan ini butuh sample yang banyak dan data lewat analisa oli bekas/maupun baru dari tiap mesin. Misalnya ni, untuk 2KD, dari pengalaman saya, oli yang paling enak, licin dan ok buat mesin ini adalah Delvac 1 (D1). Saya sdh pernah pake Total 9000, Mobil 1 0w40, Toyota 15w30 dan Q8 Excel Diesel. Dari semua ini D1 yang paling enak buat saya, dan hasil test juga menunjukkan tingkat keausan mesin yang baik (Fe sekitar 2ppm per 1000km) dengan interval penggantian 10rbkm. Toyota 15w40 pun juga ok kok, merk lain juga ok, tapi data dari analisa lab oli D1 ini bagus, dan karena olinya cepet encer kalo pagi (dibandingkan 15w), saya rasakan pas jalan pagi pun cepet jadi enteng. Kalau sudah panas/bawa jalan lama, suara mesin tetap tenang dan gak berisik. Tentunya ada oli lain yang cocok di 2KD, tapi dari observasi saya, oli ini cocok buat mesin 2KD ini.

Dari segi aditif, saya belum pernah pake Ceratec, walaupun sudah pernah coba/pake yang lainnya. Sekarang ini saya lagi coba merk lain, dan saya akuin setelah saya pake mesin jadi lebih enteng (terutama pas lepas gas) dan BBM juga lebih hemat. Sekarang 2KD saya FC ssekitar 1:10-11 walaupun sering dalam kota, dan untuk M52 bisa dapet 1:6-7, dengan kondisi kedua mobil ini sudah tidak standard dari segi mesin. Sebelum pake aditif FC 2KD saya sekitar 1:9-10 dan untuk M52 dapet cuman 1:5-6, jadi improvement dari aditif ini lebih dari 10%. Selain itu, temperatur di silinder head juga turun dari biasanya 95 derajat pas cruising sekarang jadi cuman 92 derajat, dan kalo stabil bisa 90 derajat di M52. Di 2KD saya gak bisa cek karena gak tau gimana caranya cek tempt silinder head. Di 2KD aditifnya dicampur dengan D1 (dengan konsentrasi amat minim 1 oz per liter) dan di M52 campurnya sama oli Kendall DX-A (konsentrasi 2oz per liter).

Gitu kira-kira yang dapat saya share. Penggunaan aditif ini juga ada cocok-cocokannya juga, kalo mau yang jelas kudu cek lab. Nanti rendananya oli saya ini juga akan saya uji lab buat memuaskan penasaran saya saja...hehehe...
[emoji106] [emoji106] [emoji106]
* Bukan ajakan Beli *
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by rudyzanetti »

Om2 numpang tanya donk.
Suhu temperatur oli yg aman itu maksimal brp derajat ya?
K3ve kebetulan uda pasang oil temp. Normalnya oli itu di temperatur brp ya?
Kl dimobil saya sih anteng di kisaran plus minus 100 c.
Kl sering di geber rpm tinggi di gigi rendah (maklum di Lampung blm ada tol) bisa sampe 110-115 c.
Kena macet parah malah kadang turun ampe 90 c.
Batas max aman temperatur oli itu sampe brp sih?
Makasih om :big_deal:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

rudyzanetti wrote:Om2 numpang tanya donk.
Suhu temperatur oli yg aman itu maksimal brp derajat ya?
K3ve kebetulan uda pasang oil temp. Normalnya oli itu di temperatur brp ya?
Kl dimobil saya sih anteng di kisaran plus minus 100 c.
Kl sering di geber rpm tinggi di gigi rendah (maklum di Lampung blm ada tol) bisa sampe 110-115 c.
Kena macet parah malah kadang turun ampe 90 c.
Batas max aman temperatur oli itu sampe brp sih?
Makasih om :big_deal:
pemilihan oli menyesuaikan thd suhu oli sebuah mesin

jika kondisi spt di atas maka paling encer ya SAE 5W30 aja

bahkan kalo sering high RPM lebih baik pake 0W40 / 5W40 jika suhu oli mesin sampe 115 deg C
* Bukan ajakan Beli *
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by vp920b »

Mau tanya lagi dong..

Untuk merek oli apa yang compliance dengan ACEA A3/B4?

Karena tucson diesel mintanya oli tersebut..

Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

vp920b wrote:Mau tanya lagi dong..

Untuk merek oli apa yang compliance dengan ACEA A3/B4?

Karena tucson diesel mintanya oli tersebut..

Thanks
banyak banget

Tapi kalo pake yg HDEO API CJ-4 / CK-4 tentu akan lebih baik lagi krn mempertimbangkan kadar sulphur solar Indo

atau pakai yg MB 229.5 krn 229.5 berbasis A3 / B4 yg lebih ditingkatkan lagi

MB 229.5 yg lagi promo saat ini si Q8 Excel LongLife
* Bukan ajakan Beli *
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by W42d »

Pagi om semua, mau minta masukan ni. Avanza ane th 2010 KM 80rb-an, terakhir ganti oli dec 17 pake kendall full syn 5w30. Rencana mau ganti lagi di des 18 dgn KM yg cuma nambah 5rb-6rb. Masalahnya sekarang rada susah ya nyari kendall n harganya uda ga promo lagi. Masih ada sisa 1L pula bekas kmrn ganti oli. Enaknya ganti oli apa ya om? Mau nya yg bisa dipake 1 th, KM ga sampe 10rb, BBM pertalite. Thank you om semua.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

W42d wrote:Pagi om semua, mau minta masukan ni. Avanza ane th 2010 KM 80rb-an, terakhir ganti oli dec 17 pake kendall full syn 5w30. Rencana mau ganti lagi di des 18 dgn KM yg cuma nambah 5rb-6rb. Masalahnya sekarang rada susah ya nyari kendall n harganya uda ga promo lagi. Masih ada sisa 1L pula bekas kmrn ganti oli. Enaknya ganti oli apa ya om? Mau nya yg bisa dipake 1 th, KM ga sampe 10rb, BBM pertalite. Thank you om semua.
Shell Astra 5W30 yg promo di Bli2
* Bukan ajakan Beli *
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by rudyzanetti »

Turboman wrote: Tue Oct 02, 2018 1:13
rudyzanetti wrote:Om2 numpang tanya donk.
Suhu temperatur oli yg aman itu maksimal brp derajat ya?
K3ve kebetulan uda pasang oil temp. Normalnya oli itu di temperatur brp ya?
Kl dimobil saya sih anteng di kisaran plus minus 100 c.
Kl sering di geber rpm tinggi di gigi rendah (maklum di Lampung blm ada tol) bisa sampe 110-115 c.
Kena macet parah malah kadang turun ampe 90 c.
Batas max aman temperatur oli itu sampe brp sih?
Makasih om :big_deal:
pemilihan oli menyesuaikan thd suhu oli sebuah mesin

jika kondisi spt di atas maka paling encer ya SAE 5W30 aja

bahkan kalo sering high RPM lebih baik pake 0W40 / 5W40 jika suhu oli mesin sampe 115 deg C
Ok makasih om.. ngabisin stok kendall dxa dl. Kemarin br beli 3 galon promo bli2.com
ferrariman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Fri Feb 03, 2017 4:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by ferrariman »

ane akhirnya berhasil mencoba oli 0w-20 kendall. tapi yang ane rasakan di gerobak lcgc ane, ternyata menjadi lebih boros. sebelomnya ane pake oli shell 5w-30 mendapatkan 1:13.5 - 14.5. Sekarang ane mendapatkan 1:12 - 12.6. ane baru pake oli kendall ini kurang lebih 1000km dan isi bensin full to full 3 kali. ane masih belom tau apakah karena ane menjadi agresif sejak menggunakan oli ini. ane akan update lagi setelah ane coba sampai kurang lebih setahun atau 9000km (mana yang tercapai duluan).
efek yang ane rasakan dengan oli encer ini ya tarikannya lebih enak sih dan ngelitiknya berkurang jauh sekali walaupun masih kadang-kadang masih terdengar.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

ferrariman wrote:ane akhirnya berhasil mencoba oli 0w-20 kendall. tapi yang ane rasakan di gerobak lcgc ane, ternyata menjadi lebih boros. sebelomnya ane pake oli shell 5w-30 mendapatkan 1:13.5 - 14.5. Sekarang ane mendapatkan 1:12 - 12.6. ane baru pake oli kendall ini kurang lebih 1000km dan isi bensin full to full 3 kali. ane masih belom tau apakah karena ane menjadi agresif sejak menggunakan oli ini. ane akan update lagi setelah ane coba sampai kurang lebih setahun atau 9000km (mana yang tercapai duluan).
efek yang ane rasakan dengan oli encer ini ya tarikannya lebih enak sih dan ngelitiknya berkurang jauh sekali walaupun masih kadang-kadang masih terdengar.
Dari 5W30 ke 0W20 ya akan lebih irit lah

