solidgear wrote: Mon Oct 01, 2018 4:51

Om Om mau tanya dong, seberapa besar pengaruh kualitas oli terhadap penghmatan BBM,
apakah dengan viskositas sama dan jenis sama (Full Synth) setiap merk oli berbeda konsumsi BBM-nya??
contoh Oli X dangan Y dengan jenis yang sama spek yang sama apa ada perbedaan keduanya dalam konsumsi BBM-nya?
kemudian mengenadi aditif oli atau penambahan perlindungan mesin seperti Liqui Moly Ceratec seberapa besar pengaruh terhadap pelindungan mesin yang di gadang gadang memliliki kemampuan menambah lapisan perlindungan dinding silinder dgn piston, apa efek positif dan negatifnya buat mesin.
terima kasih
Pertanyaan yang bagus ni om. Saya share apa yang saya observasi sampai saat ini ya.
Faktor penghematan dari oli sendiri sbnrnya kecil, apalagi kalau dibandingkan dengan cara bawa mobil yang tepat. Faktor penghematan BBM dari pemilihan oliyang "lebih licin" paling sekitar 5% max. Memang ada jenis mesin yang "pas" pake oli tertentu, tapi kalo mau gonta ganti viskositas di rentang tertentu (w20-w40, merk oli macem2x), biasanya penghematannya max 5%... itu pun kalo gaya berkendara 100% sama (agak susah). Boleh ditanyakan kalo ada merk launching oli baru, dia bisa ngomong berapa persen penghematan BBMnya:
https://www.youtube.com/watch?v=-hVVHsoepQ0
(fast forward sampe 1:12 - ".... lebih hemat bahan bakar sampai 2,6%")
2,6% itu hemat sekitar 2,6 liter dari pemakaian 100 liter. Jadi kalau anda bawa mobil anda keliling-keliling pake oli yang baru, cuman lebih hemat 2,6 liter dari oli yang lama setelah anda isi tangki 100 liter ~ kecil sekali sebenarnya faktor penghematan BBM dari oli, dan so pasti faktor berkendaranya kudu 100% sama.
Sedangkan kalo gaya berkendara anda modif, entah lebih tenang/taktis bawanya atau tuning engine supaya lebih bertorsi dan pas di rentang kecepatan yang anda sering jalan.... penghematan bisa lebih dari 10%.
Jaman sekarang ada beberapa jenis oli kategori FE, fuel conserving atau ILSAC GF-5, di mana additif FM (friction modifyer) bisa membuat mesin jadi lebih "licin" dan pumping loss (dari pompa oli dan perputaran mesin) juga berkurang, sehingga diharapkan BBM bisa lebih hemat. FM aditif ini biasanya berupa boron dan moly, ada juga yang pake zat lain... tapi dua ini biasanya yang paling umum. Jenis moly dan boronnya... nah, ini tergantung masing-masing merk, oli yang pake moly merk A belon tentu sama dengan moly dari merk B.
Tapi masalah licin-licinan dan cocok-cocokan ini butuh sample yang banyak dan data lewat analisa oli bekas/maupun baru dari tiap mesin. Misalnya ni, untuk 2KD, dari pengalaman saya, oli yang paling enak, licin dan ok buat mesin ini adalah Delvac 1 (D1). Saya sdh pernah pake Total 9000, Mobil 1 0w40, Toyota 15w30 dan Q8 Excel Diesel. Dari semua ini D1 yang paling enak buat saya, dan hasil test juga menunjukkan tingkat keausan mesin yang baik (Fe sekitar 2ppm per 1000km) dengan interval penggantian 10rbkm. Toyota 15w40 pun juga ok kok, merk lain juga ok, tapi data dari analisa lab oli D1 ini bagus, dan karena olinya cepet encer kalo pagi (dibandingkan 15w), saya rasakan pas jalan pagi pun cepet jadi enteng. Kalau sudah panas/bawa jalan lama, suara mesin tetap tenang dan gak berisik. Tentunya ada oli lain yang cocok di 2KD, tapi dari observasi saya, oli ini cocok buat mesin 2KD ini.
Dari segi aditif, saya belum pernah pake Ceratec, walaupun sudah pernah coba/pake yang lainnya. Sekarang ini saya lagi coba merk lain, dan saya akuin setelah saya pake mesin jadi lebih enteng (terutama pas lepas gas) dan BBM juga lebih hemat. Sekarang 2KD saya FC ssekitar 1:10-11 walaupun sering dalam kota, dan untuk M52 bisa dapet 1:6-7, dengan kondisi kedua mobil ini sudah tidak standard dari segi mesin. Sebelum pake aditif FC 2KD saya sekitar 1:9-10 dan untuk M52 dapet cuman 1:5-6, jadi improvement dari aditif ini lebih dari 10%. Selain itu, temperatur di silinder head juga turun dari biasanya 95 derajat pas cruising sekarang jadi cuman 92 derajat, dan kalo stabil bisa 90 derajat di M52. Di 2KD saya gak bisa cek karena gak tau gimana caranya cek tempt silinder head. Di 2KD aditifnya dicampur dengan D1 (dengan konsentrasi amat minim 1 oz per liter) dan di M52 campurnya sama oli Kendall DX-A (konsentrasi 2oz per liter).
Gitu kira-kira yang dapat saya share. Penggunaan aditif ini juga ada cocok-cocokannya juga, kalo mau yang jelas kudu cek lab. Nanti rendananya oli saya ini juga akan saya uji lab buat memuaskan penasaran saya saja...hehehe...