Dgn catatan driving style sama
* Bukan ajakan Beli *
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by saturday »

Barusan ngambil Fastron lagi tapi yang Techno 10W-40 untuk CRV 2.4L 2010 punya bokap. Beli di bengkel langganan 4.5 liter kena 385 ribu. Bokap selama ini juga pengguna setia Shell HX7 10W-40 gara-gara liat saya ambil Fastron jadi penasaran. Jarak bengkel deket banget dari rumah jadi pas dia bawa pulang enggak berasa bedanya. Mudah-mudahan sih cocok.

Kalau Fastron Techno vs HX7 gimana kira-kira komparasinya suhu?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

saturday wrote: Tue Oct 02, 2018 14:22 Barusan ngambil Fastron lagi tapi yang Techno 10W-40 untuk CRV 2.4L 2010 punya bokap. Beli di bengkel langganan 4.5 liter kena 385 ribu. Bokap selama ini juga pengguna setia Shell HX7 10W-40 gara-gara liat saya ambil Fastron jadi penasaran. Jarak bengkel deket banget dari rumah jadi pas dia bawa pulang enggak berasa bedanya. Mudah-mudahan sih cocok.

Kalau Fastron Techno vs HX7 gimana kira-kira komparasinya suhu?
10w40 apa ndak berat banget om di crv k24? Saya kemarin pake oli honda 5w30 di crv k24 saya aja udah berat banget stl jalan 6000km an, akhirnya ganti ptt 5w30 baru ngefek banget.

Saya kebetulan sering nyetirin jazz ge temen saya pake shell 10w40 aja udah bener2 berat tarikan nya, dibanding punya temen saya (jazz ge juga) pake oli honda 5w30 buat perbandingan
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by saturday »

erwinign wrote: Tue Oct 02, 2018 14:29 10w40 apa ndak berat banget om di crv k24? Saya kemarin pake oli honda 5w30 di crv k24 saya aja udah berat banget stl jalan 6000km an, akhirnya ganti ptt 5w30 baru ngefek banget.

Saya kebetulan sering nyetirin jazz ge temen saya pake shell 10w40 aja udah bener2 berat tarikan nya, dibanding punya temen saya (jazz ge juga) pake oli honda 5w30 buat perbandingan
Hehe tadi sampe diskusi dan ngubek buku manual bareng karena dia enggak percaya sama oli buntut 30, apalagi 20. Sampe telepon bengkel langganan dulu konsultasi sebelom kesana ujung-ujungnya bokap saya kaget sendiri pas dijelasin LCGC sekarang aja minumnya uda oli buntut 20 :mky_07:

Tapi ujung-ujungnya mau gimana, tetep kekeh mau 10W-40 dengan pertimbangan itu CRV udah mau 100.000 km odometernya dan prioritas keawetan mesin nomor 1.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

saturday wrote:Barusan ngambil Fastron lagi tapi yang Techno 10W-40 untuk CRV 2.4L 2010 punya bokap. Beli di bengkel langganan 4.5 liter kena 385 ribu. Bokap selama ini juga pengguna setia Shell HX7 10W-40 gara-gara liat saya ambil Fastron jadi penasaran. Jarak bengkel deket banget dari rumah jadi pas dia bawa pulang enggak berasa bedanya. Mudah-mudahan sih cocok.

Kalau Fastron Techno vs HX7 gimana kira-kira komparasinya suhu?
weleh

K24 - 2010 jangan lebih kental dari 5W30

malah kalau mau enak kasi 0W20

R20 - 2007 saya aja pake 0W20 terus
* Bukan ajakan Beli *
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

rudyzanetti wrote: Mon Oct 01, 2018 17:28 Om2 numpang tanya donk.
Suhu temperatur oli yg aman itu maksimal brp derajat ya?
K3ve kebetulan uda pasang oil temp. Normalnya oli itu di temperatur brp ya?
Kl dimobil saya sih anteng di kisaran plus minus 100 c.
Kl sering di geber rpm tinggi di gigi rendah (maklum di Lampung blm ada tol) bisa sampe 110-115 c.
Kena macet parah malah kadang turun ampe 90 c.
Batas max aman temperatur oli itu sampe brp sih?
Makasih om :big_deal:
Keren bener om bisa pasang oil temp. Saya juga mau tapi bingung mau tap di mana.

Supaya awet olinya dan mesin juga tetep ok, target suhu operating temp sekitar 90-100 derajat. Kalo jauh di atas 100 derajat, bantalan olinya makin tipis dan oli berikut mesinnya jadi gak awet karena kadar keausan tinggi. Kalo memang sering jauh di atas 100, baikan olinya ganti yang lebih tebel (xw40 atau lebih).
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by bembenk95 »

exflowly wrote: Tue Oct 02, 2018 15:53
rudyzanetti wrote: Mon Oct 01, 2018 17:28 Om2 numpang tanya donk.
Suhu temperatur oli yg aman itu maksimal brp derajat ya?
K3ve kebetulan uda pasang oil temp. Normalnya oli itu di temperatur brp ya?
Kl dimobil saya sih anteng di kisaran plus minus 100 c.
Kl sering di geber rpm tinggi di gigi rendah (maklum di Lampung blm ada tol) bisa sampe 110-115 c.
Kena macet parah malah kadang turun ampe 90 c.
Batas max aman temperatur oli itu sampe brp sih?
Makasih om :big_deal:
Keren bener om bisa pasang oil temp. Saya juga mau tapi bingung mau tap di mana.

Supaya awet olinya dan mesin juga tetep ok, target suhu operating temp sekitar 90-100 derajat. Kalo jauh di atas 100 derajat, bantalan olinya makin tipis dan oli berikut mesinnya jadi gak awet karena kadar keausan tinggi. Kalo memang sering jauh di atas 100, baikan olinya ganti yang lebih tebel (xw40 atau lebih).
tumben belum ada yg usulin nambah oil cooler,.... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by W42d »

Turboman wrote: Tue Oct 02, 2018 3:26
W42d wrote:Pagi om semua, mau minta masukan ni. Avanza ane th 2010 KM 80rb-an, terakhir ganti oli dec 17 pake kendall full syn 5w30. Rencana mau ganti lagi di des 18 dgn KM yg cuma nambah 5rb-6rb. Masalahnya sekarang rada susah ya nyari kendall n harganya uda ga promo lagi. Masih ada sisa 1L pula bekas kmrn ganti oli. Enaknya ganti oli apa ya om? Mau nya yg bisa dipake 1 th, KM ga sampe 10rb, BBM pertalite. Thank you om semua.
Shell Astra 5W30 yg promo di Bli2
Murah juga ya oli nya utk ukuran full syn. Kalau ganti2 merk oli gt gpp om? Apa perlu dibilas dl dgn oli yang akan dipake? Jadi misalkan si shell astra dpt 4lt, 1lt ane pake bilas, 3lt nya dipake. OOT dikit, kalau avanza diisi 3lt jatohnya di full kurang dikit kl cek dipstick. Oli di batasan itu masih aman buat mesin kan om? Ga perlu selalu full?
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by rudyzanetti »

exflowly wrote: Tue Oct 02, 2018 15:53
rudyzanetti wrote: Mon Oct 01, 2018 17:28 Om2 numpang tanya donk.
Suhu temperatur oli yg aman itu maksimal brp derajat ya?
K3ve kebetulan uda pasang oil temp. Normalnya oli itu di temperatur brp ya?
Kl dimobil saya sih anteng di kisaran plus minus 100 c.
Kl sering di geber rpm tinggi di gigi rendah (maklum di Lampung blm ada tol) bisa sampe 110-115 c.
Kena macet parah malah kadang turun ampe 90 c.
Batas max aman temperatur oli itu sampe brp sih?
Makasih om :big_deal:
Keren bener om bisa pasang oil temp. Saya juga mau tapi bingung mau tap di mana.

Supaya awet olinya dan mesin juga tetep ok, target suhu operating temp sekitar 90-100 derajat. Kalo jauh di atas 100 derajat, bantalan olinya makin tipis dan oli berikut mesinnya jadi gak awet karena kadar keausan tinggi. Kalo memang sering jauh di atas 100, baikan olinya ganti yang lebih tebel (xw40 atau lebih).
Dipakein oli filter adapter om. Modelnya piringan bulet tebel. Dy ada 2 dudukan sensor. Bisa buat pasang oli press sensor ama oli temp sensor.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

W42d wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 02, 2018 3:26
W42d wrote:Pagi om semua, mau minta masukan ni. Avanza ane th 2010 KM 80rb-an, terakhir ganti oli dec 17 pake kendall full syn 5w30. Rencana mau ganti lagi di des 18 dgn KM yg cuma nambah 5rb-6rb. Masalahnya sekarang rada susah ya nyari kendall n harganya uda ga promo lagi. Masih ada sisa 1L pula bekas kmrn ganti oli. Enaknya ganti oli apa ya om? Mau nya yg bisa dipake 1 th, KM ga sampe 10rb, BBM pertalite. Thank you om semua.
Shell Astra 5W30 yg promo di Bli2
Murah juga ya oli nya utk ukuran full syn. Kalau ganti2 merk oli gt gpp om? Apa perlu dibilas dl dgn oli yang akan dipake? Jadi misalkan si shell astra dpt 4lt, 1lt ane pake bilas, 3lt nya dipake. OOT dikit, kalau avanza diisi 3lt jatohnya di full kurang dikit kl cek dipstick. Oli di batasan itu masih aman buat mesin kan om? Ga perlu selalu full?
bilas pake Mesran aja gpp
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
angelspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jul 16, 2015 4:23
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: Honda HRV E CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by angelspeed »

Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by exflowly »

bembenk95 wrote: Wed Oct 03, 2018 1:47
tumben belum ada yg usulin nambah oil cooler,.... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Tambah keren, tapi dia kan masih bilang sekitar 90-100 ya masih ok. Kalo konsisten lebih dari 110 derajat misalnya, nah baru deh tambahin oil cooler kayak Hayden etc itu.
rudyzanetti wrote: Wed Oct 03, 2018 3:18
Dipakein oli filter adapter om. Modelnya piringan bulet tebel. Dy ada 2 dudukan sensor. Bisa buat pasang oli press sensor ama oli temp sensor.
Berarti dia masang di rumah filternya ya? Boleh difotoin atau info beli di mana?
Untuk mesin tuir saya baca forum-forum kudu ngetap baut pegangan selang oli (bautnya hollow alias kosong dalemnya, jadi kudu di drill/tap yang bagus aja terus pasang), tapi sampai sekarang belum berani ngerjain.
evanlima
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 22, 2016 20:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by evanlima »

hi salam kenal ^^

permisi mohon ptunjuk ^^
baru minang mazda mx5 2012
odo5ribu lama ditinggal pemilik
ini baru ganti aki
oli yg sip apa2 nih..? ke beres dijawab ow20
tapi itu u/ generasi start stop
baiknya pkai apa y? dan merk yg rekomen
pengen mesin halus dan tarikan ringan

makasi smua 🙏🏻☺️🙏🏻
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

angelspeed wrote:Numpang nanya saya user all new ertiga matic, baru dari bengkel sujuki abis servis 1000 dan ternyata ga di ganti oli. Katanya memang sudah pakai oli SGO dari km 0, nanti km 5000 baru disuru ganti lagi ke beres. Akhirnya karna saya galau, mampir ke sh*p&dr*ve liat2 oli dan pilih lah shell hx8 0w20 sesuai buku petunjuk + ganti filter oli. Saya pikir (harusnya) oli hx8 (harga 173 rb per liter) pasti jauh lebih bagus & berhubung saya selalu setir sendiri, biar puaslah pikir saya.

Pertanyaannya, setelah ganti oli ke hx8 kok saya rasa tarikan lebih berat & berasa ndut2an (agak berat). Menurut om2 apa ada yang salah atau perasaan saya aja? Next ke depannya apa mending ikutin oli dari beres aja atau tetep ganti sendiri diluar? Apa garansi hilang kalau ga ganti oli di beres sesuai buku petunjuk? Makasi semuanya.
ya lebih bagus HX8 - 0W20 drpd SGO

Ndut2 an = pake bensin apa ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Sheet test Q8 Excl LL 5W40
1538543299503.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *